Beda Al-Qur`an dengan Hadits Qudsy

January 15th 2010 by Abu Muawiah |

Beda Al-Qur`an dengan Hadits Qudsy

Tanya:
Bismillah. Apa yg dimaksud dgn hadits qudsy dan apa perbedaannya dgn al-qur’an? Jazakumullahu khoiron
“M. Aziz singkep” <m.aziz.albugisi@ovi.com>

Jawab:
Hadits qudsi adalah hadits yang disnisbatkan kepada Zat yang quds (suci), yaitu Allah Ta’ala. Yang mana hadits qudsi ini disampaikan kepada kita oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Adapun perbedaan antara dia dengan Al-Qur’an, maka ada beberapa perkara yang disebutkan oleh para ulama. Di antaranya:
1.    Lafazh dan makna Al-Qur’an berasal dari Allah, sementara lafazh hadis Qudsi berasal dari Rasulullah–Shallallaahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam walaupun tentunya maknanya dari Allah.
2.    Sanad periwayatan Al-Qur’an secara umum adalah mutawatir, yakni bisa dipastikan keabsahannya dari Nabi -alaihishshalatu wassalam-. Berbeda halnya dengan hadits qudsi, karena di antaranya ada yang merupakan hadits shahih, ada yang hasan, ada yang lemah, bahkan ada yang palsu. Jadi keabsahannya dari Nabi -alaihishshalatu wassalam- belum bisa dipastikan kecuali setelah memeriksa semua sanadnya.
3.    Kita berta’abbud (beribadah) kepada Allah dengan membaca Al-Qur’an, dalam artian satu huruf mendapatkan sepuluh kebaikan. Sedangkan membaca hadits qudsi tidak mendapatkan pahala huruf perhuruf seperti itu.
4.    Tidak diperbolehkan membaca hadits qudsi di dalam shalat, bahkan shalatnya batal kalau dia membacanya. Berbeda halnya dengan membaca Al-Qur`an yang merupakan inti dari shalat.
5.    Ayat Al-Qur`an jumlahnya kurang lebih 6666 ayat (menurut hitungan sebagian ulama dan sebagian lainnya berpendapat jumlahnya 6.236), sementara jumlah hadits qudsi yang shahih tidak sebanyak itu. Abdur Rauf Al-Munawi sendiri dalam kitabnya Al-Ittihafat As-Saniyah bi Al-Ahaditsi Al-Qudsiyah hanya menyebutkan 272 hadits.
Demikian beberapa perbedaan antara keduanya, wallahu Ta’ala a’lam.

Incoming search terms:

  • Hadits qudsy
  • makalah hadits qudsi
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Friday, January 15th, 2010 at 3:49 am and is filed under Ilmu al-Qur`an, Jawaban Pertanyaan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

4 responses about “Beda Al-Qur`an dengan Hadits Qudsy”

  1. Roni said:

    Assalamu’alaikum,
    pada point 3, ana ingin bertanya : adakah dalil yang menunjukkan keutamaan/pahala mempelajari hadits?

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Tentu saja ada, semua dalil yang memerintahkan untuk memahami agama serta semua pahala yang diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai ilmu agama, juga merupkan pahala bagi yang menghafalkan/mempelajari hadits.
    Lihat sebagiannya di sini: http://al-atsariyyah.com/?p=1421

  2. Abu Hanif said:

    Assalaamu’alaykum.
    Afwan ustadz, ana ingin tahu darimana sumber penukilan ayat Al Qur’an berjumlah kurang lebih 6666 ayat. Jazaakalloh khoir.

    Waalaikumussalam warahmatullah.
    Memang ada silang pendapat di kalangan ulama mengenai jumlah ayat dalam Al-Qur`an: Sebagian ulama menyatakan jumlah ayat di Al-Qur’an adalah 6.236, sebagian lagi menyatakan 6.666. Perbedaan jumlah ayat ini disebabkan karena perbedaan pandangan tentang kalimat Basmalah pada setiap awal surat (kecuali At-Taubah), kemudian tentang kata-kata pembuka surat yang terdiri dari susunan huruf-huruf seperti Yaa Siin, Alif Lam Miim, Ha Mim dll. Ada yang memasukkannya sebagai ayat, ada yang tidak mengikutsertakannya sebagai ayat.
    Ala kulli hal masalah penomoran ini tidaklah terlalu urgen karena dia bukan berdasarkan wahyu akan tetapi sekedar ijtihad dari para ulama. Maka penyebutan 6.666 ayat di atas bukanlah sebagai tarjih (dukungan), akan tetapi sekedar untuk menunjukkan adanya berpedaan jumlah antara ayat Al-Qur`an dengan hadits qudsy.
    Jazakallahu khairan atas komentarnya, kami tambahkan keterangan pada artikel di atas.

  3. tian said:

    Assalamualikum,

    adakah hadist yang menunjukan bahwa ayat al-quran ini berjumlah 6666 ayat. kalo ada sahih tidak

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada, itu hanya penghitungan sebagian ulama. Dan jumlah ini sendiri saya tidak bisa pastikan kebenarannya, karena pada dasarnya ada perbedaan dalam perhitungannya. Tujuan saya membawakannya di sini hanya untuk menekankan bahwa jumlah ayat Al-Qur`an itu berbeda jumlah hadits qudsi.

  4. tao said:

    assalamualaikum ustadz

    alquran itu kan sudah lengkap tidak ada pengurangan tidak ada penambahan
    dalam satu ayat alquran biasa nya ada ayat2 lain yg mendukung satu ayat itu (ayat nya saling mendukung)
    1. apakah hadist qudsi ada pendukung dari alquran ?
    2. knapa hadist qudsi tidak di masukan ke alquran?
    3. apakah ada perbedaan dr segi bahasa antara hadis qudsi dan alquran?
    4. bukan kah firman allah itu sudah di tulis semua dalam alquran?

    Waalaikumussalam.
    1. Terkadang ada jika haditsnya shahih.
    2. Karena hadits qudsi itu -kata para ulama- lafazhnya bukan dari Allah, tapi dari Nabi shallallahu alaihi wasallam. Sementara lafazh Al-Qur`an semuanya merupakan ucapan Allah secara langsung.
    3. Jelas ada.
    4. Bukan seperti itu, seperti yang sudah dijelaskan di jawaban yang kedua.