Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim

December 27th 2009 by Abu Muawiah | Kirim via Email

Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim

Segala pujian hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarganya, dan para sahabat seluruhnya.
Keistimewaan metode ini adalah seseorang akan memperoleh kekuatan dan kemapanan hafalan serta dia akan cepat dalam menghafal sehingga dalam waktu yang singkat dia akan segera mengkhatamkan Al-Quran. Berikut kami akan paparkan metodenya beserta pencontohan dalam menghafal surah Al-Jumuah:
1. Bacalah ayat pertama sebanyak 20 kali.
2. Bacalah ayat kedua sebanyak 20 kali.
3. Bacalah ayat ketiga sebanyak 20 kali.
4. Bacalah ayat keempat sebanyak 20 kali
5. Keempat ayat di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
6. Bacalah ayat kelima sebanyak 20 kali.
7. Bacalah ayat keenam sebanyak 20 kali.
8. Bacalah ayat ketujuh sebanyak 20 kali.
9. Bacalah ayat kedelapan sebanyak 20 kali.
10. Keempat ayat (ayat 5-8) di atas dari awal hingga akhir digabungkan dan dibaca ulang sebanyak 20 kali.
11. Bacalah ayat pertama hingga ayat ke 8 sebanyak 20 kali untuk memantapkan hafalannya.
Demikian seterusnya pada setiap surah hingga selesai menghafal seluruh surah dalam Al-Quran. Jangan sampai kamu menghafal dalam sehari lebih dari seperdelapan juz, karena itu akan menyebabkan hafalanmu bertambah berat sehingga kamu tidak bisa menghafalnya.

JIKA AKU INGIN MENAMBAH HAFALAN PADA HARI BERIKUTNYA, BAGAIMANA CARANYA?
Jika kamu ingin menambah hafalan baru (halaman selanjutnya) pada hari berikutnya, maka sebelum kamu menambah dengan hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas, maka anda harus membaca hafalan lama (halaman sebelumnya) dari ayat pertama hingga ayat terakhir (muraja’ah) sebanyak 20 kali agar hafalan ayat-ayat sebelumnya tetap kokoh dan kuat dalam ingatanmu. Kemudian setelah mengulangi (muraja’ah) maka baru kamu bisa memulai hafalan baru dengan metode yang aku sebutkan di atas.

BAGAIMANA CARANYA AKU MENGGABUNGKAN ANTARA MENGULANG (MURAJA’AH) DENGAN MENAMBAH HAFALAN BARU?
Jangan sekali-kali kamu menambah hafalan Al-Qur`an tanpa mengulang hafalan yang sudah ada sebelumya. Hal itu karena jika kamu hanya terus-menerus melanjutkan menghafal Al-Qur’an hingga khatam tapi tanpa mengulanginya terlebih dahulu, lantas setelah khatam kamu baru mau mengulanginya dari awal, maka secara tidak disadari kamu telah banyak kehilangan hafalan yang pernah dihafal. Oleh karena itu metode yang paling tepat dalam menghafal adalah dengan menggabungkan antara murajaah (mengulang) dan menambah hafalan baru. Bagilah isi Al-Qur`an menjadi tiga bagian,yang mana satu bagian berisi 10 juz. Jika dalam sehari kamu telah menghafal satu halaman maka ulangilah dalam sehari empat halaman yang telah dihafal sebelumnya hingga kamu menyelesaikan 10 juz. Jika kamu telah berhasil menyelesaikan 10 juz maka berhentilah menghafal selama satu bulan penuh dan isi dengan mengulang apa yang telah dihafal, dengan cara setiap hari kamu mengulangi (meraja’ah) sebanyak 8 halaman.
Setelah selesai satu bulan kamu mengulangi hafalan, sekarang mulailah kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, sambil kamu mengulangi setiap harinya 8 halaman hingga kamu bisa menyelesaikan hafalan 20 juz. Jika kamu telah menghafal 20 juz maka berhentilah menghafal selama 2 bulan untuk mengulangi hafalan 20 juz, dimana setiap hari kamu harus mengulang (meraja’ah) sebanyak 8 halaman. Jika sudah mengulang selama dua bulan, maka mulailah kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, sambil kamu mengulangi setiap harinya 8 halaman hingga kamu bisa menyelesaikan seluruh Al-Qur’an.
Jika anda telah selesai menghafal semua isi Al-Qur`an, maka ulangilah 10 juz pertama secara tersendiri selama satu bulan, dimana setiap harinya kamu mengulang setengah juz. Kemudian pindahlah ke 10 juz berikutnya, juga diulang setengah juz ditambah 8 halaman dari sepuluh juz pertama setiap harinya. Kemudian pindahlah untuk mengulang 10 juz terakhir dari Al-Qur`an selama sebulan, dimana setiap harinya mengulang setengah juz ditambah 8 halaman dari 10 juz pertama dan 8 halaman dari 10 juz kedua.

BAGAIMANA CARA MERAJA’AH AL-QURAN (30 JUZ) SETELAH AKU MENYELESAIKAN METODE MURAJA’AH DI ATAS?
Mulailah mengulangi Al-Qur’an secara keseluruhan dengan cara setiap harinya mengulang 2 juz, dengan mengulanginya 3 kali dalam sehari. Dengan demikian maka kamu akan bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sekali setiap dua minggu.
Dengan metode seperti ini maka dalam jangka satu tahun (insya Allah) kamu telah mutqin (kokoh) dalam menghafal Al-Qur’an, dan lakukanlah cara ini selama satu tahun penuh.

APA YANG AKU LAKUKAN SETELAH MENGHAFAL AL-QUR’AN SELAMA SATU TAHUN?
Setelah menguasai hafalan dan mengulangInya dengan itqan (mantap) selama satu tahun, hendaknya bacaan Al-Qur’an yang kamu baca setiap hari hingga akhir hayatmu adalah bacaan yang dilakukan oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- semasa hidup beliau. Beliau membagi isi Al-Qur`an menjadi tujuh bagian (dimana setiap harinya beliau membaca satu bagian tersebut), sehingga beliau mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam sepekan.
Aus bin Huzaifah -rahimahullah- berkata: Aku bertanya kepada para sahabat Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-, “Bagaimana caranya kalian membagi Al-Qur`an untuk dibaca setiap hari?” Mereka menjawab:
نُحَزِّبُهُ ثَلَاثَ سُوَرٍ وَخَمْسَ سُوَرٍ وَسَبْعَ سُوَرٍ وَتِسْعَ سُوَرٍ وَإِحْدَى عَشْرَةَ سُورَةً وَثَلَاثَ عَشْرَةَ سُورَةً وَحِزْبَ الْمُفَصَّلِ مِنْ قَافْ حَتَّى يُخْتَمَ
“Kami membaginya menjadi (tujuh bagian yakni): Tiga surat, lima surat, tujuh surat, sembilan surat, sebelas surat, tiga belas surat, dan hizb al-mufashshal yaitu dari surat Qaf sampai akhir (mushaf).” (HR. Ahmad no. 15578).
Maksudnya:
-Hari pertama: Mereka membaca surat “al-fatihah” hingga akhir surat “an-nisa`”.
-Hari kedua: Dari surat “al-maidah” hingga akhir surat “at-taubah”.
-Hari ketiga: Dari surat “Yunus” hingga akhir surat “an-nahl”.
-Hari keempat: Dari surat “al-isra” hingga akhir surat “al-furqan”.
-Hari kelima: Dari surat “asy-syu’ara” hingga akhir surat “Yasin”.
-Hari keenam: Dari surat “ash-shaffat” hingga akhir surat “al-hujurat”.
-Hari ketujuh: Dari surat “qaaf” hingga akhir surat “an-nas”.
Para ulama menyingkat bacaan Al-Qur`an Nabi -shallallahu alaihi wasallam- ini menjadi kata: ”فَمِي بِشَوْقٍ“. Setiap huruf yang tersebut menjadi simbol dari awal surat yang dibaca oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- pada setiap harinya. Maka:
- Huruf “fa`” adalah simbol dari surat “al-fatihah”. Maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari pertama dimulai dari surah al-fatihah.
- Huruf “mim” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kedua dimulai dari surah al-maidah.
- Huruf “ya`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketiga dimulai dari surah Yunus.
- Huruf ”ba`” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keempat dimulai dari surah Bani Israil yang juga dinamakan surah al-isra`.
- Huruf “syin” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari kelima dimulai dari surah asy-syu’ara`.
- Huruf “waw” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari keenam dimulai dari surah wash shaffat.
- Huruf “qaaf” maksudnya bacaan Al-Qur`an beliau di hari ketujuh dimulai dari surah qaf hingga akhir muashaf yaitu surah an-nas.
Adapun pembagian hizib yang ada pada Al-Qur an sekarang, maka itu tidak lain adalah buatan Hajjaj bin Yusuf.

BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN ANTARA BACAAN YANG MUTASYABIH (AYAT YANG MIRIP) DALAM AL-QUR’AN?
Cara terbaik untuk membedakan antara dua ayat yang kelihatannya menurut kamu hampir sama (mutasyabih), adalah dengan cara membuka mushaf dan carilah kedua ayat tersebut. Lalu carilah perbedaan antara kedua ayat tersebut, cermatilah perbedaan tersebut, kemudian buatlah tanda/catatan (di dalam hatimu) yang bisa kamu jadikan sebagai tanda untuk membedakan antara keduanya. Kemudian, ketika kamu melakukan murajaah hafalan, maka perhatikanlah perbedaan tersebut secara berulang-ulang sampai kamu mutqin dalam mengingat perbedaan antara keduanya.

BEBERAPA KAIDAH DAN KETENTUAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR`AN:
1- Kamu harus menghafal melalui bantuan seorang guru yang bisa membenarkan bacaanmu jika salah.
2- Hafalkanlah 2 halaman setiap hari: 1 halaman setelah subuh dan 1 halaman setelah ashar atau maghrib. Dengan metode seperti ini (insya Allah) kamu akan bisa menghafal Al-Qur`an secara mutqin dalam kurun waktu satu tahun. Tetapi jika kamu memperbanyak kapasitas hafalan setiap harinya maka kemampuan menghafalmu akan melemah.
3- Menghafallah mulai dari surat an-nas hingga surat al-baqarah karena hal itu lebih mudah. Tapi setelah kamu menghafal Al-Qur`an maka urutan meraja’ahmu dimulai dari Al-Baqarah sampai An-Nas.
4- Dalam menghafal hendaknya menggunakan satu mushaf saja (baik dalam cetakan maupun bentuknya), karena hal itu sangat membantu dalam menguatkan hafalan dan agar lebih cepat mengingat letak-letak ayatnya, ayat apa yang ada di akhir halaman ini dan ayat apa yang ada di awal halaman sebelahnya.
5- Setiap orang yang menghafal Al-Qur’an pada 2 tahun pertama biasanya apa yang telah dia hafal masih mudah hilang, dan masa ini disebut fase at-tajmi’ (pengumpulan hafalan). Karenanya janganlah kamu bersedih karena ada sebagian hafalanmu yang kamu lupa atau kamu banyak keliru dalam hafalan. Ini adalah fase yang sulit sebagai ujian bagimu, dan ini adalah fase rentan yang bisa menjadi pintu masuknya setan untuk menghentikan kamu dari menghafal Al-Qur`an. Tolaklah was-was tersebut dari dalam hatimu dan teruslah menghafal, karena dia (menghafal Al-Qur`an) merupakan perbendaharaan harta yang tidak diberikan kepada sembarang orang.

[Oleh: Asy-Syaikh Dr. Abdul Muhsin Muhammad Al-Qasim, imam dan khathib di Masjid Nabawi]

Incoming search terms:

  • cara menghafal al quran
  • cara menghafal alquran
  • menghafal al quran
  • cara cepat menghafal alquran
  • menghafal alquran
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Sunday, December 27th, 2009 at 3:41 pm and is filed under Ilmu Al-Qur`an. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

126 responses about “Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim”

  1. abu ihsan said:

    Bismillah, tulisan yang sangat bermanfaat insya’Allah. Semoga bisa kami amalkan ilmu ini, jazakallahu khayra

    Amin, waiyyakum.

  2. Cara Termudah Menghafal Al Quran Al Karim « AL-MANSUROH media said:

    [...] } oleh Imam Masjid Nabawi : Asy Syaikh DR Abdulmuhsin Al Qasim hafizhahullah http://al-atsariyya h.com/?p=1550 Segala pujian hanya milik Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, [...]

  3. kholifah144 said:

    Subhanalloh… maha suci Alloh atas segala-gala kemuliaan untuk Alloh… Bismillah semoga dengan segera saya akan mulai menghafal Al-Qur’an sampai Alloh mencabut nyawa ini…

    Amin, semoga semangatnya tidak berubah dan tidak menurun.

  4. Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim « Laily Art’s Weblog said:

    [...] Sumber: http://al-atsariyyah.com/?p=1550 [...]

  5. mpubandaaceh said:

    http://mpubandaaceh.wordpress.com/2010/01/06/cara-termudah-menghafal-al-quran-al-karim/

  6. Tri Widodo said:

    minta izin publish di FB.

    Tafadhdhal, barakallahu fikum

  7. Cara Termudah Menghafal Al-Qur’an « ~Islam itu Indah~ said:

    [...] http://al-atsariyyah.com/?p=1550 [...]

  8. uswahshop said:

    jazakalloh khoir artikel yg ahsan

    http://uswahshop.con
    http://uswahtech.uswah.net/home

  9. Cara Mudah Hafal Al Quran (edited 19 April 08) « DSusetyo’s Weblog said:

    [...] info 22 Februari 2010. Silakan simak juga:  cara lain mudah hafal al Quran. Lebih lengkap dan lebih terinci, cara mengahafal, mengulang dan menguatkan hafalan. Semoga [...]

  10. Menghafal al-Qur’an yuuk………. « Rumah Belajar Desi Kusmarini said:

    [...] http://al-atsariyyah.com/?p=1550 [...]

  11. gigo said:

    doakan saya bisa hafizh quran…

    Semoga Allah Ta’ala memudahkan seluruh kaum muslimin dalam menghafalkan dan mempelajari kitab-Nya, Allahumma amin.

  12. Budi ibnu muhammad said:

    Tadz ap hadits ttg orang yg mbc & menghafal alqur’an dan menhalalkan&menghalalkan ap yg ad dlm alqur’an akn mdpt 10 Syafa’at u keluargany.Klo ad,gmn derajat haditsy?

    Wallahu a’lam ana belum pernah dengar haditsnya.

  13. Priangga Emilsyah said:

    Aslmkum.
    Alhamdulillahirabbil ‘alamin. .
    Postingan antum sangat bgus. . . Akhi jd brsemangat untuk menghafal alquran nul kariim.

    Smga Allah memberikan maghfirah nya kepada antum dan kpada akhi serta kpada HambaNYA yg brusaha untk menjadi lbh baik lagi. . .
    Syukron.
    Wasslamualaikum..

  14. IDJTIHADI said:

    SEMOGA MENEBAR BERKAH BAGI UMMAT MANUSIA

  15. tri said:

    Alhamdulillah atas tulisan antum semoga Alloh memberikan kekuatan kemudahan dan ilmu kepada kita.Semoga Alloh memberikan yg terbaik pada hambaNya.Amin

    Allahumma amin. Barakallahu fikum

  16. abu nabila said:

    jazakallahu khairan katsiran

  17. Abu Kholid said:

    Alhamdulillah… ana telah lama membaca artikel ini dan sekarang ana telah mencoba menghapal al-qur’an yang mulia ini. Mudah2an Alloh mudahkan Al-Qur’an ini bagi ana untuk mempelajarinya, menghapalnya, mengamalkannya dan mendakwahkannya sebagai hujjah bagi ana. Dan semoga Alloh memberikan ana keikhlasan untuk melakukan semua itu. Amin

  18. icha said:

    terima kasih, atas postingnya. Alhamulillah saya telah mendapat hidayah untuk mulai nyantri dan menghafal di pesantren hufaz, doakan agar semangat ini masih terus bergema dan istiqomah

  19. muharrom said:

    jazaakallohu khoiron atas metodenya. . .ana minta izin untuk membaginya ke sahabat yang lain ya.

    Jazakallahu khairan. Tafadhdhal.

  20. Husen said:

    Subhanallah…mudah-mudahan tulisan ust bisa lebih menyemangatkan ana untuk bisa menghafal al-Qur’an. Skalian ana mohon ijin untuk ana copy & di sebar kpd kaum muslimin. Jazakallah khairan

    Maaf, artikel di atas bukan tulisan kami, kami hanya menerjemahkan. Semoga Allah membalas dengan kebaikan kepada semua pihak yang menjadi sebab terjadinya kebaikan, Allahumma amin.

  21. Husen said:

    Afwan ada pertanyaan: Bgmana klo kitanya sbg pekerja ya..kdg-kdg waktunya ga tentu? Jazakallah khairan

    Tentunya yang menghafal Al-Qur`an atau yang berusaha untuk menghafalnya walaupun ada kendala, jauh lebih baik daripada yang tidak berusaha untuk menghafalnya.
    Metode di atas tentunya bukan metode yang baku dan berlaku bagi siapa dan dimana saja. Hanya saja metode di atas bisa dijadikan bahan percobaan, siapa tahu cocok buat dirinya.

  22. Abu Anas Handi said:

    Jazakumullahukhayro wa barokallahufiikum
    postingan ini menukil dari tulisannya syaikh DR.Abdul Muhsin Al-Qosim toh…disitu ditulis imam dan khathib di Masjid Nabawi…udh dngr sdkt murottal/bacaan beliau via cd…lumayan juga…mudah2an bisa memacu semangat utk menambah hafalan…

    Ia, kan sudah disebutkan di akhir artikel siapa penulisnya. Allahumma amin

  23. Cara Termudah Menghafal Al-Quran Al-Karim « All About My Self | Share | News | Opinion said:

    [...] http://al-atsariyyah.com/?p=1550 Categories: Islam Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak balik [...]

  24. Rizal said:

    Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    Berkenaan dengan bulan Ramadlan, biasanya banyak jamaah / pengurus masjid
    melaksanakan ‘tadarus al qur’an’ (membaca al qur’an beramai-ramai) di dalam
    masjid. Pelaksanaannya, ada yg satu orang membaca sedang jamaah lain
    mendengarkan dan bergilir membacanya, ada pula yg membacanya secara
    bersamaan (secara serentak).
    Berkaitan dengan hal tersebut diatas, ana menanyakan bagaimana hukumnya ?
    bagaimana fatwa ulama salaf ttg hal tsb ? kalau bisa disertai dengan
    dalil/fatwanya.
    Atas jawaban ustadz diucapkan jazakumullah khairan.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Masalah di atas cukup jelas sehingga tidak membutuhkan fatwa dari para ulama. Adapun satu orang yang membaca dan yang lainnya mendengarkan, maka Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah menyuruh Ibnu Mas’ud untuk membaca Al-Qur`an sementara beliau mendengarkan hingga beliau menangis.
    Adapun membaca Al-Qur`an bersama-sama, maka asalnya tidak mengapa selama bacaan sebagiannya tidak mengganggu sebagian yang lainnya. Jika saling mengganggu maka hendaknya mereka berjauhan atau mengecilkan suara agar tidak terjadi apa yang kami sebutkan di atas.

  25. Rizal said:

    ana mau tanya tentang hadits berikut ini :
    “Artinya : Apabila suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) sambil membaca Al-Qur’an dan saling bertadarus bersama-sama, niscaya akan turun ketenangan atas mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan melindungi mereka dan Allah menyebut mereka kepada
    makhluk-makhluk yang ada di sisi-Nya” [Hadits Riwayat Muslim ]
    maksud dari kalimat “bertadarus bersama-sama” itu, apakah membacanya secara bersama-sama?

    Lafazh hadits tersebut ويتدارسونه بينهم yang artinya: Saling mengajarkan kitab Allah di antara mereka. Maka hadits di atas tidak terbatas pada membacanya akan tetapi mencakup mengajarkannya dalam bentuk taklim dan semacamnya.
    Adapun kaifiat yang disunnahkan dalam tadarrusan adalah salah seorang membacanya secara bergantian sementara selainnya mendengarkan. Wallahu a’lam

  26. anis said:

    macamana dalam sehari nk hafal 9 surah ???

    Tentunya berbeda-beda caranya disesuaikan dengan panjang pendeknya kesembilah surah tersebut.

  27. ipik said:

    assalamu’alaikum.
    mohon izin untuk dishare di fb, terima kasih
    wassalamu’alaikum

    wa’alaikumussalam warahmatullah
    silahkan dengan mencantumkan sumber URLnya.

  28. heri said:

    Assalamu’alaykum..izin copy.
    Jazakallahu khairan.

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Tafadhdhal, jazakallahu khairan

  29. luvi said:

    tolong dimessg k fb saya..semoga Allah mbantu kita

    Anda bisa kirim artikel ini ke email anda dengan menekan link ‘Kirim via Email’ di bawah judul.

  30. Luluk maftuhah said:

    Alhamdulillah dpt ksmptan mampir k sites ini. ^^

  31. widyorini said:

    Assalamu’alaikum, Ustadz, barokallahu fiika.
    Saya kembali termotivasi membaca tulisan ini.
    Smoga Allah memudahkan saya & kaum muslimin semuanya tuk menghapal & mengamalkan Al-Qur’an yang mulia ini. Amiin.
    Apakah yang dimaksud membaca 20 kali, adalah bnr2 membaca?
    Atau dalam 20 kali tersebut termasuk menghapalkannya? (Tanpa melihat teks).
    ‎​‎​جَزَاك اللهُ خَيْرًا

    Waalaikumussalam warahmatullah
    Ia dibaca 20 kali tanpa melihat teks.

  32. Resi Abu Azzam said:

    Subhanallah…insyaAllah gak pernah bosan baca artikelnya ustadz…smoga bs nambah semangat n istiqamah…jazakumullah khairan atas terjemahannya dan faidahnya…

  33. ihsan said:

    apa hukum facebook??

    Asalnya mubah, sebagaimana hukum asal setiap perkara duniawiah. Hukum pastinya, sesuai dengan penggunaan apakah untuk kebaikan atau kejelekan.

  34. veb said:

    alhamdulillah….Allah beri ksempatan sy tuk mbca artikel ini,bismillah,,,memohon do’a dari ustadz dan saudaraku semua,smoga kita dimudahkan oleh ALLAH dalam menghafal dan memahami al-Qur’an.
    stelah mmbaca artikel ini,sy semakin semangat untuk menghafal karena telah menemukan jawaban dari kesulitan sy selama ini.
    jzakallah ustadz…

    Alhamdulillah, Allahumma amin.

  35. akh ikhsan said:

    “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya”(H.R.Bukhori).

    jazakallohukhoiron atas artikelnya. Minta ijin ustadz, artikelnya ana panen.

    Tafadhdhal.

  36. ihsan said:

    semoga allah akan memudahkan ku juga dalam menghafal al-QUR’AN. DAN INSYAALLAH cara ini akan ku aplikasikan dalam ke hidupan sehari hari, dan al-Quran semoga tetap ada di dalam hati ku dan menjadi payung dalam keseharian

  37. zubair said:

    Assalamu’alaykum,
    Minta ijin share di FB & krm ke email ustad…

    Waalaikumussalam
    Tafadhdhal

  38. muhammad said:

    Jazakumullohu khoiron katsiero yaa ustadz atas artikel yg sangat bermanfaat ini semoga bagi yang masih kesulitan dlm mencari metode yg tepat untuk menghafal ayat-ayat alquran,dpt terbantu dg salah satu cara tsb diatas..aamien
    klo ngga’ merepotkan mohon kiranya ustadz mengirimkan artikel ini ke email ana di:
    aswaja_jkt@ymail.com
    atas bantuan nya ana ucapkan jazakukumullohu khoiron katsiero wa barokallohufiekum

  39. fahri said:

    Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh,

    Afwan,

    Apakah benar apabila kita membeli Al Qur’an tidak boleh menawar harganya?

    Adakah dalil yang bisa menjelaskannya?

    Wassalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh.

    Waalaikumussalam Warohmatullah Wabarokaatuh
    Kami tidak tahu kalau ada dalil yang melarangnya. Jika memang Al-Qur`an itu dijual, maka dia termasuk dalam keumuman barang dagangan yang bisa terjadi tawar menawar dan khiyar di dalamnya.

  40. zainal said:

    Subhanallah

  41. Hanifatul maghfiroh said:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Syukran katsir atas artikelnya.mungkin sy bs menambahi, untuk menjaga hafalan2 yang telah di hafal, selain muraja’ah sendiri bisa juga dengan membentuk kelompok pada haafiiz/hafidzoh. mkn seminggu 1 kali diadakan simaan.Insy it dapat memperkuat hafalan yang telah di hafal.semoga Allah selalu menjaga hafalan Al-qur’an yang telah kita hafal.amiin. Baagaimana cara/metode yang digunakan untuk mengajarkan hafalan al-qur’an bagi anak2 usia dini. kira2 tingkat SD/MI? syukran

  42. Yudha R. Putra said:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    met siang ustad ( dipanggil ustad aja yo )
    matur suwun artikelnya,semoga semua orang yang terlibat dalam penulisan ini selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah…amien…
    saya mau tanya ni, saya tipe orang yang belajar ( termasuk menghafalkan) dengan cara mendengarkan atau memaksimalkan daya pendengaran. sehingga klo menghafal tu lebih enak pake murotal dari mp3. ada tips khusus g buat tipe penghafal seperti saya. suwun
    oh iya,,,,,lupa,,,,,ijin buat neg-save ya ustad.

  43. novels said:

    assalamu’alaikum
    ustadz, apa benar jika kita menghafal alqur’an,truz lupa kita akan berdosa? jika iya, apa solusi yang harus saya ambil jika saya ingin menghafl alqur’an,tetapi saya jika sudah hafal 1 surah truz masuk surah ke dua, surah yg pertama lupa.mohon penjelasannya,terimakasih.

    Waalaikumussalam
    Jika kita lupa karena ada uzur syar’i misalnya hafalan yang kurang kuat atau karena sibuk menghafal surah yang baru maka insya Allah itu tidak berdosa. Solusinya dia senantiasa mempermantap hafalannya dengan sering mengulanginya.

  44. uwonk said:

    alhamdulillah dah jadi lebih mantap untuk menghafalnya

  45. khusnul arifin said:

    alhamdulillah, sebuah keajaiban yang menurutku anugrah Allah yang diberikan kepadaku ketika ku membaca artikel ini, dengan metodenya yang baik insya allah akan lebih mudah menghafal. amin. semoga ku dapat menjalankan hafalan ini dengan istiqomah

  46. pipied as stauqi said:

    SUBHANALLAH,,,
    semoga tulisan ini di berkahi ALLAH.
    amin

  47. darus said:

    terima kasih atas segala petunjuk hapalan al,quran dan lainya…semoga kebaikan sodara di balas, allah swt,dan di lipat gandakan pahalanya,amin jajakawllah hoer,amin..dan bermanpaat bagi kami da keluarga amin,,,

  48. Indra MuLyana said:

    Alhamdulillah wasyukuriLLah , sgaLa puji bagi Alloh SWT, AkhirNya saya Menemukan cara termudah untuk nmenghapaL AL-qur’an AL-Karim, yg Mudah2an berkah dan jga bermanfaat .Amiin Ya Rabb

  49. sigit said:

    trims atas ilmu smg allah swt membalasnya amin

  50. alif said:

    saya mau tanya pak ustad , terus terang saya termasuk sibuk dalam pekerjaan sehingga kadang2 sulit membagi waktu dalam menghafal alquran, jadi tidak rutin setiap hari, dan saya termasuk oarang yang pelupa. bagaimanakah cara mengatasi pak ustad, apakah ganjaran pahala bagi orang2 penghafal alquran. mohon petunjuknya

    Memang dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan kalau mau kegiatan hafalan ini berlanjut dengan baik. Tentang keutamaan penghafal Al-Qur`an silakan cari artikelnya dalam situs ini.

  51. humairoh li mahmudah said:

    assalamu’alaikum y ustadz..
    izin copy artikelny. dan juga ada yang ingin ana tanyakan. usia ana sudah 24 tahun n ana ingin sekali menghafal Al-Quran, ana pernah membaca buku bahwa usia dini sampai usia 23 tahun merupakan usia yang paling bagus untuk menghafal Al-Quran yang itu berarti ana sudah terlambat untuk memulainya..bagaimana pendapat antum?
    jazakumullahukhair..

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada kata terlambat dalam kebaikan, apalagi yang sifatnya kebaikan agama. Dan kenyataan membuktikan ucapan di atas tidak benar.

  52. vauzanov said:

    Saya sangat ingin hafal Al-Qur’an. saya PNS sudah berkeluarga n beranak dan sudah tidak muda lagi, masih mungkinkan bisa jadi Hafidz….. mohon solusi dan doax ustadz…

    Tidak ada yang tidak mungkin jika seseorang berusaha dengan serius dan meminta pertolongan hanya kepada Allah.

  53. Abchory said:

    Syukron katsir atas artikelnya..

  54. Cara Mudah Membaca Al- Qur’an « My Blog Daily said:

    [...] sumber : al-atsariyyah.com [...]

  55. zulhilmie said:

    salam, ana mohon copy untuk blog ana, syukron artikelnya

  56. Muhniatul Maghfiroh said:

    Ana ingin sekali bisa menghafal Al-Qur’an,, tp kenapa sangat sulit untuk menjalankannya, ya??? Ana minta solusinya ya pak ustadz.. Dan mohon doanya

    Itu semua kembali kepada hidayah dan taufik dari Allah, karenanya minta pertolongan hanya kepada-Nya.

  57. ahmad anshori said:

    Assalamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh. Ustadz yg dimuliakan Allah swt. Saya kebetulan diminta oleh jama’ah dan pengurus masjid utk menjadi salah seorang imam rowatib. Krn seringnya menjadi imam, saya tergugah juga utk menghafal surat-surat lain selain surat-surat pendek yang biasa dibaca dlm sholat. Alhamdulillah bbrp surat yang agak panjang bs saya hafal, bahkan semacam “ketaghan” utk juga menghafal surat-surat yg lbh panjang lagi (tentu saja pd wkt jadi imam, bacaannya saya usahakan utk tdk terlalu panjang, misalnya kadang2 Surat Al A’la saya bagi utk dua roka’at). Yg menjadi persoalan bagi saya adalah ketika “mood” saya kurang baik (atau krn godaan syetan yg sangat kuat ?)kadang2 DLM SHOLAT BACAAN SAYA LUPA atau KELIRU, padahal sblm sholat saya sdh berusaha muroja’ahnya beberapa kali. Bagaimana saran Ustadz ttg hal ini. Apakah saya “mundur” saja (krn pernah lupa/keliru), atau “maju terus” (walaupun nanti suatu saat mungkin lupa/keliru lagi). Terima kasih atas jawaban Ustadz. Jazakumullah khoiron katsiron. Wassalam.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Suatu hal yang perlu dipahami bahwa salah dalam membaca ayat Al-Qur`an akibat kurang hafal adalah kesalahan yang tentunya harus dihindari. Karenanya, seorang imam sebaiknya tidak membaca kecuali ayat yang dia sudah hafal betul, karena memaksakan membaca ayat yang dia belum hafal baik sehingga dia salah membacanya bisa membuat dia berdosa.
    Adapun jika ayat/surah tersebut dia sudah hafal betul lalu qaddarallah dia lupa maka insya Allah itu tidak mengapa. Jika ada makmum yang bisa memperbaikinya maka alhamdulillah, tapi jika tidak ada maka dia bisa menggantinya dengan surah yang lain atau langsung saja ruku’. Wallahu a’lam

  58. dadan said:

    Bismillah, Ijin share

  59. Rustama said:

    Ass.wr.wb.
    terimakasih atas postingan yang sangat bermanfaat. Bismillah saya akan laksanakan sendiri, dan mohon izin untuk menyiarkan kembali pada web saya, agar syiarnya tambah.

    Wassalam

  60. abu hasan said:

    ‘afwan ustadz, ana minta solusi, ana menderita semacam migrain/ nyeri kepala yang amat sangat yang sering kambuh, efeknya ana menjadi pelupa dan susah berkomunikasi jika kambuh datang..ketika sehat, ana seperti mudah dalam membaca ayat-ayat Al Quran dan berkomunikasi,tapi qoddaruLLAAH penyakit ini sering datang, paa solusi untuk bisa menghafal atau dengan terus semangat menghafal ALLAAH akan memberikan kesembuhan kepada ana?apa ada hadist yang bisa membuata ana bersemangat?

    JazaakumuLLAHU khoiron

    Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter, semoga penyakit itu bisa segera sembuh. Tidak diragukan bahwa amalan saleh termasuk sebab datangnya kesembuhan. Untuk penyemangat, silakan baca artikel2 tentang keutamaan membaca Al-Qur`an dalam situs ini.

  61. Asep Rachmat said:

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

    Pak Ustadz. Saya tidak membaca mengenai Kaidah dan Ketentuan dalam menghafal Al Qur’an yaitu mengenai urutan Surah yang dibaca dari An-Nas – Al-Baqarah, sedangkan saya sudah memulai dari Al-Baqarah ke An-Nas.
    Setelah beberapa hari saya baca lagi website ini baru saya tahu masalah tersebut, tetapi saya sudah terlanjur ‘enak’ membaca/menghafal dari ayat 1 Al-Baqarah – dan berlanjut ke Surah berikutnya.
    Apakah sebaiknya saya mengubah metode urutan surah-nya atau meneruskan saja yang sudah/sedang dilakukan sekarang?
    Jazakumullah khoiron katsiron.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Sebaiknya anda tetap melanjutkan metode anda sebelumnya kalau itu memang sudah membuahkan hasil.

  62. Ghazi said:

    Bismillah, Izin share…

  63. IkhwanSMPIT said:

    assalamualaikum sebelumnya terima kasih atas saran di atas ,insyaallah saya akan mencobanya.terimakasih wassalamualaikum.

  64. IkhwanSMPIT said:

    maaf apakah saya boleh share title di atas?

    Silakan

  65. Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim « Ta'alum said:

    [...] oleh Imam Masjid Nabawi : Asy Syaikh DR Abdulmuhsin Al Qasim hafizhahullah http://al-atsariyya h.com/?p=1550 [...]

  66. purwanto abul muslim said:

    bismillah,,,
    jazakumullah atas tips nya yang sangat berfaidah ini ,,,, semoga bisa menambah ghiroh ana dan saudara kita untuk bersemanngat di dalam menghapal kitabullah

  67. ikhwan ghorib said:

    ana sdh mencoba dg membc 20 kali tiap ayat. Tp msh blm hafal juga. Dg kata laen sulit utk m’hafalkan. Mgkin krn ingta ana yg lemah.
    adakah cara laen utk menguatkan hafalan ana…?

    Syukron

    Cara terbaik menguatkan hafalan adalah menjauhi maksiat dan melatih akal untuk terbiasa menghafal.

  68. Handi said:

    @ 67
    saya juga termasuk susah untuk mengingat nama atau kata kata baru.

    surah pendek saja sekitar seratus kali menghafal, tiap hari selama seminggu juga tidak bisa pak ustadz.

    apa saja usaha saya untuk menghafal, agar sesuai dengan apa yang tertulis.

    saya tidak bodoh amat, kuliah saya selesaikan 6 th ( dahulu sampai tingkat 5 ) dan dapat yudisium B.
    tolong beri saran dan jangan alasan atau penjelasan yang tidak logis seperti diatas pak.

    sekian dan terimakasih.

    Maaf sebelumnya, mana penjelasan yang tidak login yang anda maksud?

  69. yuni said:

    thanks mudah2an bisa memberi inspirasi tuk segera belajar menghafal aal qur an

  70. Slam said:

    Assalamu’alaikum..
    Syukron katsiir…
    Alhamdhulillah saya sudah mulai menghafal…
    Semoga bisa sampai khotam.manfa’at dan bisa meng amalkan.
    Dan ijin copas ke blog ana
    Wassalam

  71. Rohmatika Airtiris said:

    Subhanalloh…mdh2n aku bisa menghafal dan mengamalkannya. Aamiin.

  72. muhamad iqbal said:

    terima kasih atas…tulisannya…..semoga bermanfaat bagi kami yg blm menghafal isi Al-Qur’an…..ass….wr….wb…..

  73. sudiro said:

    Subhanallah….

  74. dank astuty said:

    لسّلاٍْمّےُعًلٍّيكْمٍےُورّحٍمْـٍُﮧاللّـﮧوًبٍرّكًاٍتُـّ. Subhanallah. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِي. Ana dpt ilmu baru gmn cara mnghafal al qur’an, syukran katsiran ustz, barakallah fiik

  75. Rustama said:

    Jazaakallohu khoiron atas metodenya. . .ana minta izin untuk membaginya ke sahabat yang lain ya.

    Ana akan cantumkan sumbernya.

    WASSALAM

  76. faisal rahman zuhri said:

    insya allah sykh kmi akn mengamalknxa di ma’had aridho ini

  77. arif said:

    doakan ana bsa jadi ea……………….
    selebihnya
    jzakalloh khair……….

  78. andri said:

    syukron katsiron insyaallah i jd ilmu yg barokah manfaat buat qta smwa

  79. Hamzah said:

    Adakah do’a do’a khusus buat hafalan lancar dan kuat ya ustadz?????

    Wallahu a’lam, kami tidak mengetahui ada doa khusus dalam hal ini.

  80. shabrina said:

    alhamdulillah setelah sekian lama mencari cara menghafal al-Qur’an yg tepat akhirnya kutemukan di web ini. terima kasih syeh.. saya jadi semangat lagi menghafal al-Qur’an :)

  81. Reng Aghung said:

    gimana cara menjaga semangat dan istiqomah dallam menghafal Al-Qur’an?

    Senantiasa meminta pertolongan kepada Allah, menjauhi maksiat, dan mengetahui dalil-dalil tentang keutamaan menghafal Al-Qur`an.

  82. maylendra said:

    Izin share ya Ustadz…
    Cara cepat menghafal Al – Qurannya…
    Jazzakallah khairan katsiron…

  83. ana.ghaliana said:

    subhannallah… jazakallah khairan katsiran ustad ilmunya… ana ijin kopy ya ustad. smoga Allah SWT. selalu melimpahkan kesehatan dan nikmat-nikmat lainnya kpd ustd agar trus bs eksis di blog ini tuk membagi ilmunya… :-)

  84. mp3 quran | Quran | Holy Quran said:

    mp3 quran | Quran | Holy Quran…

    [...]Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim | Al-Atsariyyah.Com[...]…

  85. uunie ueleck said:

    bener g sich, katanya kalo mengaji g da ustadnya bisa dikatakan bahwa ilmu hasil kajian tersebut tidak barokah?

    Maksudnya ngaji, mungkin mempelajari agama, atau mempelajari hukum tajwid. Adapun cara di atas hanya dilakukan bagi yang sudah bagus tajwidnya secara umum.

  86. bb_purrwoko said:

    assalam.
    Syukron atas sharing metodenya. saya berumur 53 tahun sudah 3 tahun mencoba menghafal surat-surah panjang a.l a.l Yasin, ArRahman, As Sajadah, Al Mulk, AL Fajar dan An Naba. Saat ini sedang murajaah juz 1, sudah hampir seminggu tetapi ini masih ada beberapa ayat yang terlupa. Namun surah-surah yang saya sudah hafal sebelumnya saat ini terlupa secara utuh. Apa yang sebaiknya saya lakukan setelah saya selesai menghafal juz 1. apakah meneruskan hafalan baru. atau mengulang hafalan surah – surah yang pernah saya hafal. Terima KAsih atas bimbingan ustadz
    Wassalam.
    bbpurwoko

    Sebaiknya anda lanjutkan saja hafalannya, wallahu A’lam

  87. Abu Hasan said:

    Assalamualaikum…
    afwan ana mau tanya..
    Apakah ketika menghafal al-Qur’an harus berada pada kondisi suci(berwudhu terlebih dahulu)?
    Jazakumullah khoiron atas jawabannya

    Waalaikumussalam.
    Sebaiknya, tapi tidak harus.

  88. Cara Termudah Menghafal Al-Qur’an Al-Karim « Impian Musafir said:

    [...] sumber : al-atsariyyah.com [...]

  89. Komarudin said:

    Saya baru hafa juz 30 saja mau melanjutkan pesimis, tapi setelah saya membaca Cara Termudah menghafal diatas tadi, sya insya-alloh mau mencoba semoga bisa

  90. Kania said:

    Syukron atas informasinya semoga bermanfaat dunia akhirat, amin. :-)

  91. Zahroh tan said:

    Subhanallah insyaallah akn mnjadi wasilah yg baik bg pr pecinta alquran

  92. Tomi said:

    Izin share ya Ustadz…
    Cara cepat menghafal Al – Qurannya…
    Jazzakallah khairan katsiron…

  93. yudha said:

    Ijin untuk copy,Jazakallohu khoiro

  94. herusularto said:

    bismillah. insyallah bisa.

  95. muhammad syafiq said:

    Insyaallah,saya akan hafal satu Al-Quran

  96. andre tauladan said:

    terima kasih, semoga bisa saya amalkan. izin share di blog saya.

  97. Arif K said:

    Ijin Copy… trimakasih n Jazakallohu

  98. ahmad dliya' ullah said:

    tolong kepada yang memerintahkan ini bantu juga dengan do’a ya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  99. rindu Rasul said:

    masya Allah baru saja tadi suami berkata, yuk kita hafizh Qur’an sekeluarga, kemudian saya menemukan blog ini, subhanallah meski belum mencoba namun apa yang dipaparkan di atas bukan saja membakar semangat namun juga memberikan kunci harta karun yang sangat berharga. karena kami sudah membeli buku2 tentang menghafal Al-Qur’an namun belum segreget ini. Mohon do’anya ustadz juga ikhwah fillah sekalian agar kami dimudahkan menuju syurga.

    Namun saya butuh nasihatnya ustadz, karena saya seorang ibu dari 3 anak balita, bagaimana saya mengatur waktu saya. adakah trik2 khusus, karena sebelum menikah saya pernah hafal 3 juz, namun sudah jarang dimuraja’ah astaghfirullah. Tolong do’a dan nasihatnya ustadz.

    Jazakallahu khairan katsira

    Anda tentu lebih tahu mengenai waktu-waktu luang anda. Tapi kalau melihat cara yang tersebut di atas, insya Allah tidak perlu waktu lama dalam sehari untuk membaca dan mengulang-ulangi 5 ayat. Waktu terbaik insya Allah sebelum atau setelah subuh dan antara maghrib dengan isya.

  100. Aurel said:

    Bismillah…doakan ana smg bs cepat menghapal,, niat ini sgt menggebu2..tp cobaan dan ujian byk sekali….ana ingin jd hafizh….izin share FB yah stadz..

  101. suroto said:

    terima kasih untuk artikelnya ya………
    rumah buku

  102. Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an | Jυrηαl Sαkiηαh said:

    [...] http://al-atsariyyah.com/?p=1550 Share this:FacebookTwitterEmailLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was [...]

  103. nur kurniawati said:

    Ya allah terimakasih atas semua yang Engkau berikan kepadaku
    insya allah aku akan menggunakan sebaik-baiknya
    agar bermanfaat bagiku
    dan juga orang lain

  104. paji said:

    Insya Allah sangat bermanfaat bagi yang ingin menghafal al quran.

  105. suci said:

    alhamdulillah…
    sukron ustd, kini saya jadi lebih semangat tok menghapal al-qur’an..
    izin copy..

  106. ummu hilmiy said:

    Assalamu’alaykum ustadz. kami sekeluarga ijin copy paste. syukron

  107. Ingat said:

    Cara menghafal al-quran sesuai tuntunan Rasulullah?

    Bukan, tapi merupakan pengalaman dari orang yang telah berhasil menghafal Al-Qur`an.

  108. hadisubarna said:

    Izin untuk menyebarkan artikel ini, sumber masih saya cantum … terima kasih

  109. MAHMUDIN KA AMTSALILLULUWILMAKNUN said:

    terima kasih. :)

  110. Nursyamsu said:

    Assalamu’alaikum, Ustadz Saya mohon Izin untuk Copy Cara Termudah Menghafal Al-Qur`an Al-Karim
    Wassalam Nursyamsu

  111. indah said:

    Bismillah.
    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    ‘afwan, izin copy artikel ini. Semoga Allah memudahkan kita menghafal Al Qur’an. Jazaakumullaahu Khairan

  112. Putri Fairuz Puady said:

    Bismillahirrahmanirrahim semoga saya bisa mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an :)terimakasih informasinya.

  113. Faizah said:

    Alhamdulillah..semoga bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua..semoga ALLAH memberikan kemudahan dan juga kefashihan pada hamba-hamba-Nya yang ingin menghafal dan menjaga Al-Qur’anul Karim,,aamiiin..
    syukron jaziilan.. :)

  114. I dewa putu mardana said:

    Subhanallah..
    sukron y ustad..
    truz kalo msalah tafsir nya gmn cra yg bgus ustad?

  115. juliana rachman said:

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    terima kasih banyak untuk tips -tips yang ditulis,semopga saja dapat membantu saya u/menghapal.aminnnnnnnnnnn.

  116. ahmad sidik imam sampurno said:

    semoga ALLAH memudahkan kita untuk menghafal al quran

  117. anwar fuadi said:

    mga berawal karna artikel ini Alloh memberikan kemudahan dalam menghafal Al Qur’an dan memahami Islam secara kaffah

  118. Ummu salman said:

    Bismillah izin share di fb ya..jazakallahu khairan

  119. sarastiono said:

    Aslmkm…..Insyaallah akan mengamalkannya. Semoga Allah memberi kekuatan dan kemudahan. Jazakallahu khairan katsira

  120. bahrun said:

    sukur alham dulillah saya bisa mengerti apa itu Al Quran

  121. akmal said:

    Bismillah.
    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
    ‘afwan, izin copy artikel ini. Semoga Allah memudahkan kita menghafal Al Qur’an.

  122. agus said:

    mohon izinya copi paste byar bacanya mudah di hp mas makasih

  123. intan said:

    asskum…. izin bwt copy y?
    syukron jaziilan
    mudh2n brmanfaat n bsa mengamalkanya… amiin

  124. muhammad yuda(darul qur'an internasional). said:

    moga2 kita khusus nya anak2 darul qur’an dijadikan allah sebagai ahlul qur’an yang sebenar-benar nya, yang memimpin negri indonesia ini dengan amanah, sebagaimana yang di impikan oleh guru besar ustd:yusuf mansur.

  125. Muhammad Faiz said:

    mohon share :) sangat bermanfaat terima kasih

  126. malik said:

    Assalamualaikum ustad
    Tolong beri pencerahan, terkadang saya saat giat menghafal al quran, saya teringat satu hadits yang mengatakan bahwa “ada 3 orang yang kelak dihari kiamat tidak akan dilihat oleh Allah ta’ala (salah satunya adalah seorang qari’ yg membaguskan bacaanny utk diperhatikan orang)
    Saya menjadi kehilangan semangat saat
    itu, karena saya sadar akan watak saya yg ingin diperhatikan orang.
    Bagaimana solusinya agar saya bisa semangat menghafal al quran tanpa saya khawatir untuk dipuji seseorang?

    Jazakullahu khairan atas tanggapannya

    Waalaikumussalam.
    Ikhlaskan niat hanya untuk Allah. Rajin2 membaca ayat atau hadits tentang keutamaan org yg menghafal Al-Qur`an, baik keutamaan di dunia maupun di akhirat, lalu jadikan semua keutamaan dan pahala itu sbg niat anda dlm menghafal Al Qur`an.