Raket Listrik Untuk Nyamuk

June 17th 2012 by Abu Zakariyya |

Raket Listrik Untuk Nyamuk

Pertanyaan :

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan, seorang penanya bertanya :
“Apa hukum menggunakan alat listrik yang bisa menyetrum serangga?

Asy-Syaikh (menjawab) :
“Tidak mengapa menggunakannya, dikarenakan dua alasan:

Pertama : menyetrumnya tidaklah membakarnya, akan tetapi hal tersebut membuatnya mati, buktinya jika engkau letakkan kertas di atas alat ini, kertas itu tidak terbakar.
Kedua : orang yang meletakkan alat ini tidak bermaksud untuk menyiksa lalat dan serangga dengan api, akan tetapi tujuannya adalah
untuk menolak gangguannya. Ada hadits yang melarang menyiksa dengan api, sedangkan ini tidaklah untuk menyiksa akan tetapi untuk menolak gangguan.
Ketiga : secara umum, sangat sulit untuk membasmi serangga kecuali dengan menggunakan alat ini atau dengan alat yang menyemprotkan bau tidak enak yang terkadang bisa membahayakan tubuh. Dan Nabi shollallohu alaihi wa sallam pernah membakar pohon kurma Bani Nadhir, sedangkan di pohon kurma biasanya terdapat burung, serangga dan yang semisalnya.”
– – –
Diterjemahkan dari:
Fatawa Nur ‘Ala ad-Darb
http://www.ibnothaimeen.com/all/noor/article_9081.shtml

Incoming search terms:

  • cara membunuh nyamuk menurut islam
  • hukum raket listrik
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Sunday, June 17th, 2012 at 8:13 am and is filed under Fatawa. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

5 responses about “Raket Listrik Untuk Nyamuk”

  1. Adi said:

    Alhamdulillah…akhirnya terjawab juga permasalahan ini. Jazakumullahu khairan ustadz, semoga Allah senantiasa menjaga anda. Artikel yang bermanfaat…

  2. poetra said:

    Assalamualaikum, mav pak usatdz, sepengetahuan saya raket listrik menimbulkan percikan api ketika digunakan, dan saya pernah memasukkan sepotong kertas di dalam raket tersebut (pada kawat2 yg mengalirkan listrik, bukan kawat pelindung bagian luar). namun saya setuju dengan pendapat ustadz bahwa itu tidak mengapa selama bukan karena kesia-siaan terhadap serangga tersebut

  3. abu Luqman Al magetany said:

    bismillah
    artikelnya bagus ustadz, ditunggu tulisan2 yang lain

  4. abu dzikro said:

    assalamu’alaikum ustadz, bolehkah membunuh tikus yang masuk dalam perangkap dengan cara menyiramnya dengan air panas?

    Waalaikumussalam.
    Tidak boleh, karena itu lebih menyiksa. Islam menyuruh kita untuk membunuh dengan cara yang baik, yakni cara yang lebih cepat dalam mematikan sehingga tidak menyiksa hewan itu terlalu lama.

  5. Pencari Ilmu said:

    Assaamu’alainkum
    Ustadz, bagaimana kalo membunuh tikus yg terperangkap dengan di tenggelamkan dalam air? dan bagaimana jika di berikan secara hidup2 pada kucing supaya dimakan karena biasanya kucing tidak langsung membunuh mati tapi seperti dibuat mainan dahulu? Dan bagaimana cara yg baik membunuh tikus yg terperangkap, karena saya tidak tega membunuh secara langsung dengan senjata tajam atau dengan batu.
    Terimakasih.

    Waalaikumussalam.
    Kedua cara itu kurang baik, karena terdapat bentuk siksaan dalam cara membunuhnya.
    Langsung saja dibunuh, suruh orang lain kalau anda tidak tega.