Buku Tamu

Silakan mengisi buku tamu dengan bahasa yang jelas dan sopan. Hanya saja sebelum halaman ‘Buku Tamu’ ini berubah fungsi,  maka di sini kami butuh tekankan bahwa halaman ini bukanlah tempatnya menginput pertanyaan. Halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk menginput ‘salam’ atau ‘apresiasi’ atau ‘pertanyaan tentang blog ini’ atau pengumuman yang bermanfaat seperti daurah, muhadharah, dan semacamnya.

Adapun untuk pertanyaan keagamaan, maka silakan diinput melalui kolom komentar setiap artikel atau melalui halaman ‘Kirim Pertanyaan’. Karenanya harap maklum jika setiap pertanyaan yang masuk ke halaman ini akan langsung kami hapus. Jazakumullahu khairan atas perhatiannya.


 Name *
 Email
 Website
 Text *
* Required

Anti-spam measures
Please insert the letter and number combination into the text field before submitting the guestbook entry.
8 + 7=

(0)
(-500) abdillah
Mon, 21 June 2010 10:50:32 +0000
url  email

assalamualaikum,,

ustadz, ana mau nanya?
tentang masalah shalat karena macet.

ana punya teman,aktivitas kesehariannya kuliah. dmana jarak rumah dg kampusnya jauh(tj.priuk-kebayoran), dan juga macet(bisa sampai 4jam)

dia punya masalah dalam hal mngerjakan sholat.(biasanya maghrib dg isya)

dia menggambarkan kondisinya,"kadang saya menjamak shalat,
kadang juga bertayamum dan shalat (maghrib)di bus karna khawatir di jalan Allah berkehendak lain. bgitu sampai drumah saya ulangi shalat(maghrib) tadi(yg di bus dg bertayamum).
dan saya jamak dg shalat isya."


apakah tindakannya sudah benar ustadz?
ana khawatir tindakannya salah, dan ana ingin menasihatinya....
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Pertama, kalau memang memungkinkan bagi dia untuk turun dari angkutan umum -misalnya bukan jalan tol dan angkutan menuju ke tempatnya masih banyak-, maka hendaknya dia turun dan shalat di masjid, karena Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak pernah shalat wajib di atas kendaraan.
Kedua, kalau memang tidak memungkinkan bagi dia untuk turun dan dia tidak mempunyai air, maka apa yang dia lakukan sudah tepat, yaitu tayammum lalu shalat di atas kendaraan. Hanya saja dia keliru karena mengulangi lagi shalat magribnya. Shalat di atas kendaraan tersebut sudah syah dan sempurna sehingga tidak perlu lagi diulangi. Wallahu a'lam




(-501) Abu rosyid
Fri, 18 June 2010 06:06:47 +0000
email

Assalamu'alaykum tadz tolong bantu u mencri solusi masalah na..insya allah an mau belajar bhs arab d mahad ustman bin affan jakarta..tapi orang tua melarangny krn takt d sesatkan atau d cuci otakny u djadikn pe ngebom bunuh diri..bgm cr menasehti orang tua krn mrk mash awam ttg salafi dan mahad ustman apakah salafi.tlng d tunggu jawbnya.jazakumullohu khoiron wa baarokallahu fiikum.
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
kalau menurut ana, antum wajib menaati orang tua. Karena menaati orang tua adalah fardhu ain dan belajar bahasa arab adalah fardhu kifayah, dan tentunya fardhu ain lebih didahulukan. Apalagi perintah orang tua di sini bukanlah perintah maksiat sehingga wajib dipenuhi.
Dari sisi yang lain, untuk belajar bahasa arab tidak perlu masuk ke tempat belajar formal seperti Utsman dan semacamnya, insya Allah majelis bahasa Arab non forman yang diadakan oleh para asatidz dan penuntut ilmu bisa ditemukan di daerah2 dimana dakwah salaf ada di situ.
Adapun masalah apakah ma'had Utsman adalah salafy, maka kami tidak bisa menjawabnya karena kami tidak mengetahui apa-apa tentang ma'had tersebut. Mungkin antum bisa bertanya kepada asatidz yang mengetahuinya.

(-502) akra
Mon, 14 June 2010 22:33:18 +0000

asslamualaikum..
ustad,adakah sunnahanya sholat sebelum melakukan hub suami istri?jazakallah khair
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Wallahu a'lam, kami tidak mengetahui adanya dalil dari amalan di atas.

(-503) ahmad
Wed, 9 June 2010 03:56:53 +0000
email

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, semoga kita Allah tetap memberikan hidayahNya kepada kita. Ana mau bertanya sebagian orang menganggap hipnotis, membaca/menggambar dalam keadaan mata tertutup dll, bukan merupakan sihir karena dapat dijelaskan secara ilmiah sepeerti dengan memaksimalkan otak tengah, mempengaruhi cairan di dalam otak maka hal-hal tersebut dapat dilakukakan. bagaimana cara menerangkan masalah ini kepada orang-orang yang meyakini seperti ini, dan diantaranya yang mendukun hal ini adalah ilmu psikologi? Apa dalil yang tepat untuk masalah ini? 'afwan jika ustadz ada keluangan waktu tolong dibahas secara khusus, insyaAllah bermanfaat bagi umat. 'afwan satu lagi bagaimana hukum mempelajari ilmu psiklogi?
_________
admin:
Insya Allah Ta'ala semoga dimudahkan

(-504) ahmad subhan
Tue, 8 June 2010 04:32:15 +0000
email

bismillah, assalamu'alaikum
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah

(-505) Dedy Iskandar
Sat, 5 June 2010 00:23:13 +0000
email

assalamu'alaikum

saya ingin tanya tentang penerbit buku-buku yang bermanhaj salaf, apa saja nama penerbitnya supaya saya tidak keliru jika ingin membeli.

jazakallahu khairan
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Maaf, secara pribadi kami berpendapat bahwa: Selama sebuah penerbit tidak berkiblat kepada sekte atau kelompok tertentu dan tidak menyuarakan kebatilan, serta para penerjemah dan redaksi dari penerbit tersebut adalah amanah dan berhati-hati dalam penerjemahan, maka insya Allah tidak mengapa membaca buku-buku terjemahannya walaupun itu merupakan penerbit yang dimiliki oleh orang awam.

(-506) Muchamad Anang Arif
Fri, 4 June 2010 17:14:35 +0000
url  email

Alhamdulillah...Saya sangat terbantu dengan artikel-artikel dari Website ini. Maju terus ya...
_______
admin:
Alhamdulillah, insya Allah, jazakallahu khairan

(-507) nirma
Wed, 2 June 2010 06:42:32 +0000
url  email

assalamualaikum........
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.

(-508) M.Aziz
Sat, 29 May 2010 15:22:37 +0000
email

Assalamu'alaykum, ana mau ngirim artikel via email tapi ana nggak paham yg dimaksud dgn image verification, diisi apa di kolom tsb? Jazakallahu khairan
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Maksudnya, susunan huruf dan angka di kiri itu disalin ulang (dimasukkan) ke dalam kolom yang tersedia di sebelah kanannya.

(-509) muhammad wijianto
Wed, 26 May 2010 03:57:24 +0000
email

assalamu'alaikum...

syukron ustadz!

artikel - artikelnya sangat menbatu saya dalam memperbaiki kehidupan saya ini...

wassalam...
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Afwan, waalaikumussalam warahmatullah

(-510) eko
Thu, 20 May 2010 18:11:36 +0000

berati hukum mengusap menjadi batal ketika khuf dilepas ya?
________
admin:
Ia, demikian yang diterangkan oleh Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin rahimahullah dalam Majmu' Fatawa beliau.

(-511) H.M.Anshary Ibrahim
Thu, 20 May 2010 05:00:56 +0000
url  email

Assalamu'alaikum wr.wb
Dengan hormat,
Saya sangat tertarik dengan Buletin Islamy,karena saya sebagai pengelola Buletin Masjid al-Muharram Kota Tarakan, saya mohon ijin untuk mengcopy isi Buletin tsb baik sebagian maupun seluruhnya,dan sekalian mohon ijin untuk mencantumkan sebagai link website islami dalam blog saya.Terima kasih .wassalam.
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Silakan dan terima kasih.

(-512) ahmad
Thu, 20 May 2010 03:26:33 +0000
email

assalamu'alaikum, 'afwan ustadz. kalau memakai uang riba haram bukannya yang ia ambil hanya 895rb, kan si A transfer 100rb jadi uangnya sisa 900rb, kemudian untuk membayar biaya administrasi 5rb. jadi uangnya adalah 895rb. sekedar korekasi. 'afwan ustadz ana sengaja hanya memberi opsi 900rb dan 905rb... karena banyak dari kita tertipu. mohon diperiksa kembali.... jazakalahu khair.
_______
admin:
Ia afwan, ana kira 5 ribu yang tersebut di situ adalah biaya administrasi, soalnya antum tidk menyebutkan besar biaya administrasinya. Jadi yang dia boleh ambil adalah 900rb dikurang biaya administrasi. Wallahu a'lam


(-513) abdul sama
Wed, 19 May 2010 16:25:06 +0000
email


Taklimat Iblis, “Ya Nabi Allah! Janganlah engkau marah. Karena engkau adalah Khatamul Anbiya maka dapat mengenaliku. Kedatanganku adalah diperintah Allah untuk memberitahu segala tipu dayaku terhadap umatmu dari zaman Nabi Adam hingga akhir zaman. Ya Nabi Allah! Setiap apa yang engkau tanya, aku bersedia menerangkan satu persatu dengan sebenarnya, tiadalah aku berani menyembunyikannya.”
Maka Iblis pun bersumpah menyebut nama Allah dan berkata, “Ya Rasulullah! Sekiranya aku berdusta barang sepatah pun niscaya hancur leburlah badanku menjadi abu.”
Apabila mendengar sumpah Iblis itu, Nabi pun tersenyum dan berkata dalam hatinya, inilah satu peluangku untuk menyiasati segala perbuatannya agar didengar oleh sekalian sahabat yang ada di majlis ini dan menjadi perisai kepada seluruh umatku.
Pertanyaan Nabi (1):
“Hai Iblis! Siapakah sebesar-besar musuhmu dan bagaimana aku terhadapmu?”
Jawab Iblis:
“Ya Nabi Allah! Engkaulah musuhku yang paling besar di antara segala musuhku di muka bumi ini.”
Maka Nabi pun memandang muka Iblis, dan Iblis pun menggeletar karena ketakutan. Sambung Iblis, “Ya Khatamul Anbiya! Ada pun aku dapat merubah diriku seperti sekalian manusia, binatang dan lain-lain hingga rupa dan suara pun tidak berbeda, kecuali dirimu saja yang tidak dapat aku tiru karena dicegah oleh Allah.
Kiranya aku menyerupai dirimu, maka terbakarlah diriku menjadi abu. Aku cabut iktikad / niat anak Adam supaya menjadi kafir karena engkau berusaha memberi nasihat dan pengajaran supaya mereka kuat untuk memeluk agama Islam, begitu jugalah aku berusaha menarik mereka kepada kafir, murtad atau munafik. Aku akan menarik seluruh umat Islam dari jalan benar menuju jalan yang sesat supaya masuk ke dalam neraka dan kekal di dalamnya bersamaku.”
Pertanyaan Nabi (2):
“Hai Iblis! Bagaimana perbuatanmu kepada makhluk Allah?

Demikianlah sebagian bunyi dari hadist tersebut?

Syukron
______
admin:
Maaf, kami tidak pernah mendengar hadits di atas, wallahu a'lam


(-514) eko
Tue, 18 May 2010 17:35:56 +0000
email

assalamu'alaikum ustadz,

misalkan saya jam 8 memakai khuf dalam keadaan suci. kemudian safar dan jam 12 berwudlu dengan mengusap khuf lalu melepas khuf ketika sholat.
jam 13 saya memakainya lagi dan masih suci,jam 15 berwudlu dengan mengusapnya.
1. apakah waktu awal mengusap tetap dihitung dari jam 12 atau dari jam 15?
2. apakah boleh menjadikan jam 15 sebagai awal mengusap yang baru?
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Ketika antum membuka kaos kakinya saat akan shalat maka hukum mengusapnya batal dan berhenti sampai di situ. Karenanya jika antum ingin memakainya lagi (dalam hal ini jam 13.00) maka dia wajib berwudhu kembali dengan mencuci kedua kaki, barulah jam 15.00 bisa dijadikan awal mengusap yang baru.
Hanya saja yang nampak di atas, antum memakai kaos jam 13.00 langsung dan tanpa berwudhu lengkap sebelumnya. Karenanya antum tidak diperbolehkan mengusap, karena syarat mengusap tidak terpenuhi. Wallahu a'lam

(-515) hery
Sun, 16 May 2010 07:58:42 +0000
email

Assalamu'alaykum,,,,
tolong kasih tau siapa Abdurrohman bin muljam itu....?
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Yang benarnya abdurrahman bin muljim, dia adalah salah seorang tokoh khawarij yang membunuh Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu

(-516) abdul sama
Sun, 16 May 2010 04:53:43 +0000
email

Pak Ustadz, Bagaimana bunyi lengkapnya hadist Muadz bin Jabal tentang perintah Allah kepada Iblis untuk mengajari/menjawab pertanyaan Rosulullah ?
Syukron, Jazakallahu khaeran
_______
admin:
Wallahu a'lam hadits mana yang bapak maksud, tolong lebih diperjelas

(-517) abdul sama
Sun, 16 May 2010 04:49:13 +0000
email

Assalamu 'alaikum
Pak Ustadz ana bertanya bagaimana status hadist dibawah yg meruapakan hadist dari Al-Baihaqi tolong sanadnya sekalian.
Sesungguhnya perkataan yg paling benar adalah kitabullah, ikatan yg paling erat adalah kalimat takwa, Millah paling baik adalah millah Ibrahim, Sunnah yg paling baik adalah sunnah Nabi Muhammad saw ucapan yg paling muliA adalah zikir kepada Allah, Kisah yg paling baik adalah Al-quran, pekerjaan yg paling baik adalah yg fardu, dan yg paling buruk adalah hal-hal yg diperbarui, petunjuk yg paling baik adalah petunjuk para nabi, dst.

Syukron, Jazakallahu khairan
_________
admin:
Wallahu a'lam, maaf untuk sekarang kami belum punya banyak waktu untuk mentakhrij hadits

(-518) dede hermawan
Fri, 14 May 2010 05:59:46 +0000
email

asalamualaikum
ustad,,skarang ini sdang ramai-ramainya di bicarakan tentang penemuan kapal nabi Nuh as.apakah itu suatu teguran dari allah,mhon penjelasannya.
jazakullah khoiran
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Wallahu a'lam. Yang jelas saya pribadi sangat meragukan kalau itu adalah perahu nabi nuh alaihissalam. Lagipula masalah seperti ini bukanlah masalah yang layak untuk dijadikan bahan diskusi.

(-519) rahma
Wed, 12 May 2010 05:34:30 +0000
email

assalamu'alaikum
ustd.. saya mau bertanya. wajibkah menceritakan aib dimasa lalu (tentang ketidak-perwanan) kepada calon suami sebelum pernikahan?
atas jawabannya jazakallah khoirol jaza..
wassalam
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Itu wajib dia lakukan karena sangat berpengaruh akan kelangsungan pernikahannya, tidak boleh dia menyembunyikannya karena itu merupakan penipuan kepada calon suaminya. Wallahu a'lam

(-520) abu luthfi
Tue, 11 May 2010 14:58:13 +0000
url  email

Bismillah, Assalamualaykum ustadz, Mohon penjelasan tentang hukum isbal, dan bagaimana membantah pendapat yg menyatakan boleh isbal asalkan tidak sombong. Jaazakallohu Khoiron.
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Jazakallahu khairan atas pertanyaannya, insya Allah akan kami ulas pada tempatnya

(-521) ahmad
Mon, 10 May 2010 06:01:08 +0000
email

Assalamu'alaikum, Ustadz bagaimana hukum menggunakan uang riba untuk mmebayar biaya administrasi bank, contohnya...
jika A menabung 1 juta sebulan kemudian saldonya menjadi 1juta 5rb rupiah. kemudian A transfer kepada sesorang sebesar 100rb. jika A hendak mengambil seluruh uangnya, berapakah yang A ambil? 900rb atau 905rb...?
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Dia hanya boleh mengambil 900rb karena uangnya hanya itu. Bunga haram dia ambil, sementara administrasi adalah kewajiban dia membayar kepada bank karena menggunakan fasilitas mereka. Maka tidak boleh menggunakan riba untuk kepentingan pribadi

(-522) abdurahman
Wed, 5 May 2010 07:21:50 +0000
url  email

ustadz,
untuk download buletinnya kok tidak bisa ?
_______
admin:
Afwan kayaknya linknya bermasalah dan qaddarallah kami lupa taruh dimana masternya jadi tidak bisa upload ulang


(-523) Abu rosyid
Sat, 1 May 2010 10:21:00 +0000
email

Assalamu'alaykum syaikh,ahlan wa sahlan,kaifa hal?
Salam kenal,minta nasehatny ttg keutamaan menikah?jazakumullohu khoiron.baarokallohu fiikum.

(-524) Abu Salim
Thu, 29 April 2010 05:59:12 +0000
email

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaikum
'afwan Ustadz saya mau tanya bagaimana hukum akad usaha bagi hasil,1 mengelola 2 modal,lalu usaha tutup.
Apakah 1 perlu mengembalikan modal milik 2 ?
Jazakallahu khairan
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Maaf pertanyaannya tidak lengkap. Apa sebab tutupnya, apa ada perjanjian sebelumya, bagaimana keadaan usahanya ketika tutup.

(-525) Najwa
Sun, 25 April 2010 06:24:28 +0000
email

Assalammu alaikum....Pingin tau tentang agama lebihhhhhh bnyk lg n lg boleh gak?
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Boleh sekali, kenapa tidak.

(-526) Roni
Thu, 22 April 2010 02:20:04 +0000
email

Assalamu'alaikum
Ustadz dan Admin yang terhormat,
Komentar ana yang berisikan pertanyaan sekitar pertengahan April hingga sekarang belum ada. apakah sudah terdelete? Sementara komentar terbaru sudah menunjukkan tanggal 20 an. Ana hampir tiap hari mampir ke web ini untuk menunggu jawabannya. Jazakumullahu Khair atas perhatiannya.
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Jazakallahu khairan atas kesetiaan antum membaca situs kami. Hanya saja kami butuh pengertian antum bahwasanya ilmu penulis di situs ini sangat terbatas, karenanya kami mendahulukan menjawab pertanyaan yang mudah jawabannya. Adapun masalah-masalah yang butuh pembahasan atau yang kami belum ketahui jawabannya maka kami undurkan.
Kami sangat menghindari jawaban tergesa-gesa yang menyebabkan jawabannya kurang atau bahkan salah. Dan antum tentunya juga tidak ingin mendapatkan yang salah. Kemudian, pembahasan -terkhusus masalah fiqhi- bukanlah pekerjaan yang membutuhkan 1 atau 2 jam bahkan mungkin sehari 2 hari tidaklah cukup, ditambah lagi dengan kegiatan lain penulis yang cukup padat.
Karenanya kami tidak mengharuskan siapa yang pertama bertanya maka dia yang pertama dijawab. Saya rasa ini yang butuh kita perhatikan bersama, semoga bisa dimaklumi, mohon maaf jika ada kekurangan. Jazakumullahu khairan

(-527) eko
Wed, 21 April 2010 04:19:08 +0000

ustadz, apakah ada hadits atau atsar tentang walimah khusus khitanan dan apa saja sebaiknya yang dilakukan ketika mengkhitankan anak yang dulu pada waktu lahir tidak langsung dikhitan?
__________
admin:
Wallahu a'lam saya tidak pernah mendengar adanya dalil ttg walimah khitan. Anak yang belum dikhitan maka hendaknya dia dikhitan sebelum dia balig, dan bukan suatu keharuskan dia dikhitang langsung ketika lahir/nasikah. Adapun tata caranya, maka tidak ada ritual khusus. Wallahu a'lam

(-528) henry
Tue, 20 April 2010 00:48:14 +0000
email

Assalamualaikum ustadz.saya kan tinggal dilingkungan yg banyak sekali anjing. stiap hari sering saya jumpai anjing yg melewati jalan berumput yg rumputnya itu agak tinggi, apalagi itu jln umum. yang sya tanyakan apakah jika berjalan dijalan itu terkena hukum najis berat karena dikhawatirkan rumput2 tsb terkena mulut anjing atau lidah anjing yang menjulur.
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Jika baru sekedar kekhawatiran maka tidak perlu diperhatikan. Kecuali kalau dia jelas-jelas melihat liur anjing melekat pada pakaian/tubuhnya, barulah dia diperintahkan untuk mencucinya. Lagipula kalaupun ada liur anjing, maka kemungkinan besar dia sudah kering oleh angin atau sinar matarahari.

(-529) abdul sama
Sat, 17 April 2010 04:25:26 +0000
email

Pak ustadz,
Apa hukumnya berdoa bersama khotib jumat diakhir kutbah kedua?
Terima kasih
________
admin:
Wallahu a'lam, berdoa bersama di akhir khutbah bukanlah perkara yang disyariatkan.

(-530) ahmad
Mon, 12 April 2010 07:27:09 +0000
email

assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh ustadz hammad, ana mw tanya
1. bagaimana hukum menyimpan uang di bank syariah? jika ada kasus,sesorang menyimpan 5 juta kmudian bulan depan saldonya bertambah 14 ribu, bolehkah kita mengambil 14 rb tsb? bagaimana dengan potongan bank setiap bulan untuk biaya atm, jasa transfer dll, bagaimana cara perhitungannya?
2. batalkah sholat kita, ketika kita mendahului imam membaca al fatihah(habis iftitah langsung baca alfatihah) pada sholat jahr?
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
1. 14 ribu itu adalah riba, haram untuk diambil dan dimanfaatkan. Adapun potongan dari bank maka tidak masalah mereka mengambilnya sebagai ganti dari kita menggunakan fasilitas mereka. Hanya saja jika potongan tersebut terlalu tinggi (melebihi batas kewajaran) maka itu merupakan hal yang diharamkan karena menzhalimi nasabah.
2. Insya Allah tidak batal. Jika dia tidak mendahului imam, maka hendaknya dia diam dan menunggu bacaan imam.


(-531) habib
Sun, 11 April 2010 15:22:55 +0000
url  email

Bismillah
ustadz, kajian di daerah Vila Nusa Indah dan sekitarnya ada dimana ya?
_________
admin:
Di vila nusa indah 2 bloy Y12 no. 13


(-532) Gevi lusiana
Wed, 7 April 2010 06:23:09 +0000
email

assalamu'alaikum...
perkenalkan saya Gevi, insyaallah muslim..
apakah Al-atsariyyah tdk mengadakan keanggotaan? spt wisata hati yg dikelola oleh ustadz mansyur?
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Maaf, kami tidak mengadakan kegiatan seperti itu.


(-533) Tandiono
Mon, 5 April 2010 08:50:31 +0000
url  email

Assalamu'alaikum wr, wb
mau gabung dengan bacaan yang bermanfaat dunia akhirat.
boleh kan ?
Wasalam

_________
admin :
wa'alaikumussalam
boleh..silahkan

(-534) abu ismail
Sun, 4 April 2010 13:24:15 +0000
email

bismillah..ustad apakah nikah rujuk tetap harus menghadirkan wali dari wanita,meskipun dari pihak keluarga wanita sudah tidak merestui hubungan itu?apakah pernikahan itu tetap sah apabila kami menjadikan imam sebagai wali[wali hakim.
________
admin:
Ia, jika sudah lepas iddahnya dan suami mau rujuk maka wajib mendatangkan wali wanita. Jika wali wanita tidak mau maka boleh memakai wali hakim tapi tentunya setelah menempuh semua usaha semaksimal mungkin agar wali wanita merestuinya. Wallahu a'lam

(-535) abdul sama
Sat, 3 April 2010 08:12:04 +0000
email

Pak ustadz,
Bisakah sholat rawatib dilakukan sebelum adzan sholat wajib dikumandangkan?

Terima kasih
_______
admin:
Wallahu a'lam hal itu tidak boleh. Karena shalat rawatib dikerjakan di antara azan dan iqamah.

(-536) abu junaid
Fri, 2 April 2010 12:42:29 +0000
email

assalamu"alaikum warahmatullah
ustad,apa hukumannya seseorang yang ditanya tentang perkara sesuatu terus salah dlm memberikan jawaban...
1.sifulan ditanya tentang suatu hukum boleh tidaknya menikahkan wanita yg hamil diluar nikah dlm keadaan hamil,lalu sifulan menjawab"boleh"
2.apa yang harus dilakukan/bagaiman cara bertobat dari kesalahan seperti hal diatas
ana sangat mengharapkan jawabannya
jazakallah khair.
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Hendaknya dia bertaubat dengan taubat yang benar, memperbaiki amalannya dengan cara menuntut ilmu, dan menjelaskan jawaban yang benar kepada penanya tadi.

(-537) erik
Fri, 2 April 2010 04:32:38 +0000
email

Assalamu'alaikum ustadz,terima kasih atas jawaban bapak,jika jawaban itu yg paling sahih,hati saya jadi tenang,baru td saja saya menikahkan adik saya,berarti setelah masa iddah saya akan menikahkan kembali ya pak? semoga web ini dapat maju dan terutama diridhoi dalam menegakkan syariat Agama Allah.
jazakalloh khoiron
________
admin:
Ia betul pak, seperti itu. Amin

(-538) erik
Wed, 31 March 2010 07:21:06 +0000
email

pak ustadz jawaban saya sudah dijawab belum? terimakasih eric_lexcorp@yahoo.com
________
admin:
Alhamdulillah sudah pak, maaf tidak langsung dijawab, soalnya beberapa hari ini koneksi internetnya lambat jadi malas buka situs.

(-539) erik
Mon, 29 March 2010 04:57:38 +0000
email

Assalamualaikum wr.wb pak ustadz saya mempunyai masalah keluarga yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana Aqidahnya,hukumnya dan dosanya jika :
1.saya mempunyai adik perempuan tetapi sekarang dia hamil (6 bulan) diluar nikah dan semalam dia datang bersama ibu dari laki2 tersebut serta laki2 tersebut ingin bertanggung jawab dan minta saya untuk menjadi walinya,dikarenakan ayah saya pun sudah almarhum maka hanya satu2nya anak laki2 di keluarga saya,kakak saya perempuan sudah menikah saya anak kedua yg ketiga adik saya yg perempuan ini yg sedang hamil.TETAPI saya MENOLAK untuk menjadi walinya,karena saya sudah kesal pak,sudah saya nasehatin,jangan sama laki2(yg menghamilinya) itu sebelum dia hamil, keluarga juga sudah memberi pengertian tetapi tidak ada sepatah katapun yg didengar atau dilaksanakan,ibu saya setiap hari selalu menangis,menangisnya karena dibohongi terus sama adik saya,sudah 2 tahun pula adik saya tidak mau berkumpul sama keluarga,pulang kuliah tidur,naik ke kamar,pagi berangkat lagi,itu aja yg dilakukannya setiap hari selama 2 tahun,padahal ibu saya selalu perhatian,sudah baik sama dia.mungkin karena sudah dibutakan cintannya sama orang itu,maka dia tidak dengar apa kata keluarganya
2.maka pak ustadz apa yg saya harus lakukan dan bagaimana saya harus berbuat,dan apakah pada zaman Rasulullah ada juga permasalahan seperti ini dan apa haditsnya,jawaban pak ustadz sangat diharapkan.
wasalam.
________
admin:
Keduanya boleh dinikahkan dengan dua syarat:
1. Keduanya telah bertaubat dengan taubat yang nasuha.
2. Adik bapak telah lepas iddahnya yaitu sampai dia melahirkan. Karena pernikahan yang dilangsungkan ketika hamil adalah tidak syah berdasarkan pendapat yang paling kuat di kalangan ulama.
Maka boleh saja bapak menikahkan keduanya setelah kedua syarat di atas terpenuhi.

(-540) Ahmad ibnu shulur
Mon, 29 March 2010 04:17:45 +0000
email

Assalamu'alaikum ustadz, ana mw tanya, apakah menunda waktu sholat hingga keluar dari waktunya menjadi kafir ? dan apakah amalan yang telah lalu terhapus?
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Jika itu hanya satu shalat maka insya Allah tidak kafir -menurut pendapat yang lebih tepat- akan tetapi dia telah melakukan dosa besar.

(-541) abdul sama
Sun, 28 March 2010 04:57:09 +0000
email

Manakah yg lebih utama menyempurnkan shaf atau menemani orang yg berdiri sendiri di shaf terakhir dealam sholat berjamah.
_________
admin:
Wajib atasnya untuk mengisi shaf yang kosong. Orang yang berdiri sendiri di shaf terakhir ada uzur jika dia tidak tahu, adapun bagi yang tahu wajibnya mengisi shaf yang kosong maka dia telah berdosa karena meninggalkannya.
Lagi pula hadits yang menyatakan, "Tidak ada shalat bagi yang berdiri sendiri di belakang shaf," diperselisihkan oleh para ulama. Sebagian mereka ada yang menyatakannya sebagai hadits yang lemah. Wallahu a'lam


(-542) abdul sama
Sat, 27 March 2010 02:16:17 +0000
email

assalamualaikum ya ustadz,

apakah sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat jumat ada dan sesuai dengan syar'i?
________
admin:
waalaikumussalam warahmatullah
Tidak ada shalat sunnah sebelum jumat -menurut pendapat yang paling kuat-, kecuali tahiyatul masjid bagi selain imam (khatib). Adapun setelah jumat, maka ada shalat sunnah padanya, silakan baca dalam artikel 'Pembahasan Lengkap Seputar Shalat Sunnah Rawatib'.

(-543) salman
Mon, 22 March 2010 01:37:35 +0000
email

assalamu`alaikum
maaf mautanya Ustadz,kalau untuk kajian di daerah lampung ada gak? kalau ada mintak alaman dan nomor yang bisa di hubungi.
Jazakallahu khair
________
admin:
waalaikumussalam warahmatullah
afwan ana nggak tau, coba lihat infonya di: http://darussalaf.org/

(-544) salman
Sun, 21 March 2010 15:23:58 +0000
email

Assalamu`alaiku.
maaf saya mau tanya Ustadz,saya berkerja di perusahaan dan setiap bulan dari gaji saya dipotong untuk ansuransi kecelakaan bagai mana hukumnya?
______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Kalau bisa dihindari maka dihindari. Tapi kalo gajinya dipotong secara otomatis maka itu termasuk kezhaliman. Itupun kalau nantinya mau diambil maka hanya diambil sesuai dengan besar uang kita yang telah dimasukkan.

(-545) eko
Sun, 21 March 2010 13:28:36 +0000
email

assalamualaikum ya ustadz,
misalkan kita punya harta sehingga kita terkena wajib haji. tapi disisi lain tiba2 kita ingin berbakti dan mendahulukan orang tua dengan cara memberi harta kepadanya supaya ortu berangkat haji. bolehkah yang demikian itu?
jazakalloh khoiron
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Lebih utama jika dia berhaji terlebih dahulu karena secara otomatis pahala hajinya ortu juga mengalir kepada kedua orang tua, dan ini termasuk dari bentuk berbakti yang terbesar kepada mereka. Dan karena kewajiban haji sekarang ditujukan kepadanya dan bukan kepada orang tuanya yang belum mampu. Wallahu a'lam.

(-546) anas
Sun, 14 March 2010 15:37:36 +0000
url  email

assalamu'alaikum.
ijin share artikelnya ya akhi.
jazakallohu khoiron..

_______
admin :
Wa'alaikumussalam warahmatullah
tafadhdhal, waiyyakum

(-547) ummu miqdad
Sat, 13 March 2010 21:48:49 +0000
email

afwan ustadz, ana minta izin untuk mengcopy artikel artikelnya. Jazakumullahu khoiron katsiro.

_______
admin :
tafadhdhal, waiyyakum

(-548) ibnu shulur
Wed, 10 March 2010 06:53:23 +0000
email

assalamu'alaikum ana mw tanya ustadz, akhir-akhir ini muncul berita bahwa sholat waktu sholat shubuh di indonesia kecepetan, sehingga sebagian orang ada yang menganjurkan tetap ikut jamaah tetapi mengulang sholat shubuhnya dirumah, bagaimana ustadz? trus klo ustadz punya kesempatan untuk melihat/mengoreksi kebenarannya penyimpangan waktu shubuh, ana kasih tahu ustadz. jazakallahukhair

_____
admin :
Wa'alaikumussalam warahmatullah
hal ini jg pernah ditanyakan kepada ust Dzulqornain. coba antum dengarkan jawabannya yang bisa didownload pada halaman audio dari situs ini.

(-549) Ibnu Zainuddin
Tue, 9 March 2010 13:54:07 +0000
email

Assalamu'alaikum warahmatullah.
Ustadz, ana ingin bertanya..
Bagaimana hukumnya jika berwudhu di dalam kamar mandi yang didalamnya terdapat tempat untuk buang air Sedangkan dirumah tersebut tidak terdapat tempat khusus untuk berwudhu?
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada masalah insya Allah, boleh berwudhu di dalam wc tanpa makruh sama sekali


Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks