Telah Terbit Ezine Islami Penuntut Ilmu Edisi 6

January 7th 2012 by Abu Muawiah |

Telah Terbit Ezine Islami Penuntut Ilmu Edisi 6

Alhamdulillah, di awal tahun 2012 ini, Ezine Islami Penuntut Ilmu (yang dulunya bernama Al-Atsariyyah) kembali terbit, dan bulan ini sudah memasuki edisi ke-6. Semoga Allah Ta’ala senantiasa melimpahkan ilmu, kesehatan, dan waktu luang kepada kami agar bisa komitmen dalam amalan yang insya Allah bermanfaat ini.

Adapun materi Ezine kali ini adalah:
1. Al-Qawa’id Al-Arba’.
Membahas kaidah keempat yaitu bahwa kaum musyrikin di zaman ini lebih parah kesyirikannya dibandingkan kaum musyrikin jahiliah Quraisy. Dan dengan ini pula, penjelasan terhadap kitab Al-Qawa’id Al-Arba’ sudah sampai di akhirnya. Dan insya Allah pada edisi ke-7 nanti kita akan mulai menjelaskan kitab yang baru dalam masalah tauhid uluhiah. Penasaran apa kitabnya> Tunggu saja bulan depan insya Allah.

2. Nahwu Dasar.
Kali ini kita sudah memasuki fase ‘serius’ dalam ilmu nahwu. Karenanya, bagi yang belum menguasai materi-materi yang ada pada edisi sebelumnya, maka kami belum menyarankan untuk membaca rubrik nahwu kali ini. Karena semua materi sebelumnya sangat dibutuhkan dalam memahami materi kali ini. Yang dibahas pada edisi ini adalah tentang I’rab beserta pembagian dan contoh-contoh penerapannya. Dan siapa saja yang sudah pernah mempelajari nahwu, dia pasti telah mengetahui kalau bab i’rab ini bisa dikatakan sebagai intinya ilmu nahwu.

3. Musthalah Hadits.
Alhamdulillah sekarang sudah berada pada bait syair ke-8 sampai ke-11, yang berisi penjelasan mengenai hadits: Musnad, muttashil, dan musalsal beserta pembagian dan contoh-contohnya.

4. Fiqhi.
Telah sampai pada hadits ke-6 dan ke-7. Yaitu hukum bersuci bersama antara lelaki dan wanita yang semahram dari satu bejana serta hukum lelaki bersuci dengan air bekas digunakan bersuci oleh wanita dan demikian pula sebaliknya. Apakah betul bersucinya tidak syah jika dilakukan?

5. Ushul Fiqhi.
Pembahasannya mengenai Al-Qur`an beserta sisi yang butuh dibahas tentangnya seputar keberadaannya sebagai sumber hukum Islam yang paling utama. Mengenai pendalilannya, jenis-jenis hukumnya, sifat-sifat penjelasannya. Termasuk di dalamnya masalah: Apakah di dalam Al-Qur`an terdapat kata yang bukan bahasa Arab?

6. Al-Qawa’id Al-Fiqhiah
Kaidah al-masyaqqah tajlibu at-taysir (kesulitan mendatangkan kemudahan). Yakni bahwa kesulitan merupakan sebab datangnya kemudahan dari Allah Ta’ala. Pada bab ini akan dibahas lengkap mengenai rukhshah (keringanan) dalam syariat, apa batasan kesulitan yang boleh diberikan rukhshah, bentuk-bentuk rukhshah, sebab-sebab datangnya rukhshah, dan selainnya. Dan juga pembahasan mengenai apa hukum mengamalkan rukhshah? Wajib, sunnah, mubah, atau makruh?

7. Aqidah ahlissunnah.
Masih dalam syarh risalah Ashlu As-Sunnah karya Ibnu Abi Hatim rahimahullah. Kali ini pembahasannya mengenai sifat uluw (tinggi) dan istiwa` Allah di atas arsy. Juga ada tafsir firman Allah, “Dia bersama kalian dimanapun kalian berada,” serta bagaimana cara memadukannya dengan dalil-dalil yang menunjukkan Allah berada di atas langit.

Penasaran ingin membaca semua pembahasan di atas? Silakan baca preview materinya di: http://penuntutilmu.com/. Atau lihat cara berlangganannya di: http://penuntutilmu.com/cara-berlangganan/

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Saturday, January 7th, 2012 at 3:12 pm and is filed under Info Kegiatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.