Jual Beli Emas dan Tas Bermerk

May 2nd 2011 by Abu Muawiah |

Jual Beli Emas dan Tas Bermerk

Tanya:
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
Ustadz, adik ana memiliki bisnis jual beli tas untuk wanita, seperti model tas dengan desain terkenal seperti Gucci, LV, Dorce & Gabana ataupun merk lain tetapi dengan desain yang hampir sama. Sebagaimana fungsinya digunakan untuk membawa barang keperluan tapi tidak dapat kita nafikan bahwa pemakainya akan lebih percaya diri karena umumnya memiliki desain yang cantik(ini bila kita tidak ingin mengatakan bahwasanya penggunaan tas tersebut untuk mempercantik diri)? Bagaimana pula dengan orang yang menjual perhiasan emas, dimana sebagian besar pembeli yang umumnya masih awam akan memakainya untuk berhias baik untuk ke pasar, walimahan sebagaimana banyak yang kita lihat? Jazakallah khair atas jawabannya
Dian Hidayat [ibnunashir@gmail.com]

Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al-Baqarah: 275) Maka semua jual beli asalnya adalah boleh dan halal sampai ada dalil yang melarang. Jual beli tas termasuk di dalamnya dan tidak ada satupun dalil yang melarangnya. Demikian pula jual beli emas, selama tidak ada riba di dalamnya maka asalnya adalah mubah.

Adapun pemanfaatan tas dan emas itu pada hal yang haram, maka itu tidak menjadikan jual beli tas dan emas menjadi haram. Karena kedua benda ini adalah benda yang mubah dan setiap yang mubah hukumnya bisa menjadi halal atau haram tergantung penggunaannya. Karenanya dalam hal ini, jika pembeli menggunakan tas dan emas ini dalam perkara maksiat, maka dosa ditanggung sendiri oleh yang memanfaatkannya (pembeli), sementara penjual dalam hal ini insya Allah tidak menanggung dosa apa-apa.
Wallahu a’lam bishshawab.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, May 2nd, 2011 at 10:17 am and is filed under Ekonomi Islam, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

1 response about “Jual Beli Emas dan Tas Bermerk”

  1. Abu Fauzan said:

    Bgmn dgn menjual celana panjang, yang mana orang awam akan memakainya akan isbal?
    Bgmn pula dgn menjual pakaian wanita yg menampilkan aurat?

    jazakallahu Khair

    Tidak mengapa, yang berdosa adalah yang menggunakannya untuk maksiat. Wallahu a’lam.