Buku Tamu

Silakan mengisi buku tamu dengan bahasa yang jelas dan sopan. Hanya saja sebelum halaman ‘Buku Tamu’ ini berubah fungsi,  maka di sini kami butuh tekankan bahwa halaman ini bukanlah tempatnya menginput pertanyaan. Halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk menginput ‘salam’ atau ‘apresiasi’ atau ‘pertanyaan tentang blog ini’ atau pengumuman yang bermanfaat seperti daurah, muhadharah, dan semacamnya.

Adapun untuk pertanyaan keagamaan, maka silakan diinput melalui kolom komentar setiap artikel atau melalui halaman ‘Kirim Pertanyaan’. Karenanya harap maklum jika setiap pertanyaan yang masuk ke halaman ini akan langsung kami hapus. Jazakumullahu khairan atas perhatiannya.


 Name *
 Email
 Website
 Text *
* Required

Anti-spam measures
Please insert the letter and number combination into the text field before submitting the guestbook entry.
8 + 3=

(0)
(-650) Sarah Tri Poetri
Sat, 16 May 2009 02:15:51 +0000
email

Berapa lama waktu nifas dan apa perbedaan yang dpt terlihat antara darah haidh dan nifas?
____
admin:
Insya Allah masalah ini juga akan kami bahas. Kesimpulannya lama nifas maksimal 40 hari. Ada beberapa perbedaan antara darah haid dan nifas, di antaranya haid keluar pada masa adat haid, sementara nifas keluar ketika akan dan setelah melahirkan.

(-651) abu fatimah
Wed, 13 May 2009 07:07:43 +0000
email

pada hadist ahsan antum cantumin arabnya baru terjemahannyqa
_________
admin:
afwan tapi wordpress yang kami pake tidak bisa bisa membaca tulisan arab. Ana juga gak paham apa kendalanya, insya Allah ikhwan dah periksa.

(-652) Abu Khalid
Wed, 6 May 2009 09:52:40 +0000

Assalamu'alaykum,

Ustadz ana izin untuk menyebarluaskan tulisan2 antum di web ini. Berikut link web yg ana kelola

http://problemamuslim.wordpress.com

BarokAllahu fiiykum
_______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Tafadhdhal wabarakallahu fikum. Ana dah lama liat blog antum, ana dapat alamatnya dari akh Abu Yahya tambun -yang punya ashaby.wordpress.com-, dan insya Allah blog antum akan sangat bermanfaat.

(-653) Abu Khalid Al-Bugisi
Wed, 6 May 2009 09:38:36 +0000
url  email

Assalamu'alaykum Ustadz,

Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan bagi antum Ustadz,

Ana ingin bertanya Ustadz,

Bagaimana hukumnya memakai kawat gigi (behel) dgn alasan mempercantik penampilan/merapihkan gigi ?

bolehkah mencabut gigi geraham yg paling belakang, dgn kondisi ketika tumbuhnya di waktu usia dewasa, dgn alasan anjuran dokter gigi yg mengatakan bahwa gigi geraham bag belakang tsb tidak ada fungsinya dlm dunia kedokteran gigi dan ketika tumbuh tsb memang menyebabkan sakit.

mohon penjelasannya ustadz.

JazzakAllahu khoiron atas waktunya.

BarokAllahu fiiykum
__________
admin:
1. Tidak boleh memakai kawat gigi kalau hanya untuk sekedar penampilan karena hal itu termasuk perbuatan merubah ciptaan Allah yang merupakan perintah dari setan. Dan ini juga termasuk ke dalam larangan yang tersebut dalam hadits, "Orang yang puas dengan sesuatu yang dia tidak diberikan maka ibarat pemakai dua pakaian kedustaan." Maksudnya dia menampakkan kepada orang lain akan keindahan giginya padahal sebenarnya dia tidak diberikan keindahan tersebut. Sama dengan orang yang menyemir hitam ubannya dengan tujuan untuk menyembunyikannya. Dan tubuh manusia adalah milik Allah, tidak boleh seenaknya dia merubah-rubahnya tanpa izin dari Allah.
2. Kalo memang bisa memberikan mudharat bagi dirninya maka tidak mengapa dia mencabutnya. Tapi kalo sekedar untuk meratakannya maka tidak boleh dengan alasan yang sama seperti di atas. Wallahu a'lam.

(-654) Muryan Awaludin
Tue, 28 April 2009 07:25:13 +0000
url  email

Assalammualaikum Ustad, saya mau tanya, kenapa ya pak ustad kalau Para Habaib dijelek-jelekan saya ko marah banget ya, seperti kalau orangtua saya dihina? bagaimana pak ustad agar saya tidak cepat marah saat guru ngaji dan ortu saya dihina?
terimakasih sebelumnya.
Assalammualaikum.
______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Hal itu adalah perkara yang wajar, kalau orang yang kita hormati dan tokohkan dihina, maka sebagai manusia biasa tentunya kita akan marah dan tersinggung.
Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kalau hinaan itu murni sekedar hinaan pada pribadi dan tidak ada hubungannya dengan masalah agama, maka sepantasnya kita menahan diri dari orang yang menghinanya karena dia adalah orang yang jahil.
Kalau apa yang kita anggap itu hinaan adalah nasehat -yang sifatnya masalah agama- kepada sang habib, maka terlebih dahulu hendaknya kita harus adil dan berlapang dada menerimanya, baru setelah itu kita melihat mana yang benar dari kedua pihak, apakah sang habib atau orang yang menasehatinya (menyebutkan kesalahannya).
Kalau ternyata yang benar adalah sang habib maka bisa saja kita memberikan nasehat atau teguran balik kepada orang yang menyalahkan itu, tapi tentunya kalau kita punya kapasitas ilmu seperti dirinya. Tapi kalau benar sang habib terjatuh dalam kesalahan maka kita juga harus bersikap adil dan berlapang dada untuk mengakui kesalahan habib tersebut.
Karena kebenaran tidak diukur dari orang tertentu, akan tetapi orang-oranglah yang dinilai dengan menggunakan kebenaran, wallahu a'lam.

(-655) ummu salamah
Tue, 28 April 2009 02:50:02 +0000

Bismillah....
cara langganan buletin jumat Al-Atsariyyah bagaimana ya?
Jazakallohu Khoyr
_____
Admin:
Kirim aja nama, alamat lengkap n jumlah pesanan ke atsariyyah_06@yahoo.co.id atau sms ke 0813 5544 1994

(-656) Abu Hamzah
Fri, 17 April 2009 15:06:40 +0000
email

Bismillah,
ustad ana mau tanya bagaimana caranya jadi agen jurnal Daar el Salam di kota ana malang,
tolong kelengkapan informasinya kirim ke email ana.
jazakallah khair
______
Admin:
Infonya dah dikirim ke email antum. Waiyyakum

(-657) habib
Thu, 16 April 2009 15:55:45 +0000
url  email

assalamu'alaikum ustadz..
ana tinggal di vila nusa indah juga nih ustadz..
mau nanya, ko' kajiannya di rumah ya?
ndak di mesjid aja, supaya masyarakat bisa ikut..
afwan ustadz klo kurang berkenan..
______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Kajiannya tidak ada yang di rumah ko`, tapi di kontrakan yang memang menjadi 'semacam' pondok tempat tinggal bagi para santri. Di sekitar villa, kita ada taklim di masjid Al-Furqan tiap malam ahad, Al-Fath bantar gebang tiap malam senin dan perum Mahkota Pesona tiap malam sabut.

(-658) Abu Harun
Thu, 16 April 2009 05:10:19 +0000
url  email

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Mohon penjelasan seputar Pajak Penghasilan (PPh)

Pajak itu WAJIB dibyara bagi setiap warga negara Indonesia yang memiliki penghasilan dan dibayar di kantor pajak terdekat, bahkan dibuatkan kartu pemegang NPWP dan memiliki nomor masing-masing individu.

1. Apakah hukumnya bagi instansi yang menwajibkan perkara tersebut, apakah dalam negara Islam seperti Saudi atau saya menginginkan tegaknya daulah islamiyah apakah ini memang disyariatkan?

2. apa hukumnya bagi setiap muslim yang tidak membayar pajak ini, dalam artian mangkir dari kewajiban membayar pajak?

Atas dimuatnya soal ini dan jawabannya secara khusus saya ucapkan terma kasih, barokallahu fiikum wa jazakumullahu khoiron.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
________
admin:
Silakan lihat jawabannya secara umum di sini: http://al-atsariyyah.com/?p=174

(-659) bambang
Wed, 15 April 2009 04:47:18 +0000
url  email

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ustadz,tanya:saya disenangi seorang wanita dan dia sering mengganggu saya dg menilpon baik itu di hp atau di telpon rumah bahkan dikantor sehingga saya merasa sangat terganggu,akhir-akhir ini telponnya tidak saya tanggapi saya dikatakan menzhalimi dia pertanyaannya apakah sikapsaya itu berdosa dan wanita itu menurut teman2 senang bermain dukun,do'a atau wirid apa yang harus saya baca untuk melawan hal itu menurut Alqur'an atau sunnah rosul.sukron.wassalam
________________________
Admin:
Jawaban antum dah ada di kolom komentar pada artikel 'Hukum menyusu kepada istri'.

(-660) Abu Fadhil
Wed, 8 April 2009 11:49:51 +0000
url  email

Assalamu'alaikum ...
salam kenal
___________
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Salam kenal juga

(-661) ahmad abu faza
Thu, 2 April 2009 02:02:13 +0000
url 

Assalamu'alaykum... Ya Ustadz.
Mohon ijin copas artikel.. di blog ana. Dalam meyebarkan Dakwah Salafy ini. Jazakallahu Khoiron.

Abufaza
http://salafyiin.wordpress.com
____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Tafadhdhal wabarakallahu fikum.

(-662) Ummu Yahya
Sat, 28 March 2009 04:05:27 +0000

Assalamu'alaykum...
Artikelnya bagus!
Barokallohu fiik...

(-663) Abu \'Ulfah Al-Balury
Fri, 20 March 2009 04:41:00 +0000
email

Bismillah,
Assalamu'alaikum.

Akhi langsung saja, ana dari sie publikasi dauroh karanganyar maret 2009, mohon bantuan antum untuk dapat mengiklankan info dauroh ini secara khusus di web salafy atau di web lainya. Adapun informasi dauroh tsb insya Allah adlh sbb:
Tema : Menjalin Ukhuwah Diatas Al-Qur'an dan As-Sunnah
Pembicara : Ust.Abu Hamzah Yusuf (Pimpinan Ponpes.Adhwa'usSalaf Bandung)
Waktu : 29 Maret 2009 jam 09.00 wib - selesai
Tempat :Masjid Agung Karanganyar-Solo
Penyelenggara: Majelis Ta'lim Nashirus Sunnah Karangayar dan didukung oleh
Ponpes Al-Austh Karangayar
Info Lebih Lanjut Hub: 0812393897116 / 085647183766.
Demikian informasi dan permohonannya semoga ini bisa menjadikan suatu catatan amalan sholeh bagi kita, Amin. Jazakumullah Khairan atas bantuanya wa barakalahu fikum.
Wassalamu'alaikum.

sie publikasi
Abu 'Ulfah Al-Balury

(-664) Muhammad fathir
Tue, 17 March 2009 12:04:35 +0000
email

Assalamu alaikum
admin
Ana nitip salam sama ustad hammad
bilang aja dari muhammad tanwirussunah
Jazakumullah khair
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Insya Allah disampaikan

(-665) abu_zaid
Sat, 14 March 2009 15:23:53 +0000
email

Assalamu'alaikum
Masukan.. untuk al-atsariyah.com
ahsan kalau ada menu download via pdfnya
jazakumullahukhairan
_______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Insya Allah saran antum akan kami usahakan. Wajazakumullahu khairan

(-666) Abu Hudzaifah
Fri, 13 March 2009 13:00:54 +0000

Jazakallahu Khairan
_____
Admin:
Waiyyakum

(-667) Abusalman
Mon, 2 March 2009 04:07:56 +0000
email

Bismillah.Afwan numpang pasang undangan dauroh.

HADIRILAH,

KAJIAN ILMIAH AHLUL SUNNAH WALJAMAAH

Insya Allah akan di selenggarakan pada hari

Sabtu tgl 7 mulai ba’da Ashar-selesai , Ahad & Senin tgl 8-9 Maret 2009, Mulai Jam 9.00 Sampai Selesai

Tempat di selenggarakan Dauroh :
Ma'had Riyadhul Jannah
Kp. Rawa Ragas-Ds.Bojong, Kec.Klapanunggal, Kab Bogor.

Materi 1 : "Sikap Hikmah Ahlul Sunnah dalam berda'wah dan bermu'amalah"
Pembicara : Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsary


Materi 2 : "Ukhuwah perkara yang urgent dalam da'wah Salafiyah"
Pembicara : Ustadz Mundzir Abu Ibrahim

Materi 3 : "Kiat dalam menghadapi rintangan-rintangan bagi penuntut ilmu"
Tauziyah Khusus : "Wanita dan rumah tangga"
Pembicara : Ustadz Abdurrahman Lombok

Panitia:

Abu Muhammad Nurdin (081219242030), Ma'had (088 210 240 852), Abu Muhammad (0813 100 74030)



Rute: dari Kp.Rambutan naik angkot 121 turun Pasar Cilengsi sambung lagi naik angkot M42 (pool dpn sting) jur.Cilengsi-Bojong turun Kantor Lurah Bojong

Dari Cibinong naik angkot 08 turun di 1/3 an citeureup, sambung lagi angkot 64 jur.Cilengsi

turun di pertigaan klapanunggal, sambung lagi angkot 42 jur.bojong turun Kantor Lurah Bojong






(-668) Hheru
Sat, 28 February 2009 17:30:49 +0000
url  email

Assalamu'alaikum
______
Waalaikumussalam warahmatullah.

(-669) Abu Ahmad
Tue, 24 February 2009 00:31:49 +0000
email

Bismillahirrahmanirrahim

Ustadz, mohon nasehat kepada kami, adakah tempat belajar/sekolah untuk anak-anak yang usianya 5 s.d. 6 tahun di Bekasi?.

Bolehkah menyekolahkan anak-anak kami ke tempat pendidikan (hizbi)?.

Mohon maaf atas segala kekurangannya, Jazakumullahu Khairan Katsira

Abu Ahmad
_________
Admin:
Antum Abu Ahmad Rawa Lumbu kan? Ahsannya antum ke konsultasi ke ust. Riski Abu Zakariya di Vila Nusa Indah 2. Tahukan tempatnya?

(-670) abu ubaidillah
Sat, 14 February 2009 16:16:08 +0000
url  email

assalamu'alaikum afwan akh ana sudah meng kopi beberapa artikel di website antum tanpa minta ijin dulu dari antum untuk ana tampilkan dalam blog ana
_____
Admin:
Waalaikumussalam. La ba`sa, khairan insya Allah. Tapi ngomong2 alamat blog antum apa?

(-671) ibnuromin
Sat, 14 February 2009 13:53:03 +0000
email

Bismillahirrohmanirrohim
salam kenal tuk seluruh ikhwah
bisa minta tolong kirim artikel ke email ana?
jazakallohukhoiron katsiero wabarokallohufiekum

(-672) abu ibrahim
Thu, 12 February 2009 06:30:39 +0000
email

Ditingkatkan dong biar dalil2 dan do'a dalam tulisan arab bisa muncul
_____
Admin:
Insya Allah, sekarang masih sementara diusahakan. Semoga cepat selesai.

(-673) Agus Suhendi
Wed, 11 February 2009 07:45:02 +0000
email

Ana mau tanya, ada tidak alamat tempat ta'lim di daerah Gelang Patah Johor Bahru Malaysia karena ana dalam 3 bulan tinggal di Malaysia, ada tugas disana.
______
Admin:
Wallahu a'lam. Tapi coba antum lihat di alamat ini: http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=967. Mungkin bisa dapat keterangan dari tambahan.

(-674) Agus Suhendi
Wed, 11 February 2009 07:41:28 +0000
email

Alamat :
Perum Telaga Murni Cikarang-Bekasi,
Hp : 081315957093
Kunyah : Abu Hasan Abdillah
Kerja :
PT JST Indonesia
Kawasan Industri MM2100 Cikarang-Bekasi
_______
admin:
Salam untuk semua ikhwan di sana, akh abu luthfi dan abu adzkiya.

(-675) malik
Wed, 11 February 2009 05:33:25 +0000
email

assalamualaikum
____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah

(-676) Fahrinal
Tue, 10 February 2009 05:16:01 +0000
email

Assalamualaikum
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah

(-677) Ismail
Sat, 7 February 2009 16:10:07 +0000
email

Salam untuk antum semua
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Ahsannya lain kali doanya dalam bahasa arab, barakallahu fikum

(-678) Dian
Wed, 28 January 2009 04:19:06 +0000
email

Assalamualaikum

Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.

(-679) abu fadhillah fery
Fri, 23 January 2009 07:59:40 +0000
email

bismillah
assalamualaikum,afwan ana mau tanya gimana caranya kalau mau chating dg ikhwah?apa ad a room tertentu?mohon balas di alamat email ana
syukron
barakallohufiikum
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Antum bisa chating lewat Yahoo Massenger lalu add email ikhwan yang antum inginkan. Atau mungkin bisa juga lewat milist an-nashihah di: nashihah@yahoogroups.com

(-680) erwin prasetyo
Sat, 17 January 2009 03:51:47 +0000
url  email

bismillah.
jazakallahu khoiron katsiron....

(-681) abu \'abdillah
Fri, 9 January 2009 06:59:06 +0000
email

assalamu'alaikum..

saya turut senang dengan kehadiran situs baru ini,,
semoga dakwah salafiyah semakin tersebar di masyarakat kita..
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Allahumma amin.

(-682) ramadhan
Tue, 6 January 2009 19:02:16 +0000
url  email

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh

web yaang bagus

Barakallahu fik ya akhi
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah bini'matihi tatimmu ash-shalihat. Wabarakallahu fikum

(-683) abuyahya
Tue, 23 December 2008 05:51:15 +0000
url  email

assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

salam ukhuwah dari bekasi

semoga web ini bermanfaat bagi kaum muslimin semuanya

barakallahifikum.


abuyahya-bekasi
________
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Masya Allah, blog antum insya Allah memberikan banyak faidah. Semoga tetap semangat mendengar kajian.

(-684) Wan Jalaluddin Wan Adam
Sun, 21 December 2008 00:32:24 +0000
email

Pertanyaan.
Mohon pencerahan tentang binatang dua alam. Apakah ada hadith yang menerangkan tentang binatang dua alam saperti ketam batu atau belangkas yang bisa hidup didalam laut atau didaratan.

Jazakallahukhairan
________
admin:
Jika hewan tersebut bisa hidup di darat dan air, akan tetapi jika dia di darat dalam jangka waktu yang lama maka dia bisa mati maka berarti dia tergolong hewan air dan berlaku baginya hukum hewan air, yaitu dihalalkan, wallahu a'lam.

(-685) khodijah
Tue, 16 December 2008 03:51:30 +0000

Bismillahirrohmanirrohim,
Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh,

Website yang bagus, palagi isinya.

BaarokAllofiik.
_______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah bini'matihi tatimmu ash-shalihat. Wabarakallahu fik

(-686) ayyub bin mahfudz
Thu, 11 December 2008 01:05:28 +0000
url  email

Alhamdulillah..hasil kajian /ceramah2 ust.Askari dari kitab-kitab yang selesai di bahas maupun yang belum atau masih berlanjut sampai sekarang ada di www.geocities.com/mp3ilmiah

jazakallahu khairan
____
Admin:
Alhamdulillah, wajazakumullahu khairan atas infonya.

(-687) firdaus
Wed, 10 December 2008 10:10:35 +0000
url  email

assalamu`alaikum
alahmadulillah semoga bermanfaat bagi kaum muslimin. tolong ya beri komentar dan nashihat di www.hikmahanak.blogspot.com
jazakalloh ya
___________
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Insya Allah

(-688) tri jaya sakti
Sat, 6 December 2008 03:59:48 +0000
url  email

assalamu'alaikum

ana mau tanya :
skrg, ust. Hammad Abu Muawiah ngajar d Bogor yh (yg dulunya mengajar di ma'had As-Sunnah / Tanwirus Sunnah di makassar bukan?)

alhamdulillah...

afwan, kalau bs sebagian ustadz dr makassar tolong mengisi kajian d bandung mengingat para ustadz dsini sedikit (bs dihitung jari)

ana asal dr makassar [ana mengetahui ustadz Ahlus Sunnah cukup banyak d makassar] namun skrg ana kuliah d bandung, dan ana melihat ustadz dsini masih sedikit...
jd ana mengusulkan beberapa ustadz dr makassar utk mengisi kajian juga d bandung...

atas perhatiannya ana ucapkan

jazakumullahu khair....

wassalamu'alaikm....
______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Ia betul. Masya Allah, kalo ana liat, justru di Bandung cukup banyak pengajian. Ini jadwalnya:
Berikut jadwal kajian Ahlussunnah wal Jama’ah di kota Bandung.

1. Fikih
Waktu : Ahad, pukul 13:30 WIB - 15:00 WIB
Materi : - ‘Umdatul Ahkam, karya Asy-Syaikh Abdul Ghani Al Maqdisi
- Al Fawaid, karya Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah
Pengajar : Al Ustadz Abu Ibrahim Muhammad Mundzir (pengajar ma’had Adhwa’us Salaf,
Cileunyi, Bandung)
Lokasi : Masjid LIPI, Jl. Cisitu No.21/154D (Komplek LIPI), Dago, Bandung
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki dan Akhwat/Perempuan)

2. Akhlak
Waktu : Ahad, pukul 15:00 WIB - 16:30 WIB
Materi : Syarah Riyadhush Shalihin, karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Pengajar : Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsary (mudir ma’had Adhwa’us Salaf, Cileunyi,
Bandung)
Lokasi : Masjid LIPI, Jl. Cisitu No.21/154D (Komplek LIPI), Dago, Bandung
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki dan Akhwat/Perempuan)

3. Umum
Waktu : Ahad pekan ke-4, pukul 15:00 WIB - 16:30 WIB
Materi : Umum
Pengajar : Al Ustadz Abu Najm Khathib (mudir ma’had An-Nuur Ciamis)
Lokasi : Masjid LIPI, Jl. Cisitu No.21/154D (Komplek LIPI), Dago, Bandung
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki dan Akhwat/Perempuan)

Rute Angkutan umum ke LIPI, Bandung :
(i) Dari Terminal Cicaheum & Gasibu (Gedung Sate)
Naik angkot jurusan Cicaheum-Ciroyom, turun di jalan Siliwangi. Jalan sedikit ke jalan Sangkuriang. Jalan terus sepanjang jalan Sangkuriang (-/+ 150 m) sampai kompleks LIPI, masjid LIPI ada di dalam.
(ii) Dari Terminal Leuwi Panjang
Naik angkot jurusan Leuwi Panjang-Kalapa, kemudian naik angkot Kalapa-Dago turun di Simpang Dago. Jalan ke jalan Sangkuriang. Jalan terus sepanjang jalan Sangkuriang (-/+ 150 m) sampai kompleks LIPI, masjid LIPI ada di dalam.
(iii)Dari Stasiun KA Bandung
Naik Angkot jurusan Stasiun-Dago, turun di Simpang Dago. Jalan ke jalan Sangkuriang. Jalan terus sepanjang jalan Sangkuriang (-/+ 150 m) sampai kompleks LIPI, masjid LIPI ada di dalam.

4. Akidah
Waktu : Kamis, ba'da Ashar s.d. selesai
Materi : Firqatun Najiyah, karya Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu
Pengajar : Al Ustadz Abu Marwan (pengajar ma’had Adhwa’us Salaf Cileunyi, Bandung)
Lokasi : Masjid Syamsul 'Ulum, IT Telkom, Jl. Telekomunikasi no. 1, Bandung
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki dan Akhwat/Perempuan)

5. Tafsir
Waktu : Kamis, Ba’da Maghrib s.d. Isya
Materi : Tafsir al Qur`anul 'Azhim, karya Al Imam Ibnu Katsir
Pengajar : Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsary (mudir ma’had Adhwa’us Salaf Cileunyi,
Bandung)
Lokasi : Masjid Al-Firdaus, Perum Manglayang Regency, Cileunyi, Bandung
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki dan Akhwat/Perempuan)

6. Hadits
Waktu : Setiap hari, ba’da dhuhur s.d. selesai
Materi : Syarah Arba’in Nawawi, karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Pengajar : Al Ustadz Abu Marwan (pengajar ma’had Adhwa’us-Salaf Cileunyi, Bandung).
Lokasi : Masjid Imam Asy-Syafi’i, Ma’had Adhwa’us Salaf, sebelah Perum Manglayang
Regency, Desa Cimekar, Cileunyi, Bandung. Peta lokasi bisa dilihat di
http://adhwaus-salaf.or.id.
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki)

7. Hadits
Waktu : Senin-Sabtu, ba’da Ashar s.d. selesai
Materi : Shahih Bukhari, karya Al-Imam Bukhari
Pengajar : Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf Al Atsary (mudir ma’had Adhwa’us Salaf Cileunyi,
Bandung).
Lokasi : Masjid Imam Asy-Syafi’i, Ma’had Adhwa’us Salaf, sebelah Perum Manglayang
Regency, Desa Cimekar, Cileunyi, Bandung. Peta lokasi bisa dilihat di
http://adhwaus-salaf.or.id.
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki)

8. Hadits/Fiqih/Akidah
Waktu : Setiap hari, ba’da Maghrib s.d. selesai
Materi : - Shahih Muslim, karya Al Imam Muslim
- Umdatul Ahkam, karya Asy-Syaikh Abdul Ghani Al Maqdisi
- Syarah Lum’atul I’tiqad, karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Pengajar : Al Ustadz Abu Ibrahim Muhammad Mundzir (pengajar ma’had Adhwa’us Salaf
Cileunyi, Bandung)
Lokasi : Masjid Imam Asy-Syafi’i, Ma’had Adhwa’us Salaf, sebelah Perum Manglayang
Regency, Desa Cimekar, Cileunyi, Bandung. Peta lokasi bisa dilihat di
http://adhwaus-salaf.or.id.
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki)

9. Akidah
Waktu : Setiap hari, pukul 5.30 WIB s.d. selesai
Materi : Syarah Akidah Wasithiyah, karya Asy-Syaikh Muhammad Al-Harras
Pengajar : Al Ustadz Abu Ibrahim Muhammad Mundzir (, pengajar ma’had Adhwa’us Salaf
Cileunyi, Bandung)
Lokasi : Masjid Imam Asy-Syafi’i, Ma’had Adhwa’us Salaf, sebelah Perum Manglayang
Regency, Desa Cimekar, Cileunyi, Bandung. Peta lokasi bisa dilihat di
http://adhwaus-salaf.or.id.
Peserta : Umum (Ikhwan/Laki-laki)

Rute Angkutan umum ke ma’had Adhwa’us Salaf, Bandung :
(i) Dari Terminal Cicaheum
Naik angkot jurusan Cicaheum-Cileunyi, turun di jalan raya Cinunuk, ada plang Perum Manglayang Regency atau turun di Rumah Makan Suka Hati. Kemudian naik ojek ke ma’had Adhwa’us Salaf.
(ii) Dari arah Jakarta
Naik bus jurusan Garut, Tasikmalaya, dll. turun di pasar Cileunyi atau di lampu merah setelah pintu tol Cileunyi. Kemudian naik ojek ke ma’had Adhwa’us Salaf.
(iii) Dari arah Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dll.
>Naik bus jurusan Bandung, turun di jalan raya Cinunuk, ada plang Perum
Manglayang Regency atau turun di Rumah Makan Suka Hati. Kemudian naik
ojek ke ma’had Adhwa’us Salaf.
>Naik bus jurusan Jakarta, turun di halte bus sebelum pintu tol Cileunyi.
Kemudian naik ojek ke ma’had Adhwa’us Salaf.

10. Kewanitaan
Waktu : Setiap Jum’at, ba’da Ashar - selesai
Materi : Nashihati lin Nisaa`, karya Ummu Abdillah
Pengajar : Al Ustadz Abu Ibrahim Muhammad Mundzir (pengajar ma’had Adhwa’us Salaf
Cileunyi, Bandung)
Lokasi : Perum Manglayang Regency Blok E ( Rumah Abu Daud dan Abu Musa), Desa
Cimekar, Cileunyi, Bandung.
Peserta : Umum (Akhwat/Perempuan)

11. Tahsin/Fatwa Ulama
Waktu : Setiap Kamis, pukul 13.00 WIB - selesai
Materi : - Tahsin
- Fatawa Al Mar’ah Al Muslimah
Pengajar : Ummu Salamah
Lokasi : Perum Manglayang Regency Blok A2 ( Rumah Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf,
Desa Cimekar, Cileunyi, Bandung)
Peserta : Umum (Akhwat/Perempuan)

Penyelenggara :
Ma’had Adhwa’us Salaf
Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.
E-mail : info@adhwaus-salaf.or.id
Kontak : Ma’had Adhwa’us Salaf, (022) 7026 9125
E-mail : info@adhwaus-salaf.or.id
Dikirim via e-mail oleh Akhuna Abu Tsuroya
[Sumber: http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=234]

(-689) Abu Harits
Mon, 1 December 2008 04:18:11 +0000
url  email

Assalamu'alaykum. Salam kenal semua, ana ikhwan dari jakarta. Kunjungi website ana, ana baru coba belajar blog. Ditunggu saran dan kritiknya

barakallahufiik
_______
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Blog antum sangat berfaidah, terutama bagian downloadnya.

(-690) salim
Sat, 15 November 2008 03:37:22 +0000
url 

Bismillah,

mudah-mudahan situs ini dapat memberi manfaat kepada muslim secara menyeluruh.

http://muslim-audio.org
(download kajian ahlussunnah gratis)
_____
Admin: Allahumma amin. Jazakumullahu khairan atas info situsnya.

(-691) ihsan abu hudzaifah
Wed, 12 November 2008 15:42:45 +0000
email

Assalaamualaikum,
ana merasa senang dengan adanya situs al-atsariyyah,mudah-mudahan media ini menjadi cahaya di tengah gulita bagi kaum muslimin yang mendambakan manhaj islam ynag shahih. afwan untuk Al-Ustadz riski kapan mau memberikan faidah ilmu-nya di Sukabumi?
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Allahumma amin. Ana pernah ngobrol-ngobrol kayaknya beliau mau. Coba antum bicara langsung untuk menta`kid.

(-692) dr. Abu Hana
Fri, 7 November 2008 04:11:38 +0000
url  email

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Jazaakalllaahu khairan ustadz Abu Muawiyah atas jawabannya mengenai Bayi Tabung dan Transplantasi, Jawaban antum cukup jelas sekali_semoga Allah Ta'ala menjagamu dan menjadikan antum kokoh diatas manhaj Salafush Shalih.

Ada pertanyaan lain yang ana belum memperoleh jawaban yang memuaskan :

1.Bagaimana hukum melakukan bekam pada hari rabu dan sabtu?

2.Bagaimana kedudukan & takhrij hadits Dari Abu Hurairah radhiallaahu 'anhu, dia bercerita : Rasulullah Shallaahu 'alaihi wasallam bersabda :"Barangsiapa berbekam pada hari Rabu dan Sabtu, lalu tertimpa wadhah, maka hendaklah dia tdk menyalahkan, melainkan dirinya sendiri." (dlm kitab Kasyful Astaar 'an Zawaaidil Bazaar karya Al Haitami III/388)

3. Bagaimana kedudukan & takhrij hadits dari Ibnu Umar radhiallaahu 'anhuma,Rasulullah Shallaahu 'alaihi wasallam bersabda :.... sampai pada ucapan:"Hindarilah berbekam pada hari Rabu, karena rabu merupakan hari dimana Ayyub tertimpa malapetaka. Tidaklah timbul penyakit kusta dan lepra, kecuali pada hari Rabu atau malam hari Rabu" (Sunan Ibnu Majah)?

4. bagaimana hukum mengambil upah dari membekam seseorang, karena ada hadits dari Rafi' bin Khadij, Rosulullah Shallaahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apa yg didapatkan oleh seorang pembekaman, maka sebaiknya upah itu dibelikan rangsum makanan utk binatang ternak"? (Riwayat Ahmad IV/141, Abu Dawud 3422, Tirmidzi 1277, dll)

Baarokallaahu fiik..

dr.Abu Hana
http://kaahil.wordpress.com
_______
admin:
1. Kalau memang tidak ada hadits shahih yang menjelaskan larangannya maka asalnya boleh-boleh saja. Hanya saja ana belum punya waktu untuk mentakhrij hadits-hadits dalam masalah ini jadi saya hanya mencukupkan dengan hadits yang antum sebutkan.
2. Hadits Abu Hurairah itu diriwayatkan oleh Al-Bazzar dan disebutkan oleh Al-Haitsami dalam Majma' Az-Zawaid (5/92-93) lalu dia berkata, "Di dalam sanadnya ada Sulaiman bin Arqam, matruk (ditinggalkan haditsnya)." Jadi haditsnya lemah sekali.
3. Adapun hadits Ibnu Umar riwayat Ibnu Majah, maka Imam Al-Bushiri dalam Mishbah Az-Zujajah (ta'liq terhadap Sunan Ibnu Majah) (4/64-65) melemahkan semua jalan-jalannya.
4. Wallahu a'lam tentang keabsahan haditsnya. Yang jelas Imam An-Nawawi membuat judul bab dalam shahih muslim akan halalnya upah bekam. Imam Muslim membawakan hadits Anas dimana Nabi minta dibekam oleh Abu Thayyibah lalu beliau memberikan kepadanya 2 sha' makanan sebagai upah. Maka hadits riwayat Muslim ini menunjukkan bolehnya menerima upah bekam, wallahu a'lam.


(-693) fadhly
Mon, 3 November 2008 19:08:19 +0000
url 

Assalaamu'alaykum....

ana baru pertama kali berkunjung di web ini...anafadhly di Jogja....

http://www.fadhlyoke.wordpress.com

barakallaahu Fiyk....
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah, tafadhdhal wabarakallahu fikum

(-694) Agus Sugiarto
Thu, 30 October 2008 19:02:41 +0000
email

Barakallahu fiek...
ana di Bumi Mutiara 2
ust..ana minta alamat e-mailnya ya...

Jazakallahu khair
_____
Admin:
Tepatnya di blok berapa? Email ana kirim ke email antum.

(-695) Abulizz
Thu, 16 October 2008 17:26:37 +0000
url  email

Assalamualaikum
Alhamdulillah sekarang website ustadz jadi lebih bagus tampilannya.
Ana minta izin buat mencopy artikel antum buat blog ana. Jazakallah.
_____
Admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Tafadhdhal wajazakumullahu khairan

(-696) Ismail
Wed, 15 October 2008 16:00:16 +0000
email

Bismillah, afwan, sebaiknya upload file audio dll tidak di ziddu.com karena terdapat gambar dan terkadang ada suara/bunyi lain yang mengganggu file yang sedang kita download.
______
admin:
Jazakallahu khairan atas sarannya. Kami tidak menggunakan ziddu lagi.

(-697) Fahmie
Mon, 13 October 2008 23:31:59 +0000

Alhamdulillah, ada website ahlussunnah lagi...

(-698) Abu Salman
Sat, 11 October 2008 23:45:29 +0000
url  email

Assalamu'alaikum, salam kenal akh dari ana www.ahlussunnahwonosobo.co.nr

(-699) azp
Sat, 11 October 2008 07:47:35 +0000
email

Bismillah, assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, semoga website ini bermanfaat bagi kaum muslimin.
Saran: bisa juga upload di http://www.salafishare.com/ alhamdulillah selama proses download dari salafishare.com tidak ada iklan yang gambar makhluk bernyawa.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks