Archive for September, 2008

Seimbangkan Antara Dunia dan Akhirat

September 27th, 2008 by Abu Muawiah

Seimbangkan Antara Dunia dan Akhirat

اعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأَنَّكَ تَعِيْشُ أَبَدَا وَاعْمَلْ لِأَخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوْتُ غَدَا

“Beramallah untuk duniamu seakan-akan engkau hidup akan selamanya dan beramallah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok”.

Ini bukanlah sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam, akan tetapi dia adalah ucapan dari dua orang sahabat:

1. Abdullah bin Amr ibnul Ash.

Diriwayatkan oleh Ibnu Qutaibah dalam Ghoribul Hadits -sebagaimana dalam Adh-Dho’ifah no. 8- dari jalan Hammad bin Salamah dari Ubaidullah ibnul Izar darinya secara mauquf (dari Ucapan Ibnu Amr bin Ash) dengan lafazh, “Peliharalah duniamu.”

Sanad hadits ini terputus, karena didapatkan dalam Musnad Al-Harits -Zawa`idul Haitsamy- (2/983) bahwa Ubaidullah ini meriwayatkan hadits ini dari Abdullah bin Amr dengan perantara seorang A’rabi tua, yang mana ini menunjukkan bahwa jalan di atas terputus sebagaimana yang diketahui dalam ilmu ‘ilalul hadits (cacat tersembunyi dari suatu hadits). Kemudian, perantara antara keduanya adalah rawi yang mubham (tidak disebut namanya) yang mana hal ini adalah bentuk kelemahan dalam sebuah sanad. Kemudian hadits ini mempunyai jalan lain, diriwayatkan oleh Ibnul Mubarak dalam Az-Zuhud -sebagaimana dalam Adh-Dho’ifah-, beliau berkata: Muhammad bin Ajlan mengabarkan kepada kami bahwa Abdullah bin Amr ibnul Ash berkata. Akan tetapi Ibnu Ajlan juga tidak mendengar dari Abdullah bin Amr.

2. Abdullah bin Umar -radhiallahu anhuma-.

Disebutkan oleh Imam Al-Qurthuby rahimahullah dalam Tafsirnya (13/314 dan 16/18) dan beliau tidak menyandarkan periwayatannya pada seorang ulama pun.

Kami katakan: Ada kemungkinan apa yang tertulis di dalam Tafsir Al-Qurthubi ini adalah tash-hif (kesalahan tulis) dari kata Abdullah bin Amr.

Incoming search terms:

  • seimbangkan Dunia dan AKhirat

Category: Ensiklopedia Hadits Lemah | Comments Off on Seimbangkan Antara Dunia dan Akhirat

Al-Atsariyyah.Com

September 26th, 2008 by Abu Muawiah

Al-Atsariyyah.Com

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والصالحين, نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين, وسلم تسليما. أما بعد

Dengan inayah dan taufik dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala semata, situs www.al-atsariyyah.com akhirnya juga bisa turut berperan serta dalam menyebarkan dakwah salaf yang penuh berkah ini.
Sebagaimana situs ahlussunnah yang lainnya, situs ini juga menyuguhkan kepada kaum muslimin pembahasan-pembahasan ilmiah -tapi tetap mudah dipahami- dalam beberapa bidang ilmu agama, semoga bisa menambah perbendaharaan keilmuan kita tentang agama dan sunnah Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam-.

Satu hal yang perlu kita camkan bersama bahwa situs ini hanyalah sebagai jalan alternatif dalam menuntut ilmu, bukan jalan yang paling utama. Sehingga dengan ada situs ini -dan demikian pula sangkaan kami dengan situs ahlussunnah yang lainnya- tidaklah dimaksudkan dengannya sebagai pencukup dari majelis ilmu. Karenanya kami sama sekali tidak membenarkan seorang muslim yang hanya mencukupkan dirinya untuk mengambil ilmu melalui situs manapun lalu merasa cukup dengannya sehingga dia lalai dari menghadiri majelis ilmu.

Saran dan kritik yang membangun senantiasa kami tunggu dari kaum muslimin sekalian, baik dalam masalah isi, tampilan, penambahan kategori atau yang lainnya, dan sebelumnya kami ucapkan jazakumullahu khairan katsira.

Akhir kata, kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan, pengurusan dan pemeliharaan situs ini dan seluruh situs ahlussunnah lainnya, semoga Allah Subhanahu wa Ta’aala menerima dan memasukkan semuanya ke dalam timbangan amalan kebaikan kita di akhirat kelak. Allahummah amin.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليما

Bekasi, 18 Ramadhan 1429 H
18 September 2008 M

Abu Muawiah

Pengelola:
Penulis: Ust. Abu Muawiah, Ust. Abu Zakaria, Ust. Abu Nafisah, Ust. Ali Masaid Lc.
Penanggungjawab (Admin 1) : Ust. Abu Muawiyah
Admin 2 : Abu Yahya
Webmaster : Abu Fudhail

Kontak:
www. al-atsariyyah.com
Email: (info @ al-atsariyyah.com)

Category: Info Kegiatan | 29 Comments »