Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim

December 27th 2009 by Abu Muawiah |

Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim

Segala pujian hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarganya, dan para sahabat seluruhnya.
Keistimewaan metode ini adalah seseorang akan memperoleh kekuatan dan kemapanan hafalan serta dia akan cepat dalam menghafal sehingga dalam waktu yang singkat dia akan segera mengkhatamkan Al-Quran. Berikut kami akan paparkan metodenya beserta pencontohan dalam menghafal surah Al-Jumuah:
1. Bacalah ayat pertama sebanyak 20 kali.
2. Bacalah ayat kedua sebanyak 20 kali.
3. Bacalah ayat ketiga sebanyak 20 kali.
4. Bacalah ayat keempat sebanyak 20 kali
5. Keempat ayat di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
6. Bacalah ayat kelima sebanyak 20 kali.
7. Bacalah ayat keenam sebanyak 20 kali.
8. Bacalah ayat ketujuh sebanyak 20 kali.
9. Bacalah ayat kedelapan sebanyak 20 kali.
10. Keempat ayat (ayat 5-8) di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
11. Bacalah ayat pertama hingga ayat ke 8 sebanyak 20 kali untuk memantapkan hafalannya.
Demikian seterusnya pada setiap surah hingga selesai menghafal seluruh surah dalam Al-Quran. Jangan sampai kamu menghafal dalam sehari lebih dari seperdelapan juz, karena itu akan menyebabkan hafalanmu bertambah berat sehingga kamu tidak bisa menghafalnya.

JIKA AKU INGIN MENAMBAH HAFALAN PADA HARI BERIKUTNYA, BAGAIMANA CARANYA?
Jika kamu ingin menambah hafalan baru (halaman selanjutnya) pada hari berikutnya, maka sebelum kamu menambah dengan hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas, maka anda harus membaca hafalan lama (halaman sebelumnya) dari ayat pertama hingga ayat terakhir (muraja’ah) sebanyak 20 kali agar hafalan ayat-ayat sebelumnya tetap kokoh dan kuat dalam ingatanmu. Kemudian setelah mengulangi (muraja’ah) maka baru kamu bisa memulai hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas.

BAGAIMANA CARANYA AKU MENGGABUNGKAN ANTARA MENGULANG (MURAJA’AH) DENGAN MENAMBAH HAFALAN BARU?
Jangan sekali-kali kamu menambah hafalan Al-Qur`an tanpa mengulang hafalan yang sudah ada sebelumya. Hal itu karena jika kamu hanya terus-menerus melanjutkan menghafal Al-Qur’an hingga khatam tapi tanpa mengulanginya terlebih dahulu, lantas setelah khatam kamu baru mau mengulanginya dari awal, maka secara tidak disadari kamu telah banyak kehilangan hafalan yang pernah dihafal. Oleh karena itu metode yang paling tepat dalam menghafal adalah dengan menggabungkan antara murajaah (mengulang) dan menambah hafalan baru. Bagilah isi Al-Qur`an menjadi tiga bagian,yang mana satu bagian berisi 10 juz. Jika dalam sehari kamu telah menghafal satu halaman maka ulangilah dalam sehari empat halaman yang telah dihafal sebelumnya hingga kamu menyelesaikan 10 juz. Jika kamu telah berhasil menyelesaikan 10 juz maka berhentilah menghafal selama satu bulan penuh dan isi dengan mengulang apa yang telah dihafal, dengan cara setiap hari kamu mengulangi (meraja’ah) sebanyak 8 halaman.
Setelah selesai satu bulan kamu mengulangi hafalan, sekarang mulailah kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, sambil kamu mengulangi setiap harinya 8 halaman hingga kamu bisa menyelesaikan hafalan 20 juz. Jika kamu telah menghafal 20 juz maka berhentilah menghafal selama 2 bulan untuk mengulangi hafalan 20 juz, dimana setiap hari kamu harus mengulang (meraja’ah) sebanyak 8 halaman. Jika sudah mengulang selama dua bulan, maka mulailah kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, sambil kamu mengulangi setiap harinya 8 halaman hingga kamu bisa menyelesaikan seluruh Al-Qur’an.
Jika anda telah selesai menghafal semua isi Al-Qur`an, maka ulangilah 10 juz pertama secara tersendiri selama satu bulan, dimana setiap harinya kamu mengulang setengah juz. Kemudian pindahlah ke 10 juz berikutnya, juga diulang setengah juz ditambah 8 halaman dari sepuluh juz pertama setiap harinya. Kemudian pindahlah untuk mengulang 10 juz terakhir dari Al-Qur`an selama sebulan, dimana setiap harinya mengulang setengah juz ditambah 8 halaman dari 10 juz pertama dan 8 halaman dari 10 juz kedua.

BAGAIMANA CARA MERAJA’AH AL-QURAN (30 JUZ) SETELAH AKU MENYELESAIKAN METODE MURAJA’AH DI ATAS?
Mulailah mengulangi Al-Qur’an secara keseluruhan dengan cara setiap harinya mengulang 2 juz, dengan mengulanginya 3 kali dalam sehari. Dengan demikian maka kamu akan bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sekali setiap dua minggu.
Dengan metode seperti ini maka dalam jangka satu tahun (insya Allah) kamu telah mutqin (kokoh) dalam menghafal Al-Qur’an, dan lakukanlah cara ini selama satu tahun penuh.

APA YANG AKU LAKUKAN SETELAH MENGHAFAL AL-QUR’AN SELAMA SATU TAHUN?
Setelah menguasai hafalan dan mengulangInya dengan itqan (mantap) selama satu tahun, hendaknya bacaan Al-Qur’an yang kamu baca setiap hari hingga akhir hayatmu adalah bacaan yang dilakukan oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- semasa hidup beliau. Beliau membagi isi Al-Qur`an menjadi tujuh bagian (dimana setiap harinya beliau membaca satu bagian tersebut), sehingga beliau mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam sepekan.
Aus bin Huzaifah -rahimahullah- berkata: Aku bertanya kepada para sahabat Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-, “Bagaimana caranya kalian membagi Al-Qur`an untuk dibaca setiap hari?” Mereka menjawab:
نُحَزِّبُهُ ثَلَاثَ سُوَرٍ وَخَمْسَ سُوَرٍ وَسَبْعَ سُوَرٍ وَتِسْعَ سُوَرٍ وَإِحْدَى عَشْرَةَ سُورَةً وَثَلَاثَ عَشْرَةَ سُورَةً وَحِزْبَ الْمُفَصَّلِ مِنْ قَافْ حَتَّى يُخْتَمَ
“Kami membaginya menjadi (tujuh bagian yakni): Tiga surat, lima surat, tujuh surat, sembilan surat, sebelas surat, tiga belas surat, dan hizb al-mufashshal yaitu dari surat Qaf sampai akhir (mushaf).” (HR. Ahmad no. 15578).
Maksudnya:
-Hari pertama: Mereka membaca surat “al-fatihah” hingga akhir surat “an-nisa`”.
-Hari kedua: Dari surat “al-maidah” hingga akhir surat “at-taubah”.
-Hari ketiga: Dari surat “Yunus” hingga akhir surat “an-nahl”.
-Hari keempat: Dari surat “al-isra” hingga akhir surat “al-furqan”.
-Hari kelima: Dari surat “asy-syu’ara” hingga akhir surat “Yasin”.
-Hari keenam: Dari surat “ash-shaffat” hingga akhir surat “al-hujurat”.
-Hari ketujuh: Dari surat “qaaf” hingga akhir surat “an-nas”.
Para ulama menyingkat bacaan Al-Qur`an Nabi -shallallahu alaihi wasallam- ini menjadi kata: ”فَمِي بِشَوْقٍ“. Setiap huruf yang tersebut menjadi simbol dari awal surat yang dibaca oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- pada setiap harinya. Maka:
– Huruf “fa`” adalah simbol dari surat “al-fatihah”. Maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari pertama dimulai dari surah al-fatihah.
– Huruf “mim” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kedua dimulai dari surah al-maidah.
– Huruf “ya`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketiga dimulai dari surah Yunus.
– Huruf ”ba`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keempat dimulai dari surah Bani Israil yang juga dinamakan surah al-isra`.
– Huruf “syin” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kelima dimulai dari surah asy-syu’ara`.
– Huruf “waw” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keenam dimulai dari surah wash shaffat.
– Huruf “qaaf” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketujuh dimulai dari surah qaf hingga akhir muashaf yaitu surah an-nas.
Adapun pembagian hizib yang ada pada Al-Qur an sekarang, maka itu tidak lain adalah buatan Hajjaj bin Yusuf.

BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN ANTARA BACAAN YANG MUTASYABIH (AYAT YANG MIRIP) DALAM AL-QUR’AN?
Cara terbaik untuk membedakan antara dua ayat yang kelihatannya menurut kamu hampir sama (mutasyabih), adalah dengan cara membuka mushaf dan carilah kedua ayat tersebut. Lalu carilah perbedaan antara kedua ayat tersebut, cermatilah perbedaan tersebut, kemudian buatlah tanda/catatan (di dalam hatimu) yang bisa kamu jadikan sebagai tanda untuk membedakan antara keduanya. Kemudian, ketika kamu melakukan murajaah hafalan, maka perhatikanlah perbedaan tersebut secara berulang-ulang sampai kamu mutqin dalam mengingat perbedaan antara keduanya.

BEBERAPA KAIDAH DAN KETENTUAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR`AN:
1- Kamu harus menghafal melalui bantuan seorang guru yang bisa membenarkan bacaanmu jika salah.
2- Hafalkanlah 2 halaman setiap hari: 1 halaman setelah subuh dan 1 halaman setelah ashar atau maghrib. Dengan metode seperti ini (insya Allah) kamu akan bisa menghafal Al-Qur`an secara mutqin dalam kurun waktu satu tahun. Tetapi jika kamu memperbanyak kapasitas hafalan setiap harinya maka kemampuan menghafalmu akan melemah.
3- Menghafallah mulai dari surat an-nas hingga surat al-baqarah karena hal itu lebih mudah. Tapi setelah kamu menghafal Al-Qur`an maka urutan meraja’ahmu dimulai dari Al-Baqarah sampai An-Nas.
4- Dalam menghafal hendaknya menggunakan satu mushaf saja (baik dalam cetakan maupun bentuknya), karena hal itu sangat membantu dalam menguatkan hafalan dan agar lebih cepat mengingat letak-letak ayatnya, ayat apa yang ada di akhir halaman ini dan ayat apa yang ada di awal halaman sebelahnya.
5- Setiap orang yang menghafal Al-Qur’an pada 2 tahun pertama biasanya apa yang telah dia hafal masih mudah hilang, dan masa ini disebut fase at-tajmi’ (pengumpulan hafalan). Karenanya janganlah kamu bersedih karena ada sebagian hafalanmu yang kamu lupa atau kamu banyak keliru dalam hafalan. Ini adalah fase yang sulit sebagai ujian bagimu, dan ini adalah fase rentan yang bisa menjadi pintu masuknya setan untuk menghentikan kamu dari menghafal Al-Qur`an. Tolaklah was-was tersebut dari dalam hatimu dan teruslah menghafal, karena dia (menghafal Al-Qur`an) merupakan perbendaharaan harta yang tidak diberikan kepada sembarang orang.

[Oleh: Asy-Syaikh Dr. Abdul Muhsin Muhammad Al-Qasim, imam dan khathib di Masjid Nabawi]

Incoming search terms:

  • cara menghafal al quran
  • cara menghafal alquran
  • menghafal al quran
  • cara cepat menghafal alquran
  • menghafal alquran
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Sunday, December 27th, 2009 at 3:41 pm and is filed under Ilmu al-Qur`an. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

126 responses about “Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim”

  1. suroto said:

    terima kasih untuk artikelnya ya………
    rumah buku

  2. Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an | Jυrηαl Sαkiηαh said:

    […] http://al-atsariyyah.com/?p=1550 Share this:FacebookTwitterEmailLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was […]

  3. nur kurniawati said:

    Ya allah terimakasih atas semua yang Engkau berikan kepadaku
    insya allah aku akan menggunakan sebaik-baiknya
    agar bermanfaat bagiku
    dan juga orang lain

  4. paji said:

    Insya Allah sangat bermanfaat bagi yang ingin menghafal al quran.

  5. suci said:

    alhamdulillah…
    sukron ustd, kini saya jadi lebih semangat tok menghapal al-qur’an..
    izin copy..

  6. ummu hilmiy said:

    Assalamu’alaykum ustadz. kami sekeluarga ijin copy paste. syukron

  7. Ingat said:

    Cara menghafal al-quran sesuai tuntunan Rasulullah?

    Bukan, tapi merupakan pengalaman dari orang yang telah berhasil menghafal Al-Qur`an.

  8. hadisubarna said:

    Izin untuk menyebarkan artikel ini, sumber masih saya cantum … terima kasih

  9. MAHMUDIN KA AMTSALILLULUWILMAKNUN said:

    terima kasih. :)

  10. Nursyamsu said:

    Assalamu’alaikum, Ustadz Saya mohon Izin untuk Copy Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim
    Wassalam Nursyamsu

  11. indah said:

    Bismillah.
    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    ‘afwan, izin copy artikel ini. Semoga Allah memudahkan kita menghafal Al Qur’an. Jazaakumullaahu Khairan

  12. Putri Fairuz Puady said:

    Bismillahirrahmanirrahim semoga saya bisa mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an :)terimakasih informasinya.

  13. Faizah said:

    Alhamdulillah..semoga bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua..semoga ALLAH memberikan kemudahan dan juga kefashihan pada hamba-hamba-Nya yang ingin menghafal dan menjaga Al-Qur’anul Karim,,aamiiin..
    syukron jaziilan.. :)

  14. I dewa putu mardana said:

    Subhanallah..
    sukron y ustad..
    truz kalo msalah tafsir nya gmn cra yg bgus ustad?

  15. juliana rachman said:

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    terima kasih banyak untuk tips -tips yang ditulis,semopga saja dapat membantu saya u/menghapal.aminnnnnnnnnnn.

  16. ahmad sidik imam sampurno said:

    semoga ALLAH memudahkan kita untuk menghafal al quran

  17. anwar fuadi said:

    mga berawal karna artikel ini Alloh memberikan kemudahan dalam menghafal Al Qur’an dan memahami Islam secara kaffah

  18. Ummu salman said:

    Bismillah izin share di fb ya..jazakallahu khairan

  19. sarastiono said:

    Aslmkm…..Insyaallah akan mengamalkannya. Semoga Allah memberi kekuatan dan kemudahan. Jazakallahu khairan katsira

  20. bahrun said:

    sukur alham dulillah saya bisa mengerti apa itu Al Quran

  21. akmal said:

    Bismillah.
    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    ‘afwan, izin copy artikel ini. Semoga Allah memudahkan kita menghafal Al Qur’an.

  22. agus said:

    mohon izinya copi paste byar bacanya mudah di hp mas makasih

  23. intan said:

    asskum…. izin bwt copy y?
    syukron jaziilan
    mudh2n brmanfaat n bsa mengamalkanya… amiin

  24. muhammad yuda(darul qur'an internasional). said:

    moga2 kita khusus nya anak2 darul qur’an dijadikan allah sebagai ahlul qur’an yang sebenar-benar nya, yang memimpin negri indonesia ini dengan amanah, sebagaimana yang di impikan oleh guru besar ustd:yusuf mansur.

  25. Muhammad Faiz said:

    mohon share :) sangat bermanfaat terima kasih

  26. malik said:

    Assalamualaikum ustad
    Tolong beri pencerahan, terkadang saya saat giat menghafal al quran, saya teringat satu hadits yang mengatakan bahwa “ada 3 orang yang kelak dihari kiamat tidak akan dilihat oleh Allah ta’ala (salah satunya adalah seorang qari’ yg membaguskan bacaanny utk diperhatikan orang)
    Saya menjadi kehilangan semangat saat
    itu, karena saya sadar akan watak saya yg ingin diperhatikan orang.
    Bagaimana solusinya agar saya bisa semangat menghafal al quran tanpa saya khawatir untuk dipuji seseorang?

    Jazakullahu khairan atas tanggapannya

    Waalaikumussalam.
    Ikhlaskan niat hanya untuk Allah. Rajin2 membaca ayat atau hadits tentang keutamaan org yg menghafal Al-Qur`an, baik keutamaan di dunia maupun di akhirat, lalu jadikan semua keutamaan dan pahala itu sbg niat anda dlm menghafal Al Qur`an.