Mengenal Hukum-Hukum Haid (1)

May 11th 2009 by Abu Muawiah |

Mengenal Hukum-Hukum Haid (1)

Pembahasan fiqhi kita pada edisi ini sudah sampai pada bab terakhir dari kitab tentang thaharah (bersuci), yaitu bab tentang haid, nifas dan istihadhah. Bab ini termasuk bab terpenting dalam masalah thaharah, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abidin -rahimahullah- dalam Radd Al-Muhtar (1/282), “Mengetahui masalah-masalah yang ada di dalamnya termasuk dari perkara-perkara penting yang terbesar, karena banyak sekali hukum-hukum yang dibangun dari masalah (haid) ini.” Karenanya wajib atas seorang wanita atau yang bertanggung jawab terhadapnya untuk mempelajari masalah haid ini. Asy-Syarbini  -rahimahullah- berkata dalam Mughni Al-Muhtaj (1/120), “Wajib atas wanita untuk mempelajari ilmu yang dia butuhkan berupa hukum-hukum haid, istihadhah, dan nifas. Kalau suaminya berilmu tentangnya maka dia harus mengajari istrinya, dan kalau tidak maka boleh bagi wanita tersebut untuk keluar rumah guna bertanya kepada ulama, bahkan itu wajib atasnya. Dan diharamkan bagi suaminya (dalam hal ini) untuk melarangnya keluar, kecuali kalau dia (suami) yang bertanya lalu mengabarkan jawabannya kepada istrinya sehingga istrinya tidak perlu keluar.”
Dan sudah masyhur di kalangan ulama bahwa bab haid ini termasuk dari bab tersulit dalam bab-bab fiqhi, sampai-sampai masyhur dari Imam Ahmad -rahimahullah- bahwa beliau berkata, “Saya duduk mempelajari masalah haid selama 9 tahun sampai akhirnya saya bisa memahaminya.” Karenanya untuk mendekatkan pemahaman masalah ini kepada kaum muslimin sekalian -terkhusus kaum muslimah-, kami mencoba untuk meringkas masalah-masalah yang terdapat dalam bab haid ini, wallahul muwaffiq.
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa darah yang keluar dari kemaluan wanita ada tiga jenis: Darah haid, darah nifas, dan darah istihadhah.

Definisi Haid.
Haid secara bahasa bermakna mengalir.
Adapun secara istilah, Al-Bahuti berkata, “Dia adalah darah kebiasaan wanita yang berasal dari dasar rahim, pada waktu-waktu tertentu.” (Ar-Raudh Al-Murbi’ -Hasyiah Ibni Qasim-: 1/370) Dan sebagian ulama ada yang menambahkan definisinya: Bukan dikarenakan sebab melahirkan.
Ucapan Al-Bahuti, “Darah kebiasaan,” maka bukan tergolong haid, darah yang keluar karena adanya penyakit dan semacamnya.
Kalimat ‘dalam rahim, menunjukkan darah istihadhah bukanlah haid karena dia berasal dari urat yang pecah yang bernama al-adzil.
‘Pada waktu-waktu tertentu’ maksudnya: Darah haid ini keluar pada waktu-waktu tertentu saja, yang mana waktu tertentu tersebut sudah diketahui oleh setiap wanita dan mereka menamakannya sebagai adat keluarnya haid.
‘Bukan dikarenakan sebab melahirkan’, keluar darinya darah nifas, karena dia keluar akibat melahirkan.
[Lihat: Al-Ahkam Al-Mutarattibah ala Al-Haidh wa An-Nifas wa Al-Istihadhah hal. 13-14]

Ciri-Ciri Darah Haid.
Dia adalah darah tebal yang keluar dari rahim, berwarna hitam lagi busuk baunya, dan setelah keluar tetap dalam keadaan cair.
Ciri-ciri di atas harus diperhatikan dengan baik, karena akan diterangkan bahwa darah istihadhah mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengannya. Sementara hukum-hukum haid dan istihadhah itu berbeda. Karenanya barangsiapa yang tidak bisa membedakan antara kedua jenis darah ini maka dia akan terjatuh dalam kesalahan dalam memberikan hukum pada wanita yang terkena haid atau istihadhah.

Najisnya Darah Haid.
Darah haid adalah najis berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran (najis).” (QS. Al-Baqarah: 222). Adapun dari As-Sunnah, maka Rasulullah  bersabda tentang pakaian yang terkena darah haid, “Hendaknya dia mengeruknya lalu menggosoknya dengan air lalu menyiramnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Asma` bintu Abi Bakr) Dan ini jelas menunjukkan najisnya. Dan An-Nawawi menukil ijma’ kaum muslimin akan najisnya darah haid.

Penentuan Masa Haid.
Ada dua perkara yang dijadikan sandaran dalam menentukan masa haid:
1.    Adat. Yaitu lama biasanya darah haid keluar dari seorang wanita setiap bulannya. Misalnya kalau setiap bulan darah haidnya keluar selama 7 hari, maka berarti adat haidnya 7 hari. Kalau biasanya haid keluar setiap akhir bulan selama sekitar 5 atau 6 hari, maka berarti adat dia setiap akhir bulan berkisar antara 5 atau 6 hari. Demikian seterusnya.
Dalilnya adalah sabda Nabi -shallallahu alaihi wasallam- kepada Fathimah binti Jahsy, “… akan tetapi tinggalkanlah shalat selama hari-hari yang biasanya kamu haid pada hari-hari itu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah)
Perlu diketahui bahwa suatu durasi dikatakan dia sebagai adat dari wanita tersebut kalau durasi itu berulang selama tiga kali berturut-turut. Karenanya wanita yang pertama kali haid belum bisa diketahui berapa adatnya, sampai dilihat kapan darahnya keluar pada bulan pertama haidnya. Kalau pada bulan kedua dan ketiga, darah haid keluar pada waktu yang sama pada bulan pertama maka barulah dikatakan itu adalah adat haidnya, wallahu a’lam. Ini adalah pendapat yang dikuatkan oleh Imam Ibnu Qudamah, Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin dan Asy-Syaikh Muqbil -rahimahumullah-.
2.    Tamyiz. Yaitu dengan memperhatikan darah yang keluar dari kemaluannya. Kalau yang keluar sesuai dengan ciri-ciri haid yang telah disebutkan di atas maka berarti dia sekarang terkena haid. Tapi kalau tidak sesuai dengan ciri-ciri haid maka berarti dia tetap suci walaupun ada darah yang keluar.
Dalilnya adalah sabda Nabi -shallallahu alaihi wasallam- kepada Fathimah binti Abi Hubaisy yang terkena istihadhah, “Itu hanyalah urat yang pecah dan bukan darah haid. Kalau darah haid sudah datang maka tinggalkanlah shalat dan kalau dia sudah berlalu maka cucilah darah darimu lalu shalatlah.” (HR. Al-Bukhari no. 306 dan Muslim no. 333)
Dalah hadits ini beliau menjadikan tanda datangnya haid adalah dengan datangnya darah yang sesuai dengan ciri-ciri haid.

Tanda Datang dan Selesainya Haid.
Datangnya haid ditandai dengan keluarnya darah hitam lagi busuk, pada waktu-waktu yang biasanya dia haid di situ.
Adapun selesainya haid, maka bisa diketahui dengan dua cara:
1.    Keluarnya al-qashshah al-baidha`, yaitu cairan putih yang keluar dari kemaluannya di akhir masa adat haid.
Aisyah -radhiallahu anha- berkata kepada para wanita, “Janganlah kalian tergesa-gesa (mandi suci) sampai kalian melihat al-qashshah al-baidha`,” yang dia maksudkan adalah tanda suci dari haid. (HR. Malik hal. 59 dan Abdurrazzaq: 1/302)
2.    Dengan al-jufuf, yaitu seorang wanita meletakkan kain katun atau yang semacamnya ke dalam kemaluannya, kalau kainnya kering maka berarti dia telah suci.

Durasi Minimal dan Maksimal Masa Haid.
Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, “Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan masa atau lamanya haid. Ada sekitar enam atau tujuh pendapat dalam hal ini.
Ibnu Al-Mundzir berkata, “Ada sekelompok ulama yang berpendapat bahwa masa haid itu tidak mempunyai batasan berapa hari minimal atau maksimalnya”.
Pendapat ini seperti pendapat Ad-Darimi di atas dan menjadi pilihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Dan itulah yang benar berdasarkan Al Qur’an, Sunnah dan logika.” Selesai ucapan Asy-Syaikh.
Jadi, tidak ada durasi minimal dan maksimal masa haid, akan tetapi semua ini dikembalikan kepada adat kebiasaan seorang wanita. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala, “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran”, oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci…” (QS. Al Baqarah: 222).
Dalam ayat ini, yang dijadikan Allah sebagai batas akhir larangan adalah kesucian, bukan berlalunya sehari semalam, atau tiga hari, ataupun lima belas hari. Hal ini menunjukkan bahwa illat (alasan) hukum (larangan menjauhui istri) adalah haid, yakni ada atau tidaknya.
Jadi, jika ada haid berlakulah hukum itu dan jika telah suci (tidak haid) tidak berlaku lagi hukum-hukum haid tersebut. Ini adalah pendapat Ali bin Abi Thalib, Imam Malik, Maimun bin Mihran, Al-Auzai dan Daud Azh-Zhahiri, serta dikuatkan pula oleh Imam Ibnu Al-Mundzir, Ibnu Rusyd, Ibnu Taimiah dan Ibnu Rajab.

Usia Minimal dan Maksimal Wanita Terkena Haid.
Tidak ada keterangan dari Al-Kitab dan As-Sunnah dalam masalah ini, maka yang benarnya dikembalikan kepada adat kebiasaan seorang wanita. Kapan ada darah yang keluar dari kemaluannya pada masa-masa yang biasanya dia haid di situ dan ciri-cirinya adalah darah haid, maka itu dihukumi sebagai haid, berapapun usia wanita tersebut.
Asy-Syaikh Muhammad Al-Utsaimin berkata, “Usia haid biasanya antara 12 sampai 50 tahun. Dan kemungkinan seorang wanita sudah mendapatkan haid sebelum usia 12 tahun, atau masih mendapatkan haid sesudah usia 50 tahun. Itu semua tergantung pada kondisi, lingkungan dan iklim yang mempengaruhinya. Para ulama, berbeda pendapat tentang apakah ada batasan tertentu bagi usia haid, di mana seorang wanita tidak mendapatkan haid sebelum atau sesudah usia tersebut?
Ad-Darimi, setelah menyebutkan pendapat-pendapat dalam masalah ini, mengatakan: “Hal ini semua, menurut saya keliru. Sebab, yang menjadi acuan adalah keberadaan darah. Seberapa pun adanya, dalam kondisi bagaimanapun, dan pada usia berapapun, darah tersebut wajib dihukumi sebagai darah haid. Dan hanya Allah Yang Maha Tahu”. Pendapat Ad Darimi inilah yang benar dan menjadi pilihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.
Jadi kapanpun seorang wanita mendapatkan darah haid berarti ia haid, meskipun usianya belum mencapai 9 tahun atau di atas 50 tahun. Sebab Allah Ta’ala dan Rasul-Nya mengaitkan hukum-hukum haid pada keberadaan darah tersebut. Maka dalam masalah ini, wajib mengacu kepada keberadaan darah yang telah dijadikan sandaran hukum. Adapun pembatasan pada masalah di atas tidak ada satupun dalil yang menunjukkan hal tersebut.”
Ini juga adalah pendapat yang dikuatkan oleh Ibnu Al-Mundzir, An-Nawawi dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiah -rahimahumullah-.

Incoming search terms:

  • bab haid
  • hukum haid tidak teratur
  • hukum menstruasi
  • tentang haid
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, May 11th, 2009 at 1:04 pm and is filed under Fiqh. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

109 responses about “Mengenal Hukum-Hukum Haid (1)”

  1. azrin salafie said:

    assalamualaikum….boleh diceritakan sedikit pasal perkara yang diharam ketika haid

    Waalaikumussalam warahmatullah. Insya Allah akan datang pembahasannya secara berurut. Setelah ini adalah pembahasan nifas dan istihadhah, baru setelah itu beberapa hukum yang berkenaan dengan wanita yang haid, termasuk apa saja yang diharamkan atasnya. Wallahul muwaffiq

  2. agung said:

    assalamu’alaikum,mohon untuk diijikan mencopy artikel-artekel di web ini dalam rangka menambah keilmuaan dan bukan untuk komersial

    Waalaikumussalam warahmatullah. Tafadhdhal, wabarakallahu fikum.

  3. upin said:

    Saya punya permasalahan.

    Setelah melahirkan, haid saya jd agak aneh…
    Dahulu sebelum melahirkan, saya haid hanya sampai 7 hari. Tapi setelah melahirkan haid menjadi lebih lama, bisa sampai 12 hari. sudah 9 hari…eh keluar drah lagi sedikit…hingga hilang bercak pd hari ke 12.

    Nah sekarang saya masih bingung…
    Kemarin saya masih haid, tiba2 malam berhenti dan ada bercak sedikit..
    Biasanya kalau mau berhenti haid beberapa hari muncul bercak yg semakin lama semakin sedikit hingga hilang…sampai muncul cairan putih…

    Nah, kemarin msh keluar darah dan sudah hari ke 6, tiba2 berhenti…tadi saya temui ada setitik noda coklat…
    Apakah saya boleh sholat dan puasa? Kebetulan tadi saya belum makan & minum smp siang…

    Terus terang ini membuat saya jadi bingung karena dalam keadaan keragu-raguan yg amat sangat…
    Boleh sholat apa nggak…boleh apa nggak…
    Akhirnya td saya mandi besar & sholat Ashar.

    Tolong diberikan penjelasan yg sejelas2nya…
    Karena haid ini kadang membingungkan…

    Yang jelas, kapan darah yang keluar itu (walaupun bercak) masih mempunyai ciri-ciri darah haid yang telah kami sebutkan, dan juga tanda suci (cairan putih) belum keluar maka dia masih dianggap haid yang tidak boleh shalat dan berpuasa. Wallahu a’lam.

  4. miftahul janah said:

    Asslamu alaikum wr. wb

    Saya punya masalah tetang darah haid,,,
    sudah sekitar 2 bulan ini saya haid tetapi warna darahnya berbeda, darah yang keluar warnanya merah cerah tidak tidak hitam /pun merah ati pokonya tidak seperti darah haid sebelumnya,,,,dan masa keluarnya kurang dari 7 hari, tetapi saya kl sedang keluar seperti itu saya tidak menjalankan sholat,,, apakah tindakan saya ini salah?

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Selama waktu datang haid bulanan (adat haid) masih normal dan masih waktunya seperti bulan-bulan sebelumnya, maka dikembalikan saja kepada adat haidnya. Karenanya pertanyaan di atas kurang lengkap tanpa penyebutan adat haidnya.
    Semua darah yang keluar sebelum dan setelah adat haid bukanlah haid, apapun warna dan baunya, sehingga dia tetap wajib shalat. Dan pada masa adat haid itu anda dihukumi haid apapun warna darah yang keluar, bahkan walaupun tidak keluar darah selama tanda suci belum terlihat. Wallahu a’lam.

  5. evi said:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Sejak saya memasang IUD 2,5 bulan lalu hampir setiap hari saya mengeluarkan kadang flek coklat tua, seringnya darah kadang merah segar kadang hitam pekat. Selama 2,5 bulan tersebut, saya tetep sholat kecuali pada tanggal saya dapat haid seperti biasanya dulu (sebelum pasang IUD). Namun lama haid saya jadi berubah, dulu hanya 7 hari, sekarang jadi 9 atau 10 hari. Trus kadang dalam masa istihadhoh, saya menjumpai darah yang keluar adalah darah hitam seperti haid dan deras, namun karena di luar ada, saya tetap sholat. Mohon pencerahan, bagaimana seharusnya? apakah tindakan saya salah? terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Apa yang anti lakukan sudah benar insya Allah. Hanya saja perlu diketahui bahwa adat dihukumi berubah jika perubahan itu sudah terjadi 3 bulan berturut-turut. Misalnya adatnya 7 hari, lalu bulan depan menjadi 9 atau 10 hari dan maka pada bulan itu dia masih memakai adat yang 7 hari. Jika bulan depannya masih 9 atau 10 hari maka dia tetap berpatokan pada 7 hari. Jika bulan depannya masih 9 atau 10 hari maka mulai saat itu dihukumi adatnya telah berubah menjadi 9 atau 10 hari dan menjadikan 9 atau 10 hari ini menjadi patokan.
    Adapun darah yang keluar deras berwarna hitam (seperti haid) di luar masa adat, maka sebagian ulama menamakannya dengan darah kotor, yang dia bukan najis dan tetap wajib mengerjakan shalat. Wallahu a’lam.

  6. lina setiawati said:

    aku sih belum aku ujuga gak tau masa belum udah 14 tahu belum mensturasi??????? aku jadi bingung ???

    Nggaj usah bingung, insya Allah ntar juga datang sendiri/

  7. wina syahrial w. said:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Saya punya masalah tentang haid..
    Setelah melahirkan anak ke-2 sewaktu haid saya suka merasa sakit sekali sampai2 tdk bisa beraktifitas, padahal swkt masih gadis dan stlh melahirkan anak-1 bila haid tdk terasa nyeri yg berlebihan..saya sudah coba periksa ke dua dokter kandungan yang berbeda, hasilnya dua-duanya menyatakan rahim saya normal dan tdk ada masalah..tapi saya sangat terganggu dengan rasa sakit saat haid..apa yg harus saya lakukan

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Maaf kelihatannya pertanyaan ini sebaiknya ditujukan kepada dokter atau pakar herbal, yakni apa saja yang bisa mengurangi rasa sakit saat haid. Karena setahu kami rasa sakit ketika haid itu adalah hal yang wajar walaupun mungkin tingkat sakitnya berbeda-beda. Wallahu a’lam.

  8. wati said:

    Assalamu’alaikum wr wb…
    Adat haid saya biasanya maju sekitar 5-7 hari…
    Tapi udah dua bulan ini haid saya tidak teratur,
    Bulan kemaren maju sekitar 10-12 hari tapi hanya keluar bercak coklat,misalnya pada siang hari keluar tapi pada malam hari tidak keluar.
    Nah, bulan sekarang kejadian seperti bulan kemaren lagi,,
    Apakah saya diperbolehkan sholat?
    Sekian dan terimakasih byk..
    Wassamu’alaikum wr wb.

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Wallahu a’lam, yang jelas jika perubahan itu belum berulang sebanyak 3 kali maka adat yang menjadi patokan tetap adat awalnya sebelum ada perubahan.

  9. Sh. Nawwal Al-Attas said:

    “..tanda suci (cairan putih) belum keluar maka dia masih dianggap haid yang tidak boleh shalat dan berpuasa.”
    Bagaimana nak tahu yang keluar itu cairan putih?
    Jika cairan putih-putih kuning itu keluar dalam masa 2-3 hari selepas hari biasa keluaran haid (7-9 hari) adakah dikira haid juga; atau
    Dalam tempoh keluar cairan putih-putih kuning itu sudah bole mandi wajib untuk bersuci dan melakukan pelbagai ibadat?

    Jika dia keluarnya setelah selesainya masa haid maka dia tidak dihukumi haid, tetap wajib shalat dan puasa (wajib). Tidak perlu dia mandi wajib.

  10. sam said:

    Assalamu ‘alaikum wr. wb….
    Saya ingin mengetahui, sebelum darah haid yg berwarna hitam keluar, biasanya 1 atau 2 hari sebelumnya diawali dengan keluarnya bercak-bercak coklat yang hanya sedikit sekali (bukan darah hitam seperti darah haid), bahkan kadang hampir tidak kelihatan. Saya pernah mengalaminya. Jadi misalnya hari pertama keluar bercak coklat, hari berikutnya bersih (tidak ada bercak sedikitpun), dan hari ketiga mulai keluar darah haid… Yang ingin saya tanyakan, apakah ketika keluar bercak coklat pada hari pertama itu kita sudah tidak perbolehkan sholat? atau masih harus menunggu darah yang hitam keluar (hari ketiga), baru berhenti sholat?
    Sekian, terima kasih…
    Wassalamu ‘alaikum wr. wb…

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Kalau memang bercak coklat itu keluar sebelum tibanya masa kebiasaan haidnya maka dia tidak dihukumi haid. Karenanya dia tetap wajib shalat, wallahu a’lam

  11. iin said:

    Assalamu ‘alaikum wr. wb….
    saya mempunyai masalah yaitu haid tidak teratur terkadang bisa 4 or 7 bulan sekali
    sekarang sering keluar flek hitam sebelumnya saya sudah pernah ke dokter dan dokter menyatakan tidak ada apa” dan saya sudah USG juga, menurut dokter hanya kegemukan 165/80, terus ada satu dokter lagi bilang harus punya suami dulu baru bisa diobatin, cuma untuk keseluruhan tidak ada masalah, saya kalo minum obat haid keluar lancar dan obat distop ya mandek juga karena menurut dokter saya ada keturunan haid tidak lancar.
    apakah dalam keadaan seperti ini kita boleh sholat dan puasa, karena mengganggu bangets

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Dia sebaiknya tidak meminum obat pelancar haid karena itu bisa saja menambah parah penyakitnya.
    Kalau memang haid tidak keluar selama berbulan-bulan maka dia tetap wajib shalat dan puasa. Wallahu a’lam

  12. nur halimah said:

    bagai mana hukumnya apabila mandi keramas tapi kita belum ke adaan suci,,,,…!!!!

    Tidak ada masalah, wanita yang masih haid tentunya diperbolehkan mandi, baik dia membasahi rambutnya maupun tidak.

  13. iin said:

    saya sudah 2 bulan ini suka keluar flek coklat terkadang kehitam2an dan keluarnya tidak teratur bukan kayak haid yang teratur
    apakah keadaan ini saya boleh sholat karena bisa hari ini keluar besok enggak kelang2 berapa hari keluar lagi …
    apa ini juga termasuk haid?

    Yang jelas kalau dia sudah punya jadwal haid yang tetap, maka itu yang dia jadikan patokan. Semua jenis darah atau flek yang keluar selain pada jadwal haid maka dia bukanlah haid, apapun ciri-cirinya.

  14. Aty said:

    asslkum…
    Bila haid lebih dari 15 hari.bahkan sampai 3 minggu.bagaimana ? apakah hukumnya? malah kadang hanya 1 minggu masa sucinya?
    di bolehkan sholat atau tdk?

    Kemungkinan besar dia terkena istihadhah, jelasnya silakan baca artikel ‘Darah Istihadhah’.

  15. Eline said:

    Ass..
    Bgmn menghitung adat haid sy masih blm mgerti, misalkan, sy datang haid pd tgl 15, tp biasanya sdh keluar flek coklat ditgl 12, jd adat haidnya dimulai dr tgl 12(yg cuma flek) atau tgl 15(darah haid keluar). Dan slama dr tgl 12 s/d tgl 15 sy boleh sholat dan puasa tdk? Trimakasih.
    Wassalam..

    Apakah ini adalah awal haid saudari ataukah hal ini terjadi belakangan?

  16. icha said:

    assalamualaikum..semenjak saya pakai IUD menstruasi sya tiap bln jd kacau,kadang prnah sbln haid 2X,kdg2 jg klo haid tu lma smpai 3mggu,sya haid sdh 13hr ni tp slma 7hr kmrn lncar&deras2’y stlh tu brhenti trs kdg kluar bercak lg..tp slma sya mrsa sdh brsih sya mndi bsr & shlt lha skrg yg sya bgungkan saat ni sya hrs gmn?krna hr ni kluar bercak drah coklat sdgkn sya sdh niat puasa krna td pas sahur dh bersih…bgmn hkm’y puasa&shlt sya…tlg dbntu jwbnnya trima kasih…wassalam..

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Saudari terkena penyakit istihadhah. Solusinya, dia cukup menjadikan masa kebiasaan haidnya (sebelum kacau) sebagai patokan. Semua darah/bercak yang keluar saat masa kebiasaan haid maka dia adalah haid dan selainnya adalah darah istihadhah.
    Darah istihadhah bukanlah najis dan bukan pula hadats, karena dia tetap wajib shalat dan berpuasa walaupun ada darah istihadhah yang keluar.

  17. sella said:

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mau bertanya sy dpt haid tgl 21 juli kmrn,tp tgl 8 agustus dy dpt spt haid lg ttp wrn kecoklatan yg bnyk,kdg spt darah haid jg,kdg kluar bnyk kdg tdk spt mslnya siang kluar mlm kluar tp sdkt skali,smp skrg blm hilang2 malah sempet kluar kecoklatan campur merah ati aga bnyk,itu darah haid ato ada penyakit??knp bs sy dpt menstruasi scpt itu??pdhl baru saja dpt…mksh sblmnya ats jwbnya…

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Kalau memang itu awal kalinya saudari haid (baru balig), maka ini kasus yang cukup jarang terjadi yaitu dimana seorang wanita mengamali istihadhah di awal haidnya. Solusinya sudah kami sebutkan pada artikel ‘Darah Istihadhah’, silakan dibaca dengan seksama.

  18. kartini said:

    Ass..saya punya masalah dari tgl 15 nisfu sabdan sanpai dengan sekarang suka keluar cairan coklat kehitam2an dari kemaluan,
    apakah setiap sholat saya harus mandi besar?
    kalou dirumah saya pasti lakukan mandi besar tp ditempat bekerja saya lakukan wudhu saja,dan dengan memakai pembalut yang sudah ada bercaknya apakah boleh di bawa sholat?
    sampai dengan sekarang saya tidak meninggalan sholat dan puasa

    Kalau memang jadwal kebiasaan haidnya masih bagus dan lancar, maka darah atau bercak yang keluar selain pada masa haid bukanlah teranggap haid akan tetapi dihukumi darah istihadhah. Darah istihadhah bukanlah najis dan bukan pula hadats, karenanya tidak perlu mandi junub bahkan darah ini tidaklah membatalkan wudhu.

  19. iin said:

    ass wr wb
    Saya mau tanya saat ini saya sdng haid tapi saya bingung darah haid atau ukan cuma ada pada hari pertama dan pada waktu hari kedua cuma ada pada saat pagi dan sore hari dan sangat sedikit pada hari ke tiga ini keluar hanya sore saja
    Saya tdk memiliki tgl yg pasti karena tidak tiap bulan saya dapat haid bisa sampai 7 bulan
    Sampe hari ini saya blm puasa saya jg suka ada flek dan menurut dokter karena gangguan hormon dan obesitas
    Saya bingung apa besok saya puasa atau enggak sebaiknya gmn ya ???

    Apakah kejadian di atas terjadi tiap bulan atau sekali dalam tujuh bulan?

  20. Sea said:

    Ass
    Sy mmpunyai jadwal haid yg lumayan teratur, maju ato mundur nya mgkn hnya sehari ato 2 hari. Stiap mau haid kluar flek coklat, tp stelah itu tdk kluar sama sekali,shari kmudian baru benar2 keluar darah haid.
    Apakah selang wktu antara saat kluar flek smpai dg kluar darah haid boleh sholat ato tidak?(Krn pd selang waktu itu tdk ada yg kluar sm skali/bersih)

    Jika flek itu memang sudah menjadi kebiasaannya dan keluar di masa-masa dia biasanya haid maka itu dihukumi haid walaupun besoknya tidak ada darah yang keluar. Wallahu a’lam

  21. aprilianti said:

    kl misal adat sy bysnya 7hri, tp suatu hari sampai hari ke8 sy blm mngluarkan cairan putih dan msh ad bercak coklat, brti tetap dianggap slsai pd 7hr?

    Ia, sudah dianggap selesai pada hari ketujuh

  22. Aan said:

    Assalamu’alaikum

    saya punya problem dengan flek coklat sebelum haid, karena itu terjadinya tidak tentu, kadang suatu bulan yg keluar langsung darah tapi bulan berikutnya keluar flek coklat dan baru setelah beberapa sampai satu hari keluar darah. Apakah dengan flek coklat itu saya sudah haid? ini membingungkan karena tidak terjadi setiap bulan.

    bagaimana saya menyikapinya?? terimakasih artikelnya sangat bermanfaat…

    Waalaikumussalam
    Wallahu A’lam. Jika adat haidnya masih bagus maka dia tetap menjadikannya sebagai patokan. Jika darah atau flek keluar pada masa adat haidnya maka itu adalah haid dan demikian pula sebaliknya.

  23. Sesa said:

    Assalamualaikum wr.wb.,

    sebelumnya saya mohon maaf kalau ada kata-kata yang tidak sepantasnya diceritakan disini.

    saya sedikit bingung dengan adat haid saya akhir2 ini, karena beberapa bulan sebelumnya adat haid saya teratur tiap awal bulan dan biasanya per tanggal 3 atau 5. Sampai pada suatu hari, saya berhubungan dengan pasangan saya, dan tiba2 beberapa hari setelahnya saya mengeluarkan cairan berwarna cokelat muda dan tidak berbau, seperti flek sebelum haid. Saya sebenrnya sedikit ragu, apakah ini flek sebelum haid atau bukan, karena kemungkinan terjadi sesuatu seperti selaput yg berdarah krn hubungan badan. Tapi flek ini datang per tgl. 28 atau 7 hari sebelum adat haid. Dan flek tidak keluar pada waktu tidur hanya siang hari pada waktu beraktivitas, jadi saat mandi pagi saya mandi wajib dan solat.

    Jadi, ketika flek itu keluar pada siang hari, apakah saya diperbolehkan untuk sholat? karena saya ragu biasanya saya tidak solat dulu sampai saya bisa mandi wajib.

    Dan bagaimana jika flek datang tidak teratur, apakah saya harus mandi wajib dulu sebelum sholat? karena akan sedikit sulit jika tiap kali flek keluar saya harus mandi wajib untuk solat.

    Mohon bantuannya dan terima kasih banyak..

    Waalaikumussalam.
    Dalam keadaan seperti ini adatnya tetap yang dijadikan patokan. Jika flek ini keluarnya bukan di masa adat haid maka dia bukanlah haid sehingga tetap wajib shalat dan dia tidak perlu mandi setiap kali flek ini keluar.

  24. devi ambar sari said:

    Ass. saya setelah melahirkan ikut kb selama 5 tahun tapi selama 5 tahun saya gak haid n sekarang saya berhenti ikut kb. n saya sudah lupa adat haid saya n haid saya datangnya lebih dari 7 hari n berhenti hanya beberapa hari dan keluar darah lagi . dan warnanya sering hitam bgm? dengan kedaan saya ini apa saya boleh sholat n bagaimana cara saya mengetahui itu darah haid atau bukan jika tanda – tanda darah haid itu ada di setiap saya mengelurkan darah n saya lupa adat haid saya

    Ini sudah kami jelaskan di artikel hukum darah istihadhah, silakan dibaca.

  25. indah said:

    assalamualaikum…
    biasanya saya haid selama 7-8 hr,tapi belakangan menjadi 9 hari,
    saya selalu merasa bingung ketika hendak mandi suci soalnya kaka kelas saya bilang bila masih ada cairan ke kuning-kuningan,berarti saya masih haid dan belum dianggap suci,benarkah itu?bukankah keputihan juga berwarna kuning?
    saya mohon penjelasannya,
    dan biasanya juga saya menganggap cairan kekuningan/keputihan yang keluar setelah darah merah/kecoklatan itu tanda sy selesai dari haid…
    benarkah itu?saya mohon penjelasannya…
    wassalamualaikum

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Jika tanda sucinya dia bisa kenali dengan baik, maka itu yang dia jadikan sebagai patokan selain dari adat kebiasaan haidnya. Jika kebiasaannya selama ini maksimal 8 hari maka yang keluar pada hari kesembilan bukanlah haid, kecuali jika 9 hari ini berulang sebanyak 3 bulan berturut-turut. Jika berulang 3 kali berturut-turut maka berarti adanya berubah dari maksimal 8 menjadi maksimal 9 hari.
    Jika sebelum hari ke8 tanda suci keluar maka dia telah suci, tapi jika setelah itu keluar darah lagi (sampai hari ke8) maka itu adalah haid karena masih dalam adatnya. Wallahu a’lam

  26. Yuna said:

    Asw.sdh beberapa bln ini, setiap pertengahan bulan sy kluer darah, tp 2 hr sesudahnya tdk, dan hari ke4 kluar darah lg.tp haid sesungguhnya terjadi di akhir bln.itu bgm hukumnya?apakah saat klluar darah dipertengahan bln itu sudah terhitung haid jg apa blm?biasanya wkt haid sy sktr6-7hr.mohon penjelasannya.trmksh…wasallam

    Wallahu a’lam. Kalau memang kebiasaan haid dia di akhir bulan masih teratur dan tidak mengalami perubahan, maka darah yang keluar di pertengahan bulan bukanlah darah haid.

  27. rani said:

    Saya sedang hamil 2 bulan,tp terkadang sering kluar flek2,apakah boleh sholat?krn kadang pgi kluar flek,siang berhenti,sore flek lg,apakah harus mandi besar stiap akan melaksanakan shalat sbelumnya?

    Jika keluarnya flek tersebut di dalam masa haid maka dia adalah haid. Tapi jika di luar masa kebiasaan haid maka dia bukanlah haid sehingga dia tetap wajib untuk shalat. Tidak wajib mandi besar setiap akan shalat karena dia bukanlah haid. Wallahu a’lam

  28. Elva Isnita said:

    2 tahun sejak saya melahirkan, saya tidak pernah haid katanya karena pengaruh menyusui, setelah 2 tahun kemudian saya KB suntik, dan hanya haid satu kali saja. Kemudian haid tidak datang lagi…hanya flek yang datang kadang-kadang. Misal Sabtu siang keluar flek…Minggu pagi keluar lagi, tapi minggu siang sampai senin pagi tidak keluar…Senin siangnya keluar lagi. Katanya ini efek dari KB. Saya mau tanya, apakah keluar flek tersebut saya masih boleh salat dan puasa..jika tidak boleh, pada saat bersih apakah saya harus mandi wajib untuk salat, mengingat selama 3 tahun lebih saya hanya haid satu kali saja. Terima kasih…

    Jika flek tersebut keluar di saat masa kebiasaan haid maka dia haid, tapi jika tidak maka bukan haid, wallahu a’lam

  29. nuri said:

    assalammu ‘alaikum…
    kalo cairan kental berwarna hitam trus ada agak coklat trus ada juga merah mudanya, itu haid bukan ya?
    datangnya hari ini ada, besok hilang, atau pagi ada, kemudian mandi, siangna gak ada, sore atau malem ada lagi.

    Waalaikumussalam.
    Keluarnya kapan, apakah di masa kebiasaan haid atau bukan?

  30. afni said:

    assalamualaikum wr.wb
    saya ingin bertanya saat ini saya telah selesai haid dan sudah mandi wajib tapi ketika saya ingin shalat ada flek berwarna coklat di celana dalam saya .
    apakah shalat saya masih sah walau saya tidak mandi wajib lagi?
    tolong penjelasannya. terima kasih
    wasalamu’alaikum wr.wb

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang masa kebiasaan haid sudah berlalu maka shalatnya tetap syah karena itu bukanlah haid.

  31. ummu yusuf said:

    assalamu’alaykum, saya biasa haid 6-7 hari,tp disaat saya dah suci 9 hari, pagi hari ke 10 sy mendapati darah merah kehitaman kluar diikuti darah merah segar dan banyak, apakah ini haid atau istihadah ? ( waktu haid darah yg kluar dikit2 dak spt biasanya ) jazakillah khoiron ats jwbanna

    Waalaikumussalam.
    Wallahu A’lam, dalam keadaan seperti ini dia tetap menggunakan adat kebiasaannya sebagai patokan. Semua darah yang keluar sebelum dan setelah itu bukanlah haid.

  32. Izzah said:

    Assallam…
    ustadz an mw tanya, an sering mngalami masalah ttg Haid yh kluarnya tidak sperti biasanya, warna hitam, kadang coklat dan merah hati, bau. tp ini hanya bercak2 aj, bukan bentuk cairan banyak sperti haid biasany. tpi darah ini kluar di waktu biasa an haid. an kadang jdi khawatir, apakah ini haid normal atau ada kelainan? apakah an harus berhenti sholat?
    soalnya pada awal darah in dtg, ane ragu, jdi ane putuskan untuk tetap sholat. tp ternyata esokny tetap kluar, jd ane berhenti sholat. itu hukumny bagaimana ustadz?
    afwan banyak nanya.
    syukran jazakumullah khair.

    Waalaikumussalam.
    Jika adat kebiasaan haidnya masih ada dan teratur, maka itu yang dia jadikan patokan. Semua yang keluar pada masa haid adalah haid walaupun hanya berupa bercak, dan apa yang keluar sebelum dan setelah masa haid bukanlah dianggap haid.

  33. muslimah said:

    Assalamu ‘alaikum,
    Ustazh, ana ingin menanyakan kebingungan ini. Biasanya sebelum darah haid benar-benar keluar, akan keluar bercak-bercak coklat (hal ini rutin terjadi setiap akan mengalami haid). Yang mau ana tanyakan, apakah ketika bercak-bercak coklat ini keluar, apakah kita masih tetap sholat atau sudah dianggap haid dan dilarang utk sholat?.
    Syukron atas jawabannya.

    Waalaikumussalam.
    Kalau itu berlangsung rutin maka jelas kalau keluarnya bercak itu sudah merupakan haid, wallahu A’lam

  34. ayu said:

    assalamualaikum…
    saya mau tanya, misalkan 1 minggu setelah haid keluar bercak coklat dan itu rutin terjadi tiap bulannya…
    apakah pada saat keluar bercak coklat itu boleh solat…
    makasih atas jawabannya…

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang masa haid telah berlalu maka bercak-bercak itu tidak lagi dihukumi haid sehingga tetap wajib shalat.

  35. astrihehehe said:

    Assalamualaikum,wr,wb
    saya biasanya haid selama 7 hari, selalu teratur. setelah menggunakan KB suntik, bulan ini haid saya menjadi membingungkan yaitu 7 hari perdarahan terus menerus lalu ada tanda2 selesai haid yaitu keluarnya bercak coklat hingga putih. kemudian hari ke 8, 9, 10 dst keluar darah segar lagi, perdarahan hanya siang hari, sore atau malam hingga pagi tidak ada darah sama sekali. jadi seharunya kapan saya mulai bisa sholat ya ustad?
    terima kasih atas jawabannya
    wass.wr.wb

    Waalaikumussalam.
    Shalatnya sudah bisa dimulai setelah 7 hari itu, ketika tanda suci sudah keluar. Darah yang keluar setelah itu bukanlah haid tapi darah istihadhah.

  36. susan said:

    assalamualaikum wr. wb.
    ustadz, setelah memakai KB IUD, haid saya menjadi tidak teratur. siklus haidnya hanya 3 minggu dan darah yang keluar hanya sedikit sekali. seperti kemaren tanggal 5 saya haid dan baru berhenti tanggal 15 (padahal biasanya 7 hari sudah selesai), tapi tanggal 26 ini sudah keluar lagi.
    bagaimana hukumnya ustadz, apakah bisa disebut darah haid atau bukan?
    terima kasih

    Waalaikumussalam.
    Jika masa adat kebiasaan haidnya masih bagus maka masa adat itu yang dijadikan patokan.

  37. maghfiroh said:

    Assalamu’alaikum

    saya mau tanya,kalau darah yang keluar dari kemaluan hanya keluar saat kencing pa bisa disebut haid??hal tersebut terjadi karena penggunaan KB dengan injeksi…

    Waalaikumussalam
    Bukan haid, kemungkinan itu adalah penyakit. Wallahu a’lam

  38. wiwied said:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Saya mau tanya, saya 1,5 bulan lalu suntik KB 3 bulan, nah sekarang saya haid, tetapi tidak seperti biasanya.Biasanya saya selalu rutin haid dengan lama haid 6 hari dan itu sudah benar2 bersih. tetapi sejak suntik, haid yang keluar hanya berupa flek2 saja dan sudah berlangsung hampir 2 minggu. Saya jadi kuatir karena sebentar lagi mau masuk bulan puasa, bagaimana dengan puasa saya kalau haid saya seperti sekarang ini yang sudah 2 minggu hanya keluar flek sedikit dan tidak selesai-selesai. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Dia tetap menjadikan lama kebiasaan haidnya (6 hari) sebagai patokan. Setelah berlalunya 6 hari itu maka dia sudah boleh mandi, shalat, dan puasa. Wallahu a’lam.

  39. indar said:

    assalamualaikum wr.wb.
    sebelum menggunakan kb spiral haid biasanya 7 hari tp setelah menggunakan haidnya jadi lama, klo hari pertama dapat ngeplek sekitar 2 atau 3 hari baru lancar, sekitar 3 hari lancar ngeplek lagi sekitar 1 atau 2 hari setelah itu bersih dicd tp klo buang air suka ada ikut keluar brg cairan putih(lendir), sering jg keluar ikut cairan putih. karena kadang sering bingung akhirnya saya berpatokan 7 hari dan tetap
    sholat kadang dlm benak saya diterima alhamdulilla klo g diterima ya g apap2 yg penting niat/tujuanya sholat, itu hukumnya gimana mohon penjelasannya terima kasih?

    Waalaikumussalam.
    Dalam keadaan seperti ini dia tetap menjadikan masa adat haidnya sebagai patokan, karena masa haidnya masih bagus. Semua darah yang keluar dalam 7 hari kebiasaan haidnya adalah haid, dan selain dari itu bukanlah haid. Wallahu a’lam

  40. Ana said:

    Assalamualaikum w.b.t,

    Saya mengalami kebingungan dalam membezakan darah haid dan keputihan. Pada kebiasaan hari, saya sering mengalami keputihan (yang juga kadangkala brwarna agak kekuningan). Masalah saya bertambah rumit apabila selepas 7hari haid, tompok coklat telah tiada namun diganti pula dgn cairan kekuningan (sama seperti keputihan saya di hari biasa). Sebelum ini saya menganggap cairan itu sbg keputihan dan kebiasaanya saya terus mandi wajib selepas tompok coklat hilang walaupun ketika itu saya masih mempunyai cairan tadi. Apakah hukum saya berbuat demikian? Adakah cairan selepas 7hari haid itu masih dikira sebagai darah haid walaupun ianya sama dengan keputihan yang saya alami pada hari-hari biasa?

    Waalaikumussalam.
    Apapun cairan yang keluar setelah berlalunya hari-hari kebiasaan haid, dan bagaimanapun bentuk dan warnanya maka dia bukanlah haid. Karenanya tetap wajib shalat dan boleh puasa, dan tidak perlu mandi wajib kalau cairan itu berhenti.

  41. Ummu Firdaus said:

    Afwn Ust mw tny..sbenarny,tanda suci haidh it apbl mndapati cairan yg brwarna putih bening atau putih susu atau putih kkuning2an jg sdh trmsk tanda suci?
    Jazakumullohkhoiir.

    Dalam hadits Aisyah disebutkan berwarna putih, tapi menurut saya setiap wanita lebih mengetahui tanda suci mereka, terutama jika dia mempunyai adat kebiasaan haid yang teratur.

  42. violet said:

    assalammualaikum…
    saya mw tanya saya kan sudah selesai haid tetapi msih ada flek coklat apakah boleh sholat n puasa cz katanya harus nunggu sampe flek coklat hilang baru beloh sholat,,, makasih

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang masa kebiasaan haidnya sudah habis, maka flek coklat itu bukanlah haid. Tetap boleh shalat dan puasa.

  43. Sri said:

    Ustadz,lama haid sy biasanya 5-7 hr.kmrn setelah hari ke 5 sy bersih,seharian tidak ada haid lg kmdn sy puasa pd hr ke enam sampai buka puasa ttp bersih tetapi saat sahur haid sy keluar lg…bagaimana hukum puasa sy? Apakah hrs sy ganti akhr ramadhan atau sdh terhtg satu?

    Jika pada hari kelima itu belum keluar tanda suci, maka hari ke5 itu masih terhitung haid, dan puasa saat itu harus diganti.

  44. marsih masjana said:

    assalamu’alaikum,
    saya sudah dapat haid bulan lalu, memang kurang lancar, namun hal ini sudah sering terjadi karena saya pakai suntik KB 1 bulan. namun belakangan ini belum waktunya haid sering keluar flek kecoklatan (seperti keputihan namun bewarna coklat dan berlendir) apakah itu membatalkan puasa. dan apakah saya harus mandi bersih setiap flek tersebut keluar ???
    terimakasih, wassalam.

    Waalaikumussalam.
    Tetap jadikan jadwal kebiasaan haid sebagai patokan. Kalau memang belum waktunya jadwal haid, maka apapun yang keluar saat itu bukanlah haid. Dia tetap wajib berpuasa.

  45. sovia said:

    Assalamu’alaikum
    tanya ustadz, adat haid saya 7-8 hari,tp bulan kali ini 11 hari baru selesai,apkah di hari ke 9-11 masih masa haid apa sudah suci? dan tanda suci haid itu disaat keluar cairan kekuning2ngan ataukah setelah cairan itu hilang hingga putih tak nampak apapun dalam celana?dan kadang diakhir masa haid keluar cairan putih sperti bubur bukan lendir,sudah suci apa lom i2?
    tolong segera dijawab ustadz

    wassalamu’alaikum
    Waalaikumussalam. Kalau seperti itu kebiasaannya, maka tanggal 9-11 itu bukanlah haid. Kecuali jika itu berulang sebanyak 3 kali (3 bulan) maka berarti kebiasaan haidnya mengalami perubahan berupa penambahan. Maka pada bulan keempat setelahnya, yang dia jadikan patokan adalan kebiasaan haid yang sudah bertambah tadi.

  46. Rani said:

    Assalmualaikum pak uztad saya ingin bertanya, saat ini saya mengalami haid sudah hampir satu bulan lebih, apakah saya boleh berpuasa dalam keadaan seperti ini, karena jika saya tidak berpuasa yang takutkan saya tidak akan mendapatkan satu hari puasa di bulan romadhon nya.
    Trmksh
    ditunggu balesn nya

    Waalaikumussalam.
    Itu bukanlah haid. Yang menjadi haid hanyalah darah yang keluar pada jadwal haid biasanya. Adapun darah yang keluar sebelum dan sesudahnya maka itu darah istihadhah yang bukan najis dan bukan pula hadats, sehingga tetap wajib shalat dan puasa.

  47. Nindya Gorontalo said:

    Assalam.. Ustadz, sya ingin bertanya.. sudah 4 hari ini sya sring keluar berak-bercak hitam kecoklatan dan untuk bulan ini saya belum dapat haid. sebenarnya awal-awal bulan saya pasti sdh dpat haid, tpi koq malah yg keluar hitam kecoklatan. apa ini sudah dinamakan haid? dan jika saya berpuasa, apakah sah atau tidak? apa yang sebaiknya saya lakukan?

    Kapan jadwal kebiasaan haidnya?

  48. Putri said:

    selama puasa makan saya tidak teratur lebih tepatnya sedang tidak nafsu makan. dan ternyata makan yg sedikit sangat berpengaruh dgn haid yang tidak teratur. saya sahur tidak keluar darah. tapi pada saat sore waktu ashar, saya baru keluar darah, malamnya darah itu tidak keluar lg dan itu terjadi sudah 2 hari ini. apakah saya ttp boleh melanjutkan puasa? atau saya harus membatalkan puasa saya? terima kasih..

    Apakah ini terjadi dalam masa kebiasaan datangnya haid. Jika ya, maka itu tetap dihukumi haid walaupun tidak ada darah yang keluar. Dia boleh berpuasa jika masa haidnya sudah selesai atau dia mendapati tanda suci.

  49. muti said:

    Assalamualaikum wr.wb

    beberapa tahun belakangan ini haid saya hanya 2 bulan sekali, paling lama 8 hari. pada bulan April 2011 lalu halangan saya bermasalah sampai 1 bulan lamanya. yang mau saya tanyakan: tanggal 29 juli saya keluar bercak bercak merah tapi tidak banyak lalu tanggal 1 agustus bersih dan saya berpuasa, tanggal 3 agustus-9 Agustus keluar darah merah, tanggal 10 agustus-saat ini darah masih keluar tapi sangat sedikit dan hanya keluar bila saya buang air. Apakah saya boleh berpuasa,sholat dan mengaji saat ini??

    waalaikumussalam.
    Jadikan jadwal datang haid biasanya sebagai patokan. Kalau biasanya 8 hari di awal bulan, maka semua darah yang keluar pada waktu itu adalah haid. Adapun di luar dari itu maka itu adalah darah istihadhah yang tidak sama dengan haid. Boleh shalat, puasa, dan mengaji. Wallahu a’lam

  50. eva said:

    apakah orang setelah haid harus wudhu dulu sebelum mandi besar untuk menjalankan puasa?

    Tidak perlu, jika dia sudah berniat di malam hari untuk berpuasa, maka dia boleh mandi besar setelah subuh.

  51. Meme said:

    Ass. Ust/mbk mau tanya. Q mens-nya tidak lancar kadang 2 bulan sekali 3 bulan sekali bahkan sampe 5 bulan sekali. Siklus haidnya biasanya 5-6 hari uda bersih dan tanda2 sebelum haid sama kayak yang normal badan capek, dsb. Kalau semisal bln ini saya haid trus bln berikutnya keluar darah tpi ciri2nya gak sama kayak pas keluar darah haid normal (darahnya merah dan agak kental kadang kecoklat2an,keluarnya sedikit2,siklusnya lbh lama dari haid normal dan sblm keluar tdk ada tanda2 kyk pas mau haid normal). Apakah darah yg keluar ini termasuk istihadoh apa haid??? Saya bingung hrs sholat/tdk. Tpi klo pas keluar darah spt yg saya sebut diatas saya tetap sholat. Apakah tindakan saya benar????
    Mohon dijawab ya… Terima kasih. Wss.

    Kalo memang keluarnya di luar jadwal haid biasanya maka itu bukanlah haid, tapi istihadhah dan dia tetap shalat dan puasa. Jika di dalam jadwal haidnya maka itu adalah haid.

  52. nia said:

    assalamualaikum warohmatulloh..
    Afwan, sy mw bertanya. Adat haid sy selama ini adalah sebulan sekali selama 7hari. Dan baru2 ini sy mndapati bercak pink dan kmdn kluar darah spt haid, coklat kehitaman. Dalam rentang seminggu stlh masa haid sy berakhir.
    Apakah ini dinamakan drh haid?atau istihadhah?
    Batalkah puasa ramadhan sy skg?dan blhkah sholat?skg sdh hr ke 5, apakah sy blh menganggap sdh suci jk tdk kluar drh lgi meski kdg kluar bercak sedikit?ato hrs mnunggu adat 7 hari br bloh mandi besar.
    syukron.

    Waalaikumussalam.
    1. Ya, yang keluar seminggu setelah adat berlalu bukanlah haid tapi istihadhah. Tetap wajib shalat dan puasa ramadhan.
    2. Ucapan anda ‘skrg sdh hr ke5′, maksudnya bulan depannya? Kalau ya, maka dia harus menungguh hingga 7 hari atau melihat tanda sucinya keluar.

  53. moed said:

    aslm…
    saya mau bertanya..
    di puasa tahun ini…
    saya mendapat haid diawal ramadan slma 1 mnggu..jd saya tidak berpuasa…
    tp setelah 1 mnggu kemudian haid itu dtg lg dgn jumlah yg lebih sedikit..
    saya bingung..
    setiap kali sy puasa setelah adzan magrib saya mengalami haid..
    apakah puasa sy sah atau tidak?
    trus klo saya mandi wajibny besok hari tp saya sdh mengikuti saur.. kira2 masih sah atau tdk puasa sy?
    dan kdg2 stlh sy mndi wjib haid itu msh dtg…
    tp sedikit sekali..bgaimana itu hukumnya?
    trimakasih

    Setelah berlalunya jadwal kebiasaan haid maka darah yang keluar setelah itu bukan lagi haid, tapi istihadhah. Jadi tetap wajib shalat dan puasa.

  54. frida said:

    assalamualaikum, artikelnya sangat bermanfaat.
    saya mau bertanya, pada bulan juli kemarin saya haid pd tgl 30 dan berakhir pada 4agustus. adat haid sya sbelumnya 6-7hari.dg kebiasaan mundur 1minggu. dan setiap kali ramadhan, haid saya kacau. pd tgl 5agustus sya sudah suci n berpuasa, dan kemarin tgl 21agustus keluar bercak pekat berwarna coklat. ini berarti saya suci 16hari. apakah bercak coklat ini dikatakan istihadha atau haid?

    sampai hari ini, tgl 22agust masih ada bercak coklatnya. apakah saya tetap wajib puasa&sholat? dan apakah sya hrs mandi besar saat hendak sholat?

    mohon pnjelasannya. terimakasih

    Waalaikumussalam.
    Wallahu a’lam. Yang nampak dia tetap wajib shalat dan puasa, dan tidak perlu mandi sebelum shalat. Karena yang keluar itu bukanlah haid, karena di luar jadwal kebiasaannya.

  55. agung said:

    ust. saya mo tanya, tgl 9 sampai tgl 12 saya keluar flek kecoklatan, tgl 13 sampai tgl 23 keluar darah, kadang kehitam-hitaman, jadwal haid saya biasanya 7 hari, biasanya flek 2 hari kemudian dilanjutkan keluar darah sampai 3 hari, flek 2 hari lagi setelah itu bersih, tapi kali ini haid saya benar-benar lama…. saya sudah tidak puasa mulai tgl 9 sampai sekarang…..apakah setelah tgl 23 ini saya boleh puasa walau masih ada darah yg keluar? mohon pencerahan, terima kasih

    Jadwal kebiasaan haid biasanya kapan? Tanggal berapa atau di bagian mana (awal ato akhir bulan)?

  56. susi said:

    ass pak sya ingin menanyakan haid sya sudah 8hari tapi 3 hari terakhir ini haidnya keluar mlm hari saja itupun hanya sya lihat diclana dalam sya sja.pd siang hari tidak ada darah haid sma skali.gmna hukumnya sya ingin berpuasa?apakah syah?sebab jika siang hari sya tdk mendapat darah haid sma skali.terimakasih

    Selama itu masih masuk dalam jadwal haid biasanya maka itu masih terhitung masa haid walaupun tidak ada darah yang keluar.

  57. irha said:

    assalamu’alaikum wr.wb

    tgl 24 sy haid, sampai tgl 27 siang msh keluar. Namun pd tgl 27sore hingga mlm sdh bersih, sehingga tgl 28 sy puasa. Namun tgl 28 pagi ada keluar bercak coklat, sehingga puasa sy batalkan. Sore harinya sdh bersih sehingga tgl 29 (hari ini sy puasa lg). Tadi sekitar pukul 2siang ada lg keluar bercak coklat, biasanya sy haid 4-5 hari dan memang setelah 4-5 hari itu ada bercak coklat, itu rutin terjadi. Dan tanda suci berupa zat keputihan tdk keluar, setiap bulan memang tdk pernah keluar. Apakah puasa sy hari ini (tgl 29) sah atau tidak? terima kasih byk. Allah memberkati Anda

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang kebiasaan haidnya 4-5 hari, maka tanggal 29 hari itu masih termasuk haid sehingga puasanya tidak syah.

  58. dwi said:

    assalaualaikum…
    saya mau bertanya.saya mempunyai jadwal haid tidak teratur(2-6 hari).kadang beberapa bulan sekali dengan jumlah hari yang tidak teratur juga.kemarin-keamarin saya haid hanya 3 hari.setelah selesai esoknya saya shalat dan berpuasa.tapi keesokannya saya mendapatkan noda coklat yang tidak begitu pekat.apa itu termasuk haid??hari ini juga saya mendapatkan noda seperti itu.apa saya wajib batal puasa dan mandi besar???

    Waalaikumussalam.
    Jika dia adatnya sekitar 2-6 hari, maka semua darah sebelum hari ke-6 itu adalah haid.

  59. irha said:

    Terimakasih jawabannya
    hari ini hari ke 7 dan msh ada bercak coklat yg keluar. Apakah sy msh harus mandi wajib?
    Terimakasih atas jawabannya. Halaman ini sangat bermanfaat

    Ya, sudah wajib mandi junub karena kebiasaan haidnya sudah berakhir.

  60. Dara said:

    Assalamu’alaikum…
    Saya mau bertanya, ketika suami istri sedang berhubungan intim, kemudian tiba-tiba istri datang bulan hari pertama dan baru ketahuan setelah selesai, apakah berdosa?

    Waalaikumussalam.
    Jika memang tidak diketahui sebelumnya maka insya Allah tidak berdosa, tapi wajib dihentikan saat itu juga.

  61. chris said:

    waktu bulan juli saya haid nya diawali dengan flek slama 2 hari kmudian kluar darah sampai hari ke 5 setelah itu flek2 nya terus kluar sdikit-sdkit sampai saya dapat haid lagi di bulan agustus, setelah haid itu sampe sekarang msh jg ada flek2nya tpi tidak tiap hari… biasanya saya haid 6-9 hari,,, mohon penjelasannya… jazakallah…

    6-9 hari ini yang dia jadikan patokan. Maka pada hari ke-10, flek yang keluar itu bukan haid lagi. Wallahu a’lam

  62. Anin said:

    Assalamu’alaikum

    tanggal 8 hari pertama saya haid, hari ini sudah genap 7 hari haid, jadi tadi pagi saya mandi wajib dan shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib seperti biasa. Tapi ketika mau ambil wudhu untuk shalat Isya, ternyata masih ada darah haid yg keluar. Itu gimana hukumnya? Apa saya harus tunggu cairan putih keluar dulu baru boleh shalat dan puasa lagi? JazakAllahu Khair

    Waalaikumussalam.
    Biasanya haid berapa hari?

  63. Wella Rahma said:

    Assalamu’alaykum
    Bagaimana hukumnya apabila kita tertidur dan pada saat terbangun telah masuk waktu sholat ashar (kurang lebih 30 menit stlh adzan) namun msh dalam waktu ashar, tetapi saat akan berwudhu utk sholat ternyata saya mendapati bhw saya mendapatkan haid. Pertanyaannya apakah sholat ashar tersebut harus saya ganti (qodho’) dan kapan wkt menggantinya.
    Jazaakallahu khoir….

    Waalaikumussalam.
    Tidak perlu diqadha`.

  64. Lasma Aljabri said:

    Assalamu’alakum
    selama 2 thn menkonsumsi pil kb haid saya tidak lancar.biasa 8 hari skarang cuma 5 hari,yg membuat saya bingung,setelah 5 hari haid bersih saya pun sholat seperti biasanya,lalu tiba2 setelah bersih 4 hari dari haid, keluar darah akan tetapi darahnya tidak sama dengan darah haid,yg keluar hanya sedikit2 saja dan tidak berwarna merah gelap.saya bingung dan sangat ragu2 skali sekarang ini apa yg harus saya lakukan,apa saya boleh melaksanakan shalat,dan apakah darah itu darah haid atau bukan.?karna haid yg sebelumnya 5 hari trus bersih 4 hari,lalu keluar darah lagi.terima kasih sebelumnya jazakallah khair.

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang biasanya paling lama 8 hari, maka 8 hari ini yang dijadikan patokan haidnya. Diluar dari 8 hari ini bukanlah haid. Wallahu a’lam

  65. rahma said:

    bagaimana kalau haid sudah selesai, tp biasanya adat saya 8 hari, tp di hari ke 7 sudah ada cairan putih, tp masih ada flek coklat sedikit? Sudah boleh mandi kah?

    Kalo cairan putih itu merupakan tanda sucinya, maka dia sudah boleh mandi suci.

  66. kiki said:

    assalamualaikum
    Pak, apa hukum telor kutu yang menempel di helaian rambut.
    Apakah menghalangi jalannya air.
    Kalo mau mandi junub gimana?

    Waalaikumussalam.
    Hukumnya suci, dan tidak menghalangi air. Mandi junubnya tetap syah.

  67. suraya said:

    assalamualaikum
    Pak,apa hukumnya darah yang keluar,dengan jarak masa suci hanya 10 hari?

    Waalaikumussalam.
    Itu adalah darah istihadhah. Wallahu a’lam.

  68. fafa said:

    assalamualaikum

    saya hendak bertanya tentang masalah haid. dua hari yang lepas, sy didatangi seakan darah kehitaman pada lewat malam/awal pagi. selepas itu, pada keesokannya, tiada darah yang keluar, melainkan pada waktu malamnya, seakan cairan warna coklat yang pudar warnanya. hari yang seterusnya, tiada apa yang keluar. kalau diikutkan, waktu ini menepati kitaran haid bulanan saya. jadi apakah yang harus saya buat, adakah perlu mandi junub?

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang keluarnya darah ini pada masa datangnya haid biasanya, maka itu terhitung haid.

  69. aminah said:

    Salam… kebiasaan haid saya 7 hari. selepas kering saya pun mengqadak puasa saya selama 5 hari.hari ke enam keluar darah semula.Adakah puasa Qadak puasa saya yg 5 hari tu tidak dkira dan kena qadak semula…

    Intinya, selama tanda suci belum terlihat atau 7 hari itu belum lewat, maka belum boleh puasa dan shalat, walaupun darah sudah berhenti keluar. Jadi, puasanya hari ke5 itu tidak terhitung dan tetap membayar qadha` semula.

  70. hadi said:

    istri sy adat haidnya 7hari tpi swktu2 sering pas 3hari darah brhenti dan bersih. Apakah istri sy wajib suci atau tidak ? Trs pd saat break itu boleh ga mlakukan hubungan suami istri ? Mhn penjelasannya,

    Jika memang setelah 3 hari itu tanda suci sudah keluar, maka dia sudah wajib mandi dan boleh melakukan hubungan suami istri. Namun jika beluam keluar tanda suci maka dia harus menunggu sampai adat haidnya selesai.

  71. rizka said:

    assalamu’alaikum.. Saya mau tanya, 2 bulan lalu saya tidak mens, lalu dtang mens 2 minggu lalu brupa flek coklat, tapi knapa skarang kluar flek coklat lagi? Padahal baru 2 minggu lalu, itu darah apa ya? Trims.

    Waalaikumussalam.
    Adat kebiasaan haidnya kapan? Dua minggu lalu atau sekarang?

  72. muslimah said:

    Assalamualaikum wbt, saya nak minta penjelasan yang lebih terang, saya haid memang teratur setiap bulan tetapi terdapat flek coklat 1 atau 2 hari sebelum darah haid betul2 lancar keluar, flek ini keluar hanya sedikit contohnya pada d waktu pagi, kemudian hanya akan keluar lagi pada malamnya..Soalannya, adakah wajib bagi saya untuk mandi wajib walau berulangkali pada masa hanya flek coklat yg keluar dan menunaikan solat?

    Waalaikumussalam.
    Jika flek ini keluarnya pada masa kebiasaan haid, maka dia dianggap haid.

  73. Ratmy said:

    Diluar adat haid tapi keluar cairan kecoklatan kadang bercampur merah,dalam keadaan demikian bolehkah melayani suami???

    Boleh, jika di luar adat haid, karena itu bukanlah haid.

  74. Nurlaela said:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ustadz, 2 bulan yg lalu saya suntik KB yg 1 bulan, pd waktu dtg haid darah yg keluar sedikit2 tdk spt biasanya. Jadi saya memutuskan untuk tidak menggunakan KB suntik lagi.
    Bulan berikutnya haid saya dtg seperti biasanya dan darahnya juga seperti biasanya, tapi setelah 10 hari keluar lagi darah seperti darah haid. Hukumnya bagaimana ustadz? Termasuk darah haid atau istihadah? Mohon penjelasan. Trimakasih.

    Waalaikumussalam.
    Ya, itu terhitung istihadhah.

  75. tika said:

    asslammualaikum
    setelah nifas sy memakai pil KB terus setelah itu saya ganti k KB suntik 3 bulan tetapi setelah itu setiap hari saya datang bulan. dan darah haidnya berwarna coklat tua. apakah saya boleh shalat / tidak karena saya bingung.
    mohon dijawab…

    Waalaikumussalam.
    Tetap shalat karena itu bukan haid, tapi istihadhah.
    Dia hanya berhenti shalat pada waktu masa kebiasaan haidnya saja. Setelah masa haid berlalu, dia mandi junub lalu shalat kembali.

  76. shanti said:

    Assalamualaikum, sejak msh gadis adat haid saya slalu teratur 6hari setiap bulan, dan hari ke 7 sudah bersih. Tapi skrg saya sdh berkeluarga dgn 1anak, sejak 2thn yl adat haid saya berubah, dan ternyata akibat ada kista Yaήƍ cukup besar di ovarium saya. Haid tetap 6hr, tp setelah itu selalu ada cairan keruh berwarna coklat, kadang kental, dan berlangsung smpai waktu haid di bulan depannya.skrg saya dalam tahap penyembuhan kista dgn cara tradisional, tp adat haid masih tetap sperti itu. Slama ini saya tetap mandi bersih di hari ke7, mlakukan sholat atau puasa sperti biasa, dan melakukan hub suami istri diluar Yaήƍ 7hr itu. Apakah saya salah? Termasuk apakah cairan coklat itu, msh darah haid atau istihadah? Trm ksh. Wassalamualaikum

    Waalaikumussalam.
    Insya Allah tindakan anda sudah benar, dan darah di luar kebiasaan haid itu adalah istihadhah.

  77. riza said:

    saya mau bertanya,, saya haid udah lebih dr 10 hr sblmny sy suntik kb 3 bln,sblm psng suntik haid sy slm 7 hr tp skrg flek terus sampai 2 bln nggak berhenti, apakh hukumny darah flek itu?? terus gimana dengan kewajiban sy sebagai istri smntr sy msh flek

    Kalau masa haid biasanya sudah lewat, maka semua flek itu adalah istihadhah dan bukan haid. Tetap wajib shalat dan kerjakan kewajiban anda sebagai istri terhadap suami.

  78. Ummi Hani said:

    Assalmkm…
    Setelah pasang KB IUD haid saya tidak lancar,terkadang datang flek dan jg darah segar yang datang hanya sebentar,apakah flek dan darah segar itu termasuk haid?bolehkah saya sholat?

    Apakah keluarnya di masa biasa haid atau bukan?

  79. dhedek said:

    Assalamualaikum,satya mw bertanya ni..
    kan zaman sekarang ni sudah bnya remja remaja yg berpacaran sudah terlewat batas tu..
    saya mw bertanya apakah pada saat remaja putri lagi halangan atau haid apakah boleh dia dan cwo na tu cium bibir .
    apakah pada saat halangan itu kita bisa hamil walaupun kita hanya ciuman bibir aja

    Waalaikumussalam.
    Itu termasuk perzinahan dan hukumnya jelas haram, baik ketika haid maupun tidak.

  80. rara said:

    assalamualaikum…
    saya punya masalah dg siklus haid 2-3bulan baru haid dan masa haidnya 7-8 hari, tapi setelah menikah 2-3 hari sebelum haid keluar bercak…contohnya tgl 26januari kaluar bercak tgl 1 februari baru keluar haid selma 6 hari setelah 6 hari terus keluar bercak sampqi hari ini,,apakah saya tetap melakukan shalat atau tidak? bila itu bukan haid apakah boleh melakukan hubungan suami istri pada saat masih keluar bercak-bercak? dan pengobatan apa yang tepat untuk masalah ini….?
    terimakasih sebelumnya..

    Waalaikumussalam.
    Jika masa biasa haidnya sampai 8 hari, maka berarti bercak pada hari 7 dan 8 juga tetap sebagai haid. Tidak boleh shalat dan jima’. Setelah hari ke8, silakan dia mandi lalu shalat. Pengobatannya mungkin lebih tepat ditanyakan ke dokter.

  81. indha said:

    assalamualaikum, ustad sya mau tnyaa
    tggl 8 februari kmrn sya haid hri prtma ..tggl 12 haid sya berhenti dn sya mndi wajib pgi itu,trnyta saat mau shlat zuhur sya mendapati bercak coklat kemrhn dcelana dlm sya..dn sya tdk jdi shlat,,tggl 13 sya mndi wajib lgi,trnyta siang msh ada bercak coklat hnya sdkit2 sja..sepulng bekerja mlm hri sya mandi wajib lgi kemudian melayani suami …
    yg sya tnyakan ..bgaimna hukumnya itu ustad..sya sma skli tdk mngrti ? krna sya bru menikh 2 bln ini,,trimksh ustad oyaa adat haid sya 4 hari

    Anda mulai mandi dan shalat tanggal 12 itu sudah benar insya Allah. Setelah itu bukanlah haid walaupun ada darah yang keluar, jadi tetap shalat. Wallahu a’lam.

  82. mas hadi said:

    istri saya haidnya lebih 15 hari, apakah setiap mau sholat itu harus mandi wajib ?

    Kemungkinan besar itu darah istihadhah, bukan haid. Memangnya berapa hari biasanya dia haid?
    Jika dia istihadhah, maka tidak harus mandi setiap mau shalat.

  83. Aisyah said:

    Asalamu alaikum , ijin copy artikel yg ad diweb ini untuk tjuan menambah ilmu :)
    ssyukron..

  84. Ayu said:

    Assalamualaikum wr.wb
    Kebiasaan haid saya waktu bulan-bulan lalu masih stabil (1 minggu haid, 1 bulan berhenti), tapi pada 6 minggu terakhir ini haid saya tidak stabil kayak biasanya seperti 1minggu haid dan 1minggu berhenti sampai seterusnya.
    Apa itu biasa terjadi? Atau ada masalah lain pada masa2 haid saya?
    Terima kasih sebelumnya.

    Waalaikumussalam.
    Darah yang keluar bukan pada masa kebiasaan haid itu bukanlah haid, tapi merupakan darah istihadhah.

  85. Vivi said:

    Assalamualaikum wr wb
    ust. Saya ingin bertanya . Saya sering mengalami keputihan dan yang paling sering adalah ketika saya terangsang maka keluar keputihan dan apakah saya di wajibkan mandi .
    Dan waktu haid apakah hukumnya haram kalo kita memotong kuku ataupun saat rambut rontok .
    Terimakasih

    Waalaikumussalam.
    Tidak wajib mandi.
    Tidak haram, tidak ada masalah melakukannya.

  86. ulva said:

    assalamualaikum,
    ustadz ana mau tanya,
    bagaimana hukumnya jika sudah darah haid sudah berhenti, kemudaian melakukan hubungan suami istri, namun belum mandi wajib..
    jazakallah

    Waalaikumussalam.
    Tidak boleh. Dia wajib mandi dulu.

  87. Dewi said said:

    Assalamualaikum wr wb
    saya ingin bertanya,dari awal haid sampai bulan mei 2012 haid saya teratur (adat selalu 7 hari)dan keluarnya seperti ciri2 haid diatas.kemudian bulan berikutnya saya mengalami bercak kecoklatan itu hampir 2 minggu.kemudian bulan berikutnya saya juga mengalami seperti itu.apakah saya masih boleh sholat dan puasa dalam keadaan keluar cairan coklat?dan keluarnya ketika siang sja.tapi malamnya tidak. . .
    terima kasih

    Waalaikumussalam.
    Ya, tetap boleh shalat. Tetap jadikan adat anda sebagai patokan. Wallahu a’lam.

  88. aran said:

    Assalamualaikum ustadz
    sya mau tnya sya haid sudah 6 hari pas bsok nya itu hri prtama puasa,stlah sya lihat pas wktu mlam kira kira jam 1 mlem udh ga kluar drah haid nya,lalu sya mndi wajib dan puasa smpai pas mau sholat ashar tba tba ada sdkit flek kcoklatan,sya bngung ustadz,lalu sya ttp sholat ashar,dan ktnya stlah tnya tman bhwa puasa nya hrus dbatalkan,dan akhirnya puasanya sya btalkan,lalu bgaimna ustadz sya tkut dosa klo sya tdi sholat ashar,dan puasanya hrus sya gnti satu hari,mhon pnjelasan nya ustadz..trima ksih
    Wassalam

    Waalaikumussalam.
    Jika memang hari itu masih dalam adat kebiasaan haid, maka apa yang dikatakan teman anda itu sudah tepat. Dan insya Allah anda juga tdk berdosa karena sdh mengerjakan shalat dalam keadaan haid, karena anda dalam keadaan tidak tahu masih haid. Hanya saja jangan sampai hal ini berulang. Jangan kerjakan shalat sampai anda yakin betul masa haid telah berakhir.

  89. a triana s said:

    assalamualaikumm..
    sayaa mau tanya .. saya biasa haid 5-7 hari tapi itu suda bersama flek. nah. kemarin malam saya sudah mandi wajib dan menunaikan puasa hari ini. tapi tadi saya ngecek. ada sedikit banget darah bercampur flek. apakah batal puasa saya ?
    terima kasih :)

    Waalaikumussalam.
    Jika itu masih pada hari ketujuh maka puasanya batal. Tapi jika sudah pada hari ke delapan, insya Allah tetap syah.

  90. vivitha said:

    assalamualaikum..

    saya ingin bertanya, tgl 18-7-2012 malam saya datang haid, periode haid saya biasanya 6-7hari,tgl 24 malam saya mandi bersih dengan niat tgl 25 hari ini bisa puasa, tp pas menjelang mau sholat dhuhur ada flak coklat dikit dicelana saya, yg saya ingin tanyakan apakah puasa saya syah dan apakah saya hrs mandi bersih lagi sebelum sholat, terimakasih

    wassalamualaikum wr wb

    Waalaikumussalam.
    Berarti itu masih masuk hari ketujuh, masih masuk dalam masa haid anda. Karenanya puasanya batal dan anda tidak boleh shalat hari itu. Mandi dan shalatnya baru boleh di esok harinya.

  91. ghea said:

    Assalamu’alaikum.
    sy mw nanya, sy tidak pernah menghitung adat haid sy brp hari. tp ketika di hari akhir-akhir haid suka ada bercak coklat. biasanya jg memang haid sy siklusnya keluar bercak coklat, kemudian darah merah, dan di akhir2 bercak coklat, sebelum akhirnya benar2 bersih dan sy tidak pernah menghitung brp hari. apakah masa haid sy berakhir saat bercak coklat atau saat smuanya benar2 telah bersih?
    sy bingung, krn ibu sy blg kalau bercak coklat itu hanya sisa2 haid, jd boleh sholat. tp sy jg msh ragu. apalagi skrg bulan puasa, syg bila meninggalkan puasa krn ada bercak coklat.
    mohon penjelasannya.

    Waalaikumussalam.
    Biasanya tanda selesainya haid ditandai dengan keluarnya cairan putih keruh (al-qashshah al-baydha`). Apa tidak ada tanda seperti itu?

  92. Siska said:

    Assalamu’alaikum

    saya haid tanggal 20 Juni (adat haid 7hari).
    saya trus kluar flek sampai tgl 20 Juli (berarti sudah masuk waktu haid bulan slanjutnya).
    saya baru baca artikel ini pada hari ini. Apa yang sharusnya sy lakukan dalam hal shalat dan puasa pada bulan Juli ini??

    Waalaikumussalam.
    Tanggal berapa tanda sucinya keluar?

  93. bunga said:

    assalamu’alaikum
    Saya mau tanya ustadz kalo sy ga tau adat masa haid sy gimana ? Mohon penjelasannya ustadz. Thanks.

    Waalaikumussalam.
    Lihat ciri-ciri darahnya, apakah sama dengan ciri darah haid atau tidak.

  94. putri said:

    assalamu’alaikum….
    Sy ingn brtnya :
    tgl 16 – 23 juli sy haid trus sy tnggu shri untk memastikan slsai masa’y lalu bersuci dan puasa . Tapi pas tgl 30 keluar darah sedikit dan berwarna merah cerah. Sya benar-bnar binggung pas mau taraweh. Takut dosa.
    Apakah di anggap darah haid / istihadoh???

    Waalaikumussalam.
    Adat kebiasaan haidnya berapa hari?
    Tanda sucinya keluar tanggal berapa?

  95. VIANA AMBAR said:

    assalamualaikum, wr.wb
    saya mau tanya, saya mau tanya ust. jadi ketika siang hati saya BAK saya melihat flek keputihan bercampur kehitaman sedikit, lalu sorenya tidak ada, namun pada saat setelah menjelang maghrib ketika saya mandi saya melihat flek lendir putih bercampur warna kehitaman itu ada lagi namun sedikit, dan yang membuat saya bingung apakah itu darah haid atau bukan??? dan apakah saya masih boleh sholat dan puasa atau saya harus mandi wajib dulu atau tidak??? trimakasih assalamualaikum.

    Waalaikumussalam.
    Kalau itu bukan pada masa jadwal haid, maka itu bukan haid. Tetap wajib shalat dan berpuasa, dan tidak wajib mandi wajib.

  96. dian purwita sari said:

    Ass wr wb
    Ust.saya mau tanya sy sud ah slesai haid tetapi kadang msh kluar flek coklat sedikit2..tpdhl bln sebelumnya tdk prnh dan skrg bln ramadhan dan saya tetap berpuasa dlm keadaan seperti ini,apakah puasa saya sah..apakah setiap kluar flek coklat saya hrs mandi wajib..trims
    wassalam

    Insya Allah syah. Tidak perlu mandi wajib karena itu bukan haid.

  97. marnie said:

    ass,saya wnita usia 22 th,seminggu yg lalu saya haid.dh suci,trus saya flek coklat sdh seminggu lbih,bgmna hkumnya jk sy shlat dan berppuasa.anehnya lgi tdk flek tp mnjelang sore flek tu keluar,mhon pnjlasany

    Yang jelas itu bukan haid lagi. Wallahu a’lam.

  98. Ara said:

    Asslm,, saya mau bertanya pak, pd tgl 21 – 28 juli saya haid, tp hr ini tgl 3 agsts ada flek coklat yang kluar dan hanya sedikit,, apakah ini termasuk haid?
    Batalkah puasa saya??

    Apakah itu masih dalam masa kebiasaan haid? Kapan tanda sucinya keluar?

  99. Tika said:

    Lamanya saya haidh adlh 7 hari, stlah itu sy bersuci dan tdk ada keluar lagi darah2 haid, akan tetapi pada hari ke-12 saya mengeluarkan darah berwarna kecoklatan, apakah itu darah haid atau bukan?

    Itu bukan lagi darah haid.

  100. RIZQI said:

    Ass…..
    Saya mau tanya, sudah 4 hari saya haid tapi hari ke 5 ada sedikit bercak coklat, apakah itu darah haid ?. Apakah saya bisa shalat dan puasa ?
    Mohon penjelasannya, Syukron.

    Biasanya berapa hari masa haidnya?

  101. wiwiek pertiwi said:

    Assalamualaikum Uetad, sy mau bertanya, adat haid sy 8 hari dan sekarang sudah hari ke 14, menurut dokter pre menopose, dan keluarnya banyak sekali, apakah itu termasuk darah Istihadhah ? apakah tetap wajib sholat dan puasa, selama ini sy tidak melakukan, karena ada Ustajah bilang tunggu sampai 15 hari, terimakasih atas penjelasannya, semoga Alloh SWT mengampuni, amiin

    Waalaikumussalam.
    Apakah pada hari ke8 keluar tanda suci?
    Ciri2 darah yang keluar pada hari 9-14 bagaimana?

  102. nana said:

    Assalamualaikum wr wb
    ust.sya ingin bertanya,biasanya saya haid hanya 7 hari tp bulan kemarin saya haid sampai 14 hari dan bulan ini saya juga haid lebih dr 10 hari dan hanya ada berawrna kecoklatan,,bagaimana hukumnya ustad apakah saya boleh solat dan berpuasa atau tidak
    terimaksih

    Waalaikumussalam.
    Tanggal berapa tanda sucinya keluar?

  103. asri oktavia said:

    Assalamuallaikum wr wb

    ustd saya mau tanya, haid saya sudah hampir 3 minggu belum selesai juga karena masih keluar flek kecoklatan. Nhal ini baru terjadi sekarang setelah saya pasang kb spiral. Apa saya belum boleh solat? Pernah satu hari haidnya berhenti. Setelah mandi wajib, saya brsetubuh dgn suami tetapi keesokan harinya kembali keluar flek sampai sekarang. Apa kami bardosa ustd?

    Waalaikumussalam.
    Kebiasaan haidnya biasanya berapa lama?

  104. rani said:

    assalaamu’alaikum
    saya berumur 20 tahun
    biasanya saya slesai haid selama 7hari itu sudah bersih tidak kluar flek.
    namun darah haid berhenti kluar setelah hari ke 4
    di hari ke 5 dan ke 6 msih sdkit kluar titik coklat.
    apakah sudah boleh sholat.dan mandi wajib

    Waalaikumussalam.
    Belum boleh, itu tetap terhitung haid.

  105. dini said:

    assalamualaikum.wr.wb.
    saya memiliki pertanyaan:
    1. saya biasa haid lebih dari 7 hari, namun pd bulan ini pada hari ke 7 ada cairan bening, namun keesokan hari saat akan solat subuh ada flek merah kecoklatan. apakah itu darah haid atau istihadah?.
    2. saya suka mengalami keputihan, bagaimana hukumnya saat akan solat. apakah harus dibersihkan dahulu? atau cukup dengan berwudlu saja?
    terima kasih

    Waalaikumussalam.
    1. Itu tetap dihukumi haid.
    2. Harus dibersihkan terlebih dahulu.

  106. ummu hafidz said:

    assalamu,alaikum. maaf ustadz mau tanya dulu sebelum saya pakai kb haid sy tratur tiap bulan paling lama slama 10 hri, tp stela sy suntik berubah jdi 3 bln skali dan masa haid lebih panjang 2-3 minggu, warna dan baunya tetap seperti haid,sy sudah memakai kb sudah lebih setahun dan dan begtu selalu 3 bln skali dan haid lama, bgaimana hukumnya, untuk adat haid sebelum melahirkan sy sudah lupa tiap tanggal berapa? mohon bantuannya ustadz sy binggung sampai saat ini sy belum berpuasa cuman pada hari pertama.

    Waalaikumussalam.
    Jika demikian keadaannya, maka selama sifat dan ciri darahnya sama seperti haid, maka itu adalah haid. Wallahu a’lam bishshawab.

  107. maharani sinaga said:

    Assalamualaikum,,
    saya ada masalah,,
    sering saya mengalami keluarnya bercak atu flek berwrna coklat dr kemaluan setelah saya haidh atw stelah saya suci dr haidh,, yg ingin sy tanyakan apakh itu termasuk darah haidh? dn apakh dlm kondisi spti itu sy boleh melakukan sholat??

    Waalaikumussalam.
    Jika keluarnya pada masa kebiasaan haid, maka itu haid, sehingga tdk boleh shalat.
    Sementara yang keluarnya setelah suci, maka itu bukan haid sehingga dia tetap wajib shalat.

  108. MAIRA said:

    saya ada kemusykilan. apakah hukum untuk mengetahui samada haid telah putus atau tidak? adakah wajib hukumnya dengan meletakkan kapas pada kemaluan untuk mengetahui haid telah selesai atau cukup sekadar hanya melihat pada pakaian dalam bahawa tiada lagi kesan dan warna yang menyerupai haid atau sehingga tiada kesan langsung? mohon pencerahan. terima kasih

    Yang paling baik adalah dia menghitung berdasarkan masa kebiasaan haidnya, biasanya berapa lama.

  109. hndyni said:

    Asslamualaikum wrwb.
    Saya adat haidnya biasanya 7 -8 hari. Tapi akhir2 ini haid saya hanya banyak saat 3 hari pertama dan seterusnya hanya flek- flek. Tapi saat hari ke-7 saya bingung untuk menentukn apakah haid saya sudah berakhir atau belum karena walaupun sudah keluar sedikit cairan putih tapi tetap ada bercak coklat setitik. Kalau begitu, saya sudah bisa solat atau belum?

    Waalaikumussalam.
    Belum boleh. Selesaikan sampai hari ke-8, baru anda boleh shalat.