Hukum Flek (Darah) Setelah Haid

June 20th 2011 by Abu Muawiah |

Hukum Flek (Darah) Setelah Haid

Tanya:
Saya mengalami flek setelah masa haid, kira-kira 10 setelah selesai haid, flek itu keluar, yang saya alami sudah hampir 3 hari, selama flek ini keluar saya tidak menjalani ibadah shalat karena saya takut kalu itu menjadi dosa bagi saya. saya kurang faham dengan masalah ini, jadi yang saya mau tanyakan bagaimana hukum shalat bagi orang yang dalam keadaan keuar flek? terima kasih
Muliana [uliel_107@yahoo.com]

Jawab:
Jika masa haid biasanya telah berlalu dan masa haidnya ini masih normal dan berlangsung setiap bulan sebagaimana biasanya, maka semua darah dan flek yang keluar setelahnya bukanlah dihukumi haid sehingga tidak berlaku padanya hukum-hukum haid.

Karenanya dia tetap wajib untuk shalat dan berpuasa dan jangan dia tinggalkan karena adanya flek seperti itu. Satu hal yang sudah pasti bahwa shalat itu wajib, sementara keluarnya flek ini adalah masalah yang masih diragukan apakah dia haid atau bukan. Dan seorang muslim tidak boleh meninggalkan suatu kewajiban yang pasti hanya gara-gara sesuatu yang masih diragukan keberadaannya.

Incoming search terms:

  • flek setelah haid
  • flek setelah Menstruasi
  • darah bau darah haid keluar setelah haid selesai
  • haid cuma2 hr apa blh lngsng mandi haid
  • haid lagi setelah 10 hari
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Monday, June 20th, 2011 at 11:09 am and is filed under Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

34 responses about “Hukum Flek (Darah) Setelah Haid”

  1. ABU HIDAYAT said:

    BISMILLAH. Afwan, ana mw tanya ttg nifas. apakah berakhirnya nifas setiap wanita sama yaitu 40 hari setelah melahirkan? apa hukumnya berhubungan dg istri yg sdh melahirkan sebelum 40 hari (istri sudah merasa bersih dari nifas)? JAZAKALLAHU KHOIR atas jawabannya

    Ya, maksimal 40 hari, berdasarkan hadits Ummu Salamah. Jika sudah 40 hari maka sudah boleh melakukan jima’ dengan syarat wanita itu telah mandi suci.

  2. lilik mirawati said:

    Assalamualaikum…..
    Saya ibu rumah tangga berusia 24th,setelah melahirkan dan selesai masa nifas,saya memakai KB suntik 3bln.tapi selama 3bln saya mengalami flek sampai 3bln lamanya,bagaimana hukumnya diislam,apakah saya msih diwajibkan sholat,puasa fardu?terima kasih.

    Waalaikumussalam.
    Nifas paling lama hanya 40 hari. Jika sudah lewat 40 hari maka sudah suci, harus shalat dan boleh puasa kembali, walaupun flek masih keluar.

  3. Nita said:

    Assalamualaikum. Saya ciasanya mens selama 8/9 hari. Tp setelah itu selalu keluar flek slama 3 hari. Kalau begitu saya harus mandi junub di hari ke 8/9 masa haid, yg menjadi pertanyaan, jika fleknya sudah hilang, haruskah saya mandi junub lagi? Terima kasih.

    Waalaikumussalam.
    Sudah tidak perlu lagi. Cukup darahnya dibersihkan saja.

  4. dea said:

    pak, kalau saat haid belum sempat solat subuh, wajibkah mengqadhanya? Kapan kita mengqadhanya jika kita mandi wajib pada waktu magrib?

    Tidak perlu mengqadha semua shalat yang ditinggalkan karena haid.

  5. vava said:

    Asalamualaikum,
    ustadz,saya pernah mendengar bahwa seorang perempuan yang sedang haid dilarang memotong kuku dan jika sedang haid rambut tidak boleh jatuh/rambut yg jatuh harus dikumpulkan,hal itu benar atau tidak ustadz?biar lebih jelas,tolong ustadz jelasin,apa saja yg dilarang bagi seorang perempuan yg sedang haid??

    Waalaikumussalam.
    Semua itu tidak benar. Yang dilarang dari wanita haid adalah: Shalat, tawaf di ka’bah, menyentuh Al-Qur`an, dan berhubungan badan dengan suaminya.

  6. Tommy Hayuwono Saleh said:

    Assalamualikum ustadz,saya bingung dalam pemberian nama anak kedua saya yg lahir hari selasa tanggal 11 oktober 2011,alahmdulilah seorang laki2,
    nama yang saya berikan ialah: Habib Aditya Saleh
    nama saya: Tommy Hayuwono Saleh
    nama almarhum bapak saya: Habib saleh
    Dgn tujuan nama ‘’Habib’’ialah nama yg bagus dari segi arti dan maknanya, lagi pula saya suka dgn nama itu dan begitu juga dengan nama ‘‘Aditya’’, dan nama ‘‘Saleh’’ saya berikan agar kelak dia menjadi org yang saleh.

    Namun ibu saya tidak setuju dgn nama “Habib” itu karena:
    1.nama kakeknya
    2.kalaupun ada nama kakeknya jgn di letakakn di depan, yakni di belakang, atau di tengah.
    3.Di khawatirkan nama tersebut bisa mengakibatkan keberatan nama,dan anak jadi sering sakit- sakitan.

    Saya jadi bingung apakah nama anak saya harus ditukar lagi atau tidak, karena terus terang saya enggan menukar nya, tapi saya takut jika terjadi hal yg tidak di inginkan di belakang hari .. tolong dijawab Ustadz trims wasalammualikum..
    Tommy Hayuwono Saleh

    Tidak ada masalah insya Allah dengan nama di atas. Adapun keyakinan dari ibu itu -khususnya no. 3- merupakan tathayyur (pamali) yang merupakan syirik kecil. Jadi, semua tergantun anda sebagai ayahnya.

  7. naili said:

    assalamu’alaikum war. wab. Pak saya mau tanya:saya haid selama 7 hari dengan rincian : hari 1,2 keluar;hari 3,4 bersih,hari 5 keluar, hari 6 bersih,hari 7 flek coklat.saya baru mandi sesudah flek hilang.yang ingin saya tanyakan: apakah yang saya lakukan itu sudah benar dan apakah flek coklat itu terhitung darah haid?makasih

    Waalaikumussalam.
    Masa biasa haidnya berapa hari?

  8. adelina said:

    kalo keluar flek setelah haid, tetap menjalankan sholat. apakah saya harus mandi besar sebelum sholat ato tdk???

    Kalau memang masa haidnya sudah selesai, maka dia telah suci dan dia wajib mandi. Setelah itu dia bisa shalat tanpa harus mandi tapi cukup wudhu, walaupun masih ada flek yang keluar. Wallahu a’lam.

  9. yanti said:

    Assalamualaikum. Sebelum menikah saya biasanya mens selama 6 hari. Setelah menikah dan mempunyai 2 anak, mens saya berubah menjadi 8 hari. Tapi saya saat ini menjadi tambah bingung, karena akhir2 ini (beberapa bulan terakhir) biasanya hari ke 8 sudah bersih, hari ke 10/11 keluar flek/darah lagi selama 2/3 hari. apakah saya harus sholat pada hari ke 8 tersebut?

    Waalaikumussalam.
    Sudah berapa bulan hal itu (keluarnya flek sampai hari ke-11) berlangsung?

  10. rini said:

    saya d kb suntik 3 bulanan. pd bulan pertama sy tidak haid. namun pada bulan kedua ini saya mendapati keluar darah yg agak banyak. pagi2 keluar, siang ga keluar lg dan saya pun mandi besar trus shalat dzuhur dan ashar. namun pas waktu magrib, darah tersebut keluar lagi. sehingga saya tidak shalat magrib dan isya. besoknya pas bangun, saya mandi lg dan shalat subuh karena saya lihat darahnya tidak bertambah. bagaimana hukumnya? karena keluarnya tidak teratur namun volumenya agak banyak. klo diukur kadarnya, 50% dari darah haid. klo melihat tanggalnya, ini udah masuk waktu siklus haid sy seperti sebelujm di kb. mohon tanggapannya.

    Sebaiknya anda tetap berpatokan dengan jadwal siklus haid anda biasanya. Jika masuk jadwalnya maka jangan shalat, dan jika sebelum dan setelah jadwalnya maka anda tetap wajib shalat walaupun tidak ada darah yang keluar. Wallahu a’lam.

  11. yanti said:

    Assalamualaikum. Sebelum menikah saya biasanya mens selama 6 hari. Setelah menikah dan mempunyai 2 anak, mens saya berubah menjadi 8 hari. Tapi saya saat ini menjadi tambah bingung, karena akhir2 ini (sekitar 3 bulan) biasanya hari ke 8 sudah bersih, hari ke 10/11 keluar flek/darah lagi selama 2/3 hari. apakah saya harus sholat pada hari ke 8 tersebut?

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang tanda suci sudah keluar pada hari ke-8, maka anda sudah wajib shalat pada hari itu.

  12. Lusy said:

    Ass wr wb.saya melahrkn prematur 6bln ank saya tidak bs di selamatkan,,!darah nifas saya tidak terlalu bnyk jika darah nifas saya sudah bersh sblm 40hr apakah saya boleh melaksanakan kewajiban muslim.mohon jawaban nya?

    wa’alaikum salam warahmatullah wabarakaatuh.
    iya, jika sudah bersih anda wajib mandi dan melaksanakan kewajiban walaupun tidak sampai 40 hari. (MT)

  13. yuliyanti said:

    ass,,,saya ingin bertanya,setiap bulan biasanya saya haid selama 7 hari,tapi jika dalam 7 hari itu saya sakit,maka saya harus minum obat,akan tetapi setelah dari masa haid selesai saya keluar flek coklat di hari berikutnya bahkan bisa sampai seminggu lamanya,apakah saya diperkenankan untuk sholat dan melakukan puasa selama flek itu masih keluar? dan apakah saya mandi junub lagi setelah flek tersebut selesai?
    mohon untuk penjelasannya…

    terimakasih.

    Anda sudah boleh mandi bersih lalu shalat setelah selesainya hari ketujuh.
    Tidak perlu mandi junub lagi setelah selesainya flek tersebut, cukup mandi biasa saja.

  14. Hamba Allah said:

    Assalamualaikum.

    Saya menemukan seperti noda di celana saya setelah saya sahur di bulan Ramadhan. Bekasnya hanya sedikit, saya tidak yakin dengan warnanya, yang pasti buka warna gelap, lalu saya cipratkan air ke sampingnya, ternyata warnanya hampir sama. Saya juga ragu dengan baunya, antara itu bau keputihan atau bau amis darah. Saya takut jika itu haid. Tapi itu hanya keluar sekali. Padahal biasanya saya haid kira-kira 6 hari dan darahnya banyak. Saya ragu itu haid atau bukan. Apa saya harus mandi wajib?

    Waalaikumussalam.
    Insya Allah itu bukan haid. Tidak harus mandi, dan anda tetap wajib berpuasa.

  15. abu ramiza said:

    Bismillah,

    Ustadz Abu Muawiah hafidzahulloh ta’ala, telah masuk ke blog ana ( http://aburamiza.wordpress.com/ )sebuah pertanyaan sebagai berikut:

    Saya mau tanya. Bagaimana kalau misalnya seseorang haid 6 hari,setelah itu suci 10 hari. Lalu keluar darah lagi, darahnya hitam berganti merah secara berangsur-angsur…
    Apakah darah yg keluar itu dihukumi istihadhah?? Atau haid??

    Demikian pertanyaannya, ana mohon kepada ustadz untuk sudi menjawabnya. Jazakallohu khoiron

    Soalnya masih kurang lengkap. Berapa adat haidnya? Trus tanggal berapa tanda sucinya keluar?

  16. hana prematurita said:

    aslkm.saya ikut kb 3 bulan sekali suntik.setelah 2,5 thn ini rencana berhenti.akhirnya saya berhenti kb,selama kb saya tidah pernah haid,ini 4 bulan setelh berhenti kb saya kok jadi haid lama sekali,ini sudah hari ke 17 darah keluar.bgmn ini?apakah saya bisa sholat?bgmn mandi wajibnya apakah tiap mau sholat?mksh.

    Berapa lama dan kapan kebiasaan haidnya sebelum itu? Darah yang keluar, selama 17 hari itu bagaimana ciri2nya?

  17. Lutfizah said:

    Ustadz, jika siklus haid sy, 5 hari keluar darah, hari ke 6, 7, 8 cairan warna coklat(spt keputihan tapi warnanya coklat) dan berlangsung seperti itu terus setiap bulan, apakah cairan coklat itu termasuk haid? ataukah sy sudah harus sholat di hari ke-6? jazakallah khoyro ustadz

    Biasanya haid berapa hari?

  18. rheihana said:

    assamualaikum… Sya melahirkan anak ke2 dgn operasi sesar. Pada mggu ke3 sya sdh mandi bersih dan bhubngan suami istri pd mlm hari.ttpi subuh kluar flek.sdh 2 kali hal ini tjdi. Apakah sya hrus mnunggu hingga 40hr dan sdh bnr2 bersih boleh mandi atau ktka tlihat brsh langsng mandi? Jazakumullah waslmkum..

    Waalaikumussalam.
    Harus sampai 40 hari, kecuali kalau anda melihat tanda suci sebelumnya.

  19. Ima said:

    Ass Pak Ust,
    saya mau tanya,sebelum menikah saya haid hanya 5 hari, tetapi setelah menikah menstruasi saya lebih dari 2 minggu.Tetapi hanya keluar flek2 saja.Apakah dibulan ramadhan ini saya bisa berpuasa & sholat?Mohon informasinya.
    Terima kasih

    Asalnya anda tetap menjadikan 5 hari itu sebagai patokan.
    Karenanya di hari yang ke-6 anda sudah boleh shalat dan berpuasa kembali. Wallahu a’lam.

  20. siti said:

    assalamualaikum,
    ustadz saya mau tanya, masa haid saya 10 hari,dan setelah itu saya mandi besar, tetapi sesudahnya saya nge-flek hampir satu bulan, yang saya tanyakan apabila setelah 10 hari apakah setiap kali saya sholat apakah harus mandi besar? dan hukumnya gimana jika saya berpuasa?

    Waalaikumussalam.
    Jika memang kebiasaan anda 10 hari, maka semua yang keluar pada hari ke-11 dan seterusnya bukanlah haid.
    Anda tidak perlu mandi setiap kali mau shalat dan anda tetap wajib berpuasa.

  21. yoan said:

    Assalammualaikum..
    Mau tanya.. setelah saya melahirkan dan ikut kb sebulan sekali haid saya tidak teratur. Sebelum melahirkan dan kb biasanya 7 – 8 hari, tapi setelah KB kadang2 bulan sekali baru haid. Tapi itupun hanya dihari pertama saja yg banyak, hari kedua hanya flek saja. Smp hari ke empat pun seperti itu. Hari kelima saya mandi besar, sholat dan puasa lagi, tapi keesokannya keluar flek lagi. itu bagaimana ya hukumnya?

    Waalaikumussalam.
    Jika ciri-ciri darah di hari pertama itu adalah haid, maka itu adalah haid sampai hari ke-8 kalau memang masih keluar. Tidak boleh shalat dan puasa sebelum hari ke-8, kecuali jika keluar tanda suci. Setelah itu baru dia boleh shalat dan puasa. Wallahu a’lam.

  22. octavia said:

    Assalamualaikum,
    ustad, saya ada pertanyaan, saya haid selama 7hari, tetapi 17 hari kemudian muncul darah flek selama 5 hari, apakah flek coklat tersebut termasuk haid atau bukan, dan bolehkah saya menjalankan puasa dan solat?

    Waalaikumussalam.
    Bukan haid, tetap boleh puasa dan shalat.

  23. dhia febriani said:

    ass…
    ustat saya mau tanya nich saya haid pada hari pertama datang cma flek2 hr ke 2,3 berhenti sampai hr ke 11 apakah saya boleh puasa,walau oun saya msh keluar darah ??????????

    Biasanya, haidnya berapa lama?

  24. eka purwanti said:

    asslmualaikum..
    ustad, stlh melahirkan sya kb pil menyusui baru haid stelah 9bln, n 4 bln kemudian saya baru haid lagi, tp haid saya smpai 23 hari kmdian saya mandi n sholat tp baru 5 hari sholat saya haid lagi n gx berhenti2 smpe hr ke 9 saya priksa ke dokter. sp.og stelah di usg ternyata ada kista didalam.. n saya diberi obat untk menghentikan perdarahan supaya saya bisa puasa. stelah minum obt 3 hari langsung berhenti n saya mandi lalu sholat n berpuasa, tapi saya baru berpuasa 9 hari kok kluar lagi lendir merah yg tidak berbau amis seperti darah haid dan kluarnya cuma siang aja, klau malam tidak kluar, ini sudah hari ke5. apakah itu lendir haid ataukah penyakit?? dan apakah saya boleh meneruskan puasa n sholat ustad.. mohon jawabannya.. trimakasih…

    Waalaikumussalam.
    Maaf, informasi dari anda masih kurang:
    a. Berapa adat kebiasaan haid anda sebelum KB? Berapa lama biasanya?
    b. Ciri2 darah yang keluar selama 23 hari itu.

  25. Rhiezkha Faradilla said:

    assalamulaikum,
    ustad,saya mau tanya
    masa haid saya 3-4 hari saya slama 3-4 hari th memang sangat deras,setelah hari ke5 kadang muncul warna coklat kadang tidak keluar
    apakah hari ke 5 saya boleh sholat dan melaksanakan puasa?
    mohon penjelasannya

    Waalaikumussalam.
    Kalau memang masa haid normalnya hanya maksimal 4 hari, maka hari ke5 itu bukanlah haid. Tetap shalat dan berpuasa.

  26. intan said:

    aslm. pa ustad saya mau nanya, bulan juli ini saya blum haid, tp hari ini keluar bercak kecoklatan di pagi hari, tp di siang hari tdk kluar lg, apakah saya harus membatalkan puasa saya atau ttp melanjutkannya? mksih sblumnya

    Apakah hari ini, adalah jadwal rutin haidnya?

  27. murni said:

    assalamualaikum ustadz,
    saya ada pertanyaan. saya biasa haidh selama 7 hari, hari 1&2 flek kemudian hari ke3-5 keluar darah dan hari ke6-7 keluar shufrah&kudrah. namun kluar tanda suci waktu pagi di hari ke7, terus siang keluar cairan kudrah. esoknya kluar tanda suci lagi.
    itu hukumnya bagaimana ustadz?

    Waalaikumussalam.
    Wallahu a’lam. Dia sudah suci pada hari ke-8. Kudrah yang keluar pd hari ke8 bukanlah haid.

  28. Hamba Allah said:

    Assalamu’alaikum. Dari dulu hingga sekarang tiap saya haid pada hari ke 6 itu cuma flek saja dan hanya sedikit. Keluar darah haid itu cuma sampai hari ke 5. Yang ingin saya tanyakan, saya sudah mandi wajib namun masih ada flek sedikit. Apa perlu mandi wajib lagi untuk solat dan berpuasa? Terimakasih

    Waalaikumussalam.
    Belum boleh, karena flek itu masih masuk kategori haid.

  29. rara said:

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya. Saya masih mengalami flek setelah masa haid. Sedangkan penjelasan Ustad kalau haid normal setiap bulan, maka tidak berlaku hukum haid-nya. Permasalahannya setahun belakangan ini haid saya missed schedule semua. Yang skrg ini stlh 2 bulan lbh baru saya dpt haid. Apakah saya boleh puasa dan sholat? Karena fleknya sendiri bukan hanya noda tp sama halnya spt haid ttp dgn intensitas yg sgt sedikit.

    Waalaikumussalam.
    Jika keluarnya flek ini pada masa adat haid anda (walaupun haidnya tidak rutin setiap bulan), maka itu terhitung haid.

  30. verro said:

    Assalamu’alaikum ustad
    Saya baru menikah sekitar 6 bulan, biasa’a jk haid 1 sd selsai selalu lancar, di 2 bln t’akhir ini di awal haid selalu diawali dgn flek nanti 2 hr kemudian baru haid seperti biasa. Yg ingin sy tanyakan ust apakh di saat flek boleh berhubungan? Syukron ust.

    Waalaikumussalam
    Kalau flek itu keluarnya memang pada masa biasanya haid, maka itu haid.

  31. novi hernawati said:

    Dok sy mngalami istihadoh skg sy haid sudah 21hari..sy sudah solat yg ingin dtanyakn apkh boleh berhubungan suami istri?

    Istihadhah tdk sama seperti haid. Boleh berhubungan saat istihadhah, sebagaimana tetap wajib untuk shalat dan puasa. Namun jika istihadhahnya bersamaan waktunya dgn haid, maka di sini harus dilihat adat kebiasaan haid anda dan ciri-ciri darah yang keluar.

  32. lanny rahayu said:

    Assalamuaalaikum,
    Mau tanya setiap bulan sebelum haid sy selalu keluar vlek 2 – 3 hari setelah itu bersih baru 1 mg kemudian haid selama 5 hari dan 3 hari vlek jadi total 8 hari.
    Ini hampir rutin tiap bulan apakah pada saat vlek pra haid dan pasca haid sy sdh boleh sholat?
    Mohon penjelasannya agar tidak salah

    Terima kasih

    Waalaikumussalam.
    Apakah ada tanda suci yang keluar? Kalau ada, kapan?

  33. sekar candra said:

    Assalamualaikum..
    Saya biasanya selesai haid 5-6 hari sudah bersih. setelah itu saya mandi wajib. tapi setelah sy berjima dengan suami ada darah/flek yang keluar lg. Bagaimana itu hukumnya? apakah haram? karena saya taunya haid sudah bersih karena dihari terakhir seharian sudah tidak keluar darah/flek sama sekali. Terimakasih.

    Waalaikumussalam
    Jika memang darah/flek itu keluar di hari yang bukan kebiasaan haidnya, maka itu bukanlah haid. Tidak mengapa dia berhubungan dengan suaminya dan sudah mulai wajib mengerjakan shalat.

  34. Dewik said:

    Assalamualaikum ustad
    Saat ini saya belum menikah,di bulan ramadhan lalu menjelang masa haid saya flek darah berwarna merah muda,karena mengira itu darah haid esok paginya saya tdk menjalankan ibadah puasa,tyata esok hari dan dua hari selanjutnya saya tdk mendapatkan haid (dan baru benar2 haid di hari ketiga),di hari antara waktu yg belum benar2 haid itu akhirnya saya kembali berpuasa&shalat (kec.hari ptama setelah melihat darah)..bulan selanjutnya tyata sya mngalami flek lagi 2 hari sebelum haid dan saya memutuskan utk tetap sholat dan mnganggap itu darah penyakit,tyata di bulan ketiga ini masih terulang keluar flek lagi,karena darah yg keluar sdikit lebih banyak sy memutuskan utk tdk shalat krn mengira itu darah haid dan shalat sy tdk sah…tyata di pagi hari darah itu tdk keluar lagi…yg saya tanyakan,bagaimana hukum hari antara keluarnya flek dengan hari dimana haid benar2 terjadi,apakah tmasuk dalm siklus haid sehingga sy harus meninggalkan shalat atau saya tetap harus menjalankan shalat karena blm tmasuk masa haid..saat ini sy berencana utk memeriksakan kondisi dy ke dokter utk kepastian kondisi yg sy alami.

    Waalaikumussalam.
    Pada bulan pertama dan kedua, dia bukan haid, karena keluarnya sebelum masa kebiasaan haid. Tapi pada bulan ketiga, dia dihukumi haid, karena kebiasaan haidnya dihukumi telah berubah, lebih cepat dr biasanya. Wallahu a’lam.