Adab-adab terhadap Al-Qur`an dan mushaf

October 13th 2008 by Abu Muawiah |

Adab-adab terhadap Al-Qur`an dan mushaf

Bolehkah mengatakan tentang suatu ayat, “Saya sudah lupa?”.
Bolehkah memegang mushaf dalam keadaan berhadats?
Adakah bacaan “Shadaqallahul azhim” setelah membaca Al-Qur`an?
Adakah doa khatam Al-Qur`an?
Bagaimana cara dan adab sujud tilawah?
Apa hukumnya mencium mushaf dan meletakkannya di kepala?
Dan bolehkah menggantung ayat-ayat di dinding?
Temukan semua jawabannya dan permasalahan lain seputar Al-Qur`an dalam kitab Al-Adab karya Fu`ad bin Abdul Azis Asy-Syalhuub, Bab Adab-Adab Terhadap Al-Qur`an.

Adab Al-Qur`an.doc

Incoming search terms:

  • adab terhadap Al Quran
  • adab al quran
  • adab terhadap al-quran
  • akhlak terhadap al-quran
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, October 13th, 2008 at 5:04 pm and is filed under Akhlak dan Adab. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

10 responses about “Adab-adab terhadap Al-Qur`an dan mushaf”

  1. Rijal said:

    Assalamu’alaykum.
    Yang ini filenya gak bisa dibuka.

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Bisa kok, coba antum buka lagi.

  2. abul abbas said:

    assalaamu’alaykum,, mohon penjelasan tentang atsar di dalam al muwattho’ bahwasanya umar bin khattab sedang dalam bersama suatu kaum dan mereka sedang membaca al qur’an kemudian beliau buang hajat lalu membaca al qur’an. maka kaum tersebut berkata “wahai amirul mukminin, apakah engkau membaca al qur’an sedang engkau tidak berwudhu?” lalu beliau pun mengatakan “siapakah yang memberimu fatwa, apakah musailamah al kadzhab?”. apakah di dalam atsar tsb umar memegang mushaf ataukah tidak,, barokalloohu fiyk

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Dari Muhammad bin Sirin dia berkata:
    أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ
    كَانَ فِي قَوْمٍ وَهُمْ يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ فَذَهَبَ لِحَاجَتِهِ ثُمَّ رَجَعَ وَهُوَ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ أَتَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَسْتَ عَلَى وُضُوءٍ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ مَنْ أَفْتَاكَ بِهَذَا أَمُسَيْلِمَةُ
    “Suatu ketika Umar bin Khatthab berada di antara orang-orang yang sedang membaca Al Qur’an. Lalu ia pergi untuk buang hajat, setelah selesai ia kembali dan langsung membaca Qur’an. Lantas ada seorang laki-laki yang bertanya padanya; “Wahai Amirul Mukminin, apakah engkau membaca Qur’an tanpa berwudlu terlebih dahulu?” Umar menjawab, “Siapa yang memberi fatwa semacam ini! apakah Musailamah?” (Riwayat Malik no. 420)
    Sanad hadits ini terputus, karena Muhammad bin Sirin tidak pernah bertemu dengan Umar bin Al-Khaththab.
    Kalaupun haditsnya shahih maka lahiriah riwayat di atas menunjukkan beliau hanya membaca Al-Qur`an tanpa menyentuh mushaf. Karenanya Imam Malik memberikan judub bab untuk riwayat ini dengan: Bab Keringanan Akan Bolehnya Membaca Al-Qur`an Tanpa Wudhu. Wallahu a’lam

  3. Abu Muslim said:

    Afwan, dalam artikel ini kenapa tidak dicantumkan daftar pustaka?? Footnote ada tapi daftar pustaka tidak ada.

    Ini kami ambil dari kitab Al-Adab karya Fu`ad bin Abdul Azis Asy-Syalhuub, kan kami sebutkan di pengantar artikelnya.

  4. Abu tsamarah said:

    Assalamu’alaikum usadz,terima kasih atas ilmu ustadz,lalu saya ingin menanyakan tenatng pertanyaan saya,bagaimana menurut ustadz tentang cara menghafal Quran dengan cara menggambarnya?dengan catatan sifat Allah tidak digambar,Surga neraka juag serta mahluk hidup,jadi hanya sebatas benda mati dan berupa simbol2 saja,untuk mempermudah menghafal,karena dengan cara ini,anak saya menghafal qurannya sangat bagus,dia bisa mengahafal secara acak,maju atau mundur,mengerti artinya,serta mudah dan cepat menghafalnya?anak saya mendapat cara ini dari gurunya di suatu SDIT di jogja,mohon bibingannya ustadz,jazakallahu khairan

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Insya Allah tidak ada masalah, dengan catatan hanya sekedar perantara. Kapan dia sudah sanggup menghafal langsung dari mushaf maka itu yang lebih utama karena adanya tambahan pahala dari melihat mushaf. Wallahu a’lam.

  5. aan said:

    Assalamualaikum…
    Ustadz saya mau tanya,,apakah AlQuran elektronik yang di Instal di komputer bisa disebut juga sebagai Mushaf??
    kalau di laptop atau HP ada AlQuran elektroniknya apakah berarti nyentuh laptop itu harus bersuci dahulu??
    Wassalamualaikum…

    Waalaikumussalam.
    Semua itu tidak teranggap Al-Qur`an dan tidak berlaku padanya hukum-hukum fiqhi yang berkenaan dengan Al-Qur`an. Wallahu a’lam.

  6. akbar said:

    Assalamu’alaikum ustadz, apakah ketika membaca al-qur’an dari mushaf wajib berwudhu dahulu?bagaimana apabila kemudian saya buang angin, apakah harus berwudhu kembali?karena saya termasuk orang yang terlalu sering buang angin. Agak sedikit merepotkan jika saya harus berwudhu berulang kali tiap ingin menambah hafalan saya dengan membaca al-qur’an berulang2(sebagaimana pedoman pada rubrik cara termudah menghafal al-qur’an), dikarenakan masalah buang angin tadi.
    Ataukah saya lebih baik menggunakan al-qur’an elektronik saja untuk menghafal al-qur’an?

    Mohon bantuannya ustadz karena saya masih awam.

    Waalaikumussalam.
    Sebaiknya anda menghafal dengan mushaf Al-Qur`an yang dicetak bersamaan dengan terjemahannya. Karena yang seperti ini boleh dipegang walaupun tanpa wudhu.

  7. ingin tahu said:

    assalamualaikaum ustaz..sy nk btnya apa hukum kalau saya bawak masuk alquran elektronik yang ada dalam telefon bimbit ataw ipad msuk ke tandas?

    Waalaikumussalam.
    Tidak apa-apa, karena Al-Qur`annya berada di dalam telepon itu.

  8. edy said:

    kalau masuk wc bawa HP yang ada murottal Qurannya ya jangan diaktifkan/dibunyikan di dlm wc, maka kalau khawatr bunyi sebelum masuk wc baiknya di off dulu. ga tepat kalau “Tidak apa-apa, karena Al-Qur`annya berada di dalam telepon itu”, kalau begitu boleh donk/ga nyalahi tatakrama bawa tas yang di dalamnya ada mushaf Quran??atau bawa tas plastik yang di dalamnya ada Quran??

    Ya, semua yang anda sebutkan itu boleh. Boleh bahwa tas yang di dalamnya ada Al-Qur`an. Sekarang di dalam otak anda ada hafalan Al-Qur`an, apa otaknya harus ditaro di luar dulu sebelum masuk wc??? Senada dengan ini jawaban salah seorang masyaikh ketika ditanya dalam permasalahan seputar ini.

  9. narifa said:

    assalamualaikum wr wb
    sy ingin tanya..

    bagaimana sikap yang baik saat memegang mushaf

    Waalaikumussalam.
    Yang pertama jelas, dia harus dalam keadaan suci.

  10. Yalqoot said:

    Assalamu’alaykum warohmatullahi wa barokatuh

    Afwan , Bgmn hukumnya membaca Al Quran dg tdk memakai penutup kepala bg wanita???

    Syukron

    Waalaikumussalam warohmatullahi wa barokatuh
    Boleh saja, tidak mengapa. Walaupun tentu lebih utama bagi dia untuk menutup kepalanya