Mengundurkan Pembayaran Zakat ke Ramadhan

April 25th 2011 by Abu Muawiah |

Mengundurkan Pembayaran Zakat ke Ramadhan

Tanya:
Bismillah.assalamu’alaykum ustadz.
ustadz,Insya Alloh bulan ini saya memiliki harta yang mencapai nishob sehingga perlu dibayarkan zakatnya (harta berupa uang setelah dikurangi bunga bank). bolehkah saya menunda pembayarannya sampai saat bulan puasa masuk ? terima kasih.jazaakumullohu khoyron.
Abu Ahmad [banuhibrida@yahoo.com]

Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Mayoritas ushuliyin berpendapat bahwa suatu perintah itu disyariatkan dikerjakan sesegara mungkin, setelah semua syarat-syaratnya terpenuhi. Karenanya tidak diragukan bahwa menyegerakan amalan baik –apalagi yang wajib- itu jauh lebih utama daripada mengundurkannya, karena seorang tidak ada yang mengetahui apakah dia masih akan mempunyai waktu untuk mengerjakan amalan itu ataukah tidak. Dan secara umum Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan.” (QS. Al-Baqarah: 148)

Akan tetapi dari sisi hukum pastinya, apakah diperbolehkan untuk mengundurkan pelaksanaan suatu kewajiban?
Ada silang pendapat di kalangan ushuliyin, dan yang benarnya adalah boleh, selama kewajiban itu bukan ibadah mengqadha` suatu kewajiban dan bukan pula ibadah yang terbatas waktunya (muqayyad). Karenanya, dibolehkan mengundurkan pembayaran zakat mal setelah terpenuhi kedua syaratnya (nishab dan haul) sampai ke bulan ramadhan. Apalagi mengingat pahala di bulan ramadhan menjadi lebih besar dibandingkan pahala di luar bulan ramadhan. Wallahu a’lam

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, April 25th, 2011 at 3:23 pm and is filed under Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

1 response about “Mengundurkan Pembayaran Zakat ke Ramadhan”

  1. Audia said:

    Tanya
    Ustadz sya mau tanya kebetulan dibulan ramadhan ni sya mendapatkn rejeki lebih n’sya ingin menzakatkan rejeki sya tu tp sya bingung karna sya tidak tahu hukum n’persentase berapa persen zakat yg harus sya keluarkan dari rejeki sya tu??

    Zakat harta hanya dikeluarkan sekali dalam setahun, itu pun jika hartanya mencukupi nishab (setara dengan harga 85 gr emas), dan yang dikeluarkan hanya 2,5% darinya.