Doa keluar wc

November 6th 2008 by Abu Muawiah |

Doa Keluar Dari WC

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا خَرَجَ مِنَ الْخَلاَءِ قَالَ: غُفْرَانَكَ

“Rasulullah -shollallahu ‘alaihi wasallam, jika keluar dari WC beliau membaca: “Ghufronaka (Aku meminta ampunanmu Ya Allah)”.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf (6/114) -dan darinya Ibnu Majah (no. 300)-, Ahmad (6/155), Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad (no. 693) -dan darinya At-Tirmizi (no. 7)-, Abu Daud (no. 30), An-Nasa`i dalam Al-Kubra (no. 9907), Ibnu Khuzaimah (1/28) -dan dari jalannya Al-Baihaqy (1/97/470)- serta Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (1/261- pada dua tempat) dan lain-lainnya. Semuanya dari jalan Isra`il bin Yunus dari Yusuf bin Abi Burdah dari ayahnya dia berkata menceritakan kepadaku ‘A`isyah radhiallahu ‘anha.
Cacat dalam hadits ini adalah rowi yang bernama Yusuf bin Abi Burdah ini, tidak ada yang mentautsiqnya (menganggapnya terpercaya dan memujinya) kecuali Ibnu Hibban dan Al-‘Ijly yang keduanya dikenal bergampangan dalam mentautsiq rowi. Oleh karena itulah Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam At-Taqrib, “Maqbul (diterima)” yang kebanyakan hukum ini beliau sifatkan kepada rawi yang majhulul hal (tidak diketahui keadaannya). Ini adalah cacat pertama dalam hadits ini.
Cacat kedua: Ini adalah hadits yang mungkar karena dia telah bersendirian dalam meriwayatkan suatu hadits yang merupakan satu-satunya umdah (pokok landasan) dalam masalah ini, sementara kapasitas hafalannya belum sanggup bersendirian dalam meriwayatkan hadits-hadits seperti itu. Imam Az-Zahabi dalam Al-Muqizhoh hal 42 berkata, “Dan terkadang bersendiriannya seorang rowi yang shoduq (jujur) (dalam meriwayatkan suatu hadits) dianggap sebagai (hadits) mungkar”.
wallahu ta’ala a’la wa a’lam.
(Lihat selengkapnya pembahasan tentang hadits ini serta bantahan kepada yang menshahihkannya di dalam kitab Al-Qowa’id Haditsiyyah karya ‘Amr bin ‘Abdil Mun’im hal. 15-19)

Incoming search terms:

  • Doa KELUAR WC
  • doa keluar kamar mandi
  • doa masuk wc
  • doa keluar dari wc
  • al atsariyyah doa masuk wc
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Thursday, November 6th, 2008 at 8:52 pm and is filed under Ensiklopedia Hadits Lemah. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

4 responses about “Doa keluar wc”

  1. Abu Fathimah said:

    Assalamu’alaikum akh ..

    ALhamdulillah .. ada artikel ini ..

    ana mau bertanya, banyak saudara kita yang mengamalkan amalan ini, apakah ada hadits yang shahih sebagai badal untuk amalan keluar dari WC ..??

    mohon di balas lewat email saja akh teguhprihattanto@yahoo.com .. ana jarang cek website ..

    Jazakallohu khoiron katsiro ..

    Abu Fatheemah
    _____
    Admin:
    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Wallahu a’lam, kami tidak mengetahui adanya dalil yang shahih dalam masalah ini.

  2. Belajar fiqih said:

    Jadi kalo mau mengamalkan doanya, harus yang mana ?

    Tidak semua gerakan ada doa dan zikir sebelumnya, sehingga tidak perlu seseorang membebani diri untuk berzikir dan berdoa pada keadaan yang memang tidak ada tuntunannya berdoa/berzikir di situ.
    Akan tetapi jika dia membaca ‘alhamdulillah’ berdasarkan dalil umum disyariatkannya memuji Allah atas nikmat-Nya (nikmat di sini dengan keluarnya kotoran yang mengganggu), maka insya Allah itu tidak mengapa. Hanya saja jangan diyakini itu merupakan zikir keluar WC

  3. Makruhnya Buang Air Menghadap Kiblat | RUANG BELAJAR ABU RAMIZA said:

    [...] b.    Tidak ada yang shahih dari Nabi -alaihishshalatu wassalam- dalam hal zikir keluar wc. Silakan baca pembahasannya di sini: http://al-atsariyyah.com/?p=374 [...]

  4. Andi said:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Pak ustadz jika doa keluar wc aja tidak ada jadi doa masuk wc juga tidak ada ya pak ustadz?
    oh iya pak ustadz saya minta izin mau copy sama print artikel-artikelnya ya pak ustadz yang ada di blog ini semoga ALLAH membalas semua kebaikan pak ustadz syukron

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Doa masuk wc ada: ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHABA`ITSI.