Archive for February, 2015

Download Tafsir 3 Surah Ruqyah

February 17th, 2015 by Abu Muawiah

Tiga surah terakhir dalam mushaf al Qur’an merupakan surah-surah perlindungan yang dianjurkan dibaca pada saat meruqyah diri sendiri maupun orang lain. Untuk lebih memahami kandungan ketiga surah ‘qul’ ini, silakan download tafsirnya dari kitab Mukhtashar Shahih Ibnu Katsir melalui link di bawah ini:

Tafsir 3 Surah Ruqyah

Category: Download, Ilmu al-Qur`an | Comments Off on Download Tafsir 3 Surah Ruqyah

Download Tafsir Surah al Fatihah (pdf)

February 10th, 2015 by Abu Muawiah

Link download tafsir lengkap surah al Fatihah, dari kitab Mukhtashar Shahih Tafsir Ibnu Katsir:

Tafsir Surah al Fatihah

Category: Download, Ilmu al-Qur`an | Comments Off on Download Tafsir Surah al Fatihah (pdf)

Tafsir Ta’awudz dan Basmalah

February 3rd, 2015 by Abu Muawiah

Pembahasan Seputar Ta’awudz dan Hukum-Hukumnya

Allah Ta’ala berfirman, “Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah.” (QS. al A’raf: 199-200)
Allah Ta’ala berfirman, “Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan. Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS. al Mukminun: 96-98)
Dan Allah Ta’ala berfirman, “Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Fushshilat: 34-36)
Ini adalah 3 ayat yang semakna, tidak ada ayat lain yang semakna dengannya. Semuanya menunjukkan perintah Allah Ta’ala untuk membalas musuh dari kalangan manusia dengan kebaikan dan berbuat baik kepadanya, agar tabiat aslinya yang baik bisa mengembalikan dirinya kepada kasih sayang dan kelembutan. Sementara Allah memerintahkan untuk berlindung dari musuh yang berupa setan, tidak ada jalan lain kecuali itu. Hal itu karena setan tidak bisa menerima perlakuan baik dan tidak pula kebaikan, dan dia tidak menghendaki selain kebinasaan anak Adam, karena sengitnya permusuhan antara dirinya dengan nenek moyang mereka dahulu, Adam.
Read the rest of this entry »

Incoming search terms:

  • tafsir taawudz

Category: Ilmu al-Qur`an | Comments Off on Tafsir Ta’awudz dan Basmalah