Buku Tamu

Silakan mengisi buku tamu dengan bahasa yang jelas dan sopan. Hanya saja sebelum halaman ‘Buku Tamu’ ini berubah fungsi,  maka di sini kami butuh tekankan bahwa halaman ini bukanlah tempatnya menginput pertanyaan. Halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk menginput ‘salam’ atau ‘apresiasi’ atau ‘pertanyaan tentang blog ini’ atau pengumuman yang bermanfaat seperti daurah, muhadharah, dan semacamnya.

Adapun untuk pertanyaan keagamaan, maka silakan diinput melalui kolom komentar setiap artikel atau melalui halaman ‘Kirim Pertanyaan’. Karenanya harap maklum jika setiap pertanyaan yang masuk ke halaman ini akan langsung kami hapus. Jazakumullahu khairan atas perhatiannya.


 Name *
 Email
 Website
 Text *
* Required

Anti-spam measures
Please insert the letter and number combination into the text field before submitting the guestbook entry.
9 + 8=

(0)
(-600) Asyraf Batubara
Sat, 2 January 2010 11:55:46 +0000

Manhaj Salaf itu apa sih pak? Maklum saya awam. Tolong bagi yang mengerti beri saya penjelasan.

Maaf ya saya awam bangat tentang Islam, apalagi dengan berbagai macam alirannya. Semua mengaku paling benar. Saya selaku masih baru mengenal Islam, sangat bingung. Salaf itu apa lagi itu? Yang saya baru tahu yang harus diikuti adalah Allah dan Muhammad. Semua ulama kan mengikut Allah dan Rasul, kok dibeda bedain lagi sih, jadi kami orang awam hanya dibikin bingung. Tolong dijelaskan secara simpel sederhana, karena saya awam pak. Apabeda Salaf dg Muhammadiah dengan NU. Kan Tuhannya sama-sama Allah, Nabinya sama2 Muhammad, kok bertikai? Bingung saya
_________
admin:
Silakan bapak baca dahulu 2 artikel berikut:
1. Mengenal Ahlussunnnah waj Jamaah di: http://al-atsariyyah.com/?p=1183
2. Salaf = Ahlussunnah wal Jamaah di: http://al-atsariyyah.com/?p=1186
Setelah itu kalau masih bingun silakan bertanya kembali.

(-601) frend jpn
Sat, 2 January 2010 01:40:25 +0000
email

assalamu'alaikum warohmatulloh ustadz,
afwan ustadz saya dapatkan rekomendasi untuk bertanya kepada ustadz,

maaf ustadz ada teman yang sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan berikut:
1. selama ini temen saya kalo liburan musim dingin atau panas dijepang mengunjungi teman2 nya menggunakan kereta tapi dengan membeli karcis degan harga yang jauh lebih rendah yang tidak sesuai dengan jarak yang ditempuh. dan kalau ketahuan oleh pihak kereta api didenda atau ditangkap. apakah ia wajib membayar kekurangan harga karcis tersebut karna katanya saat itu ia tidak tahu atau tidak yakin atau bahkan ia saat itu tidak memikirkan boleh ato tidaknya perbuatan tersebut.

2. kemudian ia juga telah melakukan perbuatan suap untuk bisa berangkat ke sini (jepang), dan katanya saat itu ia tidak tahu hukumnya atau ia masih ragu apakah suap itu boleh atau tidak. bagaimana cara bertaubatnya? bagaimana pula dengan hartanya yang sekarang yang ia dapatkan selama ini?

3. ada seseorang berjanji kepada orang lain(paranormal) karna paranormal tsb memberi bantuan tapi dengan melakukan perbuatan syirik, orang itu mengatakan "nanti saya akan membayar anda uang sekian jika anda bisa membantu saya", tapi sekarang ia sudah taubat. apakah ia tetap harus membayar janjinya kepada paranormal itu berupa uang tersebut?

4. bagaimana sebenarnya derajat hadits tentang apabila seseorang meninggalkan sesuatu karna ALloh, maka Alloh akan menggantinya dengan yang lebih baik. karena kalau saya tidak lupa didalam "silsilah hadits dho'i dan maudu'" hadits tersebut derajatnya dhoif atau bahakn palsu

saya sangat mengharapkan jawaban dari ustadz,
jazakalloh khoiron.
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
1. Ia itu adalah perbuatan mencuri, dia harus membayar semua kekurangannya kepada pemilik kereta api tersebut.
2. Hendaknya dia bertaubat dengan syarat-syarat taubat yang sudah masyhur. Adapun gajinya maka selama dia tetap menjalankan pekerjaannya dengan baik dan sebagaimana mestinya maka insya Allah gajinya halal.
3. Wajib bagi dia untuk tidak menepati janji tersebut karena itu adalah janji dalam mendukung kesyirikan. Kalau sekedar janji maka dia tidak boleh memenuhinya, dan insya Allah itu tidak termasuk perbuatan mengingkari janji yang tercela.
4. Wallahu a'lam, setahu ana hadits itu shahih. Hanya saja maknanya benar dan sesuai dengan ayat Al-Qur`an, "Dan apa saja yang kalian infakkan maka Dia akan menggantinya," dan beberapa ayat yang lainnya.
Ala kulli hal, kalau antum masih ragu akan keshahihannya, maka antum jangan menisbatkannya kepada Nabi, hanya saja antum tetap wajib meyakini kebenaran kandungannya berdasarkan nash-nash yang lain
Wallahu a'lam bishshawab.

(-602) mamat
Sat, 2 January 2010 01:37:48 +0000
url 

ass.
ustd. yang saya hormati,

saya mau bertanya, saya sudah pusing cari solusi tapi blom ada yang cocok yang bisa saya jalani.

istri saya sudah tidak ada respek lagi sama saya, stiap perkataan saya sudah tdk digubrisnya lagi, lalu dia ingin semua pekerjaan rumah saya yang lakukan. apa yang harus saya lakukan, sedangkan saya sangat sayang dengan dia. sekarang kami telah memiliki satu anak. dan alasan itu pula yang membuat saya tidak bisa berpisah dengan dia.
terima kasih atas jawabannya.

wassalamu’alaikum.
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Kalau antum tidak suka dengan perangainya tapi juga tidak mau berpisah dengannya, maka jalan satu-satunya adalah memperbanyak berdoa kepada Allah agar Dia berkenan memperbaiki istri antum sambil antum sedikit-sedikit dan perlahan-lahan berusaha untuk merubah sifatnya. Dalam hal ini antum bisa minta bantuan kepada kedua mertua antum atau ipar antum untuk menasehati istri antum.
Antum bisa memberikan peringatan kepadanya dengan tahapan: Menegurnya dengan keras, tidak mengajaknya berbicara, tidak tidur bersamanya dalam satu kamar, memukulnya, memulangkan dia ke rumah ortunya untuk sementara waktu.
Kalau sampai tahap ini juga tidak bisa, maka antum bisa melepaskan talak 1 karena pada talak satu antum masih bisa rujuk kalau dia brubah. Lalu talak 2, dan setelah talak 2 ini antum harus berpikir baik2 kalau mau melanjutkan talak 3, karena pada talak 3 ini antum tidak bisa rujuk kepadanya setelah lewat masa iddahnya.
Yang jelas -afwan sebelumnya- tidak ada kebaikan dan keberkahan pada istri yang tidak taat kepada suaminya, dan hal itu bisa membahayakan agama antum dan anak-anak antum nantinya.

(-603) herbono
Sat, 2 January 2010 01:29:48 +0000

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Mohon tanya tentang fatwa-fatwa Qurais Sihab. Apakah beliau termasuk ulama ahlussunah. Ada kajiannya yg membingungkan umat, misalnya tentang hukum jilbab dan nikah beda agama. mohon pula saya diberi rujukan ttg daftar nama ulama-ulama yang kredibel dan ahlussunah. mohon dikirim ke email saya.

Jazakumullahu khairan katsiira.
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Dalam tafsirnya al-mishbah, ust. Quraisy mendukung akidah yang menyatakan Allah berada di mana-mana dan tidak berada di atas langit. Akidah batil ini sudah cukup untuk mengelurkan dia dari ahlussunnah.
Alhamdulillah ulama ahlussunnah masih cukup banyak tersebar, baik di Saudi Arabia maupun di Yaman.

(-604) jeems
Sat, 2 January 2010 01:28:09 +0000

saya mao nanya ,,,,,,,,,,,,,,,,
semisal orang haid wktu tanggal 1,,,, terus berhenti pada tanggal 6,,,,,
pada tanggal 9 dia haid lagi,,,,,,,,
+++++
apakah diwaktu tanggal 7 – 8 itu dihitung haid juga pa ga?
trima kasih
wassalammm,,,,,,
______
admin:
Tolong pertanyaannya dilengkapi. Tidak disebutkan waktu kebiasaan haidnya jadi kami tidak bisa menjawabnya.

(-605) Ummu Abdurrahman
Fri, 1 January 2010 15:44:40 +0000

assalammualaikum,,

saya sudah menikah. apakah boleh menggunakan cincin kawin?secara di islam tidak boleh menampakkan perhiasan kecuali kpdnya mahramnya.apakah perhiasan yg dimaksud berupa fisik seperti cincin ato sejenisnya atau dalam arti aurat?atau kedua2 nya?lalu mengenai salaman,bagaimana saya bisa menjelaskan secara halus kpd saudara2 yg memang jelas2 bukan mahram saya,untuk tidak bersalaman secara bersentuhan kpd mereka.terimakasih..
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Ia, perhiasan yang dilarang untuk dinampakkan kepada selain mahram adalah semua perkara yang menarik perhatian dan bisa menimbulkan fitnah, bukan hanya terbatas pada perhiasan emas dan semacamnya. Jadi termasuk dalam perhiasan adalah pakaian yang berhias, ucapan yang lembut sehingga mengundang syahwat, dan seterusnya.
Caranya, anti harus menghafal dalil-dalil dalam permasalahan tersebut lantas diberitahukan baik-baik dan secara perlahan. Kalau ada sebagian keluarga yang sudah mendukung atau minimal memaklumi maka mintalah bantuannya untuk berbicara agar minimal keluarga anti faham dan tidak salah faham, walaupun mereka belum bisa mengamalkannya.
Ataukah bisa dengan menghadiahkan kepada mereka buku atau tulisan mengenai masalah itu, dengan harapan agar mereka bisa memakluminya. Wallahu a'lam

(-606) dzul
Fri, 1 January 2010 14:01:18 +0000

assalamu’alaykùm warahmatullahì wa barakatuh
—————————–
saya Mau Nanya, pada awalnya Iman saya meningkat Ibadah Juga Meningkat. Akhir-akhir ini saya merasa Perasaan yang sangat Aneh berupa bisikan-bisikan Dimana Allah?? Apa Benar Allah Itu Tuhan?? Saya Jadi Takut, Jangan Sampai Akhir takdir saya adalah Buruk dan Kafir.
Usaha saya adalah Mencari kajian Tauhid, tannya sama Ustadz.. tapi mereka membahas hanya masalah kesyirikan. Kalau kesyirikan saya sudah faham Ibadah hanya kepada Allah.
saya jadi ragu apa saya beriman atau tidak sekarang ini, Rasanya semuanya menjadi Tawar, tidak semanis dulu, ibadah saya saat ini masih lancar 5 waktu di masjid, sholat sunnah, dhuha, dzikir dll. hanya masalah hati ini yang tidak menentu, seperti kehilangan Iman dan keyakinan.
Apakah yg harus saya lakukan agar semua nya kembali Normal seperti dulu.
Tolong tanyakan kepada Ustadz yang sangat Ahli dalam masalah Iman??
Saya Menanti Jawaban nya..
Jazakumullahu khairan katsiira.
_____
admin:
Pertama-tama kami katakan, tidak sepantasnya antum mengatakan kalau antum sudah paham kesyirikan dengan pemahaman yang betul dan lengkap, karena ucapan itu menunjukkan antum belum tahu apa-apa tentang tauhid dan kesyirikan. Jangankan kita, Nabi Muhammad sendiri masih disuruh untuk mempelajari 'laa ilaha illallah'. Karena seorang muslim tidak boleh bosan apalagi berhenti untuk mempelajari tauhid dan kesyirikan.
Kemudian selanjutnya, selama antum melaksanakan semua ibadah yang antum sebutkan di atas dengan ikhlas dan sesuai dengan petunjuk Nabi, maka tidak ada perkara yang antum butuh khawatirkan. Was-was seperti itu hanyalah godaan dari setan, karenanya berlindunglah kepada Allah setiap kali was-was seperti itu muncul. Bahkan dalam sebagian hadits disebutkan bahwa was-was sepertti itu adalah tanda kuatnya keimanan. Hal itu karena semakin tinggi iman seseorang maka semakin besar was-was dan godaan dari setan.
Karenanya antum lanjutkan saja aktifitas ibadah antum dngan tetap menjaga keikhlasan dan mutaba'ah kepada Nabi, dan tidak perlu memperhatikan was-was tersebut karena itu hanya akan mengganggu antum. Wallahul muwaffiq

(-607) Nasrullah
Fri, 1 January 2010 14:00:07 +0000

Assalamu'alaykum

bagaimana hukum shalat secara estafet yg dilakukan seseorang yaitu makmum jadi imam apakah ada dalilnya?dan apakah dia mendapat pahala berjamaah.
jazakumullah khair
______
admin:
Jika makmum masih berimam kepada seorang imam maka tidak boleh menjadikannya sebagai imam.
Jika makmum ini adalah masbuk dan imamnya sudah salam lalu dia berdiri untuk menyempurnakan shalatnya yang kurang, maka dia boleh dijadikan imam.
Dalilnya adalah hadits Abu Said Al-Khudri dia berkata:
أَنَّ رَجُلًا دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَقَدْ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَصْحَابِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ فَصَلَّى مَعَهُ
"Seorang laki-laki masuk ke dalam masjid sedang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabatnya telah melakukan shalat, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Barangsiapa ingin bersedekah kepada orang ini hendaklah dia shalat bersamanya, " lalu berdirilah seorang laki-laki dan shalat bersamanya." (HR. Ahmad no. 10980)
Juga berdasarkan dalil-dalil umum akan disyariatkannya shalat berjamaah. Daripada dia shalat sendiri, maka tentunya dia lebih utama berjamaah dengan cara menjadikan seorang yang masbuk menjadi imam dan dengannya dia teranggap shalat berjamaah dan mendapatkan pahala berjamaah.
Hanya saja jika ada dua orang yang terlambat shalat lalu mendapati seorang masbuk yang masih shalat, maka hendaknya mereka berdua berjamaah sendiri dan tidak perlu mengikut kepada yang masbuk. Wallahu a'lam.



(-608) ibnuismail
Fri, 1 January 2010 13:45:16 +0000

Assalamua’laikum Ust

Ana ada pertanyaan nak di tanyakan kpd ust. Ana tinggal di Singapura. Kita diwajibkan untuk menjalani latihan askar. Dan kita tidak dibenarkan menyimpan jenggot dan memakai celana panjang. Jika kita ingkari, kita akan di tahan di penjara. Ini juga akan menyebabkan kita hilang pekerjaan dan sukar untuk mendapat pekerjaan baru kerana rekod pernah di penjarakan. Soalan ana, adakah ini di kira darurat, yg membolehkan kita memotong jenggot dan memakai celana pendek? Apa sebaiknya harus seseorang lakukan.. Mohon penjelasan ust..

Jazakallahu Khair.
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Wallahu a'lam, keadaan yang antum sebutkan belum bisa dikatakan darurat karena tidak membahayakan agama, atau akal, atau nyawa, atau harta, atau kehormatan antum. Yang ana bisa nasehatkan hanyalah hendaknya antum yakin dengan sabda Nabi -shallallahu alaihi wasallam-:
إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئًا اتِّقَاءَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِلَّا آتَاكَ اللَّهُ خَيْرًا مِنْهُ
"Sungguh, tidaklah sekali-kali kamu meniggalkan sesuatu karena takut kepada Allah 'azza wajalla, melainkan Allah akan memberikan kepadamu kebaikan dari rasa takut tersebut." (HR. Ahmad no. 19819)
Dan barangsiapa yang mendapatkan rezeki dengan melanggar perintah Allah niscaya dikhawatirkan rezekinya tidak mendatangkan berkah kepadanya.



(-609) Ibnu muhammad
Fri, 1 January 2010 04:06:46 +0000
email

Tadz gmn hukumny menabung untk kebutuhan masa depan d bank konvensional seperti BRI.dng menyisihkan bunga yg kt dapat unt sodakoh/tdk kt ambil.soalny klo an simpan d rumah.cepat habis buat kebutuhan lain.jazallohu khoiron.BUDI SUSILO.SIMO.
_____
admin:
Tidak boleh menyimpan uang di bank dengan alasan seperti itu, karena itu termasuk membantu mereka dalam menjalankan riba. Karena uang kita yang tersimpan akan mereka (bank) olah dan sebagian hasilnya akan mereka jadikan bunga bagi antum dan nasabah, dan sebagian lain untuk bank.
Kalau alasan antum seperti, maka cara menanganinya tentunya adalah kesadaran pribadi dan komitmen yang kuat untuk tidak menghabiskan uangnya, bukan dengan menyimpannya di bank.
Atau mungkin juga bisa dengan mencari lembaga penyimpanan uang yang mempunyai fasilitas penitipan lemari besi. Dimana nasabah hanya menyimpan uangnya di situ dan lembaga tersebut tidak boleh mempergunakan uang yang kita simpan, lalu setiap bulan atau tahun kita membayar kepadanya sewa penggunaan dan penjagaan lemari besi tersebut. Ini termasuk bentuk wadi'ah yang diperbolehkan insya Allah selama syarat-syarat wadi'ah yang lain terpenuhi. Wallahu a'lam.

(-610) Acha
Wed, 30 December 2009 23:53:24 +0000
url  email

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuhu

Ana ada beberapa pertanyaan nich Ustadz..Mohon kesediaannya untuk dijawab ya Ustadz

1.saat Masbuq (Telat dalam Sholat) dan mendapati sedang rokaat ke-4 pada saat tahhiyyat akhir ketika mengangkat jari telunjuk bacaan yg kita baca sampai mana ustadz??? apakah juga sama seperti imam (sampai sholawat dan do'a 4 fitnah) atau bacaan cukup seperti rokaat ke-2 (sampai syahadatain)???
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
Wallahu a'lam, yang lebih tepat dalam hal ini adalah dia hanya membaca sampai syahadatain karena saat itu belum tasyahud terakhir baginya. Sementara shalawat dan doa berlindung dari 4 perkara hanya dibaca pada tasyahud terakhir. Wallahu a'lam.

(-611) abu salim
Sun, 27 December 2009 09:45:06 +0000
email

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaykum,
Saya berharap Allah Ta'ala memberikan keberkahanNya kepada kita,
afwan saya mau tanya beberapa waktu lalu saya mengirim email ke alamat email pribadi Ust.Rizki,apakah Beliau sudah mengganti alamat email pribadinya sehingga belum sempat memjawab pertanyaan saya di antaranya,;
saya dengar Syaikh Abul Abbas sedang di negeri ini,apakah benar,jika ya,adakah rencana Beliau mengunjungi kami atau bahkan bersama Ust.Rizki juga?

Abu Salim,
Bumi Sakinah
Barelang Batam
Kepulauan Riau

Jazakumullahu khairan
_______
admin:
Setahu ana email beliau masih: zhahiri@yahoo.co.id
Ia, ust. Abu Al-Abbas beserta ust satu lagi (ana lupa) pernah main ke vila sini, tapi wallahu a'lam setelahnya. Coba antum telp langsung ust. risky

(-612) makhrus
Sun, 27 December 2009 01:25:09 +0000
url  email

sukron katsir..
_____
admin:
Waiyyakum.

(-613) rizki
Fri, 25 December 2009 13:55:05 +0000
email

Assalamualaikum
titip salam ana buat ustadz andi arlin, lc
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Insya Allah, beliau sekarang masih di Makkah, alhamdulillah kemarin beliau berangkat menunaikan ibadah haji.

(-614) nuriz_ida AL-MaliQi
Fri, 25 December 2009 06:23:38 +0000
email

saya suka blog ini. makasih dah byk bagi ilmu...moga ALLAH slalu melindungi dan mencintaimu. AMIN
______
admin:
Sama-sama, semua itu hanyalah keutamaan dari Rabbku. Allahumma amin.

(-615) anwar abd. rahman
Fri, 25 December 2009 02:03:01 +0000
email

alhamdulillah, saya bersyukur dengan adanya al-atsariyyah.com.saya merasa semakin mantap melaksanakan sunnah dan menjauhi bid'ah yang merajalela di tanah air kita. syukran jaziilan
______
admin:
Alhamdulillah bini'matihi tatimmush shalihat.
Bersyukurlah kepada Allah dengan menjaga hidayah yang anda telah berada di atasnya. Waiyakum

(-616) dirgam
Thu, 24 December 2009 23:09:06 +0000
url  email

assalamu'alaikum
mampir
barokallahu fik
____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Tafadhdal, wafikum barakallah.

(-617) Rizal
Wed, 16 December 2009 14:04:06 +0000
email

Assalamu'alaikum
ana mau nanya, apa antum tahu tentang cd program warisan. apa ada yang jual?
_____
admin:
waalaikumussalam warahmatullah.
Ana rasa sudah banyak yang keluarkan, kami juga pernah mengeluarkan cuma setau ana sudah habis. Atau coba antum hubungi penulisnya: 0815 250 250 5 (ust. Abu Zakariya)

(-618) mpubandaaceh
Mon, 30 November 2009 08:33:22 +0000
url  email

Assalamualaikum

Semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat bagi ummat
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Allahumma amin.

(-619) h.m.asroruddin
Sat, 28 November 2009 14:02:50 +0000
email

kami sampaikan terima kasih yg sebesar-besarnya atas artikel-artikelnya
_______
admin:
Sama-sama, semoga kami selalu ditambahkan ilmu, kesehatan, dan waktu luang agar bisa terus menyumbangkan artikel yang bermanfaat.

(-620) marwan ds
Wed, 25 November 2009 13:36:35 +0000
email

Makin dilihat makin menarik dan menjadi kebutuhan.
Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita semua dalam menuntut ilmu
_____
admin:
Allahumma amin.

(-621) Ibnu Ahmad Albanjary
Tue, 24 November 2009 09:54:37 +0000
email

[Download] Daurah Fadhlul Islam - Ustadz Dzulkqarnain - Sabtu&Ahad 21&22 Nop 2009 - Banjarmasin


Bismillahirrahmanirrahiim
Berikut rekaman daurah yang telah dilaksanakan di MAsjid Al-Baythar Banjarbaru
pada tanggal 21-22 NOpember 2009, Bersama Al-Ustadz Dzulqarnain. Jazakumullahu khayran kepada Ustadz Dzulqarnain, Panita, Ta'mir Masjid, dan segenap ikhwah yang telah membantu
terselenggaranya acara ini. Mohon maaf kami tidak disiarkan langsung via paltalk kerana kendala teknis.
Untuk mendapatkan rekamannya silahkan download pada link berikut:

http://www.4shared.com/file/158433081/c9cbd9e6/1_091121_Ust_Dzulqarnain_Fadhl.html
http://www.4shared.com/file/158433141/64bcfcdd/Bjm_091122_Ust_Dzulqarnain_Seb.html
http://www.4shared.com/file/158433166/c8ee0bfc/4_091122_Ust_Dzulqarnain_Fadhl.html
http://www.4shared.com/file/158433173/a19fce32/3_091122_Ust_Dzulqarnain_Fadhl.html
http://www.4shared.com/file/158433193/3f1ce3bc/2_091121_Ust_Dzulqarnain_Fadhl.html

Bagi pengelola web/blog, dipersilahkan untuk men-share rekaman
tersebut di web yang antum kelola, Barakallahufiikum.

An. Panitia
Abu Yazid bin Kurdi
Ibnu Ahmad Al-Banjary

(-622) abu muhammad
Sun, 22 November 2009 09:48:26 +0000
email

assalamualaikum,
ana mau tanya, apa antum tau dimana alamat/lokasi pondok tempat para asatidz jakarta (Al-ust. Jafar Salih dkk) yg rencananya akan dibangun di sekitar jakarta??jazakalloh khoir
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Afwan akhi ana nggak tahu. Coba antum buka situs: http://www.ahlussunnah-jakarta.com/, mungkin ada info di sana. Waiyyakum

(-623) Abu Fauzan Taufiq
Sat, 21 November 2009 04:02:29 +0000
email

Bismillah,Subhanallah....
Semoga Allah subhanahu wata`ala senantias memberikan antum semangat dalam berda`wah melalui website ini.Inni uhibbukafillah. Barakallahufikum
______
admin:
Allahumma amin, wakadza nahnu nuhibbukum fillah.

(-624) Abdullah
Fri, 20 November 2009 06:45:32 +0000

Assalamualaikm warhmtllh.ana minta tolng innformasi tmpt ruqyah syar i di daerah bekasi.syukrn katsira.
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh. Afwan jiddan kami tidak tahu apa di bekasi ada atau tidak. Tapi yang lebih utama hendaknya seseorang meruqyah dirinya sendiri dan tidak meminta ruqyah kepada orang lain, guna menjaga tawakkal dan harapannya hanya kepada Allah dan bukan kepada makhluk.

(-625) Rizal
Tue, 10 November 2009 03:17:40 +0000
email

Assalamu'alaikum
Jazakumullahu khairan atas fasilitas tanya jawab yang telah disediakan.
Semoga pengelola website ini mendapat limpahan pahala yang berlipat ganda dari Allah subhanahu wa ta'ala. Amien
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Waiyyakum, semoga Allah senantiasa mencurahkan nikmat ilmu, kesehatan, dan waktu luang kepada kita semua. Allahumma amin

(-626) ichwan setiawan
Sun, 1 November 2009 02:20:48 +0000
email

alamat ruqyah di jogja dimana ?
______
admin:
Wallahu a'lam, mungkin antum bisa cari di google atau di situs islami lainnya.

(-627) habib
Sat, 31 October 2009 08:27:23 +0000
url  email

Assalamu'alaikum Ustadz..
Boleh minta jadwal kajian di sekitar vila nusa indah?
Jazakallah Khair..
_______
admin: Waalaikumussalam warahmatullah.
Pusatnya di blok Y13 no. 12 dari jam 6-12 pagi, habis ashar, dan habis isya dari senin-kamis.

(-628) ani
Mon, 19 October 2009 04:56:17 +0000

Assamu'alaikum ustadz..

saya punya permasalahan soal haid yang tidak beraturan, sehari keluar sehari tidak, bagaimanakah hukumnya? kapan saya harus sholat ?
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Ikuti saja waktu biasanya anti haid, misalnya setiap awal bulan selama 7 hari atau misalnya setiap tanggal 5 sampai tanggal 10, dan seterusnya. Jika anti berada dalam masa biasanya anti haid di situ maka tinggalkan shalat -walaupun tidak ada darah yang keluar- sampai selesai masa haidnya atau melihat tanda suci. Adapun di luar dari masa haid tersebut maka tetap kerjakan shalat walaupun ada darah yang keluar, karena itu bukan darah haid. Sebagian ulama menamakannya dengan nama 'darah kotor', wallahu a'lam.


(-629) Abu Khalid Acha
Fri, 2 October 2009 09:55:59 +0000
url  email

Bismillah,

Afwan ustadz. Ana ingin menanyakan. Adakah keterangan riwayat yg shahih yg menunjukkan nama dari Ratu Saba adalah Bilqis ? Dan bisakah untuk dijadikan rujukan nama anak ?

Jazzakallahu khairan
______
admin:
Wallahu a'lam, syaikh Ibnu Al-Utsaimin dan selainnya menyatakan tidak adanya riwayat yang shahih dalam masalah siapa nama wanita tersebut. Karenanya yang lebih tepat dikatakan 'wanita dari saba`' sebagaimana dalam Al-Qur`an dan tidak dikatakan ratu balqis karena tidak adanya dalil yang shahih.
Adapun dijadikan sebagai nama maka masalah nama itu bebas asalkan tidak pakai nama Allah yang khusus milik-Nya, tidak bermakna penyembahan kepada selain Allah, tidak mengandung makna tazkiah kepada diri, tidak bermakna jelek, dan tidak tasyabbuh dengan orang kafir.
Adapun balqis, wallahu a'lam apa maknanya, mungkin dia nama tempat atau apa, wallahu a'lam. Yang jelas nama itu hendaknya mengandung makna yang jelas dan baik.

(-630) Abu Khalid Acha
Fri, 2 October 2009 00:57:37 +0000
url  email

Bismillah,

Assalamu'alaykum Ustadz..

Mudah2an terus di update tulisan2nya Ustadz.

Barakallahu fiiykum
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Amin semoga selalu ditambahkan ilmu, kesehatan, dan waktu luang. Wafikum barakallah.

(-631) muhammad reza
Thu, 24 September 2009 22:49:18 +0000
url  email

Bismillah
ustadz.. ana mau bertanya ..ada ikhwah yang tinggal di perumahan baru yang penduduknya masih sedikit, perumahan tersebut punya masjid yang Alhamdulillah sudah dipakai shalat jum'at disitu.
tapi masalahnya di masjid itu yang meramaikan kebanyakan hanya para pekerja perumahan,
pertanyaannya; bagaimana jika para pekerja tersebut libur, apakah boleh masjid tersebut tidak dilaksanakan shalat jumat untuk beberapa pekan?, karena cuma ada 2 sampai 3 orang penduduk perumahan, bagaimana seharusnya tindakan ikhwah tersebut sebagai (satu-satunya) pengurus masjid tersebut ustadz..apakah dia berdosa kalau beberapa kali tidak menyelenggarakan shalat jumat di masjidnya tersebut?
_____
admin:
Ia gak masalah. Kalo memang jamaahnya tdk ada maka dia jangan menyelenggarakan shalat jumat di situ, tapi hendaknya dia bergabung ke masjid lain yang diselenggarakan shalat jumat di situ.


(-632) M.AZIZ di singkep kepri
Fri, 18 September 2009 01:49:27 +0000
email

Bismillah, afwan ana pernah baca artikel tentang hadits al 'ajn, apakah ada ulama' abad ini yang mendho'ifkan hadits tsb? Jazakumullahu khairon
____
admin:
Di antara yang melemahkannya adalah Syaikh Bakr Abu Zaid hafizhahullah dalam risalah beliau 'Laa Jadiida fii Ahkam Ash-Shalah' hal. 47-48. Waiyyakum

(-633) Abu Salim
Sat, 5 September 2009 10:42:48 +0000
email

Bismillah,
Alhamdulillah sekitar beberapa hari lalu ana mengunjungi keluarga di jakarta,rencananya juga akan silaturrohim ke bekasi,tapi karna kekeliruan maskapai yang akan kami tumpangi akhirnya kami kembali ke batam lebih cepat,sesaat setelah gempa...
Afwan Ustadz,jika ahsannya kami tidak ikut belajar di MEDIU,lalu bagaimana dengan belajar kami di batam..?
Adakah solusi untuk kami...?
Hari ini ana dapat info ada belajar b.arab gratis berlokasi di jl.hamka batu aji batam,yang diselenggarakan oleh muhammadiyah selama 2th dengan materi alquran hadits dll dan staf pengajar lulusan al-azhar,pendaftaran paling lambat tanggal 10sept'09,tapi kami khawatir materi yang disajikan nanti tidak sesuai dengan pemahaman yang shohih..,
adakah nasihat untuk kami..?
jazakumullahu khoiron
_______
admin: Afwan jiddan yang akhi, sekali lagi ahsannya antum hubungi ust. Abu Zakariya karena beliau lebih faham tentang Batam, soalnya beliau dulu sering ke sana. Barakallahu fikum

(-634) sari
Fri, 4 September 2009 06:37:29 +0000

Assalamu'alaikum.
Saya pernah baca di blog jika seorang wanita hamil krn perbuatan zina,maka tidak boleh dinikahi ketika ia hamil sampai ia melahirkan.Saya adalah seorang wanita yang dinikahi suami saya ketika saya sdh hamil.Dan skr saya sudah mempunyai 2 anak.
1.Apakah saya harus mengulangi ijab qabul pernikahan saya?
2.Ironisnya,apa yg terjadi pada saya dulu juga menimpa ibu saya ketika sedang hamil saya.Jadi saya tidak mempunyai wali.Jika saya harus mengulang ijab Qabul,saya harus diwalikan oleh siapa?
Semoga Allah membalas amal kebaikan ustadz.
_____
admin:
Ada persilangan pendapat di kalangan ulama mengenai hukum mengadakan akad nikah saat hamil. Sebagian -seperti Ibnu Jarir- menyatakan syahnya walaupun yang kuat adalah apa yang disebutkan penanya.
Adapun hukum wanita yang akad nikah dalam keadaan hamil dalam keadaan tidak mengetahui hukumnya, maka para ulama mengkategorikannya ke dalam nikah syubhat. Insya Allah nikahnya syah dan tidak perlu diadakan ijab qabul ulang. Dengan dalil bahwa Nabi -shallallahu alaihi wasallam- tidak menyuruh para sahabat yang baru masuk islam untuk memperbaharui akad nikah mereka di zaman jahiliah, padahal sudah dimaklumi bahwa akad mereka tidak sesuai dengan islam.
Demikian halnya yang terjadi pada ibu penanya, kita katakan syah karena mereka tidak mengetahui hukumnya.
Adapun bagi sang anak yang lahir dari perzinahan maka walinya adalah pemerintah, dalam hal ini adalah KUA karena suami ibunya, walaupun dia sendiri yang berzina lalu menikahi ibunya, bukanlah dianggap sebagai ayah dalam syariat (termasuk perwalian) walaupun dia ayahnya secara kauni (darah dagingnya).
Adapun kewajiban setelah tahu hukumnya adalah segera bertaubat kepada Allah dan memperbanyak kebaikan terkhusus shalat dan sedekah karena keduanya sangat cepat dalam menghapuskan kejelekan-kelejelekan. Wallahu a'lam bishshawab.


(-635) irwansyah
Sat, 29 August 2009 02:41:52 +0000
email

salam kenal, mudah2an banyak manfaat yg ddapat. serta mnambah keyakinan dlm beragama.

(-636) Ibnul Amri
Fri, 28 August 2009 06:42:07 +0000
url  email

Assalamualaikum,

Ustadz, ana minta izin 'tuk menyebarkan tulisan-tulisan antum di web ana.

http://www.islamku.net/

BarakAllahufiik
_____
admin:
Tafadhdhal, barakallahu fikum

(-637) Abu Salim
Sat, 22 August 2009 15:03:57 +0000
email

Bismillah,afwan ustadz kami di kota batam Perumahan bumi sakinah barelang,beberapa bulan lalu ustadz Abu Zakariya Abdurrohman Riskhy datang dan mengajar kami selama 1minggu,dan rencana awal antara beliau dengan ustadz raihan (guru takhoshus kami di batam) bahwa akan ada kunjungan rutin untuk mengajar kami dan mungkin akan bergantian baik dengan ustadz Abu Muawiah atau asatidz yang lain,tapi qodarullah tidak berjalan sesuai rencana,dan ustadz raihan sekarang menyarankan kami agar ikut tes MEDIU.
Adakah nasihat untuk kami disini?
Syukron Jaziila
Jazakumullahu khoiron
________
admin:
MEDIU yang kuliah lewat internet itu ya? Ahsannya antum jangan ikut dulu sebelum bicara ke ust. risky secara langsung karena ana pernah mendengar beliau mengeritik program ini, dan dari argumennya, ana sependapat dengan beliau.

(-638) yazid bustomi
Wed, 12 August 2009 13:47:24 +0000
email

Sahhalallahu Umuuronaa

(-639) Abusalman
Wed, 12 August 2009 03:13:09 +0000
email

Bismillah.
Afwan mau naya di disini ada pondok tuk anak2 usia 6 th tidak??

Jazakallah.
______
admin:
Afwan tidak ada. Waiyyakum

(-640) marjuki
Fri, 7 August 2009 02:28:27 +0000
email

ass.wr.wb
Pak Ustd. saya mau tanya tentang hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui, serta bagaimana cara membayar puasa yag ditinggalkannya? bila harus membayar fidyah, boleh kah membayarnya dengan cara mengakumulasi fidyah itu selama bulan ramadhan (diawal atau di akhir bulan Ramadhan)? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban yang diberikan. Wass. wr.wb.
______
admin:
Syaikhul Islam Ibnu Taimiah memberikan rincian dalam hal ini:
1. Jika ibu hamil dan menyusui tidak berpuasa karena khawatir akan kesehatan dirinya saja maka dia membayar qadha`, diikutkan dengan hukum orang yang sakit.
2. Jika keduanya tidak berpuasa karena khawatir akan janin atau anaknya, maka dia hanya membayar fidyah, diikutkan berdasarkan atsar Abdullah bin Abbas riwayat Ibnul Jarud.
3. Jika keduanya tidak berpuasa karena khawatir akan kesehatan dirinya sekaligus khawatir akan janin atau anaknya, maka dia membayar fidyah sekaligus mengqadha` puasanya.
Boleh mengakumulasi jumlah fidyah lalu membayarnya setelah bulan ramadhan.

(-641) fajar
Sat, 1 August 2009 11:53:47 +0000
email

Assalamualaikum, saya ingin belajar islam. Adakah kajian di vila nusa indah, bojong kulur, kebetulan saya warga baru di situ. Tolong infonya,, saya ingin belajar islam yg benar. Terima kasih.
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Alhamdulillah ada beberapa kajian yang antum bisa ikuti baik di ma'had maupun masjid-masjid. Pusat kegiatan kajian tiap hari ada di Vila Nusa Indah II blok Y13 no. 12. Juga ada di masjid Al-Furqan depan pasar bojong tiap malam ahad antara magrib-isya dan masjid Al-Fath belakang pasar Bantar Gebang setiap malam senin ba'da isya.

(-642) Evy
Fri, 31 July 2009 21:49:27 +0000

Alhamdulillah saya banyak dapat ilmu hari ini,terimakasih.


(-643) vino abu hammam
Mon, 27 July 2009 14:31:23 +0000
email

assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
ana dari madiun. ana pernah belajar sama ustadz rizky (abu yahya/abu zakariya). salam kenal buat ustadz yang lain. mudah2an asatidz yang mengelola web ini selalu istiqomah dalam mendakwahkan dakwah salafiyyin yang haq ini, agar orang2 seperti ana yang masih jauh ilmunya dapat menambah ilmu dien melalui web ini. semoga ALLOH memberi balasan surga kepada para asatidz dan ikhwan semua. amin. kalau ada salah kata ana mohon maaf yang sebesar-besarnya.
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Na'am ana pernah dengar ust Abu Zakaria ngomong tentang antum, jazakumullahu khairan atas semua bantuannya kepada wisma Al-Atsariyyah selama ini. Allahumma amin

(-644) Abu Daud
Tue, 21 July 2009 23:28:13 +0000

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, ustadz.

ana ingin mengajarkan anak berenang tapi kondisi kolam renang pada umumnya berbaur antara laki-laki dan wanita. Lalu dimana tempat yg terbaik utk itu ? jazakallah
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Wallahu a'lam, mungkin di daerah antum ada sungai atau pantai yang jarang dikunjungi?

(-645) siti
Tue, 7 July 2009 14:16:42 +0000

Ass

saya seorang gadis,jujur,saya berzina dah sekian kali dengan 3 lakilaki
saya ingin bertobat.tolong bantuannya
agar saya bisa di beri ampunan oleh ALLAH SWT.
____
admin:
Pujilah Allah sebanyak-banyaknya atas hidayah dan taufiknya kepadamu sehingga kamu bisa bertaubat . Adapun taubat, maka Allah Ta'ala -dalam banyak nash- telah menjanjikan kepada siapa saja yang bertaubat kepada-Nya bahwa Dia akan mengampuninya, walaupun dosanya berupa kesyirikan. Hanya saja para ulama menyebutkan beberapa syarat diterimanya taubat , silakan lihat di sini: http://al-atsariyyah.com/?p=635
Selain shalat taubat, mereka juga menyebutkan bahwa di antara kesempurnaan taubat adalah dengan berhijrah/menjauhi semua tempat dan semua keadaan dan semua orang yang bisa menyebabkan kita kembali kepada dosa tersebut, sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadits pembunuh 100 nyawa tatkala dia disuruh untuk meninggalkan kampungnya. Juga hendaknya memperbanyak amalan saleh secara umum karena Allah berfirman, "Sesungguhnya kebaikan-kebaikan menghapuskan kejelekan-kejelekan," terkhusus sedekah, karena Nabi -shalallallahu alaihi wasallam bersabda-, "Sesungguhnya sedekah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air mematikan api."
Istiqamahlah di atas taubatmu karena sesungguhnya Allah tidak akan menelantarkan orang-orang yang berbuat baik.

(-646) abu umair
Fri, 3 July 2009 03:21:41 +0000
email

Assalamualaikum, ana mau tanya tentang informasi penerimaan santri di ma'hat Tanwir gowa karena banyak ikhwah2 di manado ini tanya tentang mahat dan persyaratannya untuk mendaftar , Jazakumullah khairan
_____
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah. Antum bisa tanyakan melalui situs www.almakassari.com

(-647) hery setiawan
Thu, 25 June 2009 11:46:40 +0000
url  email

kalau boleh tau donk gimana hukumnya orang yang suka menggambar benda bernyawa.
______
admin:
Silakan baca di sini: http://al-atsariyyah.com/?p=517

(-648) Marketing Gema -Ilmu.Com
Fri, 5 June 2009 14:11:15 +0000
url  email

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

PROMO!!!

Alhamdulillah, sejak bulan April lalu, website Penerbit & Distributor Buku Islami Pilihan Gema Ilmu mulai dirilis dan alhamdulillah telah banyak diambil manfaatnya oleh kaum muslimin.

Kami senantiasa mengedepankan kenyamanan konsumen dan juga memberikan kemudahan bagi kaum muslimin untuk memperoleh buku-buku bermutu Ahlus Sunnah. Jika buku itu bisa dijual murah, lantas kenapa harus dimahal-mahalkan?

Gema-Ilmu hadir memberikan tawaran menarik bagi Anda sekalian, kaum muslimin di mana pun Anda berada, bahwa setiap pembelian minimal Rp 500.000,- akan mendapatkan diskon mulai dari 30%! Dan juga akan mendapatkan diskon hingga 50% (khusus buku terbitan Gema Ilmu) dan maksimal 45% untuk terbitan lain, dengan minimal pembelian minimal 1 juta.
Kami juga berikan bonus buku tambahan buat Anda, berikut stiker Islami.

Untuk Anda yang berada di Pulau Jawa, untuk pembelian minimal Rp 200.000 akan mendapatkan diskon 10% dan BEBAS BIAYA KIRIM. Berikut bonus buku + stiker Islami.

Untuk info lebih lanjut, silahkan hubingi kami di : 081328808279 atau email : gemailmujogja@gmail.com/gemailmujogaj@yahoo.com
=====================================
Gema-Ilmu.Com, Solusi Murah dan Cepat Belanja Buku Islami Piihan!

(-649) Ridhwa Akhlashuttaubah
Sat, 30 May 2009 22:33:18 +0000
email

Bismillah
Washshalaatu 'alaa Rasulillah
Jazaakumullahu khairan atas website ini

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks