Jika Imam Lupa Tasyahud Pertama

June 13th 2011 by Abu Muawiah |

Jika Imam Lupa Tasyahud Pertama

Tanya:
assalaamu alaikum
ana mau tanya bagaimana imam yg lupa duduk tasyahhud awal dia langsung berdiri sempurna ke rakaat ketiga.
Apa yg harus dilakukan imam? dan bgmana dgn makmum apakah harus mengikuti imam?
jazaakallaahu khair atas jawabannya
rusdianto [rusdianto_40@yahoo.com]

Jawab:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Kejadian seperti ini pernah terjadi di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dan beliau telah menuntunkan apa yang harus dilakukan oleh si imam dan para makmum.

Abdullah bin Malik bin Buhainah radhiallahu anhu dia berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ الظَّهْرَ فَقَامَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ لَمْ يَجْلِسْ فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ حَتَّى إِذَا قَضَى الصَّلَاةَ وَانْتَظَرَ النَّاسُ تَسْلِيمَهُ كَبَّرَ وَهُوَ جَالِسٌ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ ثُمَّ سَلَّمَ
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat zuhur bersama mereka, lalu beliau berdiri pada dua rakaat yang pertama dan tidak duduk (untuk tasyahud), maka orang-orang juga ikut berdiri bersama beliau. Hingga ketika shalat akan selesai, dan orang-orang sudah menanti salamnya, beliau bertakbir dalam posisi duduk, lalu sujud dua kali sebelum salam, setelah itu baru beliau salam.” (HR. Al-Bukhari no. 786 dan Muslim no. 885)

Hadits ini jelas menunjukkan bahwa kewajiban bagi imam yang lupa duduk tasyahud awal sementara dia telah berdiri tegak adalah tetap melanjutkan shalatnya dan tidak perlu dia duduk kembali untuk tasyahud awal, akan tetapi sebelum salam dia disyariatkan untuk sujud sahwi. Adapun bagi makmum, mereka tidak perlu mengingatkan imam ketika imam sudah berdiri tegak, akan tetapi mereka tetap mengikuti semua gerakan imam. Jika di akhir shalat imam sujud sahwi maka mereka juga sujud sahwi. Wallahu a’lam.

Incoming search terms:

  • hukum tdk mengikuti imam krna lupa duduk tasahud awal
  • jika imam lupa tahiyat awal
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, June 13th, 2011 at 11:02 am and is filed under Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

6 responses about “Jika Imam Lupa Tasyahud Pertama”

  1. Ridho Amrullah said:

    Adapun bagi makmum, mereka tidak perlu mengingatkan imam ketika imam sudah berdiri tegak, akan tetapi mereka tetap mengikuti semua gerakan imam. Jika di akhir shalat imam sujud sahwi maka mereka juga sujud sahwi.

    kenapa tidak perlu diingatkan, dg diingatkan menurut saya bisa menyadarkan imam kalau dia itu salah (belum tasyahud awal), dan dg itu dia akan sadar di akhir sholatnya akan melakukan sujud sahwi. Jika, makmum sadar imam belum tasyahud lantas makmum ikuti, bukankah itu malah menjadi mengikuti imam yg salah (Jika imam tersebut tidak sadar kalau dia belum tasyahud awal bagaimana, apakah kita akan ikuti imam itu ?). (artinya harus diberitahu dulu sehingga setelah imam sadar (setelah diingatkan) dia akan sujud sahwi diakhirnya.

    Syukron,

    Wallahu a’lam, karena para sahabat tidak mengingatkan Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika beliau sudah terlanjur berdiri.

  2. prama said:

    Assalamu’alaikum ustad,

    pernah suatu saat imam pada rakaat ketiga sholat isya terlupa, sehingga tidak bangkit akan tetapi melakukan tasyahud akhir, sedangkan saya berada diposisi paling ujung kanan shaf sehingga tidak melihat imam.. oleh karenanya saya berdiri bangkit untuk rakaat keempat tanpa mengetahui imam lagi tasyahud, begitu juga orang disebelah saya.. setelah beberapa ayat surat alfatihah barulah saya sadar bahwa imam sedang tasyahud,…

    waktu itu saya tidak berfikir dan mengucapkan “subhanalloh” sehingga imam teringat dan berdiri untuk mneruskan ke rakaat keempat..

    setelah sholat baru saya berfikir, bahwa imam telah tasyahud cukup lama.. karena saya sudah menyelesaikan beberapa ayat al-fatihah..

    jika sewaktu-waktu hal ini terulang, apakah yg harus saya? lakukan, apakah kembali duduk lalu setelah sholat memberitahu imam bahwa kita masih kurang satu rakaat,
    atau memperingatkan imam dengan “subhanalloh” seperti yg sudah saya lakukan?

    Waalaikumussalam.
    Seharusnya imam diperingatkan dengan bacaan tasbih. Tapi jika dia tidak mendengar atau tetap tasyahud, maka wajib duduk tasyahud dan salam bersamanya, dan setelah selesai, wajib diberitahu akan kekurangan rakaatnya.

  3. abang said:

    Untuk kasus @prama di atas, memberitahukan Imam setelah shalat selesai, lantas apa yg harus dilakukan Imam ? Dan apa yg harus dilakukan makmum (yg tahu bahwa kurang rakaat) ? Apakah makmum sujud sahwi sendiri ?
    Hukum sujud Sahwi itu sendiri gimana ? wajib kah ?

    Jika diberitahukan langsung setelah shalat, maka imam berdiri menambah rakaat yang kurang lalu di akhiri dengan sujud sahwi, dan semua makmum mengikutinya.
    Setelah makmum menambah rakaat yang kurang, dia juga sujud sahwi.

  4. Abu Lubna said:

    Pernah terjadi di Masjid kami Imam lupa tasyahud awal, kemudian diingatkan makmum dengan bacaan tasbih tapi imam tetap berdiri, makmum tetap mengingatkan dengan bacaan tasbih hingga berkali2 diingatkan, kemudian imam membatalkan sholat tersebut katanya kalau makmum mengucapkan tasbih peringatan bagi imam lebih dari 3x sholatnya batal. Benarkah yang demikian? Jazakallah Khoir

    Apa yang imam lakukan jelas salah, tapi apa yang dilakukan makmum juga tidak kalah salahnya. Yang benarnya, setelah diingatkan, imam tetap berdiri, maka makmum menghentikan tasbih lalu ikut berdiri bersama imam. Nanti ditutupi kelupaan itu dengan sujud sahwi.

  5. Jika Imam Lupa Tasyahud Pertama | Portal Ilmu dan Kajian Ilmiah said:

    […] Sumber : klik di sini […]

  6. nizam zulfi said:

    jika dlm shalat isya, imam lupa duduk tasyahud pertama dan lansung berdiri. posisi imam sudah tegak, lalu seorang makmum mengucapkan tabih dengan tujuan agar imam meyadari kelupaannya sehingga sujud sahwi sebelum salam.akan tetapi imam duduk kembali untuk tasyahud petama dan sujud sahwi sebelum salam.
    pertanyaan : apakah yg dilakukan makmum tsb telah benar..?

    Makmum itu tidak bisa disalahkan, namun lebih baik lagi jika dia bertasbih sebelum imam berdiri dengan sempurna.