Hukum Menyembuhkan Rematik Dengan Gelang

April 30th 2012 by Abu Muawiah |

Hukum Menyembuhkan Rematik Dengan Gelang

Soal:
Apa hukum memakai gelang untuk mengobati penyakit rematik?

Jawab:
Perlu diketahui bahwa obat merupakan sebab datangnya kesembuhan, sementara yang membuat sebab itu berpengaruh adalah Allah Ta’ala.Karenanya, tidak ada satu pun yang dinamakan ‘sebab’ kecuali apa yang Allah Ta’ala telah tetapkan dia sebagai sebab. Kemudian, sebab-sebab yang Allah Ta’ala jadikan dia sebagai sebab ada dua bentuk:
Bentuk pertama: Sebab-sebab syar’iyah seperti Al-Qur`an Al-Karim dan doa. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam mengenai surah Al-Fatihah, “Darimana kamu tahu kalau dia adalah ruqyah.” Dan sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wasallam biasa meruqyah orang-orang yang sakit dengan mendoakan mereka, maka Allah Ta’ala menyembuhkan mereka dari penyakit berkat doa beliau.
Bentuk kedua: Sebab-sebab lahiriah seperti obat-obatan yang sudah diketahui melalui jalur syariat seperti madu atau yang diketahui melalui penelitian seperti kebanyakan obat-obatan yang ada. Sebab seperti ini pengaruhnya harus secara langsung dan terbukti, bukan sekedar dugaan dan khayalan. Jika pengaruh obatnya sudah terbukti secara langsung dan hasilnya bisa diindera maka dia boleh dijadikan sebagai obat yang dengannya kesembuhan akan terwujud engan izin Allah Ta’ala. Adapun jika sebab itu hanya sekedar dugaan dan khayalan semata yang disangkakan oleh orang yang sakit sebagai obat, lalu dia mendapatkan ketenangan psikologis dan rasa sakitnya terasa berkurang dikarenakan sangkaan dan khayalan ini, dan bahkan kegembiraan psikologis orang yang sakit ini tumbuh sehingga penyakitnya bisa sembuh. Maka yang seperti ini tidak boleh dijadikan sebagai sandaran dan tidak boleh menetapkannya sebagai obat, agar manusia tidak terbawa oleh sangkaan dan khayalan. Karenanya Nabi shallallahu alaihi wasallam melarang untuk mengenakan gelang atau mengikatkan benang dan semacamnya untuk menyembuhkan penyakit atau mencegah datangnya, karena hal tersebut bukan sebab secara syar’i dan secara hissi (terbukti). Dan apa saja yang belum dipastikan sebagai sebab syar’i dan juga bukan sebab hissi, maka tidak boleh menjadikan hal itu sebagai sebab. Karena menjadikan hal itu sebab merupakan bentuk menandingi Allah Ta’ala dalam kekuasaan-Nya dan bentuk kesyirikan dengan-Nya, tatkala dia telah menyamakan dirinya dengan Allah Ta’ala dalam menetapkan sesuatu itu sebagai sebab yang bisa melahirkan akibat. Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullah telah membuat judul bab untuk masalah ini dalam Kitab At-Tauhid dengan ucapanya, “Bab: Termasuk kesyirikan, mengenakan gelang, benang dan yang semacamnya untuk mencegah turunnya musibah atau menghillangkannya.”

Ibnu Utsaimin

[Jami’ Al-Fatawa Ath-Thibbiah hal. 32-33]

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, April 30th, 2012 at 6:42 am and is filed under Fatawa. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

3 responses about “Hukum Menyembuhkan Rematik Dengan Gelang”

  1. Zain Al-Bugisy said:

    Barokallhu fiekum…
    artikel bermanfaat
    ijin share yach..!!!

  2. Zain Al-Bugisy said:

    assalamu’alaikum, gmana dngn gelang2 dari produk2 MLM dan pruduk2 sejenisnya yg bahannya terbuat dari besi2 khusus yg yg secara medis terbukti dapat melancarkan peredaran darah di tubuh kita karna efek rangsang dari bahan gelang2 tersebut misalnya mengandung magnet2 khusus yg bs mmbantu mlancarkan peredaran darah..?

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang terbukti secara klinis, insya Allah itu tidak mengapa.

  3. Rizky said:

    Afwan, kalo tdk salah ana pernah baca fatwa dari Syaikh Utsaimin, bahwa yg di maksud dgn syirik memakai gelang utk pengobatan atau penyembuh yg di larang Nabi saw adalah yg tdk ada hubungannya atau tdk terbukti secara ilmiah. contohnya seumpama kita mengambil kayu dari pohon Rambutan yg kita pakai dan katakan bahwa itu untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit, padahal secara ilmiah dan teori tdk terbukti secara benar, sedangkan yg byk di pakai atau di gunakan dalam masa sekarang ini semisalnya kalung dan gelang dsb sdh terbukti secara ilmiah bahwa mengandung Ion2 dan memancarkan energi secara Ilmiah terbukti dan sgala sesuatunya memang hanya Allah yg menyembuhkan. harus di garis bawahi mana yg syirik dan tdk … Sukron

    Saya rasa sudah jelas dari artikel di atas, bahwa gelang yang terbukti secara klinis bisa menjadi sebab kesembuhan adalah boleh dipakai.