Archive for March, 2009

Apakah Paha Adalah Aurat?

March 29th, 2009 by Abu Muawiah

Apakah Paha Adalah Aurat?

Aisyah -radhiallahu anha- berkata, ”Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- pernah bersandar di rumahnya dalam keadaan kedua pahanya tersingkap. Lalu Abu Bakar meminta izin untuk masuk dan beliau mengizinkannya dalam keadaan beliau tetap pada keadaan seperti itu. Kemudian Umar meminta izin untuk masuk dan beliau mengizinkannya dalam keadaan beliau tetap pada keadaan seperti itu lalu beliau berbincang-bincang dengannya. Kemudian Utsman meminta izin untuk masuk, maka Nabi r langsung duduk dan merapikan pakaian beliau, lalu dia masuk dan berbincang-bincang dengan beliau.” Setelah Utsman keluar, Aisyah berkata kepadanya, ”Abu Bakar masuk menemuimu akan tetapi engkau tidak duduk, kemudian Utsman masuk menemuimu tapi engkau langsung duduk dan merapikan pakaianmu?” maka beliau bersabda, ”Tidakkah saya merasa malu kepada orang yang para malaikat malu kepadanya?”
Ini adalah hadits yang shahih. Diriwayatkan oleh Ath-Thahawi dalam Musykil Al-Atsar (2/283) dia berkata: Yusuf bin Yazid menceritakan kepada kami (dia berkata): Hajjaj bin Ibrahim menceritakan kepada kami (dia berkata): Ismail bin Ja’far menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Harmalah dari Atha` bin Yasar, Sulaiman bin Yasar dan Abu Salamah bin Abdirrahman darinya.
Ini adalah sanad yang shahih, semua perawinya adalah tsiqah lagi mulia. Read the rest of this entry »

Category: Hadits | 18 Comments »

Ternyata Teh Celup Berbahaya

March 29th, 2009 by Abu Muawiah

Ternyata Teh Celup Berbahaya

Apakah benar teh celup membahayakan kesehatan? Mengapa demikian? Ternyata penyebabnya lebih pada kemasannya, kantong kertas kecil berserat renggang yang ternyata mengandung chlorine, yang antara lain bisa menyebabkan kemandulan, keterbelakangan mental dan kanker! Untuk dapat lebih memahaminya, kita akan membahas perihal teh celup ini secara garis besar saja. Read the rest of this entry »

Category: Artikel Umum | 2 Comments »

Pemuda Dalam Islam

March 27th, 2009 by Abu Muawiah

Pemuda Dalam Islam

Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda dalam hadits Abdullah bin Mas’ud -radhiallahu ‘anhu-, “Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada Hari Kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang 5 (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan kemana dia keluarkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya”. (HR. At-Tirmizi)
Hadits di atas jelas menunjukkan bahwa masa muda merupakah salah satu nikmat terbesar yang akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah. Dan itu sekaligus menunjukkan bahwa Islam sangat memperhatikan usia muda dan para pemuda. Karenanya berikut sedikit keterangan mengenai pemuda dalam pandangan islam. Read the rest of this entry »

Incoming search terms:

  • hadist tentang pemuda
  • hadits tentang pemuda
  • pemuda dalam islam
  • peran pemuda dalam islam
  • hadits pemuda

Category: Tanpa Kategori | 3 Comments »

Tauhid ar-Rububiah

March 27th, 2009 by Abu Muawiah

Tauhid Ar-Rububiah

Pada pembahasan-pembahasan yang telah berlalu, kami telah berbicara tentang iman dan definisinya. Telah kita ketahui bahwa iman itu adalah: Pengucapan dengan lisan, keyakinan dengan hati, beramal dengan anggota tubuh, bertambah dengan menaati Ar-Rahman, dan berkurang dengan menaati setan. Maka mulai edisi ini dan beberapa edisi ke depan kami akan membahas mengenai rukun iman.
Rukun iman -sebagaimana yang telah diketahui bersama- ada 6, yaitu: Iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada seluruh kitab Allah, iman kepada seluruh rasul-Nya, iman akan adanya hari kiamat, dan iman kepada takdir yang baik dan yang buruk. Adapun iman kepada Allah, maka para ulama menyebutkan kalau dia mengandung 4 perkara: Iman akan adanya Allah, iman kepada rububiah-Nya, iman kepada uluhiah-Nya, serta beriman kepada semua nama dan sifat-Nya.
Iman akan adanya Allah bukanlah perkara yang terlalu butuh untuk dibahas karena seluruh makhluk di langit dan di bumi sudah terfitrahkan untuk meyakini adanya Allah. Adapun makhluk yang mengingkari eksistensi-Nya, maka dia hanya sebatas mengingkarinya dengan mulut, akan tetapi hatinya sangatlah yakin akan eksistensi Allah Ta’ala. Karenanya perkara pertama ini tidak akan kami bahas, akan tetapi kami langsung membahas perkara kedua, yaitu beriman kepada rububiah Allah. Maka kami katakan: Read the rest of this entry »

Incoming search terms:

  • tauhid rububiah

Category: Aqidah | Comments Off on Tauhid ar-Rububiah

Hakikat Kecintaan Kepada Nabi Muhammad

March 26th, 2009 by Abu Muawiah

Hakikat Kecintaan Kepada Nabi Muhammad
-Shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam-

Ketahuilah wahai saudaraku kaum muslimin -semoga Allah memberikan taufik-Nya kepada kita bersama pada perkara yang Dia cintai dan Dia ridhai-, sesungguhnya Nabi kita Muhammad -Shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam- memiliki banyak hak atas kita selaku ummatnya. Dan termasuk hak beliau yang terbesar adalah harusnya kita mencintai beliau dengan kecintaan yang tulus, karena kecintaan kepada beliau adalah tanda kesempurnaan iman. Beliau -Shallallahu alaihi wa ala alihi wasallam- telah bersabda dalam hadits Anas bin Malik -radhiallahu anhu-:

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُوْنَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ

“Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai saya menjadi lebih dia cintai daripada anaknya, orang tuanya, dan manusia seluruhnya”. (HR. Al-Bukhari no. 15 dan Muslim no. 44) Read the rest of this entry »

Category: Aqidah | 2 Comments »

Hukum Hadiah Pada Barang Dagangan

March 18th, 2009 by Abu Muawiah

Hukum Hadiah Pada Barang Dagangan

Hadiah seperti ini ada beberapa jenis:
Jenis Pertama: Hadiahnya berasal dari penjual, dan hadiahnya telah diketahui oleh pembeli. Dan hadiahnya terkadang berupa barang dan terkadang berupa manfaat.
Contoh yang berupa barang: Seorang membeli deterjen tertentu lalu penjual memberikan hadiah sebuah mangkok atau piring. Atau siapa saja yang membeli air isi ulang di tempatnya sebanyak 5 kali maka dia memberikan hadiah gratis sekali isi ulang.
Contoh yang berupa manfaat: Siapa yang mencuci kendaraan sebanyak 5 kali di tempatnya maka dia memberikan hadiah gratis sekali cuci kendaraan lengkap. Read the rest of this entry »

Incoming search terms:

  • hukum hadiah

Category: Ekonomi Islam | 1 Comment »

Kaifiat Mandi Junub

March 17th, 2009 by Abu Muawiah

Kaifiat Mandi Junub

Para ulama menyebutkan bahwa kaifiat mandi junub ada 2 cara:
1. Cara yang sempurna, yaitu mengerjakan semua rukun, wajib dan sunnah dalam mandi junub.
2. Cara yang mujzi’ (yang mencukupi), yaitu hanya melakukan yang merupakan rukun dalam mandi junub.
(Lihat Al-Mughni: 1/287, Al-Majmu’: 2/209 dan Al-Muhalla: 2/28) Read the rest of this entry »

Incoming search terms:

  • kaifiat mandi wajib
  • Apakah bisa mandi wajib menggunakan shampo dan sabun
  • mandi junub
  • bolehkah mandi wajib di dalam wc

Category: Fiqh | 167 Comments »