Buku Tamu

Silakan mengisi buku tamu dengan bahasa yang jelas dan sopan. Hanya saja sebelum halaman ‘Buku Tamu’ ini berubah fungsi,  maka di sini kami butuh tekankan bahwa halaman ini bukanlah tempatnya menginput pertanyaan. Halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk menginput ‘salam’ atau ‘apresiasi’ atau ‘pertanyaan tentang blog ini’ atau pengumuman yang bermanfaat seperti daurah, muhadharah, dan semacamnya.

Adapun untuk pertanyaan keagamaan, maka silakan diinput melalui kolom komentar setiap artikel atau melalui halaman ‘Kirim Pertanyaan’. Karenanya harap maklum jika setiap pertanyaan yang masuk ke halaman ini akan langsung kami hapus. Jazakumullahu khairan atas perhatiannya.


 Name *
 Email
 Website
 Text *
* Required

Anti-spam measures
Please insert the letter and number combination into the text field before submitting the guestbook entry.
1 + 5=

(0)
(-450) eko
Tue, 19 October 2010 00:49:21 +0000

ustadz ada pertanyaan,
1. jika C diminta orang lain (A) untuk mencari tanah yang akan dibeli si A dari pemilik tanah (B).boleh kah C menerima imbalan dari A dan juga dari B?
tolong penjelasan mengenai makelar
jazakalloh khoiron katsiro
_______
admin:
Boleh saja insya Allah, yang jelas sesuai dengan perjanjian awal. Dia tidak boleh menaikkan harga tanah dari harga yang ditetapkan oleh B, karena itu bukan tanahnya. Intinya dia hanya sekedar sebagai perantara dan dia berhak menerima komisi dari usahanya tersebut. Wallahu a'lam

(-451) Eko
Sun, 17 October 2010 03:48:21 +0000

assalamualaikum.
ustadz, ana blh bertanya?,
1. apakah diperbolehkan seorang istri menemui bapak mertua; pak de, pak lek, kakak ipar/ saudara ipar, yang datang kerumah sementara suami tidak ada?
2. Apakah ada mahrom sementara?, mohon penjelasannya.
jazakumulloh khoiron katsir
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
1. Jika suaminya mengizinkan tentunya tidak ada masalah. Saudara dari ayah atau ibu adalah mahram baginya. Adapun ipar lelaki maka sebaiknya dia memintanya tunggu di teras selama tidak ada mahram bersamanya.
2. Tidak ada mahram sementara. Wallahu a'lam

(-452) Abu \'Abdillah AlKarawanjy
Sat, 16 October 2010 22:03:41 +0000
url  email

Bismillah,
Dengan hanya mengharap Ridho Allah Ta'ala, Hadirilah Kajian Islam Ilmiah sehari dengan tema KESEMPURNAAN ISLAM DAN BAHAYA ALIRAN SEMPALAN. Yang InsyaAllah Ta'ala akan diadakan pada:
Hari: Ahad, 31 Oktober 2010
Waktu: Pukul 09.00wibb ~ Selesai
Tempat: Mesjid Al-Jihad Karawang
Pemateri: Al-Ustadz Muhammad Umar AsSewed & Al-Ustadz Abu 'Utsman Ali Basuki Lc.
Info lengkap: http://alkarawanjy.blogspot.com/2010/10/dauroh-karawang-2010.html

(-453) Mula
Thu, 14 October 2010 01:50:27 +0000

assalamualaikum,
ustadz, memang ada bedanya ya bacaan tasyahud rakaat kedua dengan rakaat terakhir pada sholat fardhu ?
___________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Ada bedanya. Di tasyahud awal, tahiyat yang dibaca hanya sampai dua kalimat syahadat dan tidak membaca shalawat. Sementara pada tasyahud terakhir membaca tahiyat dan shalawat sampai akhir.

(-454) Baru Ngaji
Thu, 7 October 2010 13:42:16 +0000
email

Bismillah,

Ustadz saya pernah ajak bbrp keluarga utk dtg ke kajian salafi, tapi ketika datang ustadznya membahas masalah2 tentang orang ini dan org itu. Sehingga keluarga kami malas lagi utk datang dan antipati dgn ustadz "yg katanya salafi" tersebut. Mohon arahannya sebagai orang yg baru ngaji bagaimana caranya atau metode ngaji yg benar. Dan dimana saya bisa dpatkan pengajian yg salafi tapi gak suka ngomong2in kaya gitu. Mohon arahannya......
_________
admin:
Sebaiknya sebelum mengajak antum harus tahu dulu apa materinya dan bagaimana kebiasaan sang ustad dalam memberikan ceramah, agar isinya nanti bisa tepat mengena orang yang antum ajak.
Antum di daerah mana?

(-455) yanto
Sat, 2 October 2010 01:03:48 +0000
email

assalamu'alaikum , mau tanya gi mana cara download audio ? trims .
________
admin:
Waalaikumussalam
Download dulu dari link yang mengarah ke Ziddu. Setelah selesai, bukan filenya dan di dalamnya antum akan diminta mengcopy alamat url yang ada ke browser antum, yang mana itu akan mengarah ke 4shared. Nah dari situ tinggal klik unduk sekarang lalu tunggu selama beberapa detik hingga link downloadnya muncul

(-456) dedy djunaedi
Tue, 28 September 2010 22:35:32 +0000
email

saya sangat bersyukur adanya web tersebut
__________
admin :
Alhamdulillah

(-457) agussalim
Tue, 28 September 2010 07:01:19 +0000
email

assalamu alaykum wr wb

Jika ada buletin mohon kirim ke email kami.
Terima kasih.

wassalamu alaykum wa wb
__________
admin:
Insya Allah

(-458) Ibnu Abi Alif
Tue, 28 September 2010 04:11:32 +0000
email

Assalamu'alaikum.
Mengingat pentingny pelajaran2 yang bisa diambil dr situs ini dan bagusnya model penyampaiannya (ayat/hadits kmd disertai pembahasan), ana izin copas untuk ana sebarkan kepada teman-teman ana baik via internet maupun sarana yang lain..
Jazakumullahu khairan..
_________
admin:
Waalaikumussalam.
Tafadhdhal, wajazakumullahu khairan

(-459) ahmad
Sun, 26 September 2010 13:39:18 +0000
email

assalmu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
apakah perlmmbaan termasuk judi? bagaimana seperti lomba MTQ?
________
admin:
Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh.
Tunggu jawabannya di 'Jawaban Pertanyaan'

(-460) ahmad
Sun, 26 September 2010 13:15:45 +0000
email

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Ustadz ana mau sharing informasi….
Di desa ana ada pondok pesantren salafiyyaah NU yang bernama ponpes Manbaul Huda desa sumberrejo 43 polos kecamatan Batanghari Lampung Timur (dulu metro) yang cukup terkenal di Lampung sekitar tahun 80-90an. Ponpes ini juga memiliki cabang. Namun sekarang kondisinya jauh berbeda, ponpes tersebut sekarang kurang terawatt dan tidak ada santri lagi( hanya ada beberapa anak sekolah yang tinggal asrama, sekitar 5 orang). Terus terang saja ana sangat berharap kepada Allah ‘azza wa jalla agar ada ustadz salafy yang mau memulihkan kembali aktivitas di ponpes tersebut dengan manhaj salaf… sebenarnya banyak warga yang merindukan agar ponpes tersebut kembali berdenyut seperti dulu. Adupun kondisi rincinya :
Secara fisikl
1. Lahannya cukup luas
2. Terdapat masjid yang cukup besar untuk ukuran desa
3. Terdapat asrama (ada 3 gedung)
4. Ada kantor (2 lantai)
5. Asrama akhwat (terpisah dengan ikhwan dan di batasi pagar cukup tinggi)
6. Ada 2 lokal( (kelas)
7. Kamar mandi (banyak)
8. Laboratorium
9. Perpustakaan
Keterangan : hampir semua fasilitas tersebut tidak digunakan, beberapa sudah rusak.
Kondisi masyarakat
1. Mayoritas NU, tapi sekarang sepertinya hanya sebatas pengakuan.
2. Alhamdulillah shalat jamaah 5 waktu ada
3. Masih ada yasinan dan sholawat2an
Ana berharap dengan masuknya salafiyyin akan merubah kondisi tersebut, tentunya dengan izin Allah subhanahu wa ta’ala. Karena banyak warga berharap ponpes tersebut berdenyut kembali. Semoga Allah mengabulkannya melalui salafiyyin.
4. Sebagian besar petani, pedagang dan serabutan.

Sekilas tetang ponpes... sekitar tahun 80-90an ponpes tersebut banyak memiliki santri, bahkan warga banyak mendapatkan manfaatnya dengan adanya peasntren tersebut karena anak-anaknya tidak kesulitan untuk mendapatkan pendidikan agama. Jadwal kegiatan di ponpes tersebut tidak berbeda jauh dengan ponpes salafiyyah NU lainnya. Setiap tahun ada acara khataman hafalan kitab-kitab yang dipelajari di ponpes, salah saatunya alfiyah ibnu malik. Pada acara tersebut biasanya walisantri hadir dan di adkan pengajian akbar dan warga membantu pada bidang konsumsi dll. Yang cukup mengesenkan adalah… pada zaman kakak2 saya anak2 merasa malu kalau tidak ngaji di ponpes atau musala dekat ponpes, bahkan anak2 merasa malu jika lulus SD belum khatam membaca (bukan hafalan) al quran dengan guru secara langsung. Sebagian warga yang mampu memprivatkan anaknya untuk belajar agama dari santri ponpes.
Inti dari penulisan informasi ini yaitu saya sangat berharap ada ustadz yang mau izin (bahasa jawa : tembung) ke pengurus pones dengan tujuan untuk agar ponpes tersebut kembali berdenyut dengan manhaj salafus shalih.
Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, atas perhatiannya saya mengucapkan Jazakallahu khair.
Email ana ibnshulury@yahoo.com
_________
admin:
Jazakallahu khairan atas infonya. Semoga Allah Ta'ala menggerakkan hati orang yang Dia tetapkan bisa melakukan perbaikan di sana, Allahumma amin.

(-461) junaidi
Sat, 25 September 2010 00:53:06 +0000
email

jazakumullah khairan katsira..
________
admin:
Jazakumullahu khairan katsira

(-462) Abu Ramadhan
Sat, 18 September 2010 20:05:36 +0000
email

Ustadz, Jika ana shaolat qobliyah dzuhur 4 rakaat secara langsung apakah tdk perlu melakukan tahiyyatul awal?
Barokallahu fik?
________
admin:
Ia tidak perlu.

(-463) Abu Ramadhan
Sat, 18 September 2010 20:02:12 +0000
email

Ustadz,Jika kita safar di suatu tempat dengan jumlah orang sekitar 100 lebih dan sekitar 855 NYA ORANG MUSLIM. seperti pekerja tambang batu bara yang berdiam disuatu daerah yg tdk ada penduduk setempatnya sehingga tdk ada yg melaksanakan sholat berjamaah. Yang mana yg lebih afdhol ana sholat jamak dan qasar atau sholat itma bersama rekan2 guna syiarnya agama?
Syukron jiddan. Jazakallahu khoir.
________
admin:
Mungkin maksudnya 1000 orang. Yang paling utama adalah dia shalat berjamaah dua rakaat (qashar)

(-464) abu muslim
Tue, 14 September 2010 01:07:42 +0000
email

bismillah,bagaimanakah hukumnya berjualan makanan dan minuman di siang hari bulan romadhon yang lingkungannya mayoritas orang kafir yg tentunya mereka tdk berpuasa?apakah ini termasuk dalam ta'awun 'alal itsmi wal 'udwan,tsabatanaalloh 'alal haq
__________
admin:
Menurut saya tidak ada masalah, karena pada dasarnya mereka tidaklah berpuasa. Sama halnya jika kita menjual makanan kepada seorang muslim tapi dia belum balig atau dia musafir atau dia wanita yang hamil dimana mereka semua tidak berpuasa. Wallahu a'lam

(-465) Abu Amin Cepu
Sat, 11 September 2010 11:50:21 +0000
url  email

بارك الله فيكم وأسأل الله أن يجمعنا ويؤلف بين
قلوبنا على طاعته

وأحال الله علينا العيد بكل خير وبركة
وتقبل الله منا ومنكم

أخوكم
Abu Amin Cepu

(-466) hendri
Wed, 8 September 2010 04:03:11 +0000
email

Assalamu'alaykum warahmatulahi wa barakatuh

ustadz ijin copy dan downloadnya.

Jazakallahu khoiron
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Tafadhdhal.

(-467) fafa
Sun, 5 September 2010 06:32:04 +0000
email

Abi Ayyub, "Apa yg di atas kedua lutut itu adalah aurat dan apa yANG di bawah lutut itu juga aurat (HR Daruqutni) Hadis gharib............gimana ni maksudnya...tolong penjelasannya.......
_______
admin:
Saya tidak pernah mendengar hadits ini, tapi kemungkinan besar ini adalah hadits yang lemah. Karena sudah dimaklumi bersama berdasarkan banyak hadita bahwa apa yang berada di bawah lutut adalah bukan aurat. Wallahu a'lam

(-468) Mdsulaeman
Sat, 4 September 2010 08:09:20 +0000
email

Assalamu'alaikum
Alhamdulillah ternyata jika situsnya tentang hukum2 islam menjadi sangat bermanfaat,namun banyaknya ulama menjadikan banyaknya pula pendapat yang berlainan,bagaimana bagi muslim yg memang netral tidak berpaku kepada satu pendapat ulama misal NU saja atau Muhammadiyah saja, apakah kita termasuk golongan yang tidak punya pendirian,padahal kita harus mengikuti ulil amri / pemimpin, pertanyaannya pemimpin yang mana? sukron atas jawabannya
wassalam
_________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Maaf pertanyaannya atau pernyataannya tidak jelas, arahnya kemana? masalahnya apa?

(-469) abu muhammad
Sun, 29 August 2010 03:50:16 +0000
email

bismillah.
afwan ana ijin baca. sekalian ijin download yang sekira nya perlu buat ana.
jazkumullahu khair.
_______
admin :
Tafadhdhal

(-470) muhamad yudy
Sat, 28 August 2010 22:44:30 +0000
url  email

assalamualaikum.... mau tanya kalo memperpanjang penis tuh haram atau tdk? alna saya suka memijat penis saya
______________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Tidak boleh karena itu termasuk perbuatan merubah ciptaan Allah dan juga bisa menimbulkan efek negatif pada diri sendiri.

(-471) abu muhammad
Wed, 25 August 2010 17:53:12 +0000

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ustadz ana mau tanya bagaimana sikap kita terhadap ustadz(bagi org awam)yang berpandangan bahwa ajaran syiah itu benar (tapi ana tidak tau pasti apakah dia penganut paham syiah/bukan) dan berhujjah dengan dalil dalil dari syiah seumpamanya saat ceramah dia mengatakan bahwa kita boleh meng qosor shalat walaupun tanpa uzur jadi dalam sehari ada tiga shalat krn maghrib digabung dengan isya, dan zuhur digabung dengan asar lalu subuh, dia berdalil bahwa orang syiah melakukan itu.Tapi ketika ditanya mazhabnya dia mengatakan tidak punya mazhab. Pertanyaanya bolehkah kita sholat dibelakang orang ini.jazaakumulloh khoir
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Kalau dia memang awam maka diajari dan dimaklumi kekeliruannya. Tapi jika dia adalah orang yang paham agama atau sering menyebarkan mazhab syiah di masyarakat maka hendaknya dia dijauhi dan masyarakat diingatkan akan kekeliruan orang ini.

(-472) ahmad
Tue, 24 August 2010 06:56:45 +0000
email

ana kirim pertanyaan ke info@al-atsariyyah.com
mhon jawabannya....
jazakallahu khair

(-473) abu fahmi
Tue, 24 August 2010 04:05:48 +0000

di sragen apakah ada ustadz/ustadzah yang hafal alqur'an 30 juz ?
______________
admin:
Wallahu a'lam

(-474) abu muslim
Wed, 18 August 2010 07:04:01 +0000
email

bismillah,apakah boleh seseorang melaksanakan sholat tarawih dengan mencicilnya,misalnya dia melakukannya setelah sholat isya 4 rokaat,kemudian pada sepertiga malam terakhir dia bangin dan melakukan sholat lagi 7 rokaat?jazaakumulloh khoir atas jawabannya
______________
admin:
Boleh saja, hanya saja dia kehilangan pahala shalat tarawih berjamaah sampai selesai bersama imam.

(-475) Abdul Azis
Wed, 18 August 2010 06:17:43 +0000
url  email

Assalamu'alaikum.
Ustadz, ana meyakini bahwa tidak pernah Rasulullah Sholal Lail (Tarawih) lebih dari 11 Roka'at (sebagaimana hadist yg riwayatkan oleh 'aisyah). sementara ada hadist lain yg menyatakan bahwa "Barangsiapa sholat malam pd bulan Ramadhan bersama imam sampai dengan selasai, maka dihitung baginya sholat semalam suntuk). apakah saya boleh ikut Sholat lail (tarawih) bersama imam sampai dengan 23 Roka'at? Karena jika ikut 23 berarti menyelisihi keyakinan saya, sementara saya juga tidak ingin kehilangan keutamaan untuk sholat bersama imam sampai dengan selesai.
Barokallahu Fikum.
Wassalamu'alaikum
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Dalam riwayat Ibnu Abbas radhiallahu anhuma disebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah shalat 13 rakaat. Maka riwayat 11 rakaat itu hanya menunjukkan afdhaliah saja dan tidak menunjukkan pembatasan. Karenanya dibolehkan shalat lail lebih dari 11 atau 13 rakaat, berdasarkan keumuman hadits Ibnu Umar, "Shalat lail itu dua rakaat dua rakaat."
Karenanya sebaiknya antum ikut bersama imam 23 rakaat hingga selesai.

(-476) Abu Ramadhan
Wed, 18 August 2010 06:08:31 +0000
email

Assalamu 'alaikum
Ustadz apa hukumnya merayakan HUT RI?
_________
admin:
Semua bentuk perayaan tahunan yang dijadikan kebiasaan (hari id) selain dua hari raya dalam Islam adalah bid'ah dalam agama. Karena penetapan hari id termasuk dari syariat, maka tidak boleh menetapkan adanya hari id selain dua hari di atas kecuali dengan adanya dalil

(-477) nanda
Thu, 12 August 2010 04:57:55 +0000

ass,,
mau tanya nih, jika saya kirim pertanyaan di menu "kirim pertanyaan", bagaimana cara saya untuk mengecek apakah pertanyaan saya sudah di balas atau belum?

terimakasih,,wass
________
admin:
Harap tunggu saja di kategori 'Jawaban Pertanyaan'.

(-478) abu salim
Mon, 9 August 2010 09:43:15 +0000
email

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaikum Ustadz
Ana ingin bertanya bagaimana hukum di bulan ramadhan berjualan di tempat tertutup (kantin sekolah kristen), dan pembeli orang yang tidak menjalankan ibadah puasa (nashara)?

Jazakumullahu khair
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Menurut saya tidak mengapa, karena pada dasarnya mereka memang tidak berpuasa.

(-479) Abu Abdillah Yunus
Sun, 8 August 2010 23:52:16 +0000
email

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga AL-ATSARIYYAH.COM tetap istiqomah sebagai website yang menyebarkan Dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah, Salafiyyah.

Afwan, disampaikan kepada kaum muslimin -barakallahufikum- yang ingin mendownload sebagian artikel dari situs almakassari.com dalam file CHM maka dapat mendownloadnya melalui link:

http://www.plunder.com/E-Book-Situs-ALMAKASSARI-COM-edisi-1-chm-download-7ea6994639.htm

Adapun untuk mendownload artikel dari ASYSYARIAH.COM, dapat mendownloadnya melalui link:

http://www.plunder.com/E-Book-Majalah-Asy-Syariah-Versi-CHM-01-chm-download-b70b2f6cd8.htm

Demikian, semoga bermanfaat. Baarakallahufikum wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

(-480) ummu yahya
Sun, 8 August 2010 10:10:51 +0000
url  email

assalamu'alaikum

ana mau tanya,
pada raka'at kedua kan tidak menggunakan selawat nabi. Hanya sampai syahadat. tapi ana kadang keblandrang(kebablasan) membaca selawat juga. apakah hal itu perlu ana lakukan sujud syahwi?
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Insya Allah tidak mengapa, tidak wajib sujud syahwi. Wallahu a'lam

(-481) azwar
Tue, 3 August 2010 12:32:05 +0000
email

Assalammu'alaykum ustad,
mau tanya hukum makanan yg dibagikan perusahaan dlm rangka hari kemerdekaan boleh atau tidak kita mengambilnya ?
mohon nasehatnya ustad.

Jazakumullah khairan.
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Sebaiknya tidak diambil, wallahu a'lam

(-482) akra
Sun, 1 August 2010 06:34:52 +0000

bismilah..jazakallah khair atas jawabannya,mudah2an ustd selalu dilindungi Allah,Alhamdulliah.. ana jadi semakin tahu lebih jelas siapa muhammad abduh & muhammd rasyd ridha,krna ana pernah dengar ada seorag yg mengaku dai salafi sngt membela keduanya,dai tsbt mengatakan keduanya adlah ulama salaf.

(-483) abufaisal
Sat, 31 July 2010 10:21:13 +0000
email

Bismi
llah,ana mau tany
asoal malam nisfusaban,ada yg melaksanakan shalat sunah,apa itu ada contohnya ygdi kerjakan oleh Rossullulah saw danmembaca zikir2 tertentu,bagemana hukumnya
_________
admin:
Tidak ada satupun hadits shahih yang menjelaskan keutamaan malam nisfu sya'ban. Karenanya tidak ada amalan khusus yang disyariatkan di malam itu.

(-484) abu muslim
Fri, 30 July 2010 09:53:46 +0000
email

bismillahirrohmanirrohim,assalaamu'alaikum warohmatullohi wa barokaatuh,afwan ustadz hafidzokumulloh..apakah praktik nepotisme dilarang dalam islam? jazaakumulloh khoir
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Dalam KBBI di sebutkan:
ne·po·tis·me /népotisme/ n 1 perilaku yg memperlihatkan kesukaan yg berlebihan kpd kerabat dekat; 2 kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri, terutama dl jabatan, pangkat di lingkungan pemerintah; 3 tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan: para pemimpin banyak melakukan korupsi, menyalahgunakan kekuasaan, dan cenderung ke arah --

Melihat dari definisi di atas, maka nepotisme diperbolehkan dalam Islam dengan syarat:
1. Keluarga tersebut adalah orang yang memang ahli dalam tugas/jabatan tersebut.
2. Dia adalah orang yang terpercaya serta amanah terhadap tanggung jawab.

Dan nepotisme yang tidak memenuhi kedua syarat di atas adalah hal yang terlarang dalam Islam karena termasuk perbuatan menipu dan menzhalimin kaum muslimin serta perbuatan mengkhianati amanah yang diberikan kepadanya

(-485) muslimin
Tue, 27 July 2010 00:25:33 +0000
url  email

ass, sahabat, ku jga orang salaf,, ini lagi nyari2 informasi tentang malam nisfu sya'ban ketemu disini, semoga bermanfaat ya,, wass.
_______
admin:
Alhamadulillah, amin

(-486) Andre
Thu, 22 July 2010 11:10:39 +0000
email

Mantab
________
admin:
Mantap apanya nih?

(-487) yudhis
Wed, 21 July 2010 07:55:13 +0000
email

ustadz,
ana hdup dlingkungan mhasiswa yg mayoritas adl harokah/PKS

yg selalu mereka serukan adalah dakwah,
bahkan mengklaim bhwa yg enggan berdakwah terdapat ciri kemunafikan.
ketka dinasihati harus terlebih dulu dengan ilmu mereka menjawab ;

"Dakwah adalah sesuatu yang melekat pada diri Muslim sehingga tidak ada alasan sedikit pun
bagi seseorang, yang bahkan hanya memiliki sedikit pengetahuan yang benar dan bermanfaat, untuk
menghindar dari tugas-tugas dakwah sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “ Sampaikanlah dariku
walau hanya satu ayat.”

bagaimana hakikat dakwah yg sebenarnya?
_______
admin:
Maaf masalah ini butuh pembahasan tersendiri, karenanya kami tidak bisa menjawabnya di sini.

(-488) mediasalaf
Mon, 19 July 2010 13:46:18 +0000
url  email

bismillah
assalamu'alaikum.
mohon ijin ustadz. sharing artikel nya
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Tafadhdhal dengan tetap mencantumkan sumbernya, barakallahu fiikum

(-489) abu ubaidillah
Mon, 19 July 2010 12:06:58 +0000
email

ustadz,
apa hukumnya wanita ikut latihan beladiri karate??
________
admin:
Selama tidak ada pelanggaran syar'i di dalamnya maka insya Allah tidak mengapa

(-490) akra
Fri, 16 July 2010 01:31:09 +0000

assalamu'alaikum warohmatullah..
ustad,siapakah muhammad abduh & muhammad rasyd ridha?apakah dia seorang ulama salaf?mohon penjelasannya..jazakallah khair
____________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Keduanya bukanlah termasuk ulama salaf. Adapun Muhammad Abduh maka dia termasuk pengkit mazhab Mu'tazilah yang mendahulukan akal daripada wahyu dan juga memiliki pemahaman Khawarij. Sementara Muhammad Rasyid Ridha termasuk orang yang mengingkari turunnya Isa alaihissalam, sebagaimana yang dikatakan oleh Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah. Yang karena penyimpangan ini dan selainnya, Asy-Syaikh menghukuminya keluar dari ahlussunnah. Wallahu a'lam

(-491) Abu Muqaffa
Thu, 15 July 2010 09:01:33 +0000
email

As-Salaamu 'alaikum wa rahmatullaah.

Sebelumnya mohon maaf, saya ingin sekedar saran. Jika ada dalam penyampaiannya terdapat kekeliruan, mohon kiranya dimaafkan.

Saran saya: Apa pengelola situs belum sempat membuat tulisan-tulisan di situs ini dalam format PDF dan atau CHM (atau bentu lainnya, yang mudah di-download / disimpan tanpa perlu copy-paste ke microsoft word)? Jika belum, apakah bisa disediakan dalam bentuk format tersebut untuk dibagikan (di-download)? Karena, kami banyak mendapatkan faidah dari tulisan-tulisan di situs ini. Wal hamdu lillaah. Dengan adanya (disediakannya) format tersebut, mudah-mudahan, dapat lebih bermanfaat di banyak (sela-sela) waktu kami (bila disimpan dalam bentuk tersebut) pada saat mempelajarinya, serta dapat menjadi tambahan kepustakaan kami di rumah. Insya Allah Ta'ala. Karena, biasanya dalam bentuk lembaran (dan atau buku), itu memudahkan dalam membaca dan atau juga menghafalnya di tempat-tempat yang mungkin sulit online atau adanya keterbatasan untuk itu. Wallaahu a'lam.

Mungkin, ini saja saran yang saya ajukan. Afwan.

Barakallaahu fiikum.
_______
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Jazakallahu khairal jaza` atas sarannya, insya Allah akan diusahakan

(-492) Abu Muqaffa
Thu, 15 July 2010 02:33:21 +0000
email

As-Salaamu 'alaikum wa rahmatullaah.

Subhaanallaah wa al-hamdu lillaah. Saya banyak sekali mendapatkan ilmu (dan faedah) dari tulisan-tulisan di situs ini. Semoga menjadi amal kebaikan sebagai pemberat timbangan di akhirat kelak bagi ustadz (dan ikhwah yang membantu dalam proses penyebaran ilmu-ilmu di situs ini). Allahumma aamiin.

Bolehkan saya copas tulisan-tulisan di situs ini (tentunya dengan menyertakan sumbernya), tetapi ada sedikit mengalami editing (seperti nama kitab dan atau kalimat doa/dzikir dalam tulisan indonesia, serta tulisan bahasa asing lainnya saya jadikan miring dan atau tebal, agar mudah dibedakan dan dimengerti)?

Barakallaahu fiik.
___________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Tafadhdhal wabarakallahu fikum

(-493) ahmad
Wed, 14 July 2010 17:14:52 +0000
email

bismillahi rahmaanir rahiim. assalamu'alaikum ustdaz ana minta maaf karena telah bertanya kepada ustadz tentang kajian di masjid ui, seharusnya ana bertanya kepada ustadz-ustadz yang lebih faham tentang kondisinya (ustadz fatahillah). jazakallahu khair, atas tidak menjawab pertanyaan ana, memang tidak setiap pertanyaan harus di jawab.


(-494) abu ubaidillah
Fri, 9 July 2010 14:05:42 +0000
email

assalamualaikum,

ustadz, ana pernah mendengar bahwa ketika shalat berjamaah ma'mum juga wajib membaca al-fatihah.
bagaimana dengan yg mnyatakan bahwa mendengarkan imam membaca al-fatihah itu sudah mencukupi.

tlg dalilnya yg lengkap, karna mgkn bsa disebarkan ke teman2, karena selama ini imam shalatnya terlalu cepat, ketika disampaikan ttg wajibnya alfatihah, dia membawakan pendapat bahwa bagi ma'mum mendengarkan imam membaca alfatihah sdh mncukupi..
__________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Masalah ini sudah pernah kami singgung dalam artikel 'makmum wajib baca alfatihah' beserta beberapa komentar di bawahnya. Silakan dibaca.

(-495) cecep jarkasih
Thu, 8 July 2010 03:52:58 +0000
email

silaturahim
_______
admin:
Marhaban

(-496) Abu raihanah
Fri, 2 July 2010 01:27:45 +0000
email

assalamualaikum
ustadz, kapan ada rencana ke yogya ? kalau ke yogya, sempatin ngisi di masjid kami?
___________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Insya Allah ke joga saat daurah nanti. Masya Allah, asatidz di jogja dan sekitarnya cukup banyak, insya Allah beliau-beliau berkenan ngisi di masjid antum. Barakallahu fiikum

(-497) abdillah
Wed, 30 June 2010 16:11:39 +0000
url  email

assalamualaikum,,,

ustadz, apakah simbol simbol (baik berupa angka maupun lambang 2) yang biasa beredar dimasyarakat tentang dajjal dibenarkan?
misal 666, bagaimana kita menyikapinya?

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4551704

bagaimana mnyikapi isi situs tsb?

assalamualaikum,,,,
_________________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah.
Cara menyikapinya adalah dengan tidak perlu disikapi. Masih banyak masalah agama yang butuh perhatian jauh lebih besar.

(-498) abdillah
Sun, 27 June 2010 02:00:02 +0000
url  email

assalamualaikum

afwan ustadz,
apa hukumnya mengambil hadiah dari hasil pembelian suatu produk.

misal, beli kacang kulit, kemudian didalam kemasannya terdapat hadiah.

jazzakalloh
_______________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullah
Alhamdulillah kami telah menampilkan artikel tentang masalah ini dalam kategori Ekonomi Islam, silakan disearch.

(-499) rumah khitan kediri
Sat, 26 June 2010 06:24:48 +0000
email

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
salam kenal untuk pengelola web ini, semoga silaturahim ini barokah.
Terdapat artikel yang bermanfaat bagi kami dan kami mohon ijin untk "share"
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala membalas seluruh kebaikan ustadz dengan yang lebih baik, amin
Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
________
admin:
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Salam kenal kembali, Allahumma amin, wajazakallahu khairan

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks