Al-Atsariyyah.Com

September 26th 2008 by Abu Muawiah |

Al-Atsariyyah.Com

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والصالحين, نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين, وسلم تسليما. أما بعد

Dengan inayah dan taufik dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala semata, situs www.al-atsariyyah.com akhirnya juga bisa turut berperan serta dalam menyebarkan dakwah salaf yang penuh berkah ini.
Sebagaimana situs ahlussunnah yang lainnya, situs ini juga menyuguhkan kepada kaum muslimin pembahasan-pembahasan ilmiah -tapi tetap mudah dipahami- dalam beberapa bidang ilmu agama, semoga bisa menambah perbendaharaan keilmuan kita tentang agama dan sunnah Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-.

Satu hal yang perlu kita camkan bersama bahwa situs ini hanyalah sebagai jalan alternatif dalam menuntut ilmu, bukan jalan yang paling utama. Sehingga dengan ada situs ini -dan demikian pula sangkaan kami dengan situs ahlussunnah yang lainnya- tidaklah dimaksudkan dengannya sebagai pencukup dari majelis ilmu. Karenanya kami sama sekali tidak membenarkan seorang muslim yang hanya mencukupkan dirinya untuk mengambil ilmu melalui situs manapun lalu merasa cukup dengannya sehingga dia lalai dari menghadiri majelis ilmu.

Saran dan kritik yang membangun senantiasa kami tunggu dari kaum muslimin sekalian, baik dalam masalah isi, tampilan, penambahan kategori atau yang lainnya, dan sebelumnya kami ucapkan jazakumullahu khairan katsira.

Akhir kata, kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan, pengurusan dan pemeliharaan situs ini dan seluruh situs ahlussunnah lainnya, semoga Allah Subhanahu wa Ta’aala menerima dan memasukkan semuanya ke dalam timbangan amalan kebaikan kita di akhirat kelak. Allahummah amin.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليما

Bekasi, 18 Ramadhan 1429 H
18 September 2008 M

Abu Muawiah

Pengelola:
Penulis: Ust. Abu Muawiah, Ust. Abu Zakaria, Ust. Abu Nafisah, Ust. Ali Masaid Lc.
Penanggungjawab (Admin 1) : Ust. Abu Muawiyah
Admin 2 : Abu Yahya
Webmaster : Abu Fudhail

Kontak:
www. al-atsariyyah.com
Email: (info @ al-atsariyyah.com)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, September 26th, 2008 at 1:25 pm and is filed under Info Kegiatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

29 responses about “Al-Atsariyyah.Com”

  1. taufik said:

    smoga situs ini dpt menyebarkan dakwah sunnah dan ilmu2 yg bermanfaat.
    Smoga tetap istiqomah dlm menyampaikan artikel2 yg bermanfaat n berfaedah.

  2. abu ridha said:

    Assalamualaikum,
    usul saya supaya umat dapat mengetahui dan tidak meragukan kredibilitas situs ini, mohon:
    1. menyediakan halaman yang mencantumkan biografi asatidzah yang mengelola situs ini.
    2. menyediakan alamat sebenarnya ma’had al-atsariyyah dan jadwal kajian rutinnya, supaya umat dapat memetik manfaat dengan menghadiri majelis ilmu di ma’had tsb.
    afwan

    Waalaikumussalam
    Terima kasih atas sarannya. Hanya saja kami punya alasan sendiri tidak mencantumkannya.
    Adapun biografi, maka sepanjang pengetahuan kami -wallahu a’lam- kami belum pernah mendapati para ulama salaf (terkhusus 3 generasi pertama) yang mereka menceritakan sendiri biografi mereka. Akan tetapi biografi mereka disebutkan oleh orang sepeninggal mereka. Dan kepada merekalah kita mencontoh.
    Di sisi lain, ini juga kami harapkan sebagai bahan pelajaran agar seorang muslim mengambil kebenaran dari siapapun, memperhatikan apa yang disampaikan tanpa membeda-bedakan siapa yang menyampaikannya.
    Sementara alamat, bagi yang ingin tahu alamat lengkap kami, silakan sms ke nomor admin.

  3. agus aminullah said:

    Syukron katsir, insya Alloh qt smua sng dg postingan ini

  4. Abu Salman said:

    Assalamu’alaikum ustadz, alhamdulillah ana mendapatkan banyak faedah dari tulisan-tulisan di sini. Jazaakumullaahu khairan, Alloh yaftah ‘alaykum wa iyyana

    NB: Ana izin pasang RSS website ini di blog ana

  5. Ridwan said:

    Ust. Rishki (Abu Zakaria) dan Ust. Hammad (Abu Muawiah)domisilinya dimana akh?

    Madrasah al-Atsariyyah, Villa Nusa Indah 2 blok Y13/12. jatiasih – Bekasi

  6. H. Syarif Fadhillah said:

    As.wr.wb.ustadz, ana tanya… masalah shalat tahajud setelah sahalat witir, kebiasaan setelah shalat tarawih kita langsung ikut imam shalat witir, menunggu sahur ana shalat tahajud, apakah boleh, mohon dalilnya.

    Ya boleh. Silakan cari artikel tentang shalat witir di blog ini.

  7. Hadian said:

    Assalamu’alaikum warohmatulloh

    Salam kenal, ana hadir disini sbg silaturahim atas rasa cinta seorang Muslim thd soudaranya, semoga jadi amal solih bgi kita semua, aamiin.

    Barokallohu fikum

  8. abu farhan abdulmajid bin haruna said:

    assalamu alaikum , mau tanya ustadz apakah ada syariatnya saling maaf-maafan sebelum masuk ramadhan karena di pabrik kami ada acaranya supaya lebih tenang melakukan ibadah puasa. Baarakallahu fiikum ustadz mohon jawabannya

    Waalaikumussalam. Tidak ada syariat khusus seperti itu. Bermaafan disyariatkan kapan dan dimana saja.

  9. Achmad said:

    Bismillah,

    Ustadz, di mahad al atsariyyah ada untuk setingkat TK – SD tidak?

    Jika belum ada, apakah ada SD yg direkomendasi di sekitaran Bekasi?

    Barakallaahu fiik.

    Alhamdulillah kami ada sekolah TK-SD-SMP Daar el Salam di dekat ma’had.

  10. abu farhan abdulmajid bin haruna said:

    Bismillah, apakah makanan fidyah harus diberikan kepada orang yang yang berbeda untuk beberapa hari?.Dan apakah orang tua kita yang miskin tidak serumah boleh menerima zakat. Mana yang lebih afdhol shalat tarawih di masjid awal malam di banding shalat berjama’ah dirumah dengan anak, istri di akhir malam. Mohon jawabannya ustadz jazaakallahu khair

    Tidak harus. Fidyah patokannya adalah memberi makan sebanyak hari dia tidak berpuasa, tidak ada masalah orang miskinnya sama atau tidak.
    Orang tua ke atas dan anak ke bawah tidak boleh menerima zakat. Akan tetapi kita wajib memenuhi kebutuhan mereka jika mereka membutuhkan.
    Wallahu a’lam, yang mana yang lebih utama. Karena keduanya mempunyai keutamaan yang sangat besar dari sisinya masing-masing.

  11. Abu ubaid said:

    pemilik blog atsariyyah yg lama bukan kah yg mmiliki situs ISNAD.net skrg ?…

    Bukan, darimana anda bisa berasumsi seperti itu?
    Dan apa maksudnya ‘blog atsariyyah yang lama’?

  12. ahmad said:

    bismillah,afwan,ana mau usul.kalok bisa di blog ini,kalok bisa juga menggambil artikel2 dari situs2 salafy yang lain.biyar saling ta,awun dalam kebaikan.[berdakwah]jazakumullahu khairon

    Jazakallahu khairan.
    Ilmu dan kebenaran itu adalah barang yang hilang dari seorang muslim, karenanya dimanapun dia menemukannya maka dia harus mengambilnya.
    Maka jangankan dari situs2 salafy, situs-situs yang ‘katanya’ bukan salafy pun jika memang mengandung kebenaran dari Allah dan Rasul-Nya, insya Allah kami akan menukilnya.
    Hanya saja kami punya standarisasi dalam penukilan sebuah artikel, itupun penukilan seperti ini sangat jarang kami lakukan. Karena selama kami bisa menulis sendiri suatu pembahasan maka insya Allah kami tidak akan menukilnya dari yang lain.

  13. Abu jiddan said:

    Afwn akh,dulu tasjilat ada yg brnma al atsariyyah menyediakan CD kjian ustadz dzulqornain, pmiliknya abu yahya samarinda.apa ini sbg gantiny ?karna ana akses sdh ndk ada lg situs tasjilat tsb.mhon jwbn.

    Bukan akh. Memang pemilik tasjilat itu juga memakai nama Al-Atsariyyah, akan tetapi kami tidak ada hubungan dengannya.

  14. Abu Damai said:

    afwan,klu boleh usul sebaiknya blog ini jg menyediakan rekaman kajiannya yang bisah didownload….

    Insya Allah semua yang berupa audio akan kami siapkan di: http://www.taklimonline.com. Sekarang masih dalam proses, semoga dimudahkan.

  15. Anto said:

    Assalamu’alaikum
    ustadz,apa syarat masuk pondok pesantren?
    apa yg sudah tua dn tdk memiliki dasar,boleh masuk?
    Jazzakumullah khairan

    Waalaikumussalam.
    Silakan konsultasi terlebih dahulu ke ust. Abu Zakaria di no. 0815 250 250 5

  16. Achmad A.R. said:

    ASSALAMU’ALAIKUM
    Ustad, memeberikan Infaq (2,5 %) itu kepada seseorang atau mesjid harus diucapkan terus terang atau kalau kita hanya disampaikan secara dalam hati, boleh engga ?? Trm Kash, Wassalam’mualaikum

    Waalaikumussalam.
    Tidak perlu, cukup niat dalam hati saja sebagai infak. Dan jumlahnya pun tidak mesti 2,5%, boleh kurang dan boleh lebih, karena ini hanya sedekah dan bukan zakat harta.

  17. bobytok said:

    apakah ulama salafussoleh itu hanya di sandarkan pada ibnu taimiyah dan muhammad bin abdul wahab bagaimana dengan guru-gurunya dan ulama’ ulama’ lain yang hidup jauh sebelum nya

    Tidak sama sekali, Ibnu Taimiah dan Muhammad bin Abdil Wahhab sendiri termasuk ulama belakangan, dan masih banyak para ulama salaf jauh sebelum mereka, di antaranya: Imam Abu Hanifah, Malik, Asy-Syafi’i, Ahmad, Al-Bukhari, Muslim, dan penulis kitab hadits lainnya. Dan seterusnya ke atas sampai kepada para sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam. Mereka inilah para ulama salaf.

  18. Pak Tani said:

    saya senang dengan adanya web ini, memudahkan saya dalam mempelajari islam.

  19. viky nirlando said:

    Assalamu’alaikum ust,,, bisa gak ana mondok di Al-Madrasah Al-Atsariyah ini??? sedangkan ana kerja,,, ana cuma punya waktu kosong pada hari jum’at, sabtu dan minggu saja,,, ana pengen mondok dan belajar ilmu2 agama disini walaupun cuma jadi santri numpang,,, terutama ana pengen belajar ilmu bahasa arab agar lebih memudahkan belajar ilmu syar’i yang lainnya,,, Syukron, Barokallahu fik yaa ustadz,,,

    Waalaikumussalam.
    Insya Allah bisa, tafadhdhal datang saja ke madrasah.

  20. umar abuhuda said:

    BAAROKALLOHUFIIKUM. umarsumaris alamat cepogo boyolali jateng.

  21. umar abuhuda said:

    Jazaakumulloh khoir hadirnya blog atsariah.com semoga ikhwani di bekasi mengambil manfaat ilmu dari sini.tlg minta alamatnya ma’had atsariah. BAAROKALLOHUFIIKUM. umarsumaris boyolali jateng.

    Perum. Vila Nusa Indah II, blok Y13 no. 12, Bojong Kulur, Jati Asih, Bekasi.

  22. abu nafi' said:

    assalamua’alikum, ust mohon info ma’had dan TK-SD salaf di daerah depok

    Waalaikumussalam.
    Afwan kami tidak tahu apa-apa tentang itu. Coba ditanyakan ke ust. Ja’far Saleh hafizhahullah.

  23. ummu nisaa said:

    assalamu’alaikum ust Mohon info apakah Al Atsariyyah ada pondok tahfidz utk anak putri?

    Waalaikumussalam.
    Afwan, sementara kami tidak menerima untuk putri.

  24. syarif hidayat said:

    Assalaamualaikum ustadz bisa gak link situs ini di transfer ke situs saya?

    Wa’alaikum salam warahmatullah.
    Tafadhdhal. (MT)

  25. Abu Hudzaifah said:

    Blog yang sangat berfaidah, Baarakallahu Fiikum.

  26. FACHRURRAZY said:

    Assalamualaikum Ustad, dimana kita dapat mengunduh Hadis-Hadis baik dari HR.Bukhari ataupun HR Muslim dll, terimakasih

  27. adil said:

    Ustadz ana izin kopas artikelnya

  28. suryadin said:

    assalamu’alaikum,, afwan ustadz,, ana mau tanya apakah boleh makmum yang masbuk mencari sutrah..??

    Waalaikumussalam.
    Boleh saja, selama dia tidak bergerak banyak dlm shalatnya.

  29. ardiansyah said:

    izin ya ustad. copas artikelnya untuk disebarkan
    Semoga ALlah Ta’ala memberikan amal jariah buat ustad, Dunia & akhirat..

    Jazakallahu Khairan