Telah Terbit Ezine Islami Edisi 5

December 10th 2011 by Abu Muawiah |

Telah Terbit Ezine Islami Edisi 5

Alhamdulillah, di akhir tahun masehi sekaligus di awal tahun hijriah ini, Ezine Islami Al-Atsariyyah, kembali terbit dengan berbagai materi dan pembahasan ilmiah yang semakin menarik dan insya Allah memberikan banyak tambahan wawasan keagamaan kepada kita bersama, amin.

Adapun materi-materi yang kami bahas dalam edisi ke 5 ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam Rubrik Al-Qawa’id Al-Arba’, kita sudah memasuki kaidah ketiga, yaitu: Semua kesyirikan itu mempunyai hukum yang sama.
Karena ini sudah kaidah ketiga, maka itu berarti satu edisi lagi -insya Allah- kita akan menyelesaikan risalah Al-Qawa’id Al-Arba’ ini.

2. Dalam rubrik Nahwu Dasar, kita berbicara mengenai al-jumlah (kalimat) beserta beberapa pembagiannya. Serta ada pembahasan amil-amil yang sangat penting dalam kemampuan membaca tulisan arab yang tidak berharakat.
Setelah memahami amil-amil yang kami sebutkan, maka insya Allah sedikit-sedikit anda akan bisa memberikan harakat pada kata-kata bahasa Arab yang mudah dan biasa anda temukan sehari-hari. Untuk itu kami berikan Pekerjaan Rumah untuk menguji pemahaman anda tentang amil-amil ini.

3. Rubrik Musthalah Al-Hadits sekarang sudah sampai pada pembagian hadits menjadi 4: Hadits qudsi, marfu’, mauquf, dan maqthu’. Dan pada edisi ini yang baru dibahas adalah hadits marfu’ dan maqthu’.

4. Dalam fiqhi, kita sudah sampai pada hadits kelima dari bab air. Pembahasan edisi berpusat pada dua masalah penting dan luas di kalangan ulama, yaitu: Hukum air yang tidak mengalir dan hukum air musta’mal.

5. Mengetahui dan memahami betul dalil-dalil yang syah dipakai berdalil dalam fiqhi adalah perkara yang sangat penting diketahui untuk bisa sampai kepada pendapat yang paling benar dalam setiap permasalahan. Dan betapa banyak seseorang salah dalam memilih pendapat dikarenakan dalil yang mereka gunakan tidak tepat. Karenanya, dalam rubrik Ushul Fiqhi ini, kami membahas mengenai Dalil-Dalil Syar’i Dalam Bab Fiqhi.

6. Sementara dalam Al-Qawa’id Al-Fiqhiah, kaidah Maslahat dan Mafsadat baru selesai penjabarannya dalam edisi kelima ini. Hal ini wajar mengingat ini kaidah ini merupakan kaidah yang terbesar dan terluas dari semua kaidah fiqhiah yang ada.

7. Dan dalam pelajaran manhajiah, kami mensyarah aqidah ahlissunnah berkenaan dengan sahabat dan ahli bait Nabi shallallahu alaihi wasallam, yang terdapat dalam risalah Ashlu As-Sunnah.

Demikian gambaran secara global. Untuk membaca preview setiap rubrik, silakan mengklik setiap link di atas atau silakan kunjungi: http://ezine.al-atsariyyah.com untuk langsung berlangganan.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Saturday, December 10th, 2011 at 10:57 am and is filed under Info Kegiatan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.