Tafsir, Takwil, dan Tarjamah al-Qur`an

May 27th 2015 by Abu Muawiah |

Tafsir, Takwil, dan Tarjamah al-Qur`an

Disiplin ilmu tafsir termasuk di antara disiplin ilmu yang paling mulia, karena ia berkaitan langsung dengan al-Qur`an al-Karim, kitab yang diturunkan kepada penutup para nabi dan yang menghapuskan hukum semua kitab suci sebelumnya. Karenanya tidak salah jika dikatakan bahwa awal mula munculnya ilmu tafsir adalah bersamaan dengan turunnya al-Qur`an.

Sudah diketahui bersama bahwa al-Qur`an itu diturunkan dalam bahasa Arab dan kandungannya merupakan syariat Allah. Hanya saja, syariat yang tersebut dalam al-Qur`an masih bersifat umum dan global. Karena itulah al-Qur`an membutuhkan penjelasan, penjabaran, dan penerangan, agar syariat yang terdapat di dalamnya bisa diterapkan dan maksud Allah dari menetapkan suatu syariat bisa diketahui. Dahulu pada zaman Nabi r, para sahabat sendiri terkadang tidak memahami kata-kata tertentu dalam al-Qur`an, sehingga mereka menanyakan tafsirnya kepada Nabi r. Padahal pada waktu itu bahasa Arab mereka masih murni dan terjaga dari pengaruh bahasa lain, bahkan pada masa itu, bahasa Arab berada pada puncak keemasannya. Kenyataan ini menunjukkan bahwa generasi setelah mereka jauh lebih membutuhkan penjelasan dan tafsir al-Qur`an. Ada beberapa riwayat yang menjelaskan akan adanya sebagian sahabat yang memiliki spesialisasi dalam ilmu tafsir. Semisal sabda Nabi r kepada Ibnu Abbas t:

اللهم فقهه في الدين وعلمه التأويل

“Ya Allah, berilah pemahaman agama yang benar kepadanya dan ajarilah dia ilmu takwil,” yakni ilmu tafsir.

Al-Qur`an adalah mukjizat abadi dan merupakan pedoman kehidupan manusia sepanjang masa, karena itulah kebutuhan akan ilmu tafsir tidak akan pernah berhenti. Bagaimanapun luasnya pengetahuan seseorang mengenai ilmu ini dan betapapun banyaknya ayat dan kejadian dalam al-Qur`an yang telah dia telusuri dan pelajari, tetap saja dia masih membutuhkan tafsir yang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa mengetahui betapa urgennya pembahasan tafsir ini. Karena itulah, walaupun pembahsan ‘Tafsir, Takwil, dan Tarjamah’ ditempatkan di bagian penutup, akan tetapi dari sisi fungsi, seharusnya pembahasan ini ditempatkan di depan, mendahului semua cabang ilmu al-Qur`an lainnya. Karena itu tidak semua yang disebut belakangan itu mempunyai nilai yang rendah. Pembahasan ilmu tafsir sangat luas cakupannya, sampai-sampai ia dijadikan sebagai cabang ilmu tersendiri yang terpisah dari cabang-cabang ilmu al-Qur`an lainnya. Dalam makalah ini kami mencoba untuk menjelaskan beberapa pembahasan penting dalam ilmu tafsir, dengan tujuan:

  1. Mendapatkan gambaran secara garis besar mengenai pembahasan-pembahasan dalam ilmu tafsir.
  2. Menumbuhkan semangat untuk menggali lebih dalam ilmu-ilmu al-Qur`an lainnya.
  3. Memenuhi tugas makalah dalam mata kuliah Ulum al-Qur`an.

 

Untuk membaca kelanjutannya, silakan download makalah yang kami susun melalui link di bawah ini:

Download Makalah Ulum al-Qur`an: Tafsir, Takwil, dan Tarjamah

Sampul

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Wednesday, May 27th, 2015 at 10:27 am and is filed under Download, Ilmu al-Qur`an. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.