Telah Terbit Ezine Islami Edisi 7

March 25th 2012 by Abu Muawiah |

Telah Terbit Ezine Islami Edisi 7

Alhamdulillahi Rabbil alamin, setelah hampir dua bulan, akhirnya terbit juga edisi ke-7 dari Ezine Islami Penuntut Ilmu. Sebelumnya kami dari redaksi memohon maaf sebesar-besarnya, karena faktor kesehatan yang memakan waktu yang lama di bulan Februari dan Maret kemarin, kami tidak bisa menerbitkan edisi ke-7 ini pada bulan Februari, dan baru bisa menerbitkannya di akhir bulan Maret ini. Qaddarallahu wa maa syaa`a fa’al.
Berikut gambaran umum materi Ezine Islami Edisi 7 kali ini:

1.    Nawaqidh Al-Islam.
Ini adalah silsilah pertama terhadap syarh risalah Nawaqidh Al-Islam (Pembatal Keislaman) karya Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullah, setelah sebelumnya kita telah menamatkan syarh risalah Al-Qawa’id Al-Arba’ yang juga merupakan karya beliau.
Materi pembuka syarh ini adalah penjelasan mengenai definisi pembatal Islam serta penjelasan secara lengkap mengenai definisi agama Islam.

2.    Nahwu Dasar.
Masih melanjutkan pembahasan pada edisi 6 yang telah lalu tentang al-i’rab, pembahasan kali ini adalah kebalikan darinya yaitu al-bina`. Pembahasan mencakup pembagian bina`, bina` pada huruf dan fi’il, serta isim-isim yang mabni.

3.    Al-Manzhumah Al-Baiquniah.
Sudah sampai pada bait ke-12, dimana pada  bait tersebut Al-Baiquni rahimahullah mengisyaratkan akan definisi hadits aziz dan masyhur, yang keduanya termasuk dari pembagian hadits ahad.

4.    Bulugh Al-Maram.
Masih dalam Kitab Thaharah, Bab Air, pada hadits yang ke-8, yaitu tentang hukum su`ru (air bekas minum) anjing. Dan dari masalah su`ru ini berkembang menjadi pembahasan najis tidaknya liur dan tubuh anjing, serta pembahasan mengenai cara pembersihan bejana yang terkena liur anjing, dan masalah-masalah fiqhi yang ada seputar itu.

5.    Risalah Lathifah.
Pembahasan ushul fiqhi kita masih dalam dalil-dalil syari’. Setelah pada edisi sebelumnya kita sudah membahas mengenai Al-Kitab atau Al-Qur`an, maka pada edisi ke-7 ini kita membahas mengenai as-sunnah beserta pembagiannya. Baik pembagiannya dari sudut tinjauan bentuknya, maupun pembagiannya dari sudut tinjauan hubungannya dengan Al-Qur`an.

6.    Al-Manzhumah Al-Qawa’id Al-Fiqhiah.
Bada bait syair ke-16 dan 17 ini, Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Si’di rahimahullah mengisyaratkan 3 kaidah penting dalam masalah keringanan yang Allah Ta’ala berikan kepada hamba dalam menjalankan perintah atau menjauhi larangan. Ketiga kaidah tersebut adalah:
a.    Tidak ada kewajiban jika seseorang tidak mampu mengerjakannya.
b.    Tidak ada yang diharamkan jika dalam keadaan darurat.
c.    Hal yang haram hanya boleh dikerjakan sesuai dengan keadaan darurat tersebut.
Dan tidak lupa dua masalah penting yang banyak dilalaikan oleh sebagian kaum muslimin dalam menerapkan kaidah ini sehingga mereka terjatuh ke dalam kesesatan, yaitu: Batasan sejauh mana sesuatu dikatakan darurat dan syarat-syarat seseorang diboleh mengamalkan yang haram dalam keadaan darurat.

7.    Ashlu As-Sunnah.
Ibnu Abi Hatim rahimahullah kali ini menyebutkan sebuah aqidah yang menjadi pemisah antara ahlussunnah dengan selain mereka, bahkan pemisah antara muslim dengan kafir, yaitu: Allah Ta’ala akan dilihat pada hari kiamat. Dan telah shahih dari Imam Ahmad rahimahullah dan selainnya bahwa beliau mengkafirkan jahmiah yang mengingkari bahwa Allah Ta’ala akan dilihat pada hari kiamat.

Penasaran ingin membaca semua pembahasan di atas? Silakan baca preview materinya di: penuntutilmu.com. Atau lihat cara berlangganannya di: Cara berlangganan.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Sunday, March 25th, 2012 at 6:45 pm and is filed under Info Kegiatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

1 response about “Telah Terbit Ezine Islami Edisi 7”

  1. Muh Safaat said:

    Afwan, sy blom menerima kiriman ezine Ed7.

    Afwan antm tidak konfirmasi segera. Ezine edisi 7 baru saja kami kirimkan kembali.