Kapan Masbuq Dianggap Dapat 1 Rakaat?

May 14th 2010 by Abu Muawiah |

Kapan Masbuq Dianggap Dapat 1 Rakaat?

Tanya:
Asaalamualaikum Wr.Wb
Pak Ustad saya mau bertanya bagaimana hukumnya makmum yang tertinggal satu rakaat sholat bejamaah dan mendapati imam sedang ruku ,apakah makmum tsb sudah mendapatkan satu rakaat atau menambah satu rakaat lagi untuk menyempurnakan sholatnya karena ada dua hadis yang menyatakan kalau mendapatkan imam sedangĀ  ruku sudah mendapatkan satu rakaat dan kalau kita mendapatkan imam blmĀ  menyempurnaknan bacaan surat alfatihahnya harus mengulang satu rakat lagi
(Harun [alams168@yahoo.co.id])

Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Silakan download jawabannya melalui link di bawah ini:
Kapan dapat 1 rakaat?
Anda juga bisa mendownloadnya dan juga jawaban pertanyaan lainnya pada halaman ‘Download Audio’.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, May 14th, 2010 at 8:53 am and is filed under Ensiklopedia Hadits Lemah, Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

2 responses about “Kapan Masbuq Dianggap Dapat 1 Rakaat?”

  1. abu hasan said:

    BismiLLAAH

    ‘afwan ustadz, ana telah mendengar perinciannya, disitu semua dalil yang menunjukkan dapatnya makmum 1 rakaat ketika imam masih rukuk adalah dalil yang lemah..
    ‘afwan trus bagaimana mengenai hadits dari shahabat abu bakar yang beliau datang ke tempat sholat dengan keadaan belaiu rukuk.

    syukron

    Yang benarnya hadits Abu Bakrah. Para ulama menjawab hadits Abu Bakrah ini dengan dua jawaban:
    1. Nabi shallallahu alaihi wasallam telah melarang Abu Bakrah untuk mengulangi perbuatannya, maka bagaimana bisa seseorang berdalil dengan amalan yang dilarang oleh beliau.
    2. Tidak ada keterangan sama sekali bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak menyuruhnya menambah rakaat, sehingga ada kemungkinan setelah shalat, beliau shallallahu alaihi wasallam memerintahkan Abu Bakrah untuk menambah rakaatnya. Karena adanya 2 kemungkinan yang sama kuat ini maka tidak boleh berdalil dengan kisah ini.

  2. dedy said:

    assalamu’alaikum ustad filenya di 4shared sudah tidak ada!!

    dan yang saya tanyakan apakah jika kita mendapati imam sudah ruku dan kita ketinggalan membaca fatihah, lalu setelah imam salam maka kita tambah lagi 1 rakaat untuk membaca fatihah berdasar hadits: “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah.”

    Waalaikumussalam.
    Afwan, insya Allah akan diupload ulang.
    Ya, sudah betul seperti itu.