Jesus Bukan Nabi Isa

April 17th 2014 by Abu Muawiah |

Tanya:
Uztadz ada teman ana yg bertanya:
Apakah Jesus itu seorang rasul? Bolehkah meyakini hal tersebut? Ana cuma tahu Nabi Isa sebagai rasul. Mohon pencerahannya uztadz.

Jawab:
Jesus bukanlah nabi dan rasul Allah. Dan Jesus bukan pula Nabi Isa alaihissalam.
Jesus mati dibunuh oleh kaumnya, sementara Nabi Isa diselamatkan oleh Allah dengan mengangkatnya ke langit, sebagaimana yang tersebut dalam al Quran. Dan di akhir zaman, Nabi Isa akan diturunkan ke bumi untuk berhukum dengan hukum Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, sebagaimana yang tersebut dalam hadits-hadits yang shahih.
Allah Ta’ala berfirman:
وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ ۚ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا. بَلْ رَفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا
“Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. al Maidah: 157-158)

Karenanya, siapa yg meyakini Jesus adalahNabi Isa atau sebaliknya, maka dia telah mendustakan ayat al Quran, wal ‘iyadzu billah.

Adapun Jesus, maka para ulama menyatakan bahwa dia adalah seorang pengkhianat yang menyusup ke dalam barisan pengikut Nabi Isa alaihissalam. Dia yg membocorkan rahasia keberadaan lokasi Nabi Isa kepada orang-orang Yahudi yang akan membunuh beliau. Karenanya, Allah menghukumnya dengan membuat wajahnya terlihat serupa dengan Nabi Isa di mata orang-orang Yahudi. Sehingga orang-orang Yahudi bukannya membunuh Nabi Isa, melainkan mereka membunuh Jesus ini. Wallahu a’lam.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Thursday, April 17th, 2014 at 8:28 am and is filed under Aqidah, Dari Grup WA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.