Adab dan Hukum yang Berkenaan dengan al-Quran

April 12th 2018 by Arvan |

Adab dan Hukum yang Berkenaan dengan al-Quran

Hadits Kesebelas

Kecemburuan Positif kepada Ahlil Qur`an

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: «لاَ حَسَدَ إِلَّا فِي اثْنَتَيْنِ: رَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ القُرْآنَ، فَهُوَ يَتْلُوهُ آنَاءَ اللَّيْلِ، وَآنَاءَ النَّهَارِ، فَسَمِعَهُ جَارٌ لَهُ، فَقَالَ: لَيْتَنِي أُوتِيتُ مِثْلَ مَا أُوتِيَ فُلاَنٌ، فَعَمِلْتُ مِثْلَ مَا يَعْمَلُ، وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا فَهُوَ يُهْلِكُهُ فِي الحَقِّ، فَقَالَ رَجُلٌ: لَيْتَنِي أُوتِيتُ مِثْلَ مَا أُوتِيَ فُلاَنٌ، فَعَمِلْتُ مِثْلَ مَا يَعْمَلُ» رواه البخاري وأحمد، واللفظ للبخاري

Dari Abu Hurairah t (dia berkata): Rasulullah r bersabda, “Tidak ada kecemburuan kecuali pada dua hal: (1) Seseorang yang Allah ajari al-Quran kemudian dia membacanya sepanjang malam dan siang. Lalu ada tetangganya yang mendengar bacaannya dan berkata, ‘Seandainya aku diberikan anugerah seperti dia niscaya aku akan melakukan seperti yang dia lakukan.’ (2) Seseorang yang Allah beri harta kemudian dia menginfakkannya dalam ketaatan dan kebaikan. Lalu seseorang berkata, ‘Seandainya aku diberikan anugerah seperti dia niscaya aku akan melakukan seperti yang dia lakukan.’” (HR. al-Bukhari dan Ahmad, dan ini adalah lafazh al-Bukhari)

Hadits Kedua Belas

Cara Nabi r Membaca al-Quran

عَنْ حُذَيْفَةَ رضي الله عنه «أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم صَلَّى فَكَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ اسْتَجَارَ، وَإِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَنْزِيهٌ لِلَّهِ سَبَّحَ» رواه ابن ماجه وصححه الألباني

Dari Hudzaifah t (dia berkata), “Bahwa Nabi r pernah mengerjakan shalat. Jika beliau membaca ayat tentang rahmat maka beliau meminta rahmat, jika beliau membaca ayat tentang azab maka beliau memohon perlindungan, dan jika beliau membaca ayat yang menyebut kesucian Allah maka beliau bertasbih.” (HR. Ibnu Majah dan dinyatakan sahih oleh al-Albani)

وَعَنْهُ رضي الله عنه «أَنَّهُ صَلَّى إِلَى جَنْبِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم لَيْلَةً فَقَرَأَ، فَكَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ وَقَفَ وَتَعَوَّذَ، وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ وَقَفَ فَدَعَا»  رواه النسائي وصححه الألباني

Juga dari Hudzaifah t (dia berkata), bahwa pada suatu malam dirinya pernah shalat di samping Nabi r lalu beliau membaca. Jika beliau membaca ayat tentang azab maka beliau berhenti sejenak dan meminta perlindungan, dan jika beliau membaca ayat tentang rahmat maka beliau berhenti sejenak lalu berdoa. (HR. al-Nasai dan dinyatakan sahih oleh al-Albani)

Hadits Ketiga Belas

Durasi Khatam al-Quran

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رضي الله عنه أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَهُ: «اقْرَأِ الْقُرْآنَ فِي شَهْرٍ»، قَالَ: إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً، قَالَ: «اقْرَأْ فِي عِشْرِينَ»، قَالَ: إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً، قَالَ: «اقْرَأْ فِي خَمْسَةَ عَشْرَ»، قَالَ: إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً، قَالَ: «اقْرَأْ فِي عَشْرٍ»، قَالَ: إِنِّي أَجِدُ قُوَّةً، قَالَ: «اقْرَأْ فِي سَبْعٍ، وَلَا تَزِيدَنَّ عَلَى ذَلِكَ» أخرجه البخاري ومسلم وأبو داود واللفظ له

Dari Abdullah bin Amr t (dia berkata) bahwa Nabi r bersabda kepadanya, “Khatamkan al-Quran sekali dalam sebulan,” dia menjawab, “Aku mampu kurang dari sebulan.” Beliau bersabda, “Kalau begitu khatamkan dalam 20 hari,” dia menjawab, “Aku mampu kurang dari itu.” Beliau bersabda, “Khatamkan dalam 15 hari,” dia menjawab, “Aku mampu kurang dari sebulan.” Beliau bersabda, “Khatamkan dalam 10 hari,” dia menjawab, “Aku mampu kurang dari sebulan.” Beliau bersabda, “Khatamkan dalam 7 hari, jangan kurang dari itu.” (HR. al-Bukhari, Muslim, dan Abu Daud, dan ini adalah lafazhnya)

Hadits Keempat Belas

Dianjurkan Sujud Bagi yang Membaca Ayat Sajadah

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ، اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي، فَيَقُولُ: يَا وَيْلَهُ، أُمِرَ هَذَا بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَعَصَيْتُ فَلِيَ النَّارُ» رواه مسلم

Dari Hurairah t (dia berkata) bahwa Rasulullah r bersabda, “Jika anak Adam membaca ayat sajadah lalu dia bersujud, maka setan akan meninggalkannya seraya menangis. Dia berkata, “Betapa celaka diriku. Orang ini disuruh sujud lalu dia bersujud maka baginya surga, sementara dulu aku disuruh sujud tapi aku membangkang maka bagiku neraka.” (HR. Muslim)

Komentar:

Syariat sujud tidak hanya terdapat pada surah Alif Lam Mim Sajadah, melainkan pada semua ayat sajadah yang terdapat dalam al-Quran, yang jumlahnya ada 15 ayat.

Hadits Kelima Belas

Makruh Mengeraskan Suara Jika Orang di Sekitarnya Terganggu

عَنْ الْبَيَاضِيِّ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم خَرَجَ عَلَى النَّاسِ وَهُمْ يُصَلُّونَ، وَقَدْ عَلَتْ أَصْوَاتُهُمْ بِالْقِرَاءَةِ. فَقَالَ: «إِنَّ الْمُصَلِّيَ يُنَاجِي رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَلْيَنْظُرْ مَا يُنَاجِيهِ وَلاَ يَجْهَرْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَعْضٍ بِالْقُرْآنِ» رواه أحمد والنسائي والبيهقي وصححه الهيثمي

Dari al-Bayadhi t (dia bercerita) bahwa Rasulullah r pernah ke masjid sementara para sahabat sedang mengerjakan shalat (sunnah, penj.), dimana setiap orang mengeraskan bacaan al-Qurannya. Maka beliau bersabda, “Orang yang sedang shalat itu sedang berbicara kepada Rabbnya U, oleh karena itu hendaknya dia memperhatikan caranya dalam berbicara. Janganlah kalian saling mengeraskan bacaan al-Quran.” (HR. Ahmad, al-Nasa, al-Baihaqi, dan dinyatakan sahih oleh al-Haitsami)

Hadits Keenam Belas

Akhlak Nabi r

عَنْ قَتَادَةَ رضي الله عنه: أَنَّهُ أَتَى عَائِشَةَ رضي الله عنها فَقَالَ لَهَا: يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، أَنْبِئِينِي عَنْ خُلُقِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَتْ: «أَلَسْتَ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ؟» قُلْتُ: بَلَى، قَالَتْ: «فَإِنَّ خُلُقَ نَبِيِّ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ الْقُرْآنَ» رواه مسلم

Dari Qatadah t (dia berkata): Bahwa dia pernah mendatangi Aisyah radhiallahu anha lalu bertanya, “Wahai ibu kaum mukminin, kabarkan kepadaku tentang akhlak Rasulullah r.” Beliau menjawab, “Bukankah kamu sering membaca al-Quran?” Aku menjawab, “Betul.” Beliau berkata, “Akhlak Nabiyullah r adalah al-Quran.” (HR. Muslim)

عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامِ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: أَتَيْتُ عَائِشَةَ رضي الله عنها فَقُلْتُ: يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، أَخْبِرِينِي بِخُلُقِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، قَالَتْ: «كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ، أَمَا تَقْرَأُ الْقُرْآنَ، قَوْلَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ: {وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيمٍ} [القلم: 4]» رواه أحمد وهو حديث صحيح

Dari Sa’ad bin Hisyam bin Amir dia berkata: Aku mendatangi Aisyah radhiallahu anha lalu bertanya, “Wahai ibu kaum mukminin, kabarkan kepadaku tentang akhlak Rasulullah r.” Beliau menjawab, “Akhlak beliau adalah al-Qur`an. Bukankah kamu membaca al-Qur`an, yaitu firman Allah U, ‘Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.’ (QS. al-Qalam/68: 4)(HR. Ahmad dan ini adalah hadits yang sahih)

Komentar:

Ibnu Katsir berkata, “Makna hadits di atas adalah bahwa merealisasikan semua perintah dan larangan al-Quran sudah menjadi karakter, akhlak, dan tabiat beliau alaihishshalatu wassalam, sampai-sampai tabiat asli sebagai manusia pun beliau tinggalkan. Semua perintah al-Quran beliau laksanakan dan semua larangannya beliau tinggalkan. Beliau juga memiliki budi pekerti yang luhur, yang Allah telah anugerahkan kepada beliau, berupa sifat malu, dermawan, berani, memaafkan, lembut, dan semua sifat mulia lainnya.” (Tafsir Surah al-Qalam)

Hadits Ketujuh Belas

Boleh Membaca al-Quran di Atas Tunggangan dan Bolehnya Melagukan Bacaan

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ رضي الله عنه قَالَ: «رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَهُوَ عَلَى نَاقَةٍ يَقْرَأُ بِسُورَةِ الْفَتْحِ، وَهُوَ يُرَجِّعُ» رواه البخاري ومسلم وغيرهما

Dari Abdullah bin Mughaffal t dia berkata, “Pada hari dikuasainya Makkah, aku melihat Rasulullah membaca surah al-Fath di atas seekor onta, seraya melagukan bacaannya.” (HR. al-Bukhari, Muslim, dan selainnya)

Hadits Kedelapan Belas

Larangan Membawa Mushaf ke Negara Kafir atau Daerah Musuh, Jika Dikhawatirkan  Bisa Jatuh ke Tangan Mereka

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما «أَنَّ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم نَهَى أَنْ يُسَافَرَ بِالْقُرْآنِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ» متفق عليه

وَفِي رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ: «لَا تُسَافِرُوا بِالْقُرْآنِ، فَإِنِّي لَا آمَنُ أَنْ يَنَالَهُ الْعَدُو»

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma (dia berkata), “Rasulullah r melarang membawa al-Quran ke daerah musuh.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Dalam sebuah riwayat Muslim, “Jangan kalian membawa al-Quran dalam perjalanan, karena aku khawatir musuh akan merampasnya.”

 Komentar:

Para ulama menyatakan: Jika tidak ada kemungkinan mushaf akan dirobek atau dilempar ke tanah atau dirampas oleh orang kafir maka boleh membawanya dalam perjalanan.

Hadits Kesembilan Belas

Apa yang Dilakukan Oleh Orang Ngantuk Ketika Bacaannya Sudah Tidak Karuan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: «إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ، فَاسْتَعْجَمَ الْقُرْآنُ عَلَى لِسَانِهِ، فَلَمْ يَدْرِ مَا يَقُولُ، فَلْيَضْطَجِعْ» رواه مسلم وأحمد وأبو داود وابن ماجه والنسائي وغيرهم

Dari Abu Hurairah t (dia berkata): Rasulullah r bersabda, “Jika seseorang shalat di malam hari lalu bacaannya sudah tidak karuan sampai dia tidak mengetahui lagi apa yang dia baca (karena ngantuk, penj.) maka hendaknya dia tidur.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, al-Nasai, dan selainnya)

Komentar:

Ista’jamal Qur`an maknanya dia tidak mengetahui bacaannya dan lidahnya tidak mampu lagi untuk melafalkan ayat karena rasa kantuk yang sangat. Dalam keadaan seperti itu, hendaknya dia menghentikan bacaannya (dan memutuskan shalatnya, penj.).

Hadits Kedua Puluh

Ucapan Guru Kepada Muridnya, “Cukup”

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ لِي النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: «اقْرَأْ عَلَيَّ»، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، آقْرَأُ عَلَيْكَ، وَعَلَيْكَ أُنْزِلَ؟ قَالَ: «نَعَمْ» فَقَرَأْتُ سُورَةَ النِّسَاءِ حَتَّى أَتَيْتُ إِلَى هَذِهِ الآيَةِ: {فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ، وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلاَءِ شَهِيدًا} [النساء: 41]، قَالَ: «حَسْبُكَ الآنَ» فَالْتَفَتُّ إِلَيْهِ، فَإِذَا عَيْنَاهُ تَذْرِفَانِ. رواه البخاري

Dari Abdullah bin Mas’ud t dia berkata: Nabi r bersabda kepadaku, “Bacalah al-Quran untukku.” Aku berkata, “Wahai Rasulullah, “Pantaskah aku membacanya untuk anda sementara ia diturunkan untuk anda?” Beliau menjawab, “Ya.” Maka aku membacakan untuk beliau surah al-Nisa`. Ketika aku sampai pada ayat ini, ”Dan bagaimanakah (keadaan orang kafir nanti), jika Kami mendatangkan seorang saksi (rasul) dari setiap umat dan Kami mendatangkan engkau (Muhammad) sebagai saksi atas mereka.” (QS. al-Nisa`/4: 41) beliau bersabda, “Cukup.” Aku melihat beliau dan ternyata beliau sedang menangis. (HR. al-Bukhari)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

This entry was posted on Thursday, April 12th, 2018 at 8:30 pm and is filed under Akhlak dan Adab, Hadits, Ilmu al-Qur`an. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Tafadhdhal komentari artikel
Adab dan Hukum yang Berkenaan dengan al-Quran