Awal Waktu Shalat Jumat

December 8th 2011 by Abu Muawiah |

Awal Waktu Shalat Jumat

Para ulama berbeda pendapat mengenai awal waktu shalat jumat:
1. Awal waktunya sama seperti awal waktu shalat zuhur, yaitu ketika zawal (tergelincirnya matahari).
Ini adalah pendapat mayoritas ulama. Berikut dalil-dalil mereka:
Dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu dia berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي الْجُمُعَةَ حِينَ تَمِيلُ الشَّمْسُ
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat Jum’at ketika matahari sudah tergelincir.” (HR. Al-Bukhari no. 853)
Dari Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:
كُنَّا نُجَمِّعُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا زَالَتْ الشَّمْسُ ثُمَّ نَرْجِعُ نَتَتَبَّعُ الْفَيْءَ
“Kami shalat Jum’at bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika matahari tergelincir. Setelah itu kami pulang sambil menyusuri al-fay (bayangan matahari).” (HR. Muslim no. 1423)

2. Awal waktu shalat jumat adalah sebelum zawal.
Ini adalah pendapat Ahmad. Pendapat ini juga dinukil dari Ibnu Abbas, Atha`, dan Ishaq. Berikut dalil-dalil mereka:
Dari Jabir radhiallahu anhu bahwa beliau pernah ditanya: “Kapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menunaikan shalat Jum’at?” Maka beliau menjawab:
كَانَ يُصَلِّي ثُمَّ نَذْهَبُ إِلَى جِمَالِنَا فَنُرِيحُهَاحِينَ تَزُولُ الشَّمْسُ
“Biasanya beliau shalat Jum’at, kemudian setelah itu kami pulang ke ternak unta kami, dan mengistirahatkannya di saat matahari tergelincir.” (HR. Muslim no. 1421)
Dari Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:
كُنَّا نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجُمُعَةَ ثُمَّ نَنْصَرِفُ وَلَيْسَ لِلْحِيطَانِ ظِلٌّ نَسْتَظِلُّ فِيهِ
“Kami pernah shalat Jum’at bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Seusai shalat kami kemudian beranjak pergi, sementara belum ada bayangan dinding yang dapat kami jadikan untuk tempat berteduh.” (HR. Al-Bukhari no. 3850)

Tarjih:
Dengan melihat dalil-dalil yang digunakan oleh kedua pendapat, kita bisa melihat bahwa semua dalil mereka adalah shahih, sehingga kita tidak bisa memilih salah satunya dan menggugurkan yang lainnya. Karenanya, yang paling tepat dalam masalah ini adalah kita katakan bahwa: Kedua pendapat ini benar, dan Nabi shallallahu alaihi wasallam telah melakukan shalat jumat pada kedua waktu di atas. Terkadang beliau shalat jumat sebelum zawal -dan itu menunjukkan bolehnya- dan terkadang beliau shalat jumat setelah zawal. Dan -wallahu A’lam-, hal ini beliau lakukan sesuai dengan keadaan cuaca dan jamaah yang hadir. Mengingat masjid Nabi shallallahu alaihi wasallam dahulu tidak mempunyai atap dan tidak semua sahabat yang mempunyai pakaian yang cukup untuk menghangatkan tubuh. Di antara dalil yang mengisyaratkan hal ini adalah:
Anas bin Malik radhiallahu anhu berkata:
إِذَا اشْتَدَّ الْبَرْدُ بَكَّرَ بِالصَّلَاةِ وَإِذَا اشْتَدَّ الْحَرُّ أَبْرَدَ بِالصَّلَاةِ يَعْنِي الْجُمُعَةَ
“Jika cuaca sangat dingin, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyegerakan pelaksanaan shalat. Dan bila cuaca sangat panas, beliau mengakhirkannya. Yakni: Pelaksanaan shalat Jum’at.” (HR. Al-Bukhari no. 855)

Kesimpulan:
Awal waktu shalat jumat tidak sama dengan awal waktu shalat zuhur. Awal waktu shalat jumat lebih dahulu, yaitu sudah bisa dimulai sebelum zawal (matahari tergelincir). Wallahu A’lam.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Thursday, December 8th, 2011 at 7:38 am and is filed under Fiqh. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

6 responses about “Awal Waktu Shalat Jumat”

  1. Anto said:

    Asalamu’alaikum
    apakah shalat jum’at boleh di qodo’ ketika kita dlm safar?

    Waalaikumussalam.
    Silakan baca artikel ‘hukum menjamak shalat jumat dengan shalat ashar’

  2. sri lestari said:

    Assalamualaikum… Ustadz,1. apa hukum wanita ikut sholat jum’at? 2. Lalu apakah sholat dzuhur (bagi wanita yg tdk ikut sholat jum’at) harus menunggu sammpai sholat jum’at selesai? Atokah boleh d kerjakan setelah ada adzan?

    Waalaikumussalam.
    1. Tidak wajib.
    2. Setelah masuk waktu, tidak perlu menunggu selesainya shalat jumat.

  3. Heru Adi H said:

    Assalamualaikum… Ustadz, ada hal menarik yang disampaikan teman saya mengenai waktu (tepatnya hari) Sholat Jumat. Karena negara kita menganut system kalender Masehi yang berbeda dengan system Kalender Hijriah. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah sama Hari Jumat pada kalender Masehi dan Kalender Hijriah ?. Karena menurut teman saya itu kalender Masehi selalu kelebihan 1 hari setiap 4 tahun. Bisa juga di analogikan begini : “kita selama ini tidak sholat Jumat di Hari Jumat tapi di hari Sabtu Kalender Hijriah”. Apakah betul demikian ? Apakah Sah Sholat Jumat kita ?

    Waalaikumussalam.
    Semua ini adalah was-was setan. Para ulama dari dahulu, yang tinggal di benua Eropa tidak pernah membahas masalah ini dan tidak pernah mempermasalahkannya. Dan para ulama di zaman inipun tidak pernah memperingatkan akan hal itu. Jadi ucapan ini sebaiknya tidak perlu ditoleh.

  4. Abu Atjeh timoe said:

    Assalamualaiku Ustadz.
    Apakah ada dalil yg menerangkan tentang shalat zuhur setelah shalat jum’at?

    Mohon penjelasan Ustadz.

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada. Karenanya tidak ada shalat zuhur setelah shalat jumat.

  5. sigit said:

    Assalamualaikum… Ustadz, di beberapa masjid di lingkungan rumah kami, sebelum naik mimbar ada takmir masjid yang mengajak jamaah membaca umul kitab secara bersama-sama, pahalanya ditujukan kepada seluruh umat muslim serta para pendiri masjid. adakah dalil yang mengajarkan hal tsb?

    Waalaikumussalam.
    Tidak ada dalilnya, karenanya wajib ditinggalkan.

  6. irfan said:

    bagaimana kalo menetapkan waktu sholat jum’at pas jam 12.00 siang, dengan pertimbangan daerah setempat biar tidak ada/ meninggalkan jama’ah yang tertinggal karena kesibukanya

    Kalau yang dimaksud dimulainya khutbah, maka tidak mengapa. Asalkan shalat jumatnya dilakukan setelah masuknya waktu zuhur.