Mengeluarkan Zakat Melalui Badan Amil Zakat

May 13th 2011 by Abu Muawiah |

Mengeluarkan Zakat Melalui Badan Amil Zakat

Tanya:
Assalaamu’alaikum Ustadz
Saya diamanahkan oleh paman untuk membayarkan zakat hartanya. Beliau sudah mentransfer sejumlah uang. Seorang sahabat saya yg cukup berilmu mengatakan bahwa saya tidak boleh langsung membagikan zakat tsb karena saya bukan amil zakat. Maka saya sebaiknya menyerahkan zakat tsb ke badan amil zakat. Hanya saja jika ini saya lakukan maka amanah paman saya tidak bisa direalisasikan. Apakah memang harus diserahkan ke BAZ, bagaimana syari’at menjelaskan hal ini ? apakah saya boleh membagikan zakat tsb langsung ke mustahiqnya ?
Syukron wa jazakallaahu khairan
Abu Raihan [aburaihan32@gmail.com]

Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Anda boleh saja langsung menyalurkan zakat itu sendiri kepada yang berhak berdasarkan amanah dari paman. Hal itu dikarenakan, selain karena amanah itu wajib ditunaikan, menyerahkan zakat secara langsung kepada yang berhak itu lebih utama daripada melalui badan tertentu. Wallahu a’lam.

Allahumma kecuali jika pemerintah menetapkan bahwa seluruh rakyat harus menyetorkan zakat-zakat mereka kepada BAZ (Badan Amil Zakat) yang resmi ditunjuk oleh pemerintah, untuk selanjutkan akan dibagikan kepada yang berhak, maka dalam keadaan seperti ini anda wajib menyerahkan zakat tersebut kepada BAZ sebagai bentuk ketaatan kepada penguasa. Dan perbuatan itu insya Allah tidak teranggap melalaikan amanah, karena intinya harta itu akan sampai kepada yang berhak. Wallahu a’lam

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, May 13th, 2011 at 10:22 am and is filed under Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

1 response about “Mengeluarkan Zakat Melalui Badan Amil Zakat”

  1. Galang said:

    Assalamualaikum..bagaimana zakatny kalo punya 1 sapi betina sdh 1th tp belom beranak?,sbg pedagang sy setiap hari mengambil zakat 2.5 pesen dr laba bersih dan kl sdh terkumpul sy salurkan dan tiap th sy keluarkan zakat mal untuk barang dagangan di tk kami,apakan yg demikian sdh benar?terimakasih,wassalam.

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada zakat pada sapi itu karena jumlahnya belum mencapai nishab yaitu 5 ekor sapi.
    Tidak ada zakat perdagangan dalam Islam menurut pendapat yang paling kuat di kalangan ulama, karena semua hadits yang menunjukkannya adalah lemah. Yang ada hanyalah zakat mal. Jadi jika harta hasil perdagangannya sudah sampai nishab dan sudah dimiliki selama setahun maka dia wajib mengeluarkan zakat malnya.