Siapakah Penghuni Surga & Neraka Sekarang

January 30th 2010 by Abu Muawiah |

Siapakah Penghuni Surga & Neraka Sekarang?

Tanya:
Bismillah…Apakah surga dan neraka sudah ada penghuninya?Karena kalau tdk salah dg pengetahuan saya, saat rosululloh akan menerima perintah sholat bersama malaikat jibril,di perjalanan di perlihatkan penduduk surga dan neraka,apakah itu cuma gambarannya saja,atau emang benar2 sudah ada penghuninya(surga/neraka)…
“Handa yono rifai” <hans_mbanjar@yahoo.co.id>

Jawab:
Ia surga dan neraka sudah ada penghuninya sekarang. Pendapat yang menyatakan bahwa surga dan neraka sekarang belum ada penghuninya adalah pendapat Mu’tazilah, Qadariah, dan Jahmiah, bahkan mereka berpendapat bahwa surga dan neraka belum tercipta sekarang.
Adapun dalil-dalil yang menunjukkan penghuni surga dan neraka sudah ada, maka disebutkan dalam beberapa hadits di antaranya:
Dari ‘Imran bin Husain dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ
“Aku mendatangi, surga maka kulihat kebanyakan penduduknya adalah para faqir dan aku mendatangi neraka maka aku lihat kebanyakan penduduknya para wanita”. (HR. Al-Bukhari no. 3002 dan Muslim no. 4920 dari Ibnu Abbas)
Hadits ini diberikan judul bab oleh Imam Al-Bukhari: Bab keterangan tentang sifat surga dan bahwasanya dia telah tercipta. Maka ini menunjukkan bahwa Al-Bukhari memahami kalau apa yang dilihat oleh Nabi -alaihishshalatu wassalam- adalah kejadian ketika itu, bukan kejadian yang akan datang setelah hari kiamat atau sekedar penggambaran semata. Demikian pula Imam Ahmad berdalil dengan hadits semacam ini untuk menunjukkan bahwa surga dan neraka sudah ada sekarang, sebagaimana yang beliau sebutkan dalam Ushul As-Sunnah.
Juga di antara dalil yang menguatkan hal ini adalah bahwa roh para syuhada sudah berada di dalam surga dan juga Nabi -alaihishshalatu wassalam- pernah melihat Amr bin Luhai -orang yang pertama kali memasukkan penyembahan berhala ke Jazirah Arab- sedang menyeret ususnya di neraka. (HR. Al-Bukhari no. 1136 dan Muslim no. 5096)
Dan dalam Shahih Al-Bukhari no. 4826 dan Muslim no. 4408 bahwa beliau bertanya tentang pemilik istana di dalam surga, maka ada seorang wanita -dalam riwayat Muslim: Ada sekelompok orang- yang menjawab bahwa itu miliknya Umar. Maka ini juga menunjukkan surga sudah dihuni.

Jika ada yang mengatakan: Bukankah manusia nanti akan masuk surga dan neraka setelah melewati hisab dan sirath, sementara hisab dan shirath hanya ada setelah hari kiamat?
Maka kami katakan: Wallahu a’lam, ini termasuk perkara ghaib yang kita tidak punya ilmu padanya. Kami menetapkan apa yang ditetapkan oleh syariat dan menafikan apa yang dinafikan oleh syariat. Wallahul muwaffiq.

[Update:
Belakangan kami mendapatkan faidah dari Ust. Zulqarnain -hafizhahullah- ketika kami menanyakan hal ini secara langsung maka beliau menyatakan bahwa masalah ini memang ada perbedaan pendapat di kalangan ahlussunnah, ada yang menetapkan, ada yang menafikan, dan ada juga yang tidak senang menyinggung masalah ini. Dan beliau sendiri memilih pendapat yang terakhir yaitu tidak menyinggung masalah ini.
Karenanya ucapan kami di atas yang digaris tengah adalah SALAH karena adanya sebagian ulama ahlussunnah yang berpendapat bahwa belum ada makhluk yang disiksa di dalam neraka, karenanya kami bertaubat kepada Allah atas ucapan di atas, itu (bergaris tengah) merupakan ucapan yang SALAH dan JELEK, wanastaghfirullah min dzalik. Yang benarnya bahwa ketiga sekte itu meyakini bahwa surga dan neraka belum ada sekarang, sementara apakah sekarang keduanya sudah berpenghuni maka ada silang pendapat di kalangan ulama.
Awalnya kami ingin menghapus artikel di atas agar masalah ini tidak lagi disebut-sebut, hanya saja kami tidak mempunyai tempat untuk mencantumkan faidah ini. Jadi kami harapkan kepada segenap membaca untuk memahami maksud kami tetap memunculkan artikel di atas. wallahul musta’an.
Dan tidak lupa kami haturkan terima kasih kepada al-akh ad-darini -jazahullahu khairan- yang telah memberikan kritik dan nasehat dalam masalah ini yang menjadikan kami kembali mempertanyakan masalah ini kepada asatidz.]

Incoming search terms:

  • penghuni surga dan neraka
  • surga dan neraka
  • penghuni surga
  • apakah surga dan neraka sudah ada
  • perbandingan orang yang masuk surga dan neraka
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Saturday, January 30th, 2010 at 7:11 am and is filed under Aqidah, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

9 responses about “Siapakah Penghuni Surga & Neraka Sekarang”

  1. Abu abbas said:

    Afwan,, lalu bagaimana tentang hadist yang mengabarkan bahwa nanti, pada hari kiamat,, ummat Nabi mendatangi Nabi Adam alahissalam, lalu beliau menyuruh utk menghampiri Nabi Nuh dan seterusnya hingga mendatangi Nabi terakhir Nabi Muhammad shollolloohu ‘alayhi wasallam,, lalu setelah itu syafaat Nabi agar Allooh Tabaroka Ta’ala segera mengadakan hisab,, ditimbang amal baik dan buruknya hingga ditempatkan di surga dan neraka.. Selain itu, hadits yang menyatakan bahwa penghuni kubur ada yang merasakan nikmat dan adzab kubur,, yang mendapat nikmat kubur seraya meminta agar disegerakan hisab dan yang mendapat adzab kubur seraya memohon agar hisab tidak segera dilakukan karena dahsyatnya api neraka,, mohon penjelasannya,, barokalloohu fiyk

    Ini yang ana singgung di akhir artikel. Ini termasuk masalah yang kita tidak punya keterangan tentangnya, yang jelas dalil-dalil menunjukkan surga dan neraka sekarang sudah ada penghuninya. Wallahu a’lam.

  2. Roni said:

    Assalamu’alaikum
    Ustadz Muawiyyah yang ana cintai karena Allah, begitupula dengan kata-2 mutazilah, qadariah, dan jahmiah diberi keterangan ringkas atau catatan kaki agar jelas bagi siapa saja yang membacanya. rencananya artikel bagus diatas ana mau cantumkan di mading masjid. Semoga Allah membalas kebaikan ustadz dengan berlipat-lipat ganda. Amien

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Semoga Allah mencintai anda yang pada-Nya anda mencintai kami. Maaf kami tidak memberikan keterangan karena kami menyangka sekte ini sudah masyhur.
    Mu’tazilah: Termasuk sekte sesat yang mempunyai beberapa keyakinan yang rusak di antaranya: Menolak semua sifat-sifat Allah, menyatakan pelaku dosa besar (selain kekafiran dan kesyirikan) kekal dalam neraka, mendahulukan akal daripada wahyu ketika keduanya bertentangan, makhluk menghendak dan menciptakan sendiri perbuatannya tanpa ada campur tangan (takdir) dari Allah.

    Qadariah: Sebagaimana namanya, dia merupakan sekte yang sesat dalam masalah takdir, dimana sekte ini terbagi menjadi dua:
    a. Qadariah extrim: Yang mengingkari bahwa Allah mengetahui dan menuliskan segala sesuatu sebelum terjadinya.
    b. Neo Qadariah: Mereka adalah Mu’tazilah dengan pemahaman yang sesat mereka tentang takdir di atas.

    Jahmiah: Sekte yang telah dinyatakan kafir oleh 500 orang ulama, dipelopori oleh seorang yang bernama Jahm bin Shafwan. Di antara keyakinan kekafirannya adalah: Menyatakan Allah Ta’ala sama sekali tidak mempunyai nama dan sifat, iman itu hanya sekedar mengenal Allah walaupun tidak diucapkan dan tidak diamalkan, makhluk itu dipaksa oleh Allah untuk berbuat dan mereka sama sekali tidak punya kehendak dan pilihan lain untuk berbuat, dan akidah sesat selainnya.

  3. Siapakah Penghuni Surga & Neraka Sekarang? « Berpegang Teguh Dengan Sunnah Adalah Keselamatan said:

    […] http://al-atsariyyah.com/?p=1793 […]

  4. ADDARINY said:

    Pendapat yang menyatakan bahwa surga dan neraka sekarang belum ada penghuninya adalah pendapat Mu’tazilah, Qadariah, dan Jahmiah… afwan ana ingin tahu, antum nukil perkataan ini dari siapa?

    Karena yg ana tahu para ulama itu membahas apakah surga dan neraka itu sudah ada apa belum… bukan sudah berpenghuni apa belum…

    Tentang ruh para syuhada memang ada haditsnya, sebagaimana antum cantumkan, tapi hendaknya diberi catatan, bahwa itu hanya ruh saja, bukan dengan jasadnya, agar pembaca tidak menyamakan antara penghuni surga sekarang dengan penghuni surga setelah kiamat…

    Masalah selanjutnya, ADAKAH MAKHLUK YG DISIKSA SEKARANG INI DI NERAKA?!… Antum harus datangkan dalil yg shorih dalam hal ini, dan perkataan para ulama, karena ini menyangkut hal gaib…

    memang ana tahu ada hadits isro’ dan mi’roj yg menceritakan nabi melihat orang yg disiksa di neraka… tapi masalahnya, adakah ulama salaf yang mengatakan bahwa sekarang sudah ada orang yg disiksa di neraka?!… karena kita tahu, pentingnya pemahaman para salaf dalam memahami hadits beliau -shollallohu alaihi wasallam-.

    Afwan, ana hanya ingin istifadah saja… anabarokallohu fikum…

    Kami mengatakan bahwa surga dan neraka sekarang belum ada penghuninya adalah pendapat Mu’tazilah, Qadariah, dan Jahmiah berdasarkan ucapan para ulama ketika menyebutkan syubhat mereka dalam masalah ini. Mereka menyatakan: Di antara dalil bahwa surga dan neraka belum ada sekarang adalah karena dia nanti akan ditempati setelah hari kiamat, sehingga menciptakan keduanya sebelum hari kiamat adalah perbuatan sia-sia karena akan menjadikan keduanya kosong melompong. Dan Allah harus disucikan dari melakukan perbuatan sia-sia.
    Maka para ulama membantah syubhat ini dengan mengatakan: Siapa yang bilang kalau surga dan neraka sekarang kosong … dan seterusnya.
    Faidah ini kami dapatkan dari syarh Asy-Syaikh Abdul Azizi Ar-Rajihi terhadap Al-Aqidah Ath-Thahawiah.

    Adapun pertanyaan antum yang lainnya, maka saya harapkan antum membaca kembali dengan seksama apa yang kami sebutkan di atas, karena jawabannya sudah tertera di sana bagi siapa yang memahaminya.

  5. Siapakah Penghuni Surga & Neraka Sekarang « Kabut Fajar Di Pucuk Merapi said:

    […] http://al-atsariyyah.com Tags: Akidah Comments RSS […]

  6. ADDARINY said:

    ويقال ثانيا: ليستا معطلتين من قال إنهما معطلتان ليستا معطلتين، بل هما مشغولتان، فإن الروح تنعم في الجنة، أو تعذب في النار، قبل يوم القيامة، كحديث: (إنما مثل روح المؤمن كطائر يعلق في شجر الجنة، حتى يرجعه الله إلى جسده يوم القيامة) فهذا صريح في دخول الروح الجنة، قبل يوم القيامة، وحديث البراء بن عازب في قصة العبد المؤمن والكافر، وأنه يفتح له باب إلى الجنة، فيأتيه من روحها وطيبها، أو يفتح له باب إلى النار، فيأتيه من حرها وسمومها.

    Akhi… jazakallohu khoiron, atas faidahnya…
    Ana hadirkan perkataan syeikh abdul aziz yg antum jadikan sebagai rujukan di sini agar kt bs lebih obyektif…
    akhi… apakah ada salaf yg mengatakan seperti perkataan beliau bahwa sudah ada makhluk yg disiksa di neraka sekarang ini?!
    Karena syeikh abdul aziz di atas hanya berdalil dengan hadits baro’ bin hazib… padahal hadits itu menerangkan datangnya panas neraka ke kubur orang kafir, bukan sebaliknya, arwah orang kafir yg masuk ke neraka… bukankah demikian?!
    jadi sandaran antum belum kuat menurut ana… coba antum datangkan perkataan salaf tentang masalah ini…
    catatan: kita sepakat bahwa surga dan neraka sekarang ada… masalah kita, apakah sekarang sudah ada makhluk atau ruh yg di siksa di neraka?!… ana ingin perkataan salaf, karena ini menyangkut pemahaman terhadap nash, dan tentunya salaf telah menyinggungnya… jika tidak ada, maka hendaknya kita tidak membicarakannya…

    Ana menangkap kelihatannya antum sudah sepakat bahwa surga sekarang sudah ada penghuninya, walaupun itu sekedar roh syuhada`. Tolong dibenarkan kalau saya salah.
    Adapun masalah adanya penghuni neraka sekarang maka hadits bahwa ‘kebanyakan penghuni neraka adalah wanita’ di atas. Saya mau bertanya kepada antum: Kapan Nabi -shallallahu alaihi wasallam- melihat ini? Atau sebelumnya saya tanyakan: Apakah ini adalah pemandangan nyata ketika itu atau hanya sekedar kejadian akan datang yang diperlihatkan kepada Nabi?
    Adapun kami, maka kami berpendapat bahwa kejadian yang Nabi -shallallahu alaihi wasallam- lihat itu adalah kejadian saat itu, karena memang saat itu neraka sudah ada. Dan untuk inilah Al-Bukhari membawakan hadits ini untuk berdalil akan adanya neraka sekarang.
    Jadi salaf kami dalam masalah ini adalah: Imam Al-Bukhari dalam shahihnya
    Adapun imam Ahmad, maka beliau berkata dalam Ushul As-Sunnah:
    والجنة والنار مخلوقتان كما جاء عن رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: “دخلت الجنة فرأيت قصرا”، “ورأيت الكوثر”
    و”اطلعت في الجنة فرأيت أكثر أهلها. . . .”، “واطلعت في النار فرأيت. . . . . . كذا”، فمن زعم أنهما لم تخلقا فهو مكذب بالقرآن , وأحاديث رسول الله – صلى الله عليه وسلم -، ولا أحسبه يؤمن بالجنة والنار.
    Maka ini juga jelas bagaimana Imam Ahmad berdalil denan Nabi melihat penghuni neraka bahwa neraka sudah ada. Dan ini menunjukkan beliau berpendapat bahwa penghuni neraka juga sudah ada.
    Ditambah lagi hadits dalam Ash-Shahih tentang Nabi -shallallahu alaihi wasallam- melihat Amr bin Luhai menyeret ususnya di dalam neraka. Maka ini juga menunjukkan adanya penghuni neraka sekarang.
    Kecuali kalau kita menyatakan bahwa itu adalah kejadian akan datang yang diperlihatkan kepada Nabi. Akan tetapi ucapan seperti ini butuh dalil karena menyelisihi lahiriah nash hadits.
    Asy-Syaikh Saleh bin Abdil Aziz Alu Asy-Syaikh ditanya di sela-sela pelajaran beliau dalam Syarh Ath-Thahawiah pelajaran ke-40:
    س1/ قال كيف نجيب على الإشكال في الأحاديث النبوية التي تذكر دخول الجنة والنار بالفعل الماضي، مثل حديث «عذبت امرأة في هرة سجنتها حتى ماتت فدخلت بها النار»، هل المقصود عذاب القبر أم ماذا؟
    ج/ ما ذكر من العذاب لمن أخبر الله جل وعلا أنه يعذب في النار أو أنه يعذب مطلقا أو أنه عُذِّب هذا محمول عند أهل السنة والجماعة على حقيقته، وإن الجنة والنار مخلوقتان الآن لا تفنيان ولا تبيدان، فمن شاء الله جل وعلا أن يعذبه في النار من أهل القبلة أو من استحق النار من أهل الشرك والضلال وهو إذا مات في النار وهو في قبره يكون معذبا في النار، والقبر إما روضة من رياض الجنة وإما حفرة من حفر النار، وقد قال جل وعلا في سورة غافر لما ذكر عذاب آل فرعون قال ﴿النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ﴾[غافر:46]، فدلت الآية أن عذاب أولئك في النار حاصل في زمنين: الآن وبعد قيام الساعة. وكلها على حقيقتها يعذبون في النار؛ لأن الواجب الأخذ بالظاهر، وهذه أمور غيبية، والنار مخلوقة والجنة مخلوقة والنعيم في الجنة حاصل الآن والعذاب في النار حاصل الآن
    Wallahu a’lam bishshawab, wal ilmu indallah.

  7. ana muslimah said:

    assalamualaikum… ana mahu tanya siapakah penghuni neraka sebelum hari akhirat???

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Kami sudah sebutkan kalau sebaiknya masalah ini tidak perlu dibahas lebih dalam, afwan jiddan.

  8. mnaufals said:

    Assalamualaikum wr wb.

    Mau tanya, kalo kita di surga kita ga buang air? trus kita boleh bersenggama dengan para bidadari apa tidak?

    lalu bagaimana dgn org yg dosanya lebih berat drpd pahalanya, apa bisa masuk surga?

    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr wb

    Waalaikumussalam.
    1. Ya.
    2. Jika dia masih muslim dan tidak mendapatkan syafaat dan rahmat dari Allah di awalnya, maka dia masuk ke neraka dahulu hingga semua dosanya terhapus. Baru setelah itu dia diperkenankan masuk ke dalam surga.

  9. arifs said:

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya. Saya sering dengar bahwa penghuni surga adalah laki-laki, lalu kalau wanita yang solehah bagaimana? terima kasih.
    Wassalam.

    Waalaikumussalam.
    Penghuni surga adalah lelaki dan wanita yang beriman kepada Allah.