Hukum Al-Qur`an Dijadikan Ring Tone

April 10th 2009 by Abu Muawiah |

Hukum Al-Qur`an Dijadikan Ring Tone

Telah tersebar di tengah-tengah kaum muslimin, penggunaan ring tone berupa bacaan ayat-ayat Al-Qur`an atau zikir yang lainnya. Akan tetapi tahukah anda apa hukumnya?
Berikut jawaban dari Asy-Syaikh Saleh Al-Fauzan -hafizhahullah- tatkala beliau ditanya dengan konteks pertanyaan sebagai berikut:
Apa pendapat anda mengenai orang yang menggunakan suara azan atau bacaan Al-Qur`an Al-Karim sebagai ring tone hp sebagai ganti dari ringtone musik?

Jawab: Ini adalah perbuatan merendahkan azan, zikir dan Al-Qur`an Al-Karim. Karenanya dia tidak boleh dijadikan sebagai ring tone, dia tidak boleh dijadikan sebagai ringtone.
Ada yang mengatakan: “Ini lebih baik daripada ring tone yang berupa musik.” Baiklah, tentang ring tone musik ini, apakah kamu dipaksa untuk memakainya?!! Tinggalkanlah (ring tone yang berupa) musik. Pasanglah ring tone yang tidak ada musik di dalamnya dan tidak pula ada bacaan Al-Qur`an di dalamnya. Cukup sebagai pemberitahu akan adanya panggilan masuk.
[Dari kaset yang berjudul: Liqa` Al-Maftuh ma’a Asy-Syaikh Al-Allamah Saleh bin Fauzan Al-Fauzan -hafizhahullah-, pada tanggal 23-10-1426H]

Diterjemah dari: http://www.sahab.net/forums/showthread.php?threadid=344588

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, April 10th, 2009 at 4:35 pm and is filed under Fatawa, Tahukah Anda?. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

6 responses about “Hukum Al-Qur`an Dijadikan Ring Tone”

  1. Hukum Al Qur’an dan Adzan Sebagai Ringtone « Catatan Fadhl said:

    […] Sumber: http://al-atsariyyah.com/?p=678#more-678 […]

  2. kiki said:

    assalamualaikum
    pa ustadz,sekarang kan ada alqur’an mini untuk hp,bagaimana hukumnya jika alqur’an mini tersebut kita download di hp,dan suatu ketika hp tersebut(yg sudah ada alquran mini) di bawa ke kamar kecil,apa hukumnya?termasuk dosakah?
    terimakasih
    wasalam

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Tidak mengapa insya Allah, selama programnya tidak kita buka dan hp dimasukkan ke dalam saku atau tas.

  3. wide said:

    Bagaimana nada dering dengan nasyid2 perjuangan atau nasyid huruf hijaiyyah yg tidak pakai musik?

    Yang diharamkan dalam Islam adalah nyanyian dan musik. Keduanya mempunyai dalil tersendiri yang mengharamkannya. Jadi, sebagaimana musik tanpa lagu diharamkan maka demikian pula lagu tanpa musik tetap diharamkan.

  4. May said:

    Assalamu’alaikum..
    Pak Ustadz., sebelum tidur saya terbiasa mendengar mp3 Al-Qur’an dari hp., dan sudah tertidur sebelum mp3 tsb. habis diputar… apa hukumnya.?
    mohon jawabannya., terima kasih..
    wassalamu’alaikum..

    Waalaikumussalam.
    Sebaiknya itu jangan dilakukan, karena itu sama saja merendahkan Al-Qur`an dengan menjadikannya pengantar tidur. Akan tetapi dia hanya mendengarkan Al-Qur`an kapan dia siap mendengarnya, dan ketika dia sudah akan tidur maka seharusnya dia mematikannya.

  5. إبن علي said:

    assalamu ‘alaikum ustadz,

    bolehkah kita menginstall program penanda wktu shalat di komptr atau laptop yang akan mngumandangkan adzan scara otomats jika masuk wktu shalat.

    jazakallah khair atas jawaban ustadz.

    Waalaikumussalam.
    Boleh saja.

  6. ferry said:

    Assalamu’alaikum ustadz

    bgaimana jika mndengarkan mp3 Qur’an ketika sedang dlm prjalanan seperti berkendara di mobil, motor dll. saya biasa melakukannya ustadz, ketika sya bepergian sya hmpir tdak prnah melewatkan untk mndengarkannya. dan kbetulan jga akhir2 ini sya sdang dlam rangka mnghafal surah2 al-Qur’an.. sya coba mmanfaatkan wktu ktika d prjalanan sya slalu mndengarkannya sambil lisan sya mengikuti. mhon jwabannya ustadz, apakah sperti ini dibolehkan?
    sbelumnya jazakallahu khairan katsir.

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada masalah insya Allah. Itu adalah amalan yang bagus.