Apakah Membaca Al-Asmaul Husna Bisa Mendatangkan Jin (Khodam)?

December 28th 2011 by Abu Muawiah |

Apakah Membaca Al-Asmaul Husna
Bisa Mendatangkan Jin (Khodam)?

Tanya: Benarkah asmaul husna dapat mendatangkan jin (khodam), lalu bagaimana pendapat yang jelas?

Jawab: Alhamdulillah rabbil ‘aalamiin, washshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillah, wa ‘alaa aalihii wa shahbihi ajma’iin.
Seorang muslim tidak diperkenankan berbicara, mengamalkan atau meyakini sesuatu yang berkaitan dengan nama-nama Allah kecuali dengan dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah yang shahihah.
Dan tidak ada dalil yang shahih yang menunjukkan bahwa Al-Asmaaul Husnaa digunakan untuk mendatangkan jin atau khodam. Bahkan ini termasuk penyelewengan dalam menggunakan nama-nama Allah ta’aalaa. Allah ta’aalaa berfirman:
وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ [الأعراف/180]
Artinya: “Hanya milik Allah asma-ul husna, maka mohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 7:180)
Adapun keberhasilan sebagian orang dalam mendatangkan jin dengan membaca Al-Asmaaul Husnaa maka ini tidak bisa dijadikan dalil, karena kedatangan jin tersebut bukan karena Al-Asmaul Husnanya, akan tetapi ada faktor lain, seperti membaca Al-Asmaaul Husnaa dicampur dengan nama jin, atau mantra-mantra yang mengandung kesyirikan.
Berkata Syeikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr hafizhahullah:
وقد يغلو بعض الناس في هذا الباب فيزعمون أن لكل اسم من أسماء الله الحسنى خواص وأسرارا تتعلق به، وأن لكل اسم خادما روحانيا يخدم من يواظب على الذكر به….وهذا فتح لباب الخرافة على مصراعيه، بل إن كثيرا من السحرة والمشعوذين دخلوا من هذا الباب كيدا للناس وتحصيلا للمطامع ونشرا للشر
“Dan sebagian manusia berlebih-lebihan dalam bab ini (al-asmaul husna), mereka menyangka bahwa setiap nama dari nama-nama Allah yang baik memiliki kekhususan dan rahasia-rahasia yang berkaitan dengannya, dan bahwasanya setiap nama tersebut memiliki khadam yang membantu orang yang senantiasa membacanya…, dan keyakinan seperti ini membuka lebar pintu khurafat, bahkan sesungguhnya kebanyakan tukang sihir dan dukun-dukun menggunakan cara ini untuk menipu manusia, menghasilkan apa yang mereka inginkan, dan menyebarkan kejahatan” (Fiqh Al-Asmaaul Husnaa hal:68)
Dan seorang muslim hendaknya meninggalkan perbuatan meminta bantuan jin, meskipun untuk tujuan yang diperbolehkan, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah melakukannya, demikian pula para sahabat beliau radhiyallahu ‘anhum. Dan juga dikhawatirkan terjerumus dalam hal yang terlarang seperti kesyirikan, karena sangat lihainya jin menipu dan menyesatkan manusia dari jalan Allah. Wallahu a’lam.

[Sumber: http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/2011/10/apakah-membaca-al-asmaul-husna-bisa.html]

Incoming search terms:

  • amalan untuk mendatangkan jin muslim
  • amalan asmaul husna untuk khodam
  • asmaulhusna dan faedahnya
  • paedah asmaul husna
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Wednesday, December 28th, 2011 at 4:54 pm and is filed under Aqidah. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Both comments and pings are currently closed.

11 responses about “Apakah Membaca Al-Asmaul Husna Bisa Mendatangkan Jin (Khodam)?”

  1. Hasan said:

    Assalamaualaikum,
    Pak ustad, saya siswa SMA. Tapi sejak SD hingga SMA ayah saya mewajibkan kami membaca ratib al-haddad setiap seusai sholat maghrib berjamaah. Ayah saya bilang kalau membaca ratib al-haddad setiap habis maghrib insya allah akan menghapus dosa-dosa kita dan jika kita meninggal, kta akan meninggal dalam keadaan suci. Saya ingin penjelasan pak ustad apa sebenarnya manfaat utama dari membaca ratib al-haddad setiap sehabis sholat maghrib. Terimakasih Wassalamualaikum

    Waalaikumussalam.
    Kami tidak paham apa itu ratib al-haddad.

  2. Ansori said:

    Ass,
    bolehkah saya mohon penjelasan manfaat/faedah dari membaca asmaul husna? Sebab saya tidak bisa menangkapnya dari uraian diatas.
    Terimakasih.

    Tidak ada keutamaan khusus tentang membaca asmaul husna, wallahu a’lam. Yang ada dalilnya adalah keutamaan bagi yang mengamalkan kandungan nama-nama Allah.

  3. Ardy said:

    1. Membaca Asmaul Husna setiap habis shalat wajib apa boleh? Kalau ada yang kurang karena lupa bgmn, apa harus komplit semua terbaca. Ap ada fadhilahnya, kalau ada apa ya.
    2. Apa boleh membaca surat Yasin dan Surat Al Waqi’ah setiap hari lebih dari 1 kali. Apa ada manfaatnya bagi kita?

    1. Tidak boleh karena Nabi tidak pernah melakukannya. Tidak ada fadhilahnya sama sekali.
    2. Membaca Al-Qur`an tiap hari adalah hal yang baik. Tapi jika diyakini surah tertentu mempunyai keutamaan jika dibaca tiap hari padahal tidak ada dalil yang menunjukkan keutamaannya maka itu adalah tindakan keliru. Sebagaimana di sini, tidak ada hadits shahih yang menjelaskan keutamaan membaca kedua surah itu tiap hari.

  4. Chen Chen said:

    Benar Sekali Syeikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr berkata.

    Bahwa saya pernah menemukan seorang dukun yang mengatakan bahwa menggunakan lafal Asmaul Husna dan tulisan Arab itu bertujuan hanya untuk mengelabui mata dan pikiran manusia saja.

    Yang sebenarnya mereka tetap saja berhubungan dengan Setan.

  5. edy said:

    setahu saya ratib al hadad adalah kumpulan/kemasan do’a dan wirid dimana yang mengkompilasi sesuai namanya yaitu Al hadad , seorang ulama dari kalangan habaib.

    Kalau demikian keadaannya, maka harus dilihat isinya, apakah semua wirid di dalamnya shahih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam. Kita baca yang shahih dan tinggalkan yang tidak shahih.
    Dan juga ketika membacanya tidak boleh ada keyakinan tertentu terhadap ratib al-haddad ini, misalnya meyakini bahwa yang membaca ratib ini akan mendapatkan ini dan itu. Tapi cukup kita meyakini keutamaan yang tersebut dalam hadits yang shahih.

  6. gladis said:

    assalamu’alaikum

    pak ustad saya mau tanya khodam itu sejenis jin pelindung ya? kakek saya katanya punya khodam dan diturunkan kepada ayah saya? katanya khodam itu berupa harimau pak ustad? dan katanya khodam itu bsa dipanggil dan bisa disuruh jika kita sakit hati khodam itu bisa membalaskan nya tetapi mgkin dia akan minta sswtu , apakah itu benar pak ustad?

    Waalaikumussalam.
    Mungkin saja, akan tetapi jin yang seperti itu adalah jin kafir. Dan meminta tolong kepada mereka adalah kesyirikan besar.

  7. tirukakakurukuru said:

    assalamu’alaikum. pak ustadz, saya punya 2orang teman yg mengaku memiliki jin penjaga yg diwariskan oleh orang tuanya, bahkan salah satunya mengaku bahwa yg menjaganya merupakan leluhurnya terdahulu yg telah meninggal. dan yg satu lagi berkata, ia telah dipugar aura agar tdk ada yg dpt mencelakai. pertanyaan saya, bagaimana hukum memiliki jin penjaga? terutama teman sya yg diturunkan dari leluhurnya (bkan keinginan sendiri) ? dan apa hukum memugar aura?

    Waalaikumussalam.
    Semua itu merupakan kebatilan dan kesyirikan, karena semua itu tidaklah terjadi kecuali adanya perjanjian kerja sama dan permintaan tolong kepada jin yang kafir. Jika dia memang jujur mau bertaubat, maka dia meruqyah dirinya agar jin yang ‘katanya’ diturunkan kepada dirinya itu bisa hilang darinya.
    Pugar aura juga merupakan kebatilan dan kesyirikan semata. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sendiri telah dicelakai oleh musuh-musuhnya, itu menunjukkan bahwa hal seperti itu tidak ada dalam Islam. Apakah dia berani mengaku kalau Allah memberinya keutamaan itu tapi Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak diberikan keutamaan itu. Betul keutamaan itu ada yang memberikan kepadanya, tapi yang memberikannya adalah setan.

  8. Rachmat said:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

    Banyak blog yang membahas tentang fadhilah membaca asmaul husna, seperti:

    1. Allah ( الله )
    Lafadz ini disebut juga lafadz Jalalah, dan juga disebut Ismudz Dzaat . Yakni dzat yang menciptakan langit, bumi dan seisinya termasuk kita sebagai umat manusia ini. Dan Dialah Tuhan seru sekalian alam.

    Barang siapa yang mau membaca Yaa Allah sebanyak 5000 kali setiap malam sebulan lamanya dengan hati yang khusyu’ dan tadlaru’ lagi merendah kepada Allah, maka insya Allah apa yang kita inginkan akan terkabul dan berhasil.

    =======================================
    Apakah pendapat tersebut boleh kita amalkan?
    Bagaimana hukumnya apabila kita mengamalkan amalan tersebut?

    Mohon maaf apabila inti pertanyaan masih sama dengan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.
    Kami hanya ingin lebih yakin saja.

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Tidak ada dalil yang menyatakan keutamaan itu, karenanya tidak boleh diamalkan. Apalagi tidak pernah dikenal dari Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau berzikir dengan nama ‘Allah’ saja. Karenanya itu termasuk perkara baru dalam agama.

  9. Arman Ali said:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    bagaimana cara mengamalkan Asmaul Husna, sedankan beberpa diantaranya sepeti

    AL BAA’ITS = MAHA MEMBANGKITKAN
    ASY SYAHIID = MAHA MENYAKSIKAN

    saya tidak mengerti bagaimana cara mengamalkannya
    semoga anda paham dengan maksut saya ^_^

    Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Dengan meyakini bahwa kita akan dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan amalan kita dan meyakini bahwa Allah melihat semua amalan kita. Karenanya kita harus menjalankan ketaatan dan menjauhi maksiat.

  10. tirukakakurukuru said:

    assalamu’alaikum. terima kasih atas jwbn dlm pertanyaan sy sbelumnya. sy ingin tanya, tp prtnyaan saya tdk brkaitan dgn artikel ini. d rmh sya, sdh stahun blakangan atau mngkn lbih, org tua sring khilangan uang scr tb2. ayah sy mnyangka maling msuk rmh, tp ibu mncurigai ad org dgn ilmu hitam. krn, kalau maling pasti keadaan rmh brntkn saat si maling mncr uang, tp rmh sya dlm keadaan rapi, tdk ad yg janggal. dlm wkt 2mnggu ini, ibu sya&ayah sya khilangan lg. pdhl uang ibu sdh dikaretin, uang ayah distaples.

  11. tirukakakurukuru said:

    (melanjutkan yg sebelumnya) pdhl slama sbulan ini sy ad d rmh (libur kuliah d luar kota) dan hampir 24jam ada d rmh, tdk kmn2. sy tdk mnmukan ad maling. dan kta ibu sy, klau uang hilang biasany tdk smua, dsisakan bbrp lmbar, tp hnya sdikit. prtanyaan saya:
    1. apakah hal trsebut mrupakan kjahatan ilmu hitam?
    2. adakah doa atau amalan trtntu yg dsunahkan untk mncegah musibah atas kjahatan/ilmu hitam?
    terima kasih. wassalam.

    1. Bisa jadi, tidak menutup kemungkinan.
    2. Sering membaca surah Al-Baqarah di dalam rumah, karena setan akan menjauh dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah.