Terjemah Kitab

August 13th 2014 by Abu Muawiah |

Terjemah Kitab

Bismillah.
Insya Allah mulai bulan ini, artikel-artikel dalam al-atsariyyah.com akan lebih bervariasi dengan ditambahkannya page ‘Terjemah Kitab’ dan kategori-kategori baru sesuai dengan judul kitab yang diterjemah.
Penerjemahan ini insya Allah akan terus berlanjut dari satu kitab ke kitab lainnya, dengan harapan kami bisa membawakan ilmu dari para ulama kepada seluruh kaum muslimin dengan cara yang lebih mudah, walaupun mereka belum mampu membaca langsung dari kitab aslinya.

Kemudian, asal artikel-artikel ini adalah terjemahan yang kami sebar di grup Telegram ‘al Ijma” yang berisi terjemahan kitab al Ijma’ karya Ibnu al Mundzir rahimahullah, grup Telegram ‘Nawaqidh al Islam’ yang berisi terjemahan kitab Syarh Nawaqidh al Islam (pembatal keislaman) yang matannya ditulis oleh asy Syaikh Muhammad bin Abdi al Wahhab rahimahullah, dan grup WhatsApp ‘al Manzhumah al Baiquniah’ yang matannya ditulis oleh Imam al Baiquni rahimahullah. Namun mengingat besarnya manfaat dari kedua kitab ini dan terbatasnya jumlah member dalam grup Telegram, maka dengan izin Allah kami akan mempublish dalam blog ini semua terjemahan dari kedua kitab tersebut, baik yang telah maupun yang akan kami terjemahkan. Yassarallahul umuur.

Keterangan ringkas mengenai ketiga kitab di atas:

Kitab al Ijma’ karya Ibnu al Mundzir, adalah salah satu kitab yang sangat bermanfaat dalam bidang fiqhi. Di dalamnya penulis mengumpulkan permasalahan-permasalahan yang menjadi ijma’ (kesepakatan) di kalangan ulama, setidaknya itu berdasarkan keilmuan beliau. Cetakan yang kami terjemah di sini adalah cetakan Daar al Aatsaar, cetakan pertama. Yang ditahqiq oleh Abu Abdi al A’la Khalid bin Muhammad bin Utsman.

Sementara kitab Nawaqidh al Islam (Pembatal Keislaman) adalah kitab yang sudah masyhur di kalangan ahlussunnah. Dari judulnya sudah nampak kalau risalah bergenre tauhid ini berisi amalan-amalan yang membatlkan keislaman seseorang. Syarh yang kami terjemah di sini adalah syarh dari asy Syaikh Sa’ad bin Muhammad al Qahthani hafizhahullah, yang berjudul Taysir dzi al Jalaali wa al Ikraam bi Syarh Nawaqidh al Islam.

Dan kitab al Manzhumah al Baiquniah adalah kitab yang bergenre musthalah hadits. Di dalamnya, penulis membawakan teori-teori ringkas ilmu musthalah hadits dalam bentuk nazham (sajak). Syarh yang kami terjemahkan di sini adalah syarh dari asy Syaikh Abdullah al Bukhari hafizhahullah.

Kritik dan ralat atas kesalahan terjemah yang mungkin terjadi senantiasa kami tunggu guna kesempurnaan penyampaian ilmu para ulama kita. Sebagaimana saran dan dukungan dalam bentuk apapun insya Allah akan sangat membantu kami dalam penerjemahan ini.

Demikian info dari kami, semoga kita semua bisa mendapatkan banyak manfaat ilmu dan iman dari kitab-kitab para ulama. Dan kami memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kesehatan, keistiqamahan, dan waktu luang kepada kita semua untuk terus menjadi sebab dalam tersebarnya ilmu dan kebaikan. Allahumma amiin

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Wednesday, August 13th, 2014 at 12:12 pm and is filed under Info Kegiatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.