Bolehkah Menjamak Shalat Jum’at Dengan Shalat Ashar?

July 29th 2011 by Abu Muawiah |

Bolehkah Menjamak Shalat Jum’at Dengan Shalat Ashar?

Tanya:
Ana mau tanya…. Bagiamna hukum menjama’ sholat ashar ketika habis shalat jum’at. jazakumullah… ditunggu jawabannya
akhmad syaifuddiin [ahmad_al_asykar@yahoo.com]

Jawab:
Jika yang dimaksud dalam pertanyaan ini adalah menjamak shalat jumat dengan shalat ashar pada saat safar, maka jamak seperti ini tidak disyariatkan dan tidak diperbolehkan karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Hal itu karena dalam safar, Nabi shallallahu alaihi wasallam sama sekali tidak pernah mengerjakan shalat jumat. Mengenai tidak disyariatkannya shalat jumat bagi musafir, silakan baca pembahasannya di sini: http://al-atsariyyah.com/jamak-shalat-bagi-musafir.html

Adapun hukum menjamak shalat jumat dengan shalat ashar dalam keadaan mukim atau tidak sedang safar, maka hukumnya sama seperti menjamak shalat saat mukim dan ini sudah pernah kami bahas. Silakan baca penjelasannya dalam artikel: Menjamak Shalat Tanpa Udzur dalam blog ini.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, July 29th, 2011 at 8:35 pm and is filed under Fiqh, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

1 response about “Bolehkah Menjamak Shalat Jum’at Dengan Shalat Ashar?”

  1. acep said:

    Allahu yubarik fik
    ustad di jawaban ini antum mengatakan tidak boleh menjamak antara solat jumat dan solat asar
    tapi di artikel http://al-atsariyyah.com/jamak-shalat-bagi-musafir.html
    antum membolehkan
    Jazakallah khoiron

    Maaf, artikel yang tidak membolehkan itu yang terbaru, dan artikel itu kami buat setelah mendapatkan ilmu yang baru. Karenanya jika pada kesempatan lain terdapat pendapat yang terkesan bertentangan, maka yang kami pegang sekarang adalah artikel yang paling terakhir keluar. Insya Allah ini adalah hal yang wajar, karena sampai sekarangpun kami masih terus mengupdate dan menambah ilmu yang kami miliki, karena tidak ada seorang manusiapun yang mempunyai ilmu yang sempurna.